1. Taman Bermain

Taman Cempaka: Tiket Masuk, Fasilitas dan Kegiatan Menarik

Taman Cempaka memiliki luas lahan sekitar 6 hektar dan dikelola oleh pemerintah kota Jakarta Timur. Sebagai fasilitas ruang terbuka hijau, taman ini mempunyai manfaat yang signifikan bagi penduduk sekitar sebagai opsi liburan murah dan gratis yang dekat dengan tempat tinggal mereka.

Seperti apa kira-kira taman satu ini? Yuk, untuk informasi selengkapnya, dapat kamu simak dalam artikel kali ini!

Lokasi Taman Cempaka

Taman Cempaka terletak di daerah Cipayung, Jakarta Timur, beralamat di Jalan Rawa Lindung RT. 01/04 Kec. Cipayung Jakarta Timur, DKI Jakarta. Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi taman ini, disarankan untuk menggunakan aplikasi penunjuk arah karena jalur masuk dari jalan raya ke taman ini belum dilengkapi dengan plang nama atau gapura.

Sumber: Ayo Ke Taman

Lokasinya yang dekat dengan pemukiman membuat taman ini mudah diakses oleh warga yang ingin untuk berkunjung. Di dalamnya, terdapat danau buatan yang luas, menjadikan tempat ini ideal untuk memancing ikan. Taman ini juga menjadi pilihan populer bagi keluarga dan orang-orang yang ingin berolahraga atau bermain bersama, menjadikannya destinasi wisata yang seru.

Tiket Masuk & Jam Operasional Taman Cempaka

Tidak ada biaya tiket yang harus kamu bayar untuk masuk ke Taman Cempaka, karena taman ini dikelola oleh Pemerintah DKI Jakarta sebagai bagian dari fasilitas kota. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir dan mungkin membeli makanan ringan di sekitar taman.

Sebagai salah satu destinasi wisata gratis di Jakarta Timur, Taman Cempaka tersedia untuk orang-orang kunjungi setiap hari tanpa batasan waktu. Kamu dapat datang mulai dari pagi hari, pukul 07.00 WIB, hingga sore hari, pukul 17.00 WIB.

Sumber: Ayo Ke Taman

Fasilitas Taman Cempaka

Taman ini menawarkan keasrian dengan rimbunnya pepohonan yang memberikan suasana yang sejuk dan teduh. Selain itu, berbagai fasilitas yang disediakan terbilang lengkap. Pengelola taman telah menyediakan beberapa fasilitas yang memadai, seperti danau buatan, jalur lari, area bermain anak, fasilitas toilet, musala, tempat sampah, gazebo, bangku taman, dan area parkir.

Sumber: Tripsia

Sebagai himbauan, pengelola berharap agar pengunjung dapat merawat dan menjaga fasilitas yang tersedia. Selain itu, diberikan himbauan juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Penting untuk memastikan kawasan taman tetap bersih dan rapi agar semua orang dapat menikmati bersama taman ini dengan nyaman.

Kegiatan Menarik di Taman Cempaka

Di Taman Cempaka, terdapat banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan. Beberapa di antaranya adalah piknik, berfoto ria, memancing, berolahraga, dan bermain di taman bermain anak. 

Selain itu, seringkali taman ini menjadi lokasi untuk kegiatan perkumpulan atau reuni. Dengan membawa tikar dan bekal makanan dari rumah, kamu sudah dapat bersantai bersama keluarga dan teman tanpa perlu biaya tambahan.

Memancing Ikan

Salah satu fasilitas menarik di Taman Cempaka adalah sebuah danau, di mana para pengunjung dapat memancing untuk menyalurkan hobinya. Memancing sambil duduk di bawah rindangnya pepohonan sambil menikmati secangkir kopi dapat menyegarkan pikiranmu dan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Pastikan kamu membawa bekal makanan sehingga tidak perlu khawatir meninggalkan pancingan.

Di danau ini, terdapat jenis ikan nila dan bawal. Pada tahun 2017, sebanyak 1.000 benih ikan tersebut dilepaskan ke dalam danau. Dengan demikian, pengunjung kesulitan untuk mendapat tangkapan ikan.

Berkeliling Taman dan Bermain bersama Anak

Salah satu kegiatan yang bisa kamu nikmati adalah menjelajahi seluruh area taman. Menyaksikan pemandangan pepohonan, danau, dan langit yang cerah bersama teman atau keluarga merupakan pengalaman yang memuaskan. Setelahnya, jika merasa bosan dengan berkeliling, kamu dapat melanjutkan dengan menikmati fasilitas permainan anak yang tersedia di taman ini. Meskipun disebut sebagai area permainan anak, beberapa wahana di sini juga dapat digunakan oleh orang dewasa. Namun, penting untuk memperhatikan berat badan dan bentuk tubuh agar bermain tetap aman dan menyenangkan.

Sumber: Beranda

Berpiknik

Berkunjung ke Taman Cempaka menjadi lebih istimewa jika kamu berpiknik di sini. Tersedia banyak area yang cocok untuk meletakkan tikar dan bersantai. Penting untuk membawa makanan dari rumah guna menambah keseruan suasana piknik.

Selain menjadi tempat piknik, Taman Cempaka seringkali menjadi lokasi untuk acara arisan. Keuntungan tidak dikenakannya biaya tiket masuk membuatnya menjadi pilihan yang mudah bagi mereka yang ingin mengadakan acara kumpul-kumpul. Pilihlah lokasi yang teduh dan alami untuk memastikan acara berlangsung dengan nyaman dan kondusif.

Berfoto Ria

Taman Cempaka menawarkan beberapa lokasi menarik untuk berfoto. Salah satunya berada di tengah-tengah rimbun pepohonan, menciptakan kesan berada di dalam hutan. Selain itu, tepian danau juga sering menjadi pilihan yang bagus untuk mengabadikan momen dengan latar belakang yang asri. Selain itu, pengunjung dapat berfoto-foto ria di taman bermain anak-anak yang tidak kalah indahnya.

Baca Juga: Jembatan Gantung Sukabumi, Terpanjang di Asia Tenggara

Sekian pembahasan Advontura kali ini mengenai lokasi, tiket masuk, fasilitas, dan kegiatan menarik di Taman Cempaka Jakarta Timur. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu kamu ketika berkunjung ke taman ini, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Taman Cempaka: Tiket Masuk, Fasilitas dan Kegiatan Menarik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]