1. Pantai

Pantai Nirwana: Pantai Tersembunyi di Kota Padang

Kalau bicara soal Padang, kebanyakan pasti berfokus pada kebudayaannya, terutama makanan tradisionalnya. Padahal, di Kota Padang itu sendiri terdapat pantai cantik yang bernama, Pantai Nirwana. Walau letaknya berada di pusat Kota, namun pantai ini masih belum banyak dikunjungi dan pastinya menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata.

Pantai Nirwana inilah destinasi yang tepat untuk buat kamu, terutama penyuka suasana tenang. Penasaran sama informasinya? Yuk, baca tulisan ini sampai kelar, ya!

Baca Juga: Pantai Tongaci: Lokasi, Daya Tarik, HTM & Fasilitasnya

Seputar Pantai Nirwana Padang

Pantai Nirwana ini terletak di Jl. Raya Padang-Painan, Kelurahan Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Padang Kota, Sumatera Barat dan berdekatan dengan Teluk Bayur. Jaraknya kurang lebih 11 kilometer. Karakteristik Pantai Nirwana memiliki permukaan yang landai, warna pasirnya putih kecoklatan, dikelilingi oleh pohon kelapa. Plusnya lagi, ombaknya cukup tenang, malahan seolah tidak berasa ombaknya.

Cara Menuju Pantai Nirwana Padang

Karena posisinya masih berada di perkotaan, jadi kalau menggunakan kendaraan mobil atau motor waktu tempuhnya tidak sampai 30 menit, hanya berkisar sekitar 25 menit (tergantung keadaan jalan lancar). Berdasarkan dengan aplikasi maps, ketika menuju pantai tersebut, disarankan untuk menggunakan Jalan Lintas Barat Sumatera.

Sumber: Wikipedia

Jika posisi kamu dari daerah lainnya di Sumatera Barat, bisa sesuaikan rutenya dan cari jalan terdekat. Kabar baiknya akses jalan sudah memadai sehingga lebih nyaman dan memudahkan pengunjung untuk menuju tempat tersebut. Bisa juga menggunakan kendaraan umum berupa oplet yang nomor 437 keberangkatan dari Pasar Raya Padang.

Baca Juga: Pantai Solop: Daya Tarik Wisata & Keunikannya Bikin Pangling!

Harga Tiket & Jam Operasional Pantai Nirwana Padang

Ada dua kategori tiket yakni tiket untuk anak-anak (Rp15.000) dan dewasa (Rp20.000). Tiket masuk tersebut belum termasuk dengan beberapa aktivitas yang berbayar. Sementara pengelola memberlakukan jam operasionalnya selama 24 jam. Sehingga kalau mau ingin bersantai, olahraga atau yang penasaran dengan keadaan pantai saat malam hari, tempat ini sangat cocok. 

Sumber: Wikipedia

Aktivitas Seru di Pantai Nirwana

Bermain Air di Pinggir Pantai

Merupakan salah satu aktivitas yang hampir semua orang melakukannya. Bermain air di pinggir pantai  juga bisa jadi pilihan aktivitas jika kamu merasa takut untuk berenang ke tengah pantai. Kegiatan ini bisa untuk semua kalangan, termasuk anak-anak. 

Berjemur Dibawah Sinar Matahari

Tidak hanya sekadar untuk menumpang berjemur di pantai. Kenyataannya berjemur memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan tulang, memperbanyak asupan Vitamin D hingga bisa mengurangi resiko penyakit kanker. Tapi agar maksimal, perhatikan jam berjemur dan terpenting jangan lupa pakai sunscreen sebagai proteksi kulit dari matahari.

Sumber: Flickr

Mengelilingi Pantai

Jika kamu berminat untuk eksplor seluk beluk seputar kawasan ini, mungkin kamu bisa berjalan kaki atau sewa sepeda (jika ada). Kalau di Pantai Nirwana, kamu bisa menyewa kapal, dan berkesempatan untuk melihat dan merasakan bagian tengah pantai.

Snorkeling dan Diving, 

Aktivitas air lainnya yang bisa kamu coba yaitu snorkeling dan diving. Ketika melakukan salah satu atau kedua kegiatan tersebut. Bisa melihat tanaman terumbu karang yang masih terjaga dan beragam jenis ikan yang berwarna-warni menjadi daya tarik utama bagi para penyelam. Sembari melakukan kegiatan tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut yang mempesona dan berenang bersama aneka ikan yang berada di bawah pantai. 

Fasilitas yang Ditawarkan di Pantai Nirwana Padang

Guna memanjakan dan membuat pengunjung semakin enjoy saat berada di Pantai Nirwana, pengelola melengkapinya dengan berbagai fasilitas antara lain tersedia area parkir yang luas, toilet, area khusus mandi, mushola, dan warung makan yang menyajikan berbagai makanan khas Padang. Bahkan, kamu bisa menyewa gazebo yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat dan duduk santai.

Tips Berkunjung ke Pantai Nirwana Padang

Agar kamu merasa nyaman dan tidak salah informasi. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan kunjungan kamu ketika ke Pantai Nirwana:

Waktu Terbaik Berkunjung

Kebanyakan orang mengunjungi pantai saat pagi hari atau sore hari untuk menghindari panas matahari yang terik. Alasan lainnya karena pada pagi hari, termasuk waktu terbaik untuk terkena sinar matahari (saran waktunya jam 7 hingga 10 pagi). Sedangkan kalau sore hari, selain sudah tidak terlalu panas (apalagi jika sudah melewati jam 4 sore). Bisa sekalian untuk melihat matahari tenggelam (terutama dari Teluk Bayur).

Sumber: Wikipedia

Menyiapkan Uang Tunai Untuk Melakukan Transaksi Selama di Pantai

Mungkin belum semua tempat wisata, memberlakukan sistem cashless dan masih ada yang menerapkan 2 sistem transaksi dengan uang cash atau cashless (kartu debit, scan e-payment atau transfer). Jadi tetap siapkan uang tunai, perhitungkan berapa jumlahnya dan pastikan sudah diperhitungkan berdasarkan kegiatan yang bakal kamu lakukan.

Baca Juga: Lembah Anai Padang, Pesona Air Terjun Hutan Lindung

Kesimpulanya, bukan hanya Jakarta saja yang memiliki pantai di kota, namun juga daerah lainnya, termasuk Pantai Nirwana yang di Padang ini.

Pastinya, termasuk destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi. Menawarkan keindahan alam yang memukau, suasana yang tenang, dan bisa melakukan aneka aktivitas seru, maka tak heran menjadi tempat yang ideal untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Nirwana: Pantai Tersembunyi di Kota Padang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]