1. Pantai
  2. Uncategorized
  3. Wisata Alam

Pantai Sepanjang Yogyakarta: Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal memiliki sederet objek wisata berupa pantai yang memukau. Terutama wilayah Gunung Kidul, banyak sekali wisata pantai eksotis yang mungkin tak ditemukan di daerah lainnya. Salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul adalah Pantai Sepanjang. Pantai yang satu ini bahkan disebut-sebut sebagai Pantai Kuta-nya Yogyakarta karena keindahan yang dimilikinya.

Dan memang benar, siapapun yang sudah pernah mengunjungi Pantai Sepanjang Yogyakarta tak akan menampik bahwa pantai ini memiliki keindahan setara dengan Pantai Kuta yang berada di Bali. Sudah tahukah kamu mengenai pantai di Gunung Kidul yang satu ini? Yuk, cari tahu dulu lokasi, harga tiket masuk, dan aktivitas wisata serunya dalam beberapa ulasan berikut ini!

Pantai Sepanjang Gunung Kidul, Pantai Kuta-nya Yogyakarta

Pantai Sepanjang merupakan sebuah pantai eksotis yang berada di kawasan Gunung Kidul. Pasir putih yang dipenuhi oleh cangkang kerang cantik, serta deburan ombak yang memanjakan telinga seolah menyambut setiap wisatawan yang datang mengunjunginya. Panorama alam sekitar pantai ini pun turut mendukung wisatawan untuk sejenak melepas penat dengan menjauh dari keramaian kota. 

Saking indahnya, pantai di Gunung Kidul yang satu ini kerap disebut-sebut sebagai Pantai Kuta-nya Yogyakarta. Hal ini tentu didasari oleh eksotisme pantai Jogja yang tak kalah dengan pantai-pantai di Pulau Dewata. Beberapa sumber mengatakan bahwa Pantai Sepanjang Gunung Kidul ini juga dijuluki sebagai ‘Pantai Kuta Tempo Doeloe’. Semua ini membuktikan bahwa panorama objek wisata yang satu ini memang tak kalah dengan pantai-pantai lain yang ada di Nusantara.

Rute & Lokasi Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Sudah tahukah kamu di mana lokasi Pantai Sepanjang Gunung Kidul? Lokasi Pantai Sepanjang Gunung Kidul adalah di Jalan Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul. Untuk menuju ke sana, kamu bisa berangkat dari pusat Kota Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, Advonturers harus bergerak menuju kawasan Wonosari. Dari Wonosari, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada hingga sampai di Pantai Sepanjang Yogyakarta. Waktu tempuh dari pusat Kota Yogyakarta menuju Pantai Sepanjang adalah sekitar dua jam perjalanan.

Jam Buka & Tiket Masuk Pantai Sepanjang Yogyakarta 

Berwisata ke pantai di Gunung Kidul yang satu ini sangat cocok bagi Advonturers yang ingin menikmati wisata dengan asyik dengan budget terbatas. Hal ini dikarenakan harga tiket masuk Pantai Sepanjang sangatlah murah, yakni Rp 10.000 saja. Namun, harga tiket masuk Pantai Sepanjang ini belum termasuk biaya parkir bila kamu membawa kendaraan sendiri. Untuk jam operasionalnya, Pantai Sepanjang Gunung Kidul dibuka selama 24 jam, lho. 

Fasilitas Objek Wisata Pantai Sepanjang Yogyakarta

Untuk menunjang kenyamanan para wisatawan, objek wisata yang satu ini memiliki fasilitas memadai. Adapun fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan antara lain: area parkir memadai, mushola, dan toilet. Selain itu, terdapat spot kuliner di sekitar pantai ini. Bagi Advonturers yang masih ingin berlama-lama di pantai ini, kamu bisa bermalam di penginapan yang ada di sekitar Pantai Sepanjang.

Aktivitas Wisata Menarik di Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Semakin tak sabar untuk berwisata ke pantai di Gunung Kidul yang satu ini? Yuk, simak rekomendasi aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di pantai yang satu ini!

1. Berenang dan Bermain Air

Bermain Air di Tepian Pantai (sumber: @wahyyusetianingrum on Instagram)
Bermain Air di Tepian Pantai (sumber: @wahyyusetianingrum on Instagram)

Berenang dan bermain air merupakan aktivitas yang wajib kamu lakukan bila berkunjung ke pantai. Tak terkecuali bila berkunjung ke objek wisata yang satu ini, berenang dan bermain air merupakan aktivitas yang sayang untuk kamu lewatkan. Menikmati percikan air dari deburan ombak yang tak terlalu besar merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan, terlebih bila kamu memang suka berwisata ke pantai.

Namun, saat berenang dan bermain air, kamu tetap perlu berhati-hati. Pasalnya, kamu bisa terbawa ombak bila berenang dan bermain air dengan sembarangan. Jangan berenang menuju ke tengah laut tanpa dibekali pelampung atau pengaman tubuh. Sebaiknya, kamu berenang di spot-spot yang telah ditentukan saja, dan bermain airlah di spot yang juga ramai disinggahi wisatawan lainnya. Dengan ini, kamu bisa berenang dan bermain air dengan nyaman dan aman.

