1. Pusat belanja

Grand Mall Indonesia: Mall Terbesar Kedua Termewah di Jakarta

Grand Mall Indonesia atau juga terkenal sebagai GI merupakan salah satu mall terbesar di Jakarta, Indonesia. Mall ini menawarkan pengalaman berbelanja berskala internasional dengan berbagai pilihan merek fesyen dan restoran ternama.

Seperti apa kira-kira Grand Mall Indonesia ini? Yuk simak informasi selengkapnya bersama Advontura!

Tentang Grand Mall Indonesia

Grand Mall Indonesia merupakan pusat perbelanjaan yang ramah keluarga dengan konsep ‘menyediakan semua kebutuhan keluarga dalam satu lokasi’. Mal ini pertama kali buka pada tahun 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada tahun yang sama, Hotel Indonesia mengalami pembaruan. Setelah mengalami renovasi, grup Kempinski mulai mengelola hotel ini dan berganti nama menjadi Hotel Indonesia-Kempinski. Setelah menjalani lima tahun pembaruan, pada tanggal 20 Mei 2009, Hotel Indonesia Kempinski dibuka kembali oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Sumber: Wikipedia

Kawasan sekitar Hotel Indonesia kemudian berkembang menjadi kompleks multi-fungsi bernama Grand Indonesia, yang mencakup gedung perkantoran seperti Menara BCA, apartemen seperti Kempinski Residence, dan pusat perbelanjaan.

Grand Indonesia terbagi menjadi tiga bagian utama: East Mall, West Mall, dan sebuah Skybridge yang menghubungkan keduanya. Skybridge dapat kamu akses di beberapa lantai. Di West Mall, terdapat Foodprint, sebuah foodcourt yang berada di lantai 5, dan mal ini resmi buka untuk umum pada April 2007.

Sebagai mal terbesar di Jakarta Pusat, Grand Indonesia menempati peringkat kedua setelah Mal Kelapa Gading di Jakarta Utara. Mal ini bahkan merupakan mal terbesar keempat di Indonesia, setelah Pakuwon Mall dan Tunjungan Plaza di Surabaya.

Saat ini, Grand Mall Indonesia memiliki luas total 263.226 meter persegi dengan area yang dapat disewakan sekitar 140.000 meter persegi, lengkap dengan 247 toko dan 127 restoran berskala internasional.

Lokasi Grand Indonesia

Sebagai salah satu pusat perbelanjaan yang menjadi ikon Jakarta, Grand Mall Indonesia memiliki lokasi yang sangat strategis di pusat kota, berdekatan dengan Monumen Selamat Datang dan Monumen Nasional. Alamat pastinya terletak di Jl. MH. Thamrin No.1, Kelurahan Kebun Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bagi kamu yang datang dari luar kota, opsi utama untuk masuk ke Jakarta adalah melalui Bandara Soekarno-Hatta. Setelah tiba di bandara tersebut, untuk mempermudah perjalanan, dapat memanfaatkan layanan sewa mobil atau menggunakan taksi online yang tersedia di sekitar Bandara Soetta.

Sumber: Easybook

Jam Operasional Grand Indonesia

Jika kamu berminat untuk mengunjungi mal ini, kamu dapat datang mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB setiap hari dari Senin hingga Minggu. Tidak heran jika Grand Mall selalu ramai, terutama pada akhir pekan atau jam makan. Jika kamu berencana makan di mal ini, kamu dapat melakukan reservasi tempat terlebih dahulu.

Daya Tarik Grand Mall Indonesia

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Grand Mall Indonesia:

Crossroads of the World

Pada awalnya, Grand Indonesia memiliki zona bernama Crossroads of the World, yang merupakan kreasi dari Legacy Entertainment. Zona ini awalnya terdiri dari empat distrik, yaitu Entertainment District, Fashion District, Garden District, dan Market District. Namun, pada tahun 2011, sebagian dari Market District lantai 5 dan setengah bagian dari Garden District digantikan oleh Toys Kingdom dan Ace Hardware.

Pada tahun 2013, sejumlah dekorasi distrik dihapus untuk memberikan ruang kepada penyewa, dan pada tahun 2017, Crossroads of the World dihapus dari tata ruang mal. Meskipun begitu, sebagian dari Entertainment District, Fashion District, dan lantai 2 Garden District tetap bertahan.

