1. Rekomendasi Wisata

5 Wisata Temanggung yang Menarik Kamu Kunjungi saat Liburan

Wisata Temanggung memang tidak banyak orang bicarakan. Tapi jangan salah, Temanggung ternyata memiliki destinasi wisata yang akan membuat terpana siapapun yang datang ke sana.

Pada kesempatan kali ini, Advontura akan membahas tentang lima rekomendasi wisata Temanggung yang dapat kamu kunjungi saat liburan. Penasaran? Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Daftar Isi

1. Embung Kledung

Di urutan pertama, ada Embung Kledung yang berlokasi di Jalan Raya Parakan-Wonosobo KM 12, Kec. Kledung, Kab. Temanggung. Embung ini berfungsi sebagai kolam penyimpan air hujan yang luas, sementara pengunjung dapat menikmati panorama alam yang memukau.

Selain menjadi tempat bersantai, Embung Kledung juga menyediakan fasilitas berkemah atau camping dengan menyewa tenda yang tersedia. Suasana di sekitar embung cukup nyaman, dengan suhu udara sekitar 19 derajat Celsius yang tidak terlalu dingin, sehingga cocok untuk pengunjung dari berbagai usia, termasuk anak-anak.

Sumber: Wikipedia

Untuk dapat menikmati keindahan Embung Kledung, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari berbagai warung makan, toilet, hingga mushola. Waktu kunjungan wisata dapat kamu lakukan antara jam 05.30 hingga 18.00 WIB, sedangkan untuk kegiatan camping, Embung Kledung dapat kamu akses 24 jam.

2. Wisata Alam Posong

Objek wisata alam Posong berlokasi di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, yang berada di kaki Gunung Sindoro. Posong menawarkan pemandangan yang menakjubkan, dengan delapan puncak gunung di Jawa Tengah yang dapat terlihat dengan jelas, asalkan kondisi cuaca memungkinkan.

Sumber: Wikipedia

Selain itu, lokasi ini juga menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan yang gemar berburu foto Milky Way sambil menikmati matahari terbit, karena Posong terletak di ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut. Wisata Alam Posong buka dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB dengan tiket masuk sekitar Rp20.000 dan menyediakan fasilitas yang lengkap.

3. Curug Lawe

Wisata pertama di Temanggung adalah Curug Lawe, sebuah air terjun yang menawarkan pemandangan luar biasa. Untuk mencapai destinasi ini, perjalanan melibatkan melewati jalan menanjak yang cenderung licin karena lokasinya berada di dalam area hutan.

Untuk mencapai Curug Lawe, perjalanan dapat dimulai dari pusat kota Temanggung atau Alun-alun Temanggung sebagai titik awal. Setelah mencapai Alun-alun Temanggung, arahkan langkah ke Kecamatan Parakan, sepanjang jalan di sebelah Masjid Agung Temanggung. Rute ini sejalan dengan perjalanan menuju Kabupaten Wonosobo yang terkenal dengan destinasi wisata Dieng. 

Sumber: Sumenep Network

Setibanya di Kecamatan Parakan, lanjutkan perjalanan ke Kecamatan Gemawang dan kemudian ke Desa Muncar. Saat ini, belum tersedia tempat parkir khusus untuk wisata ke Curug Lawe, sehingga disarankan untuk menitipkan kendaraan di rumah penduduk.

Meskipun rutenya menantang, namun pengunjung akan disuguhi dengan keindahan pepohonan hijau dan suara alam seperti burung serta hewan lainnya yang dapat menghilangkan kepenatan. 

Nama Lawe sendiri dalam bahasa Jawa berarti benang-benang halus. Oleh karena itu, saat tiba di air terjun ini, pengunjung akan terpesona oleh gemerlap air yang menyerupai untaian benang-benang halus.

4. Curug Surodipo

Curug Surodipo menerima pengunjung setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan berlokasi di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Tersembunyi di tengah perbukitan, air terjun ini dikelilingi oleh lahan pertanian penduduk yang hijau.

Umumnya, para pengunjung menikmati keindahan Curug Surodipo dari kejauhan, sambil bersantai di atas batu-batu yang tersebar di puncak bukit. Terdiri dari lima tingkatan air terjun, dengan jarak sekitar 50 meter antara setiap tingkat, kebanyakan wisatawan cenderung berhenti di tingkat terendah karena akses yang lebih mudah. 

Sumber: Travel Kompas

Tiket masuk ke Curug Surodipo dibanderol seharga Rp 4.000 per individu. Untuk parkir motor, dikenakan tarif sebesar Rp 2.000, sementara untuk mobil sebesar Rp 5.000. Bagi yang berencana berkemah bersama tiket masuk, harus membayar biaya sebesar Rp 15.000. Penting untuk kamu catat bahwa kendaraan tidak diizinkan berada di kawasan wisata, namun dapat dititipkan di area desa dengan biaya penitipan sebesar Rp 5.000 per motor. Dari desa, pengunjung memiliki opsi untuk naik ojek ke lokasi wisata dengan biaya Rp 10.000 per perjalanan.

Bagi wisatawan yang tidak membawa peralatan kemah, pengelola kerap berkolaborasi dengan rekan-rekan di basecamp pendakian Prau yang terletak dekat. Mereka menyediakan layanan sewa tenda dengan rentang harga Rp 50.000-Rp 70.000. Jika ada keinginan untuk berkemah tetapi kurang familiar dengan Curug Surodipo, tersedia pula opsi sewa pemandu lokal dengan harga Rp 100.000 per malam untuk rombongan minimal 10 orang.

5. Curug Onje  

Curug Onje, yang terletak di Desa Duren, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, merupakan destinasi tersembunyi yang menakjubkan. Keunikan Curug Onje terletak pada tujuh aliran air terjun berturut-turut, dengan air yang begitu jernih.

Sumber: Difa Wisata

Bagi para pengunjung yang ingin mencapai curug ini, perlu berjalan kaki selama sekitar 15 menit dari area parkir. Selama perjalanan, kamu akan ditemani kicauan burung, suara kokok ayam hutan, dan pemandangan pepohonan yang tinggi menjulang. Keindahan Curug Onje semakin kaya dengan adanya tangga-tangga batu yang menambah pesona air terjun. Pada musim kemarau, ketika aliran air tidak begitu deras, tangga batu tersebut dapat kamu panjat untuk  menyaksikan lebih dekat keindahan Curug Onje.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Alam di Bekasi yang Tidak Boleh Terlewatkan

Demikian pembahasan Advontura kali ini mengenai 5 tempat wisata Temanggung yang wajib kamu kunjungi ketika liburan. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Wisata Temanggung yang Menarik Kamu Kunjungi saat Liburan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]