1. Pantai

Pesona Pantai Mesra, Pantai yang Menawarkan Nuansa Mesra 

Pantai Mesra adalah salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi jika pergi ke Yogyakarta. Pantai satu ini memiliki keindahan yang membuatnya banyak dikunjungi wisatawan.

Kira-kira apa yang membuat wisatawan datang ke pantai satu ini? Yuk ikuti penjelasan Advontura kali ini yang akan membahas Pantai Mesra. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Sekilas Tentang Pantai Mesra

Pantai Mesra atau juga dikenal sebagai Pantai Ngrawe adalah salah satu pantai yang berada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Lokasi pantai ini secara persis berada di Desa Ngepung, Kec. Kemadang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempatnya sendiri juga tidak jauh dari Pantai Kukup yang pernah Advontura bahas sebelumnya.

Salah satu keunikan pantai ini adalah pantainya yang disamakan dengan Miami tapi versi Yogyakarta. Hal tersebut terjadi karena Pantai Mesra dan Miami memiliki pemandangan alam yang mirip satu sama lain.

Harga Tiket Pantai Mesra

Kamu dapat menikmati keindahan alam Pantai Mesra dengan harga tiket yang murah meriah. Hanya dengan membayar Rp10.000, kamu sudah dapat masuk dan menikmati pesona pantai ini. Namun, tiket masuk tersebut masih belum termasuk fasilitas lain yang ada di pantai.

Sumber: JogjaKita

Selain tiket masuk, kamu juga perlu membayar biaya parkir. Untuk mobil, biaya parkirnya Rp5.000, sedangkan untuk sepeda motor Rp3.000. Kamu dapat menikmati semua fasilitas dan keindahan eksotis yang ditawarkan pantai ini dengan total biaya sekitar Rp 13.000-15.000. Pantai Mesra adalah pilihan yang sempurna bagi wisatawan yang ingin berlibur dengan budget yang pas-pasan.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Mesra

Destinasi wisata laut ini memiliki lokasi yang sangat strategis karena berdekatan dengan Pantai Kukup dan Pantai Baron. Bahkan, Anda dapat mengunjungi Pantai Kukup terlebih dahulu sebelum mencapai Pantai Mesra.

Pantai yang sedang populer ini terletak di Dusun Ngepung, Desa Kemadang, Kec. Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 22 km. Sedangkan dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 62 km.

Akses ke destinasi wisata ini sangat mudah. Anda dapat menggunakan mobil atau motor untuk mencapai lokasi ini. Jika menggunakan mobil, waktu tempuhnya sekitar 30 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Sedangkan untuk pengendara motor, waktu tempuhnya sekitar 1 jam 28 menit.

Sumber: Pesisir

Rute yang dapat diambil dari pusat Kota Yogyakarta adalah melalui Imogiri menuju Wonosaei, kemudian ke Panggang. Setelah tiba di Panggang, ikuti jalur Pantai Selatan hingga mencapai daerah Ngepung.

Untuk masuk ke kawasan pantai, Anda harus melewati gerbang retribusi Pantai Baron dan membayar tiket di sana. Setelah itu, ikuti petunjuk jalan yang akan membawa Anda ke pantai yang indah ini. Dengan begitu, Anda akan sampai di Pantai Mesra dan menikmati keindahan yang ditawarkannya tanpa kesulitan.

Daya Tarik Pantai Mesra

Pantai Mesra memiliki beragam daya tarik yang berhasil memikat para pengunjungnya, membuat mereka betah berlama-lama di sana. Berikut adalah beberapa hal menarik yang dapat ditemukan di Pantai Mesra:

1. Pemandangan Ombak Besar yang Menyapu Karang

Bagi pecinta ombak, pemandangan ombak besar di Pantai Mesra akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, terutama saat ombak menghantam karang, menciptakan pemandangan yang indah dan estetis.

