25 Rekomendasi Tempat Wisata Pangalengan yang Cocok untuk Liburan

Wisata Pangalengan (@explorepangalengan on Instagram)
Daftar isi

Pangalengan merupakan bagian dari kawasan Bandung Selatan. Berbekal kondisi geografis yang didominasi perbukitan dan gunungan, wilayah ini menawarkan sejuta tempat wisata yang memesona. Simak ulasan selengkapnya, ya, Advonturers!

1. Gunung Artapela

Gunung Artapela (@bandungbanget on INstagram)

Tempat wisata Pangalengan pertama yang akan wajib kamu kunjungi adalah Gunung Artapela. Objek alam yang sudah berstatus sebagai gunung tidak aktif ini mempunyai ketinggian 2.194 mdpl.

Di sini, kamu dapat merasakan sensai mendaki (hiking) ditemani bukit-bukit hijau yang mengelilingi. Ditambah lagi, kawasan gunung Artapela pun sangatlah asri, lengkap dengan sabana rumput yang luas nan lebat. Jika beruntung, pengunjung juga berkesempatan untuk menyaksikan fenomena matahari terbit dan senja.

2. Glamping Cileunca

Glamping Cileunca (@cileuncalakeside on Instagram)

Bertempat di area Situ Cileunca, wisata Pangalengan ini sering kali menjadi opsi wisatawan untuk berekreasi di akhir pekan. Wilahnya yang berada persis di tengah danau menjadi daya tariknya tersendiri. 

Glamping Cileunca menyediakan segudang fasilitas lengkap, mulai dari akomodasi camping, restoran, cottage, sampai wahana flying fox sepanjang 200 meter melintasi danau. Tidak hanya itu, kamu bisa merasakan keseruan olahraga arung jeram, panahan, maupun paintball games di tempat ini.

Artikel Terkait

3. Pineus Tilu Camp Ground

Pineus Tilu Camp Ground (@pineustilu on Instagram)

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi berkemah di tepi sungai ditemani suara gemericik air, datanglah ke Pineus Tilu Camp Ground di Pulosari. Untuk tenda sendiri sudah tersedia di sana sehingga pengunjung tidak perlu repot-repot membawanya.

Kamu bisa berswafoto ria sambil menikmati panorama alam sekitarnya. Tersedia pula ayunan hammock yang terpasang di pohon untuk sensasi bersantai dan tiduran yang unik.

4. Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar (sikidang.com)

Selanjutnya, ada Perkebunan Teh Malabar yang tidak boleh kamu lupakan. Kebun teh satu ini ternyata telah berdiri sejak tahun 1800-an atas inisiasi pemerintah kolonial Belanda.

Hamparan pohon teh seluas 2000 hektare di atas ketinggian 1550 mdpl membuat siapa saja akan betah menghabiskan waktu di sini. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keseruan berkeliling di Museum Bosscha dengan interior yang kental dengan budaya Belanda yang tidak jauh dari sana.

5. Rumah Putih Cukul

Rumah Putih Cukul (c-rafting.com)

Selain kebun teh dan danau, Kawasan Cukul juga menyimpan sebuah villa yang dikenal dengan sebutan Rumah Putih Cukul. Meskipun sudah eksis semenjak masa kolonial Belanda, bangunan tersebut masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Arsitektur rumah yang bergaya klasik khas Eropa tempo dulu membuat banyak wisatawan tertarik untuk menjelajahinya. Apalagi, di sekitar rumah ini terdapat danau eksotis yang airnya sangat jernih. Sekarang, tempat wisata Pangalengan ini resmi menjadi milik Perusahaan Teh Sosro dan kerap menjadi lokasi syuting sejumlah film horor tanah air.

6. Situ Cileunca

Situ Cileunca (@situcileunca on Instagram)

Berbicara soal danau, Pangalengan mempunyai salah satu danau buatan tertua di Indonesia yang sudah eksis sejak tahun 1919. Oh ya, situ sendiri adalah sebutan lain dari danau. Ukurannya begitu luas (1400 hektare) dengan kedalaman rata-rata sampai 17 meter.

Daya tarik utama dari Situ Cileunca adalah pesona sunrise maupun sunset yang biasanya diburuh oleh wisatawan. Banyak pula destinasi sekitar yang bisa kamu, contohnya De Bloem Lakeview Villa dan Jembatan Cinta.