Dancing Fountain

Grand Mall Indonesia memiliki pertunjukan air mancur musikal yang juga terkenal sebagai Dancing Fountain (sebelumnya bernama “Fountain Show”). Pertunjukan ini dapat kamu nikmati di Fountain Atrium West Mall, lantai 3A dan 5, dengan latar belakang yang menggambarkan suasana Rockefeller Center di New York City. 

Berbagai lagu berbunyi selama pertunjukan, termasuk Theme From New York New York, sementara pengunjung dapat menikmati variasi seperti Andrew Lloyd Webber Medley dan Rhapsody In Blue secara rutin. Selama bulan November hingga Januari, pertunjukan juga memasukkan lagu-lagu seperti Trans Siberian Orchestra Christmas dan Sleigh Ride.

Sumber: Kemang Village Residence

Dancing Fountain mengusung konsep penggunaan berbagai lagu dengan tema-tema berbeda, termasuk tema Imlek pada bulan Februari hingga Maret. Pertunjukan ini mulai setiap 3 jam pada akhir pekan dan libur nasional, mulai pukul 2, 5, dan 8 sore. Sebuah perusahaan asal Florida, Amerika Serikat, yang bernama Waltzing Waters merancang teknologi air mancur ini. 

Grand Mall Indonesia menggunakan tipe Liquid Fireworks dengan model 9 bagian untuk menciptakan pertunjukan air mancur yang mengesankan. Keistimewaan lainnya adalah Grand Mall Indonesia menjadi satu-satunya di Indonesia yang memiliki produk air mancur buatan Waltzing Waters.

Fountain Atrium

Fountain Atrium berfungsi sebagai ruang tempat pertunjukan Dancing Fountain. Selain menjadi lokasi untuk pertunjukan Dancing Fountain, ruangan ini seringkali menjadi tempat untuk pameran dan konser. Desainnya menampilkan gaya Amerika yang terlihat dari pilar-pilar dengan motif lampu, serta lengkap dengan layar proyektor yang awalnya berfungsi untuk menampilkan gambar-gambar New York dan media periklanan. Lukisan di atap mencerminkan gedung-gedung di jalanan New York dan Rockefeller Center, dan di dalamnya terdapat patung ikonik, yakni patung Prometheus Rockefeller yang serupa dengan yang terdapat di New York.

Sejak tahun 2009, penyewa toko menghilangkan elemen khas facade Times Square ini untuk penyesuaian. Pada tahun 2011, layar proyektor beralih fungsi menjadi layar LED panjang yang Ilumin8 produksi, yang tidak lagi menampilkan gambar-gambar New York. Pada bulan Desember 2017, sebuah food court baru bernama FoodPrint dibangun di lantai 2 Fountain Atrium, mengakibatkan Fountain Atrium menjadi lebih terang selama pertunjukan Dancing Fountain dan merubah atmosfer New York-nya. Kemudian, patung Prometheus yang ikonik dihilangkan untuk memberi tempat pada layar LED yang lebih besar pada tahun 2019.

Sumber: Bobobox

Alun-Alun Indonesia

Alun-Alun Indonesia adalah area yang dirancang dengan konsep one-stop shopping, bertujuan untuk memberikan pengalaman eksplorasi melalui “Jendela Indonesia”. Dari namanya, terlihat bahwa tempat ini fokus menampilkan produk-produk lokal Indonesia yang sudah memiliki nama di kancah internasional.

Konsep Alun-Alun Indonesia berfungsi untuk menyediakan ruang rekreasi, berbelanja, pembelajaran, dan nostalgia bagi segala umur. Tempat ini termasuk dalam zona Specialty Store di Grand Indonesia, terletak di lantai 3, West Mall. 

Baca Juga: Taman Barito: Lokasi, Harga Tiket Masuk, & Jam Operasional

Demikian pembahasan Advontura mengenai Grand Mall Indonesia. Mall satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka berlama-lama berbelanja atau tertarik dengan merek-merek internasional. Semoga penjelasan kali ini dapat membantumu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Grand Mall Indonesia: Mall Terbesar Kedua Termewah di Jakarta

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]