1. Rekomendasi Wisata

10 Wisata Alam Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Jika membahas tentang Jakarta, pasti pikiranmu tidak jauh dari kata polusi dan macet. Siapa sangka? Ternyata ada lho, beberapa wisata alam Jakarta yang wajib untuk kamu kunjungi. Tempat-tempat wisata ini terjamin tidak kalah menarik dari tempat wisata yang ada di luar Jakarta.

Pada kesempatan kali ini, Advontura akan memberimu 10 rekomendasi wisata alam Jakarta yang dapat kamu kunjungi di kala luang. Emang seperti apa wisata alam di Jakarta? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Hutan Kota by Plataran

Salah satu lokasi wisata alam Jakarta yang sedang banyak orang minati adalah Hutan Kota by Plataran, atau Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK). Setelah mengalami pembaharuan, pemandangan di Hutan Kota GBK menjadi lebih indah. Para pengunjung dapat duduk santai sambil menikmati panorama gedung-gedung tinggi di Jakarta. Kawasan seluas 4 hektar ini telah berubah menjadi ruang terbuka hijau yang berfungsi sebagai paru-paru kota di tengah ibu kota.

Sumber: Plataran

Selain area rerumputan hijau yang luas, di sini terdapat kolam trembesi yang dikelilingi oleh alas kayu. Bagi kamu yang ingin berolahraga, Hutan Kota GBK juga menyediakan jalur jogging yang dirancang khusus untuk mereka yang ingin melakukan lari sore atau jogging di pagi hari. 

Jika kamu merasa lapar, tak perlu khawatir karena terdapat kios-kios makanan kecil dan restoran di dalamnya. Selain itu, banyak pengunjung yang membawa alas tikar dan makanan sendiri, tetapi tentu saja harus menjaga kebersihan area tersebut. Jadi, kamu dapat menyantap makanan sambil duduk santai di tengah hutan kota.

Pantai Indah Kapuk (PIK)

Saat ini, Pantai Indah Kapuk (PIK) sedang menjadi wisata alam favorit masyarakat Jakarta. Hal ini disebabkan oleh keberadaan Pantai Pasir Putih yang cantik di PIK 2, yang masih berlokasi di wilayah utara Jakarta. Tidak hanya keindahan pasir putihnya, di kawasan PIK 2 ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti kafe, restoran, kolam renang, dan bahkan tempat wisata hutan mangrove.

Sumber: Kompas

PIK 2 ini terletak hanya berjarak sekitar lima kilometer dari PIK 1. Namun, kehadiran jembatan penghubung Riverwalk Island mempersingkat perjalanan ke PIK 2 menjadi sekitar 5 menit saja. Pantai PIK 2 buka setiap hari dari jam 15.00 hingga jam 19.00 WIB. Bagian yang paling menyenangkan adalah tidak ada biaya masuk ke Pantai Indah Kapuk alias kamu dapat memasuki area pantai secara gratis.

Taman Wisata Alam Mangrove 

Wisata alam Jakarta satu ini terletak di kelurahan Kamal Muara, yang berdekatan dengan kawasan Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara. Meskipun berada di ujung utara Jakarta, akses ke sini cukup mudah orang jangkau, baik dengan kendaraan pribadi melalui jalan tol maupun dengan transportasi umum.

Di Taman Wisata Alam Mangrove ini, kamu dapat merasakan suasana yang menenangkan sambil menikmati udara segar yang khas dari pesisir pantai. Selain itu, terdapat banyak spot foto yang instagramable, seperti jembatan kayu, penginapan yang terbuat dari dinding kayu, atau bahkan hanya berfoto dengan latar belakang hutan mangrove.

Untuk masuk ke kawasan ini, kamu hanya perlu membayar Rp30.000 per orang pada hari kerja dan Rp35.000 per orang pada akhir pekan. Sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp15.000 per orang pada hari kerja dan Rp20.000 pada akhir pekan.

Pantai Ancol 

Meskipun sudah lama menjadi destinasi wisata populer di Jakarta, kawasan Pantai Ancol tetap ramai, baik dari wisatawan dalam maupun luar Jakarta. Salah satu alasan utamanya adalah harga tiket yang terjangkau, serta pengunjung boleh membawa makanan dan minuman dari luar.

Hal tersebut yang membuat banyak pengunjung memilih untuk menghabiskan waktu berlama-lama dengan piknik atau duduk santai di pantai ini. Keindahan panorama pantai dan angin sejuk yang jarang didapatkan di Jakarta membuat para pengunjung merasa segar dan nyaman ketika berkunjung ke tempat ini.

Sumber; Wikipedia

Untuk masuk ke kawasan pantai, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk yang terletak di pintu gerbang Ancol. Biaya masuk untuk kendaraan bermotor hanya berkisar Rp15.000, sementara untuk mobil, biayanya sebesar Rp25.000.