7. Curug Mega

Curug Mega (@curugmegapangalengan on Instagram)

Salah satu tempat wisata Pangalengan terbaru yang boleh kamu kunjungi adalah Curug Mega. Usianya yang masih baru dan letaknya juga cukup tersembunyi membuat tempat ini sangatlah asri karena jarang terjamah manusia.

Secara bentuk, Curug Mega memang mirip dengan sapu lidi yang sedang terkembang, dari atas tampak kecil, tetapi jadi menyembut ketika air jatuh dari ketinggian 200 meter ke tanah. Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan curug ini sebagai tempat pemandian maupun bermain air.

8. Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong ([email protected] on Instagram)

Destinasi wisata Pangalengan berikutnya yang tidak kalah menarik yaitu Hutan Pinus Rahong. Sebagai salah satu tempat paling asri se-Jawa Barat, kamu dapat melaksanakan berbagai kegiatan bersama teman atau keluarga, seperti menyaksikan matahari terbit dan berfoto ria di tengah hutan pinus.

Tidak cuma merasakan kecantikan hutan, pengunjung juga dapat bermain-main ke objek wisata lain yang terletak di sekitarnya. Sebut saja, Situ Cileunca dan Kampung Singkur.

9. Situ Cisanti

Situ Cisanti (@situcisanti on Instagram)

Di samping Situ Cileunca, ada pula Situ Cisanti di kaki Gunung Wayang, Desa Tarumajaya Kertasari. Wisata Pangalengan yang satu ini merupakan danau buatan dengan seluas 10 hektare. Fungsinya sendiri untuk menampung tujuh mata air dari Sungai Citarum.

Dulunya, Situ Cisanti merupakan tempat yang tidak terawat. Namun, terhitung sejak tahun 2018, pemerintah Bandung akhirnya memutuskan untuk menjalankan revitalisasi di sana hingga terlihat menawan seperti sekarang. Ketika mampir kemari, kamu dapat mencoba berbagai kegiatan, misalnya memancing, wisata perahu, memancing, sampai berkemah di sekitarnya. 

10. Kampung Singkur

Kampung Singkur (@kampungsingkur on Instagram)

Sewaktu mampir ke Pangalengan, jangan lupa mengunjungi Kampung Singkur, ya. Alamatnya berada di Jalan Raya Situ Cileunca KM. 4 dan masih satu kawasan dengan area arung jeram Pangalengan. 

Berbagai kegiatan yang seru dapat kamu nikmati di sini, seperti paintball, rafting, offroad, serta flying fox. Wisata Pangalengan ini pun menawarkan penginapan dan lahan yang cukup luas untuk camping. Pengunjung tentu akan merasakan langsung sejuknya suasana hutan dengan iringan gemericik air dari aliran sungai terdekat.

11. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang (@alik_plara on Instagram)

Sehabis lelah beraktivitas, kamu dapat mampir ke Pemandian Air Panas Cibolang atau Cibolang hotspring. Tempat wisata Pangalengan buatan ini merupakan salah satu objek yang paling diminati wisatawan dalam maupun luar negeri. 

Di samping menawarkan air hangat alami, pengunjung juga bisa berenang sambil menikmati keindahan di sekitarnya. Tidak usah khawatir, pemandian ini menyediakan fasilitas lengkap termasuk penitipan barang. Sekali masuk, kamu pun sudah bebas bermain-main di dalam sepuasnya.

12. Curug Ceret

Curug Ceret (@indoflashlight on Instagram)

Tidak cuma satu, Pangalengan mempunyai objek wisata air terjun lainnya, yaitu Curug Ceret. Air terjun dengan ketinggian 5 meter ini sangat menawan ketika cuaca cerah, di mana matahari memantulkan cahayanya di atas aliran sehingga menciptakan pelangi kecil.

Sumber airnya berasal dari akar pohon dan celah batu di sekitarnya. Kamu dapat mengamati pesona air terjun sambil bermain air maupun berenang di sini. Meskipun bukan wisata Pangalengan terbaru, curug ini selalu ramai pengunjung, apalagi saat akhir pekan.

13. Sungai Palayangan

Sungai Palayangan (@janganlupajalan on Instagram)

Kalau kamu mencintai kegiatan yang melibatkan fisik, Sungai Palayangan wajib masuk dalam destinasimu. Di wisata Pangalengan ini, kamu berkesempatan untuk mencoba rafting (arung jeram) dengan tingkat kesulitan yang bermacam-macam.

