1. Pantai
  2. Uncategorized

Pantai Wediombo Gunung Kidul: Lokasi & Harga Tiket Masuk

Jika membahas Gunung Kidul, tidak ada habisnya kita akan membicarakan tentang destinasi wisata pantainya. Daerah ini bahkan terkenal sebagai daerah seribu pantai. Salah satu pantai yang cukup terkenal adalah Pantai Wediombo.

Pantai satu ini sering menjadi destinasi wisata, baik bagi wisatawan mancanegara maupun lokal. Kira-kira apa sih yang membuat pantai satu ini spesial? Kali ini, Advontura akan membahas lebih jauh tentang lokasi, tiket masuk sampai daya tarik dari Pantai Wediombo. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Tentang Pantai Wediombo

Nama Pantai Wediombo berasal dari bahasa Jawa, yaitu dari kata wedi yang berarti pasir dan ombo yang berarti luas. Secara literal, nama ini berarti pasir yang luas. Nama tersebut juga menggambarkan area pantai yang luas. Wediombo sendiri juga dikelilingi oleh tebing-tebing kapur yang menjulang tingg serta pasir putihnya, sama seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Baca Juga: Pantai Slili Gunung Kidul, Pantai Eksotis di Selatan Jawa

Salah satu informasi menarik tentang pantai kebanggaan Gunung Kidul ini adalah bahwa pantai ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Hal ini dapat diketahui dari keberadaan pasir vulkanik dan bahan organik di pantai ini, serta keberadaan batuan vulkanik seperti riolit, adesit, dan gamping yang umumnya terdapat di daerah gunung berapi.

Sumber: wikipedia

Pantai ini memiliki bentuk teluk yang menyerupai setengah lingkaran, dan di bagian barat teluk terdapat sebuah kubah lava yang berasal dari letusan gunung berapi. Para pakar meyakini bahwa pantai ini dulunya merupakan bagian dari daratan yang kemudian terendam ke dalam laut akibat penurunan permukaan bumi di masa lalu.

Lokasi Pantai Wediombo

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, kamu dapat melalui beberapa rute. Letak Wediombo sendiri berada di daerah paling barat dari Gunung Kidul, tapi lelah perjalananmu akan terbayarkan ketika menyaksikan hamparan pasir putih, tebing kapur, serta batuan karang yang indah.

Baca Juga: Pantai Parangtritis, Menikmati Sunset di Selatan Yogyakarta

Jalur utama yang dapat kamu lalui adalah dari Kota Yogyakarta ke Wonosari. Setelah itu, kamu dapat menuju Desa Mulo dan ambil arah ke kiri. Jika sudah masuk ke Desa Jepitu, kamu dapat mengambil arah ke kanan dan tinggal ikuti arah ke Wediombo.

Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta untuk mencapai Pantai Wediombo, dengan jarak tempuh sekitar 50 km. Kamu dapat mengakses pantai ini menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sumber: wikipedia

Selain jalur utama yang sudah Advontura sebutkan di atas, masih ada beberapa jalur alternatif yang dapat kamu tempuh:

  • Rute Alternatif 1 : Jalan Wonosari – Mulo menuju arah lurus ke Pantai Baron – Sesampainya di pertigaan ambil ke arah Pantai Kukup – Tepus – Jepitu belok ke kanan dan ikuti arah menuju Wediombo.
  • Rute Alternatif 2: Praci Wonogiri – Rongkop – Nglindur – Pasar Ngrancah belok ke kanan – Jepitu ambil ke kiri – Ikuti jalan lurus ke arah Pantai Wediombo.
  • Rute Alternatif 3: Semanu – Giripanggang – Cuelo – Dari pertigaan lapangan, belok ke ke kanan – Pasar Jepitu ambil ke kanan – Ikuti jalur ke Pantai Wediombo.

Rute perjalanan melalui jalur alternatif tersebut memang memakan waktu yang lebih panjang, dibanding jalur utamanya. Namun, sepanjang perjalanan menuju kawasan pantai ini, kamu akan menyaksikan pemandangan alam pegunungan yang tidak ada duanya, bahkan kamu dapat melihat Yogyakarta dari atas.

