1. Waduk

Waduk Pondok Ranggon: Alternatif Wisata Alam di Timur Jakarta

Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta. 

Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat Advonturers yang penasaran seperti apa, bisa baca artikel ini sampai tuntas, ya!

Awal Pembangunan Waduk Pondok Ranggon

Setelah sempat tertunda karena terkendala masalah pembebasan lahan. Pembangunan Waduk Pondok Ranggon dilanjutkan tahun 2017 yang saat itu masuk dalam masa Pemerintahan Gubernur Anies Baswedan. Setelah 5 tahun, akhirnya warga Jakarta bisa menikmatinya mulai tahun 2023. Waduk ini dibangun di atas lahan seluas 14,64 hektar dengan kapasitas tampung air mencapai 890.000 meter kubik.

Sumber: Antara Banten News

Waduk ini termasuk kategori Ruang Terbuka Biru (RTB). Jadi, fungsinya bukan hanya untuk menampung air saja, tapi juga sebagai penjaga ekosistem lingkungan pada sungai. Keberadaan RTB juga berfungsi sebagai persediaan air untuk jangka panjang yang merupakan upaya pemenuhan kebutuhan air bersih di Jakarta Timur. Hal ini selaras dengan tujuan utamanya, yaitu untuk mengendalikan persediaan air dari Kali Sunter.

Akses & Rute Transportasi Menuju Waduk Pondok Ranggon

Saat ini, sudah banyak transportasi umum yang menjangkau wilayah tempat wisata ini. Kalau naik LRT, kamu bisa turun dari Stasiun Ciracas atau Harjamukti (waktu tempuh sekitar 20 menit). Jika menggunakan kendaraan pribadi atau taksi online, ketika sudah berada di Jalan Ganceng ikuti jalan hingga pertigaan (setelah lewati Kali Sunter) belok kanan menuju Jalan SD Lama dan lurus hingga ketemu parkiran yang berada di sebelah kanan.

Bagi kamu yang menggunakan Transjakarta, ambil bis yang Koridor 5E (Kampung Melayu – Halim Perdana Kusuma) dan turun di Halte Cendrawasih. Dari halte, kamu dapat berjalan kaki atau naik ojek online menuju ke Waduk Pondok Ranggon.

Sumber: Antara News

Baca Juga: Wisata Waduk Kedung Ombo: Sejarah, Tiket Masuk, & Lokasinya

Harga Tiket & Jam Operasional Waduk Pondok Ranggon

Sampai saat ini, harga tiketnya masih gratis. Maka, kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai opsi untuk wisata hemat di Jakarta. Jam operasionalnya terbagi dalam 2 sesi, Senin- Kamis (09.00 – 18.00) dan Jumat- Minggu (05.00- 18.00).

Kegiatan Apa Saja yang Bisa Pengunjung Lakukan?

Pengunjung Waduk Pondok Ranggon, bisa melakukan beberapa daftar aktivitas berikut ini:

Jalan-Jalan Sekitar Waduk

Lapangan yang luas bisa dijadikan sebagai tempat untuk berjalan. Sambil ditemani pemandangan hijau serta pepohonan yang rindang. Tak hanya itu, pengunjung juga diperbolehkan jalan-jalan sekitar waduk dengan menggunakan sepeda.

Mencicipi Aneka Jajanan

Untuk memfasilitasi pengunjung, agar tidak kelaparan dan kehausan  saat berkunjung. Terdapat para pedagang yang menjajakan jualannya. Adapun jajanan yang bisa kamu jumpai, antara lain kerak telor dan starling (kopi keliling).

Memancing Ikan

Ternyata, di Jakarta masih ada tempat untuk memancing ikan. Kamu bisa membawa peralatan pancing sendiri atau meminta tolong warga sekitar untuk mengambil ikan di kolam.

Mengenalkan Anak Pada Alam

Bagi yang memiliki anak kecil, berkunjung ke Waduk Pondok Ranggon cocok untuk sarana pembelajaran tentang  alam, seperti mengenalkan jenis-jenis tanaman, hewan yang ada ditemukan hingga edukasi pentingnya menjaga lingkungan.

Kumpul Bersama Orang Tersayang

Banyak orang yang menjadikan Waduk Pondok Ranggon sebagai tempat untuk berkumpul bersama orang tersayang, baik teman, keluarga, pasangan maupun yang ada pada kelompoknya. Kamu dapat berkumpul bersama hanya untuk sekadar ingin bersantai, merayakan hari spesial hingga ngabuburit (biasanya menjelang buka puasa Ramadan).

Baca Juga: Sungai Maron Pacitan, Pesona Epic Wisata Amazon di Indonesia

Tantangan Pemerintah & Pengelola dalam Menjaga Waduk Pondok Ranggon

Di balik indahnya Waduk Pondok Ranggon serta fungsinya yang dapat meminimalisir potensi banjir di Jakarta. Namun ada tantangan yang menjadi pekerjaan Pemerintah bekerja sama dengan Pengelola  dalam upaya untuk menjaga tempat ini, sebagai berikut:

Sampah yang Berserahkan

Salah satu permasalahan yang dihadapi setiap adanya tempat penampungan apapun, mayoritas berkaitan dengan sampah. Termasuk ulah pengunjung waduk yang masih kerap membuangnya sembarangan. Tanpa disadari bisa membuat aliran air mampet yang berujung datangnya banjir.

Demi menjaga kelestarian lingkungan, pengelola harus menerapkan sanksi tegas. Bisa berupa denda atau hukuman lainnya yang sekiranya bisa membuat kapok pelakunya.

Potensi Longsor

Beberapa tahun terakhir, ketika hujan deras melanda Jakarta, kadang terdengar berita adanya pergerakan tanah dan longsor. Meskipun, Pondok Ranggon yang masuk kecamatan Cipayung tidak terdaftar. Namun sebaiknya tetap memantau sebagai langkah antisipasi.

Sumber: Inilah.com

Air yang Tercemar Limbah

Selain sampah yang menumpuk, permasalahan lainnya, yakni tercemarnya air waduk oleh limbah. Kebanyakan merupakan limbah rumah tangga. Jika tercemar maka dapat mengakibatkan pencemaran air.

Baca Juga: Waduk Bajulmati Situbondo – Lokasi dan Tiket Masuk

Hadirnya Waduk Pondok Ranggon bisa menjadi angin segar di tengah banyaknya gedung bertingkat di Jakarta. Setidaknya waduk ini bisa menjadi alternatif jika ingin mencari udara segar dan pastinya terjangkau. Yuk, mari viralkan tempat ini, agar makin banyak orang yang berminat datang!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Waduk Pondok Ranggon: Alternatif Wisata Alam di Timur Jakarta

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]