Area arung jeram mengalir dari Situ Cileunca menuju Hutan Pinus Rahong yang dididominasi rimbunan pohon dan kebun teh hijau di sekitarnya. Dengan trek sepanjang 5 km, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3–5 jam untuk menyusuri keseluruhannya. Kamu yang masih pemula tidak perlu takut kok, sebab akan ada pemandu yang mendampingi.

14. Penangkaran Rusa Kertamanah

Penangkaran Rusa Kertamanah (@anam_67 on Instagram)

Mau merasakan bagaimana keseruan memberi makan rusa langsung di habitatnya? Datanglah ke Penangkaran Rusa Kertamanah. Ada sekitar 20 ekor rusa yang akan menemani kamu bermain selama di sana.

Tidak cuma berinteraksi dengan kawanan rusa, pengunjung bisa mencoba aktivitas menyenangkan lainnya. Mulai dari flying fox, arung jeram, ATV, sampai berkemah.

15. Gunung Wayang

Gunung Wayang (@wwp1800skypark on Instagram)

Tempat wisata Pangalengan Wayang Windu yang sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi para pecinta alam adalah Gunung Wayang. Sebetulnya, objek yang satu ini merupakan gunung berapi kembar yang juga mencakup Gunung Windu.

Panorama alam selama proses pendakian dijamin akan membuat siapa saja betah dan tidak terasa lelah. Untuk bisa mencapai puncak, dibutuhkan waktu kurang lebih selama dua jam. Catatan, kamu hanya perlu berjalan santai sambil tetap berhati-hati mengingat medannya lumayan curam.

16. Rumah Bosscha

Rumah Bosscha (@lendrachannel on Instagram)

Mendengar nama Bosscha, mungkin sebagian dari kamu akan langsung teringat pada observatorium di daerah Lembang, Bandung. Faktanya, Karel Albert Rudolf Bosscha yang dijuluki Raja Teh Priangan juga mempunyai warisan di Pangalengan berupa rumah pribadinya.

Rumah bergaya Eropa klasik ini menjadi salah satu tempat wisata Pangalengan yang patut didatangi. Bangunannya sendiri didominasi material kayu dan batuan alam berwana hitam yang terlihat dari dinding luar. Selain itu, terdapat juga tanaman kecil dan besar yang mengelilingi kawasan rumah sehingga menambah keasrian bangunan berbentuk persegi itu.

17. Jembatan Cinta

Jembatan Cinta (kumparan.com)

Wisata Pangelangan yang satu ini mendapat pamornya di kalangan fotografer dan mereka yang gemar berburu spot Instagramable. Apalagi kalau bukan Jembatan Cinta?

Lokasi jembatan tersebut berada pas di tengah Danau Situ Cileunca yang begitu luas. Walaupun sekilas terlihat biasa saja, posisi jembatan yang diatur sedemikian rupa ini sangat cocok dijadikan spot untuk mengambil foto kilauan bintang-bintang. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat cuaca cerah atau malam hari. 

18. Rumah Pengabdi Setan

Rumah Pengabdi Setan (@rumahpengabdisetan_rps on Instagram)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama “Pengabdi Setan”? Film horror yang satu ini sempat digandrungi banyak orang pada masanya. Dalam hal ini, kamu bisa lho mengunjungi langsung rumah tempat syuting film Pengabdi Setan. 

Berada di Margamukti, wisata Pangalengan ini menyajikan nuansa horor yang cukup mendebarkan. Pengunjung bisa melihat langsung seluk beluk rumah yang mempunyai dekorasi tempo dulu. 

Di beberapa sudut ruangan, terdapat sejumlah boneka menyeramkan yang terinspirasi dari karakter film. Tidak lupa juga dengan penampakan di sumur sekaligus kamar “ibu” yang pernah menjadi sorotan dalam film yang menambah kesan suram destinasi ini.

19. Taman Bougenville

Taman Bougenville (@tamanwisatabougenville on Instagram)

Mengusung konsep mirip agrowisata, Taman Bougenville di Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, cocok buat kamu yang sedang mencari pilihan destinasi wisata alam. 

Tempat wisata Pangalengan ini mempunyai segudang fasilitas untuk memanjakan pengunjung. Sebut saja, taman dengan aneka jenis bunga, gazebo untuk bersantai, plus jembatan untuk berfoto. Bahkan, ada juga area piknik keluarga, wahana bermain anak-anak, sampai fasilitas outbound semacam flying fox. 