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Harga tiket masuk ke Pantai Wediombo terbilang murah meriah, yaitu sebesar Rp5.000 saja. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu hanya perlu membayar Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor.

Sumber: wikipedia

Jika kamu ingin camping di Pantai Wediombo, kamu wajib membayar biaya tambahan sebesar Rp25.000 untuk satu tenda per malam. Tambahan lain yaitu biaya menginap kendaraan sebesar Rp25.000 untuk mobil dan Rp10.000 untuk motor per malam.

Baca Juga: Pantai Indrayanti, Pantai Pasir Putih Elok dan Menawan

Kegiatan di Pantai Wediombo

Selain pemandangannya yang indah dan air lautnya yang jernih, kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan menarik di pantai ini, lho! Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di Pantai Wediombo, seperti:

Surfing

Pantai Wediombo dikenal sebagai salah satu tujuan utama bagi para penggemar surfing di Yogyakarta. Pantai yang berbentuk teluk membuat ombak di sini cenderung lebih stabil jika dibandingkan beberapa pantai di Yogyakarta lainnya. Hal ini membuat pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk berselancar. Para surfer dari berbagai daerah sering datang ke pantai ini untuk mencoba pengalaman berselancar yang berbeda.

Sumber: kompas

Selain itu, para wisatawan yang mengunjungi Pantai Wediombo juga memiliki kesempatan untuk mencoba sensasi berselancar. Mereka akan mendapatkan bimbingan dan pengarahan dari peselancar lokal yang berpengalaman. Dengan adanya panduan dari para ahli, para pengunjung dapat merasakan euforia dan tantangan yang ditawarkan oleh ombak pantai satu ini.

Berenang

Jika kamu tertarik untuk berenang di laut tapi takut terseret ombak, Pantai Wediombo adalah pantai yang tepat untuk kamu kunjungi. Di sini, pengunjung akan bebas berenang tanpa perlu takut terseret ombak yang besar. Hal tersebut dikarenakan pantai ini memiliki kolam renang alam atau juga dikenal sebagai laguna.

Laguna ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal tersebut karena siapapun dapat bermain air di area yang cukup luas dan aman, tanpa khawatir terseret arus. Batuan karang yang ada di laguna memisahkan laguna dengan laut lepas.

Snorkeling

Selain surfing, kamu juga dapat snorkeling dan menyaksikan keindahan biota laut secara langsung. Pantai Wediombo adalah salah satu pantai yang memiliki habitat biota laut alami karena terdapat tempat konservasi perairan berupa gugusan terumbu karang di bawah laut. Jika kamu tertarik untuk melihat kehidupan laut secara langsung, kamu dapat mencoba dan menyewa peralatan snorkeling dengan membayar sekitar Rp30.000 sampai Rp80.000.

Sumber: kompas

Memancing

Siapa yang sangka, pantai ini juga dapat menjadi tempat memancing yang strategis. Hal tersebut dikarenakan Wediombo kaya akan kehidupan laut, terutama berbagai jenis ikan yang hidup di sekitar area pantai. Jika kamu beruntung, kamu dapat membawa hasil tangkapan yang banyak.

Namun perlu diingat, kamu harus menaati peraturan yang berlaku jika ingin memancing di area Pantai Wediombo, dengan tidak merusak terumbu karang dan menjaga keberlangsungan kehidupan laut yang ada.

Camping

Jika biasanya camping identik dengan gunung dan dataran tinggi, kamu dapat merasakan pengalaman camping berbeda di Pantai Wediombo. Pantai ini memang terkenal memiliki panorama yang indah. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang sengaja menginap di sini. Biasanya mereka datang bersama keluarga atau teman untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit atau terbenam.

Sumber: wikipedia

Baca Juga: Sungai Mudal Kulon Progo, Hidden Gem di Yogyakarta

Pantai Wediombo adalah salah satu pantai yang harus kamu kunjungi jika singgah ke Yogyakarta. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah sekaligus berbagai kegiatan yang menarik dan terjamin aman untuk wisata semua umur. Demikian penjelasan Advontura kali ini, semoga artikel ini dapat membantu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Wediombo Gunung Kidul: Lokasi & Harga Tiket Masuk

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]