2. Taman dengan Rumput Hijau yang Subur

Salah satu daya tarik unik Pantai Mesra adalah keberadaan hamparan rumput hijau yang tumbuh subur di pantai ini. Rumput hijau ini diatur sedemikian rupa sehingga membentuk taman yang terletak di samping pantai yang indah.

Taman ini dilengkapi dengan kursi-kursi dan lampu hias yang menciptakan suasana santai dan nyaman, yang menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan berbincang dengan keluarga atau teman-teman.

Sumber: Pergiyuk

3. Suasana Romantis di Pantai

Seperti namanya, Pantai Mesra diciptakan dengan suasana yang romantis. Ketika mengunjungi pantai ini, pengunjung akan diiringi dengan musik romantis yang sesekali terdengar, yang dapat dinikmati sambil menikmati pemandangan indah.

4. Spot Foto Menarik dan Layanan Fotografi

Bagi pengunjung yang gemar berfoto, Pantai Mesra menawarkan pemandangan yang menakjubkan yang tak akan mengecewakan. Selain itu, pengelola pantai telah menyediakan banyak fotografer dengan harga layanan sekitar Rp 3.000 saja.

Dengan demikian, Pantai Mesra menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam, menikmati suasana romantis, dan mengabadikan momen berharga dengan berbagai spot foto yang menarik.

Sumber: Kompas

Penginapan di Sekitar Pantai Mesra

Kamu dapat menemukan sejumlah pilihan hotel tepi pantai yang nyaman di sekitar Pantai Mesra. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Inessya Resort

Inessya Resort adalah penginapan berbentuk villa atau guest house yang dekat dengan pantai. Menawarkan suasana privat dengan jumlah kamar yang terbatas, penginapan ini memiliki kolam renang infinity pool kecil dengan pemandangan langsung ke lautan biru. Kamar-kamarnya elegan dan bersih, dilengkapi dengan kasur nyaman, AC, TV, WiFi, kamar mandi dengan shower, serta teras atau balkon dengan pemandangan pantai. Inessya Resort sering menjadi pilihan untuk bulan madu romantis. Alamat Inessya Resort terletak di Jl. Ke Puncak Tim., Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga sewa kamar berkisar antara 1,25 hingga 3 juta rupiah per malam.

Acala Ayu

Acala Ayu adalah penginapan yang direkomendasikan untuk menginap di Gunung Kidul. Mengusung konsep “back to nature,” penginapan ini dibangun dengan bahan kayu dan bambu tanpa AC. Meskipun sederhana, pemandangan alamnya yang indah, terutama pemandangan lautan biru, membuatnya menarik. Terletak di atas tebing perbukitan karst, Acala Ayu menawarkan pemandangan pantai-pantai indah seperti pantai Mbuluk, Kukup, dan Ngrawe/Mesra dari balkonnya. Terdapat 6 kamar, termasuk 5 kamar biasa dan 1 kamar keluarga. Harga sewa kamar berkisar antara 400 ribu hingga 1 juta rupiah per malam, tergantung tipe kamar yang dipilih. Alamat Acala Ayu sama dengan Inessya Resort.

Sumber: Wisata Rakyat

Embun Segoro Homestay

Embun Segoro Homestay memiliki 2 rumah bergaya Joglo dengan fasilitas seperti 2 kamar tidur tanpa AC, kamar mandi, dapur, dan teras. Penginapan ini tidak menyediakan sarapan dan warung makan terdekat cukup jauh, sehingga disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Meskipun bangunannya sederhana, pemandangan Ocean View dari penginapan ini sangat indah, dan terdapat akses langsung ke pantai. Harga sewa kamar berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per malam. Alamat Embun Segoro Homestay sama dengan dua penginapan sebelumnya.

Baca Juga: Pantai Marina: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Demikian pembahasan Advontura tentang Pantai Mesra yang ada di Gunung Kidul. Semoga penjelasan kali ini dapat membantumu jika sedang mencari pantai di Yogyakarta.

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pesona Pantai Mesra, Pantai yang Menawarkan Nuansa Mesra 

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]