1. Taman Nasional

Jembatan Gantung Sukabumi, Terpanjang di Asia Tenggara

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung.

Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura!

Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi

Jembatan Gantung Situ Gunung, yang terletak di Taman Wisata Alam Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, memegang predikat sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Dengan panjang mencapai 243 meter, lebar 1,8 meter, dan ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah, jembatan ini menjadi salah satu daya tarik utama di daerah tersebut.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), yang melibatkan tiga kabupaten yaitu Cianjur, Sukabumi, dan Bogor, memiliki luas sekitar 24.270,80 Ha. Sejak diumumkan sebagai salah satu taman nasional pertama di Indonesia pada 6 Maret 1980, TNGGP telah menjadi tempat konservasi alam. Sebelumnya, kawasan hutan ini diakui sebagai zona inti Cagar Biosfer Cibodas oleh UNESCO pada tahun 1977.

Sumber: TripAdvisor

Selama kunjungan di Taman Wisata Alam Situ Gunung, pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan yang masih alami, dikelilingi oleh perbukitan yang megah. Keamanan pengunjung di Jembatan Gantung Situ Gunung dijamin, dengan pemasangan sabuk pengaman sebagai bagian dari standar keselamatan. 

Menariknya, Situ Gunung Suspension Bridge diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, pada bulan Maret 2019.

Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung

Harga tiket untuk masuk ke Jembatan Gantung Situ Gunung adalah Rp50.000 per orang, sedangkan untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun dan lanjut usia, tiket khususnya adalah Rp25.000. Dengan membeli tiket, pengunjung sudah mendapatkan akses ke Danau Situ Gunung. Wisata ini dapat kamu kunjungi setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Jika terjadi guncangan saat berada di jembatan, pengunjung dapat langsung mengaitkan sabuk pengaman ke railing di tepi jembatan guna menjaga keseimbangan posisi.

Sumber: Harian Haluan

Kegiatan di Jembatan Gantung Sukabumi

Di sekitar Jembatan Gantung Sukabumi, terdapat beberapa destinasi menarik yang dapat kamu kunjungi sekaligus untuk berkegiatan di sana. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di Jembatang Gantung Sukabumi.

Berkunjung ke Curug Sawer

Jembatan Gantung Situ Gunung memungkinkan pengunjung untuk menuju ke Curug Sawer dengan cepat. Begitu tiba di ujung jembatan, cukup dengan berjalan sekitar 1 km atau sekitar 30 menit untuk mencapai destinasi wisata ini. 

Di area Curug Sawer, pengunjung akan menemui tebing batu yang menjulang tinggi, dengan salah satu sisinya dialiri oleh air dari Sungai Cigunung. Aliran air yang deras di daerah ini memberikan nama Curug Sawer, dengan ketinggian mencapai 35 meter.

Berfoto-foto di Sekitar Tempat Wisata

Selain menikmati keindahan alam dan udara segar khas Sukabumi, para pengunjung dapat berfoto-foto dengan latar belakang air terjun di sebuah jembatan yang melintasi sungai. Di sekitar air terjun juga terdapat bebatuan besar yang sering pengunjung gunakan sebagai spot untuk berfoto-foto.

Sumber: Situ Gunung Suspension Bridge

Berkemah

Bagi kamu yang ingin berlama-lama menikmati kecantikan Situ Gunung, tersedia lima area berkemah di tempat wisata tersebut. Salah satu area berkemah dapat kamu temukan di sekitar Curug Sawer. Untuk mencapai tempat berkemah tersebut, pengunjung dapat memilih untuk berjalan melalui jalur memutar yang mengarah ke Curug Sawer. Alternatif lainnya adalah memotong jalur melalui jembatan gantung.

Bagi yang ingin menjelajahi seluruh area Situ Gunung, ada opsi untuk berjalan dari gerbang masuk ke lokasi berkemah melalui jalur berbatu yang menanjak dan menurun, dengan jarak sekitar 3 km. Meskipun medan yang harus kamu hadapi terbilang cukup menantang, keindahan pemandangan yang ada mungkin akan membuat kamu melupakan rasa lelah tersebut.

Menikmati Kuliner Setempat

Sambil menikmati keindahan pemandangan, pengunjung dapat mengunjungi De’ Balcone Resto yang menawarkan panorama jembatan gantung. Restoran menyajikan berbagai hidangan, termasuk ayam sambal matah, ayam bakar, roti bakar, dan variasi hidangan khas Sunda. Untuk menambah kenyamanan, tersedia juga kopi bagi pengunjung yang ingin menghilangkan rasa kantuk.

De’ Balcone adalah restoran terbuka yang memiliki beberapa spot foto Instagramable, salah satunya adalah balkon dengan pemandangan hutan dan jembatan gantung.

Sumber: TripTrus

Menyaksikan Pesona Alam yang Cantik

Selain keindahan air terjun, kawasan wisata alam ini juga menyuguhkan Danau Situ Gunung yang dikelilingi oleh pepohonan dan rerumputan hijau. Kualitas air yang jernih dan udara sekitarnya yang sejuk menjadikannya lokasi ideal untuk piknik.

Sambil menikmati hidangan piknik yang telah kamu bawa sebelumnya, kamu dapat menikmati pemandangan luar biasa dari Gunung Gede Pangrango. Di sini, tersedia berbagai aktivitas seru seperti mengendarai sepeda air atau menjelajahi danau dengan menggunakan rakit.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Bandung yang Gratis, Wajib Kamu Kunjungi!

Demikian pembahasan Advontura kali ini mengenai Jembatan Gantung Sukabumi. Kamu wajib untuk mengunjungi tempat ini dan juga tempat wisata lain yang ada di sekitarnya. Dijamin, kamu ngga akan lupa keseruannya! Semoga penjelasan kami bermanfaat, ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Jembatan Gantung Sukabumi, Terpanjang di Asia Tenggara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]