1. Pantai

Pantai Kukup, Pantai Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi

Gunung Kidul Yogyakarta adalah daerah yang terkenal akan keindahan paintainya. Kamu dapat menemukan dan mengunjungi berbagai pantai indah dan mempesona di daerah ini, salah satunya adalah Pantai Kukup.

Pantai ini sudah lama terbuka untuk umum dan menjadi salah satu pantai yang banyak wisatawan kunjungi, baik lokal maupun luar negeri. Penasaran apa yang membuat pantai satu ini menarik? Yuk simak pembahasan Advontura kali ini tentang Pantai Kukup.

Salah Satu Wisata Pantai Pertama di Gunung Kidul

Pantai Kukup adalah wisata pantai pertama yang dibangun pemerintah Gunung Kidul bersamaan dengan Pantai Baron dan Pantai Klakar. Pantai ini masih dalam satu barisan dengan Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Baron, Pantai Sepanjang dan pantai-pantai lainnya. Untuk ke pantai ini, kamu harus menempuh jarak sekitra 40 km dari Kota Yogyakarta dan 25 km dari Kota Wonosari.

Baca Juga: Pantai Parangtritis, Menikmati Sunset di Selatan Yogyakarta

Daya tarik utama Pantai Kukup adalah pulau Karang yang menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Di pulau Karang ini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang mempesona. Pantai Kukup ini terletak di sebelah timur Pantai Baron, dengan jarak sekitar 1 km. Lokasi pantai ini secara tepat berada di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sumber: wikipedia

Di sekitar Pantai Kukup, terdapat bukit-bukit batu karang dengan pepohonan hijau yang lebat. Pantai ini terletak di jalur pantai selatan yang terkenal dengan ombak yang ganas, sehingga di sekitarnya terdapat tanda peringatan bagi pengunjung untuk tidak berenang di laut.

Dataran pantainya memiliki area yang luas dengan pasir putih landai, menjadi tempat yang populer bagi wisatawan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang mempesona. Ketika air laut surut, pengunjung dapat mengunjungi Pantai Ngrawe atau Pantai Asmara yang tersembunyi di belakang salah satu bukit karang di Pantai Kukup.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Pantai Paling Mempesona di Gunung Kidul

Bagi pecinta kehidupan laut, kamu dapat menemukan berbagai jenis alga laut, kerang, kepiting, ikan, bulu babi dan banyak lagi di pantai ini. Namun, kamu perlu berhati-hati dengan bulu babi, meskipun dapat ditangkap, sebaiknya tidak mencoba menginjak durinya karena mengandung racun yang berbahaya bagi manusia. Kamu juga dapat mengunjungi berbagai toko souvenir untuk membeli souvenir-souvenir yang terbuat dari beberapa biota laut. 

Ritual di Pantai Kukup

Pantai Kukup masih termasuk ke dalam rangkain pantai selatan yang dipercaya merupakan tempat tinggal dari Nyi Roro Kidul. Oleh karena itu, pantai ini memiliki cerita mistis dan berbagai ritual yang masih berlangsung sampai saat ini. Salah satu ritual yang masih penduduk lokal lakukan adalah upacara sedekah pada setiap Satu Suro.

Baca Juga: Pantai Sepanjang Yogyakarta: Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Pada ritual ini, masyarakat setempat biasanya akan melarung sesajen ke lautan lepas sebagai bentuk persembahan kepada pemilik laut dan rasa syukur kepada Tuhan atas berkah yang sudah didapatkan. Biasanya yang melakukan ritual ini adalah warga sekitar yang menggantungkan kehidupan mereka pada hasil laut.

Lokasi & Alamat Pantai Kukup

Pantai Kukup terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Gunung Kidul. Lokasinya masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrawe atau yang juga terkenal sebagai Pantai Asmara.

Untuk mencapai Pantai Kukup dari pusat Kota Yogyakarta, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5-2 jam. Rute yang dapat kamu ambil adalah melalui ringroad timur dan selatan, lalu melanjutkan ke Kota Wonosari dan belok kiri di perempatan jalan setelah Terminal Giwangan.

Baca Juga: Pantai Krakal Yogyakarta: Tiket Masuk, Lokasi, & Rutenya

Kamu tinggal mengikuti jalur sampai menemukan petunjuk arah menuju Pantai Baron dan Pantai Ngobaran, lalu pilih arah menuju Pantai Baron. Ketika mendekati Pantai Baron, akan ada pos retribusi. Di pertigaan jalan, ambil arah ke kiri untuk menuju Pantai Kukup. Satu hal lagi, kamu tidak perlu khawatir kalau pantai ini tutup karena pantai ini selalu buka 24 jam dari hari Senin sampai Jumat.

Sumber: wikipedia

Harga Tiket Masuk ke Pantai Kukup

Berwisata di Yogyakarta tidak memerlukan biaya yang mahal, tidak terkecuali untuk pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul. Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 dan sudah termasuk tiket masuk menuju Pantai Baron, Pantai Asmara, serta pantai-pantai di sekitarnya. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu akan harus membayar tarif parkir sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas Di Pantai Kukup

Pantai Kukup sendiri sudah memiliki fasilitas yang tergolong lengkap. Beberapa di antaranya adalah:

  • Berbagai penginapan
  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Pedagang makanan
  • Toko hasil laut

Wisata Lain di Sekitar Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan primadona pantai Gunung Kidul, tapi kehadirannya tidak lengkap dengan beberapa tempat wisata lain di sekitar daerah pantai ini. Mumpung kamu di daerah Gunung Kidul, kamu juga dapat mengunjungi beberapa wisata lain yang berada di sekitar Pantai Kukup. Beberapa di antaranya adalah:

1. Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Gunung Kidul. Pantai ini merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang terletak di Gunung Kidul. Wilayah ini menawarkan pemandangan pantai yang memukau. Jika kamu melewati Jalur Pantai Selatan Jawa, khususnya jalan Planjan-Baron-Tepus dan Tepus-Jerukwudel, kamu dapat menyempatkan waktu untuk mengunjungi pantai satu ini.

Sumber: wikipedia

Pantai ini merupakan destinasi favorit para wisatawan yang sedang mencari keindahan alam khas daerah pantai. Pantai ini memiliki bentuk ‘U’ yang dikelilingi tebing. Pasir pantainya berwarna coklat dengan air laut yang memancarkan warna biru kehijauan. Salah satu daya tarik pantai ini adalah keberadaan habitat ikan yang melimpah. Kamu dapat mencoba olahan ikan-ikan laut yang masih segar dari beberapa rumah makan yang berada di sekitar Pantai Baron.

2. Pulau Jumino

Pulau Jumpino termasuk salah satu daya tarik dari Pantai Kuku. Tempasatu ini berbentuk sebuah bukit karang berbentuk daratan kecil yang menjorok ke lautan. Kamu dapat menjelajahi daratan kecil ini melalui jalan yang juga sudah tersedia. 

Perjalanan akan melalui jembatan yang kemudian dilanjutkan dengan menaiki tangga untuk menuju gazebo yang berada di atas bukit. Dari gazebo ini, kamu dapat duduk-duduk santai sambil menyaksikan pemandangan lautan. Gazebo ini merupakan tempat yang cocok untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit.

Sumber: detik

Baca Juga: Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta, Wisata Sawah Paling Populer

Keindahan dari Pantai Kukup sangat sayang untuk dilewatkan. Keindahan bukit batu karang, pasir putih yang indah, serta deru ombak yang menenangkan akan menyihir setiap orang yang datang ke pantai ini. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Kukup ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Kukup, Pantai Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]