Taman Suropati

Taman yang terletak di daerah elit Menteng ini memang mempunyai keindahan alam yang melimpah. Berbagai jenis pepohonan yang tertata dengan rapi menciptakan pemandangan yang memukau dan memberikan suasana sejuk. Terlebih lagi , jalur setapak paving membuat pengalaman berjalan-jalan di sepanjang taman ini menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Sumber; Wikipedia

Tak heran bahwa taman ini sering menjadi tempat favorit bagi masyarakat untuk bersantai, berfoto, dan bahkan menikmati kuliner. Selain itu, juga terdapat beberapa patung dari anggota PBB yang ada di area ini, yang sering menjadi latar belakang foto para pengunjung. Ketika malam hari, pengunjung juga dapat menikmati berbagai jenis musik dari seniman-seniman jalanan yang hadir untuk menghibur para pengunjung.

Setu Babakan 

Setu Babakan, merupakan salah satu danau yang terletak di wilayah cagar budaya Betawi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Danau ini memiliki luas sekitar 165 hektar dan mencakup kebun rakyat, pemukiman masyarakat Betawi, serta dikelilingi oleh dua danau lainnya.

Keindahan danau yang tenang dengan hembusan angin sejuk menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Di samping itu, Setu Babakan juga menawarkan berbagai kegiatan wisata air seperti sepeda air, kano, dan memancing. 

Sumber; Wikipedia

Yang menarik, tidak ada tiket masuk yang harus kamu bayar, alias pengunjung bisa masuk ke area ini secara gratis. Selain itu, pengunjung juga boleh membawa makanan dan minuman dari luar.

Taman Cattleya

Taman Cattleya terletak di kawasan Tomang, Slipi, Jakarta Barat, dan merupakan salah satu taman yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Meskipun tidak memiliki area yang luas, dengan hanya 31,94 meter persegi, taman ini memiliki tata letak yang rapi dan indah, menjadikannya menarik bagi pengunjung.

Sumber: Native Indonesia

Di sini, kamu juga dapat berolahraga karena terdapat jalur jogging. Selain itu, di area taman terdapat fasilitas taman air dengan pancuran air yang berasal dari tanah, yang sangat cocok untuk mengajak anak-anak. Tidak ada biaya masuk yang harus dibayar untuk masuk ke Taman Cattleya. Waktu operasional taman ini adalah dari pukul 08.00 hingga 18.30 WIB. Pengunjung hanya diminta untuk menjaga kebersihan selama berada di taman ini. 

Hutan Kota Tanah Tingal

Hutan yang terletak di wilayah Ciputat ini awalnya merupakan properti pribadi yang dimiliki oleh penduduk setempat. Namun, setelah pemiliknya meninggal, lahan tersebut beralih fungsi menjadi hutan kota.

Di wisata alam Jakarta satu ini, tersedia berbagai kegiatan yang dapat kamu lakukan, mulai dari berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam, mengambil foto-foto, berkemah, hingga berbagai kegiatan outbound.

Sumber; KSMTour

 

Selain itu, ada juga fasilitas berenang yang tersedia di tempat tersebut. Kelebihannya, hutan ini memiliki sebuah danau yang digunakan untuk menampung air hujan dan sebagai sumber air bersih untuk penduduk setempat.

Hutan Kota Srengseng

Sebagai “paru-paru” bagi wilayah Jakarta Barat, Hutan Kota Srengseng menawarkan udara yang sangat menyegarkan. Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat bahwa di area ini terdapat sekitar 4.000 pohon yang rimbun, mencakup 60 varietas pohon yang berbeda. Selain itu, hutan ini juga menyediakan berbagai fasilitas, termasuk area bermain anak-anak, tempat makan, danau, dan jalur jogging.

Sumber; Wikipedia

Bagi kamu para mancing mania, terdapat pula fasilitas khusus untuk memancing ikan di sini. Karena banyak keluarga yang mengunjungi tempat ini untuk berwisata, berbagai fasilitas umum seperti toilet umum, mushola, dan tentu saja area parkir sudah tersedia dan terawat dengan baik.

Allianz Ecopark

Dulu, taman seluas 34 hektar ini adalah lapangan golf yang terletak di wilayah Ancol, yang kemudian beralih fungsi menjadi sebuah taman yang sejuk. Selain sebagai tempat untuk menyegarkan diri dari cuaca panas, tujuan utama taman ini adalah untuk mengedukasi pengunjung tentang pentingnya gaya hidup yang ramah lingkungan.

Sumber: Idntimes

Allianz Ecopark terbagi menjadi empat zona yang berbeda.  Di Zona Eco-Nature, pengunjung dapat memperoleh pembelajaran tentang hewan dan tumbuhan, dan di Zona Eco-Energy, mereka dapat memahami pemanfaatan energi yang bersahabat dengan lingkungan. Zona Eco-Care menyajikan beragam permainan seru, sementara Eco-Art menampilkan pertunjukan seni yang menarik.

Baca Juga: Pantai Pasir Putih PIK 2, Pantai Indah yang Dekat Jakarta

Demikian pembahasan Advontura mengenai 10 wisata alam Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Dari beberapa tempat wisata di atas, mana saja yang sudah kamu kunjungi atau sudah masuk wishlistmu? Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu ya!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Wisata Alam Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]