1. Rekomendasi Wisata

10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Seru dan Terjangkau

Jawa Barat adalah provinsi yang  banyak dikunjungi karena wisatanya. Salah satu tempat wisata yang harus kamu kunjungi berada di Purwakarta. Apa saja sih tempat wisata yang ada di kota ini?

Pada kesempatan kali ini, Advontura akan membahas tentang tempat wisata di Purwakarta, mulai dari wisata alam sampai wisata buatan. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Tebing Boyer

Tebing Boyer memiliki penampilan layaknya reruntuhan bangunan, namun dihiasi dengan pemandangan menenangkan. Tempat ini terletak di lahan seluas 4 hektar, sementara tinggi tebingnya hanya sekitar 100 meter. Lokasi wisata Tebing Boyer berada di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Sukatani, Purwakarta.

Sumber: Tribunnews

Tempat ini berfungsi sebagai lokasi penggilingan atau penghancuran batu andesit yang kemudian menjadi bahan utama pembangunan Waduk Jatiluhur pada tahun 1957. Batu-batu tersebut diperoleh dari Gunung Cilalawi yang berlokasi tidak jauh dari Tebing Boyer.

Parang Gombong

Waduk Parang Gombong selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati liburan dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau orang terkasih. Tempat ini menjadi destinasi wisata favorit di Purwakarta karena menyajikan keindahan alam yang lengkap, terjangkau, dan menakjubkan. Semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua, dapat menikmati keseruan di Parang Gombong.

Sumber: Instagram

Waduk Parang Gombong, juga dikenal sebagai Parang Gombong, memiliki lahan yang sangat luas, sehingga pengunjung dapat dengan mudah parkir kendaraan di mana pun sesuai dengan pemandangan yang diinginkan. Lokasinya terletak di Desa Kutamanah, Sukasari, Purwakarta.

Gunung Bongkok

Gunung Bongkok merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit di Purwakarta, Jawa Barat. Tempat wisata  satu ini juga menjadi favorit bagi para pendaki pemula. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pasar Plered, berada di Desa Cikandang, Purwakarta.

Sumber: Native Indonesia

Kamu dapat mencapai tempat wisata di Purwakarta ini dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat hingga mencapai area parkirnya. Khusus bagi wisatawan dari luar Purwakarta, kamu dapat keluar dari pintu Tol Ciganea dan mengambil jalur ke sebelah kanan menuju Gunung Bongkok.

Waduk Jatiluhur

Pembangunan Waduk Jatiluhur dimulai sekitar tahun 1957 dan memiliki luas area lebih dari 8 ribu hektar, menjadikannya sebagai waduk terbesar di Indonesia. Proyek pembangunan bendungan ini berlangsung selama sekitar 10 tahun dan selesai sepenuhnya pada sekitar tahun 1967.

Sumber: Wikipedia

Bendungan ini merupakan proyek serbaguna pertama di Indonesia dan dirancang oleh perusahaan kontraktor ternama dari Perancis, yaitu Compagnie Française d’entreprise. Awalnya, Waduk Jatiluhur hanya berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Namun, saat ini air dari waduk ini telah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk sebagai sumber irigasi bagi lebih dari 240 ribu hektare lahan pertanian, kegiatan budidaya perikanan, pasokan air minum, serta membantu dalam mengendalikan banjir.

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan berlokasi di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat. Awalnya, kawasan ini adalah tanah tandus yang kemudian berhasil diubah menjadi lahan hijau seperti yang terlihat sekarang. Di sekitar Bukit Panenjoan terdapat perkebunan teh seluas sekitar 100 hektar.

Sumber: Panduan Wisata

Tempat ini berada di dataran tinggi dengan udara yang sejuk, serta memiliki lokasi yang strategis dan akses jalan yang baik. Bukit Panenjoan Purwakarta terbuka untuk umum setiap hari Senin sampai Minggu, mulai pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya seharga Rp5.000 per orang, belum termasuk biaya parkir.

Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan adalah sebuah tempat wisata hutan pinus yang terletak di Desa Pasir Muncang, Kiarapedes, Purwakarta. Lokasinya berjarak sekitar 5 km dari Jalan Raya Cagak-Wanayasa.

Sumber: Perhutani

Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan di Pasir Langlang Panyawangan, seperti outbound, trekking, observasi burung, dan hunting foto. Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun yang dapat dicapai dengan berjalan kaki kurang dari 1 jam dari pintu gerbang, melalui jalur di tengah hutan pinus yang lebat. Suasana di tengah pepohonan pinus yang rimbun memberikan kesegaran dan ketenangan dari keramaian kota.

Wanakula Camp 

Salah satu lokasi perkemahan yang mengasyikkan di Purwakarta adalah Wanakula Camp, selain misalnya berkemah di Parang Gombong. Terletak di lereng Gunung Sunda, Wanakula Camp menawarkan udara sejuk khas pegunungan yang pasti menarik.

Sumber: Google

Untuk mencapai Wanakula Camp dari Jakarta, Anda dapat mengikuti jalur Tol Cipularang dan keluar di pintu Tol Jatiluhur. Lingkungan sekitar Wanakula Camp begitu alami dengan pertumbuhan tumbuhan hijau yang menenangkan, memberikan kesempatan untuk beraktivitas dengan keseruan yang tak terlupakan.

Curug Tilu

Curug Tilu Purwakarta merupakan salah satu air terjun yang terletak di Purwakarta, meskipun lokasinya agak tersembunyi, namun pesonanya selalu menarik banyak pengunjung. Keasrian dan kealamian curug ini masih terjaga, terlihat dari pepohonan lebat yang mengelilingi curug.

Sumber: Java Travel

Waktu kunjungan ke Curug Tilu terbuka untuk setiap hari dari pukul 07.30-16.30 waktu setempat. Hanya diperlukan pembayaran tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, belum termasuk biaya parkir.

 

Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills merupakan salah satu tujuan wisata yang tengah populer di Purwakarta. Anda dapat mengunjungi area ini yang meliputi villa, resor, dan kolam renang berkonsep langit.

Sumber: Wisata Oke

Meskipun sedang dalam proses pengembangan, tempat ini menarik banyak pengunjung karena keindahannya yang sangat cocok untuk berfoto Instagram. Terdapat banyak lokasi menarik untuk berfoto, baik saat berenang maupun hanya bersantai.

Dengan pemandangan langsung menghadap Gunung Cupu, Gunung Lembu, dan Gunung Parang, suasana di sini sangat sejuk dan menyegarkan.

Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri sedang menjadi destinasi favorit di kalangan para remaja Purwakarta. Di tempat ini, telah disediakan berbagai spot foto selfie yang modern dan sangat cocok untuk diunggah di Instagram.

Sumber: Liputan 6

Bukit ini tidak hanya menampilkan pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga memberikan sensasi udara segar pegunungan, karena letaknya yang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan lebat.

Tak hanya itu, biaya masuk ke Bukit Katumbiri Purwakarta juga sangat terjangkau, hanya Rp10.000 per orang, sehingga Anda bisa menikmati keindahan alam, fasilitas, dan berbagai spot menarik yang ada di sana tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Lokasi wisata ini berada di Jalan Katumbiri, Kiarapedes, Purwakarta.

Baca Juga: Pentingnya Wisata untuk Anak dan Tempat yang Cocok

Demikian 10 wisata di Purwakarta yang seru dan terjangkau versi Advontura. Dari sekian rekomendasi yang sudah diberikan, tempat wisata mana yang kamu ingin kunjungi jika berkunjung ke Purwakarta?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Seru dan Terjangkau

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]