20. Kertamanah Waterpark

Kertamanah Waterpark (@nciimlly_ on Instagram)

Ingin bermain air dan merasakan aneka wahana seru bersama anak-anak dan keluarga? Mampirlah ke wisata Pangalengan Kertamanah Waterpark di Margamukti.

Sesuai namanya, tempat ini menyediakan kolam air panas yang sangat cocok untuk berendam. Selain itu, kamu juga dapat berjalan santai melihat langsung penangkaran rusa ataupun bermain wahana. Mulai dari waterboom, flying fox, ATV circuit, serta berbagai wahana asyik lainnya.

21. Gunung Puntang

Gunung Puntang (@basecamp.puntang on Instagram)

Pangalengan memang tidak pernah habis akan objek alamnya. Gunung Puntang menjadi wisata Pangalengan Bandung berikutnya yang bisa kamu sambangi.

Dengan tinggi 2.224 mdpl, gunung ini juga dijadikan sebagai kawasan Bumi Perkemahan. Untuk area perkemahan sendiri tidak berada di atas puncak, melainkan pada ketinggian lebih kurang 1.300 mdpl sehingga atmosfernya masih tergolong sejuk.

Meskipun namanya tidak seterkenal Gunung Ranca Upas dan Ciwidey, keindahan yang ditawarkan tidak perlu kamu ragukan. Di sini, pengunjung dapat melakukan sejumlah aktivitas menarik, seperti berkemah, bersepeda, dan trekking.

22. Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan (@tamanlangitpangalengan360 on Instagram )

Apabila berkunjung ke Pangalengan, jangan sampai kamu melewatkan Taman Langit Pangalengan. Beralamat di Kp. Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, destinasi alam ini menawarkan panorama indah dari ketinggian.

Pengunjung boleh berkeliling sambil berfoto dan menikmati keindahan alam di sini. Ditambah lagi lanskap pegunungan dengan bukit-bukit hijau yang membuat siapa saja betah berlama-lama. Adapun wisata Pangalengan ini juga menyediakan area untuk berkemah.

Waktu terbaik untuk mampir kemari adalah sewaktu matahari terbit dan terbenam. Kadang kala, turun pula kabut yang semakin menambah kesan syahdu yang menenangkan hati.

23. Batu Eon

Batu Eon (jabarsuara.com)

Desa Lemajang mempunyai situs cagar budaya berisikan batu bersejarah yang disebut sebagai ‘Batu Eon’. Posisinya tepat di tengah kolam penampungan air PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Cikalong di desa tersebut.

Konon katanya, batu sakti tersebut tidak mempan untuk dipindahkan menggunakan alat berat dan dihancurkan sekalipun dengan dinamit. Masyarakat setempat juga mempercayai bahwa terdapat perkakas pusaka di dalam batu ini.

Terlepas dari kisah mistisnya, pemandangan hijau di sekitar wisata Pangalengan ini menjadi daya tarik tersendiri. Tidak heran, banyak juga wisatawan yang datang untuk sekadar berfoto ria.

24. Gunung Nini

Gunung Nini (@gunungnini on Instagram)

Satu tempat wisata Pangalengan yang tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat hari libur dan akhir pekan adalah Gunung Nini. Letaknya persis di tengah-tengah Perkebunan Teh Malabar, Desa Margaluyu.

Sebenarnya, destinasi ini bukanlah sebuah gunung seperti yang dibayangkan, tetapi hanya bukit yang berada di kawasan kebun teh Pangalengan. Di sini, kamu dapat melihat hamparan kebun teh hijau yang memanjakan mata serta udara yang pastinya sangat sejuk dan segar.

25. Curug Bangku

Curug Bangku (@ozil_sandy on Instagram)

Wisata Pangalengan Bandung terakhir yakni Curug Bangku. Namanya sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya kursi. Sebab, air terjun berketinggian sekitar 30 meter ini memang tampak mirip dengan bangku sekolahan.

Berlokasi di Desa Margaluyu, Curug Bangku menawarkan pemandangan yang memukau sekaligus air jernih nan segar. Kamu juga dapat bermain air, mandi, berenang, ataupun sekadar menikmati pesonanya yang masih asri karena masih jarang terjamah manusia.

Demikianlah 25 rekomendasi tempat wisata Pangalengan yang cocok untuk liburan. Dengan berbagai opsdi destinasi wisata, tidaklah heran apabila kawasan yang satu ini menjadi pilihan favorit untuk rekreasi!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *