1. Pantai

Pantai Ngebum: Daya Tarik, Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Ngebum adalah sebuah pantai yang memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini memungkinkan para pengunjung untuk bermain air dan berenang dengan aman.

Di pantai wisata ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan kapal-kapal besar yang keluar masuk dari Pelabuhan Tanjung Emas, serta perahu-perahu nelayan yang sibuk mencari ikan. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Daya Tarik Pantai Ngebum

Pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang memukau. Kamu dapat menjadikan pemandangan ini sebagai latar belakang yang sempurna untuk foto-foto Instagrammu. Selain itu, ada berbagai wahana permainan air yang semakin menambah keseruan liburanmu.

Terletak di tepi Laut Jawa utara Kota Semarang, Pantai Ngebum ini memiliki kesamaan nama dengan Pantai Ngebum lain yang ada di Pekalongan, Jawa Tengah, meskipun tidak ada alasan pasti mengapa. Hal ini juga mirip dengan kasus Curug Lawe yang terletak di kebun teh Medini Kendal dan Curug Lawe Kalisidi Kecamatan Gunung Pati.

Sumber: Portal Resmi Kabupaten Kendal

Beberapa penduduk juga menyebut Pantai Ngebum dengan nama Pantai Mororejo, mengingat bahwa pantai ini terletak di wilayah Desa Mororejo dan menjadi mata pencaharian bagi penduduk setempat.

Kawasan wisata pantai ini merupakan destinasi yang wajib untuk kamu kunjungi karena keindahan alamnya yang memukau. Penduduk lokal yang ramah terhadap pengunjung akan membuat kunjunganmu semakin menyenangkan.

Pantai kebanggaan Kendal ini adalah tempat yang ramai dikunjungi, baik pada hari biasa maupun saat liburan. Ini adalah destinasi liburan yang sempurna untukmu, keluarga, atau teman-teman terdekat.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngebum

Kamu dapat menikmati suasana alam yang menenangkan di Pantai Ngebum ini, sembari berbagi momen berharga bersama orang yang kamu sayangi. Tiket masuk ke destinasi wisata alam ini hanya Rp3.000 per orang, sehingga sangat terjangkau bagi semua kalangan yang ingin merayakan hari libur. Selain itu, ada biaya tambahan yang perlu diperhatikan, yaitu retribusi parkir kendaraan.

Untuk parkir kendaraan, tarifnya adalah Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 jika kamu datang dengan mobil. Perlu kamu ingat bahwa harga tiket dan retribusi parkir di tempat wisata ini dapat berubah-ubah sewaktu-waktu.

Sumber: Halo Semarang

Wisata populer ini sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan memiliki akses jalan yang nyaman. Jadi, ketika kamu merencanakan liburan ke Pantai Ngebum, kamu dapat memilih apakah ingin menggunakan motor atau mobil untuk pergi ke sana.

Lokasi Pantai Ngebum

Wisata alam Pantai Ngebum terletak di Merbuh, Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tempat pantai ini berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Kendal.

Agar perjalanan liburanmu bersama keluarga di Kabupaten Kendal berjalan lancar dan tanpa hambatan, pastikan kamu memiliki akses ke peta lokasinya melalui Google Maps atau Waze. Dengan demikian, kamu dapat merencanakan rute perjalanan mana yang akan diambil saat berkunjung ke sana.

Sumber: Tribunnewswiki

Rute Menuju Pantai Ngebum

Ada beberapa rute yang dapat kamu tempuh untuk mencapai Pantai Ngebum, baik dengan mobil maupun motor.

Salah satu jalur utama menuju ke pantai ini adalah melalui jalur yang biasa digunakan oleh truk-truk pengangkut kayu. Kayu-kayu ini dikirim ke Pabrik Kayu Lapis Indonesia dan Pabrik Rimba Partikel Indonesia yang berlokasi dekat Desa Mororejo.

Jarak dari Kecamatan Kaliwungu ke Pantai Ngebum sekitar 6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan ke arah utara melalui jalan laut menuju kawasan pantai ini. Selama perjalanan, kamu akan melewati tambak ikan dan hutan bakau di sebelah kiri jalan, sementara di sebelah kanan jalan, kamu akan menikmati pemandangan pegunungan dan persawahan yang luas.

Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Semarang, kamu akan membutuhkan sekitar 30 menit untuk mencapai Pantai Ngebum. Kamu dapat mengikuti rute dari Tugu ke arah Mangkang, kemudian menuju Kaliwungu dan arah jalan laut.

Dari jalan laut, lanjutkan menuju Pabrik Kayu Lapis Indonesia di Desa Mororejo, dan kamu akan sampai di Pantai Ngebum. Alternatif lain adalah melalui Mangkang menuju jalur lingkar Kendal. Setelah sekitar 3 kilometer, kamu akan melihat tanda petunjuk arah Pantai Ngebum (Mororejo) di sebelah kiri jalan sebelum jalan naik. Beloklah ke kiri menuju jalan kecil hingga mencapai Desa Mororejo dan akhirnya sampai ke kawasan pantai.

Akses jalan menuju kawasan pantai terbilang sudah bagus dan lancar, meskipun beberapa titik jalan mungkin memerlukan perbaikan. Namun, kamu akan menyaksikan pemandangan menarik sepanjang perjalanan, termasuk tambak, hutan bakau, Pabrik Rimba Partikel Indonesia, dan Pabrik Kayu Lapis Indonesia di sepanjang jalan. Setelah melewati Jalan Laut, kamu akan memasuki Desa Mororejo, di mana Pantai Wisata Ngebum terletak.

Sumber: RRI

Kegiatan di Pantai Ngebum

Hampir semua pantai di Kota Kendal memiliki pasir berwarna gelap kecoklatan, termasuk Pantai Ngebum. Walaupun pasirnya memiliki warna gelap, tetapi kondisinya relatif bersih jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Kendal.

Ada banyak kegiatan yang dapat kamu nikmati saat berlibur di pantai ini, seperti:

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Kamu memiliki banyak pilihan aktivitas di Pantai Ngebum, mulai dari berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan pantai dari ujung barat ke ujung timur sambil menghirup udara segar pantai. 

Jika kamu ingin bersantai, kamu dapat duduk di kursi-kursi warna-warni sambil menikmati suara deburan ombak atau mengawasi anak-anak yang bermain di tepi pantai. Kamu juga bisa mengambil kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan laut atau tempat-tempat indah lainnya di kawasan pantai.

2. Berenang

Pantai ini memiliki pantai yang luas, dengan batasan timur yang berdekatan dengan Pabrik Kayu Lapis, sementara di sebelah barat terlihat dermaga Kendal yang mengesankan. Karena pantai ini tidak terlalu landai seperti pantai di selatan Jawa, kamu dapat menikmati berenang dengan lebih leluasa. 

Namun, disarankan untuk tidak terlalu jauh ke tengah laut saat berenang. Jika kamu tidak terlalu mahir berenang atau berlibur dengan anak-anak, kamu dapat menyewa pelampung atau ban yang tersedia di tepi pantai. Kamu dapat memilih ukuran yang sesuai, baik itu yang besar atau kecil, sambil menikmati bermain di air dan pasir pantai.

3. Menikmati Sunset

Selama berada di pantai ini, jika kamu bersedia menunggu sampai matahari terbenam di ufuk barat, kamu akan dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Warna langit yang berubah menjadi kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga, menciptakan pemandangan yang sangat indah. Kamu pasti akan menikmati momen ini karena pemandangan matahari terbenam ini akan menghasilkan siluet yang cantik.

Baca Juga: Pantai Akkarena: Sejarah, Lokasi, dan Harga Tiket

Demikian pembahasan Advontura mengenai daya tarik, lokasi, rute, dan harga tiket dari Pantai Ngebum. Semoga penjelasan kali ini dapat membantumu ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Ngebum: Daya Tarik, Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]