2. Berburu Kerang di Pinggir Pantai

Kerang di Tepi Pantai Sepanjang (sumber: @kurniawanadhi01 on Instagram)
Kerang di Tepi Pantai Sepanjang (sumber: @kurniawanadhi01 on Instagram)

Berburu Kerang di pinggir pantai merupakan hal menarik yang bisa kamu lakukan bila tak ingin basah-basahan bermain dengan ombak laut. Pantai di Gunung Kidul yang satu ini memiliki tepian pantai berupa pasir putih yang dipenuhi oleh kerang-kerang cantik. Di tepian pantai ini, wisatawan suka berburu cangkang kerang cantik. Cangkang kerang hasil buruan mereka biasanya akan dibersihkan dan dibawa pulang untuk dijadikan hiasan. 

Atau jika kamu tak ingin berburu kerang, kamu bisa sekadar berjemur di bawah terik mentari, atau membangun istana pasir bersama anak-anak. Berpiknik dengan menggelar tikar pun merupakan aktivitas wisata yang seru untuk dilakukan di pinggiran Pantai Sepanjang Yogyakarta. Namun, saat beraktivitas di pinggiran pantai, kamu perlu berhati-hati dengan keberadaan ubur-ubur supaya tak tersengat.

3. Menikmati Pemandangan Alam Sekitar

Menikmati Pemandangan Pantai (sumber: @rismamollenew_ on Instagram)
Menikmati Pemandangan Pantai (sumber: @rismamollenew_ on Instagram)

Dijuluki sebagai Pantai Kuta-nya Yogyakarta, pantai di Gunung Kidul yang satu ini memiliki pesona alam yang tak kalah dengan Pulau Dewata Bali. Saat berkunjung ke Pantai Sepanjang Gunung Kidul, Advonturers akan menyaksikan pemandangan alam tiada tara yang cocok untuk menjadi sarana healing dari kegiatan sehari-hari. Panorama alam sekitar Pantai Sepanjang mampu membuat siapapun betah berdiam diri di objek wisata yang satu ini.

Pasir putih dengan banyak cangkang kerang yang cantik, debur ombak tak terlalu deras yang memanjakan telinga, serta langit biru cerah yang dipenuhi burung-burung berkicau seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata yang satu ini. Berkunjung ke objek wisata yang satu ini memang sangat cocok untuk Advonturers yang menginginkan ketenangan dan merasa rileks saat liburan.

4. Mencicipi Kuliner Khas Pesisir

Kuliner Seafood di Pantai Sepanjang (sumber: @rumah_makan_kampoeng__lobster on Instagram)
Kuliner Seafood di Pantai Sepanjang (sumber: @rumah_makan_kampoeng__lobster on Instagram)

Setiap objek wisata berupa pantai selalu identik dengan kuliner khas pesisir atau seafoodnya. Begitupun di pantai yang satu ini, wisatawan bisa mencicipi bagaimana nikmatnya menyantap hidangan khas pesisir setelah bermain di pantai seharian. Terutama bila kamu pecinta seafood, kamu wajib banget cicipi kuliner khas pesisir kala berkunjung ke objek wisata Pantai Sepanjang Gunung Kidul ini.

Banyak menu kuliner khas pesisir yang bisa kamu coba di sini. Mulai dari lobster, udang, ikan bakar, hingga es kelapa muda yang selalu identik dengan pesisir bisa kamu nikmati di sini. Soal rasa, kamu tak perlu khawatir karena kuliner khas pesisir yang dijajakan di pantai di Gunung Kidul yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, sehingga sudah terjamin soal rasa dan kualitasnya.

5. Berburu Foto Instagramable

Berfoto di Spot Instagrammable (sumber: @kustiyaaaa on Instagram)
Berfoto di Spot Instagrammable (sumber: @kustiyaaaa on Instagram)

Berwisata ke tempat yang eksotis tentu rugi bila tak sempat untuk berburu foto keren. Pantai di Gunung Kidul yang satu ini memiliki banyak spot foto keren yang bisa kamu temukan. Setiap sudut dari tempat wisata yang satu ini memanglah instagramable. Kamu bisa berburu foto dengan latar belakang pemandangan alam yang memukau di sini. Selain itu, terdapat spot foto yang memang disediakan untuk wisatawan yang suka berswafoto. 

6. Menyaksikan Indahnya Matahari Terbenam

Langit Sore Pantai Sepanjang (sumber: @sembilanfebstory on Instagram)
Langit Sore Pantai Sepanjang (sumber: @sembilanfebstory on Instagram)

Saat berwisata ke pantai, rasanya tak afdol jika tak sekalian menanti matahari terbenam tiba. Setelah seharian bermain-main di pantai, sempatkanlah sejenak untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam di objek wisata Pantai Sepanjang Yogyakarta. Langit oranye sore hari di pantai di Gunung Kidul yang satu ini mampu memukau siapapun yang melihatnya. Sambil menyaksikan matahari terbenam, tak ada salahnya untuk sekalian mengambil foto keren ala senjamu!

Baca juga: Pantai Pok Tunggal: Tiket Masuk & Spot Wisata Terbaru 2021

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai wisata Pantai Sepanjang Gunung Kidul, sudah tertarikkah kamu untuk berkunjung ke sana? Berwisata ke pantai yang satu ini sangat cocok bagi Advonturers yang ingin liburan seru dengan budget terbatas. Berkunjung ke Pantai Kuta-nya Yogyakarta merupakan opsi bagus yang bisa kamu lakukan saat liburan. Jadi, bila liburan telah tiba, segeralah kunjungi Pantai Sepanjang Gunung Kidul ini dan kamu bisa berwisata dengan asyik!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Sepanjang Yogyakarta: Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]