1. Taman Bermain
  2. Wisata Buatan

Alas Djawatan Banyuwangi, Pesona Fantasi ‘Lord of The Rings’

Belakangan ini, Banyuwangi mulai dikenal sebagai daerah yang memiliki potensi pariwisata yang cukup baik. Bagaimana tidak, Banyuwangi memang terkenal memiliki sederet tempat wisata yang menjadi favorit masyarakat, baik lokal, domestik, maupun mancanegara. Tak hanya terkenal dengan Taman Meru Betiri dan Taman Nasional Baluran, Banyuwangi memiliki sebuah objek wisata bernama Hutan De Djawatan, yang juga akrab disebut Alas Djawatan Banyuwangi.

Objek wisata berupa hutan rimbun yang satu ini tak serta merta bisa dianggap sebagai tempat wisata yang membosankan. Hal ini karena sebenarnya banyak aktivitas wisata menyenangkan yang bisa kamu lakukan di sana. Sudah tahukah kamu tentang keberadaan Alas Djawatan Banyuwangi? Untuk kenal lebih jauh, yuk cari tahu informasi tiket masuk, lokasi, dan aktivitas wisata di Hutan de Djawatan dalam ulasan berikut ini!

Alas Djawatan Banyuwangi, Hutan Magis bak ‘Lord of The Rings’

Hutan de Djawatan (sumber: @laksonofandy on Instagram)
Hutan de Djawatan (sumber: @laksonofandy on Instagram)

Seperti namanya, Alas Djawatan Banyuwangi merupakan sebuah hutan (alas), yang terdiri dari pepohonan besar yang sangat rimbun. Hal ini membuat objek wisata yang satu ini semakin kaya akan keindahan, dan semakin terlihat asri. Bahkan, hutan wisata yang satu ini seringkali disebut mirip dengan hutan yang ada dalam film Lord of The Rings. 

Di balik keindahannya, ada sejarah de Djawatan Banyuwangi yang mungkin tak banyak diketahui orang. Sejarah de Djawatan Banyuwangi terletak pada zaman kolonial Belanda, saat hutan ini difungsikan sebagai tempat menimbun pohon jati. Seiring waktu, dengan melihat potensi yang ada, pada akhirnya Hutan de Djawatan didapuk sebagai salah satu tempat wisata di Banyuwangi.

Selain sejarah de Djawatan Banyuwangi, daya tarik berupa panorama di sepanjang hutan ini tak kalah menyita perhatian wisatawan. Pasalnya, Pohon Trembesi atau Pohon Hujan yang sudah tumbuh besar disini terlihat membentuk payung cantik dan terlihat ‘memayungi’ setiap wisatawan yang ada. Bahkan, beberapa Pohon Trembesi yang tumbuh disini sudah berusia ratusan tahun, lho.

Rute dan Lokasi de Djawatan Banyuwangi

Sebelum mengunjungi objek wisata yang satu ini, sudah tahukah kamu dimana lokasi de Djawatan Banyuwangi? Lokasi de Djawatan Banyuwangi sendiri berada di Desa Benculuk, Cluring, Banyuwangi. Untuk menuju ke wisata de Djawatan Banyuwangi, kamu memerlukan waktu sekitar 30-60 menit perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi.

Rute perjalanan menuju Alas Djawatan Banyuwangi dapat kamu awali dari pusat Kota Banyuwangi, atau Stasiun Banyuwangi Baru. Dari sini, kamu harus bergerak menuju Pertigaan Benculuk. Di sekitar Pertigaan Benculuk terdapat sebuah masjid, yaitu Masjid Al Falah Benculuk. Gerbang masuk ke objek wisata de Djawatan Banyuwangi ada di sebelah utara masjid tersebut.

Jam Buka dan Tiket Masuk de Djawatan Banyuwangi

Makin tak sabar untuk mengunjungi Alas Djawatan Banyuwangi? Kamu dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini pada pukul 08.00-17.00 setiap harinya. Berlibur ke alas Djawatan Banyuwangi sangat cocok bagi Advonturers yang tak memiliki banyak budget, namun ingin berwisata dengan menyenangkan.

Bagaimana tidak, hal ini dikarenakan harga tiket masuk de Djawatan Banyuwangi sangat murah. Tiket masuk de Djawatan Banyuwangi hanya dipatok kisaran Rp 5.000 saja untuk satu orang. Tak perlu khawatir dengan harga tiket yang begitu murah, karena keseruan liburan yang akan kamu dapatkan di Alas Djawatan Banyuwangi jauh lebih worth it ketimbang harga tiket masuk yang hanya Rp 5.000.

Fasilitas Objek Wisata de Djawatan Banyuwangi

Demi menunjang kenyamanan para pengunjungnya, wisata de Djawatan Banyuwangi memiliki sederet fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Fasilitas tersebut diantaranya: kamar mandi, area parkir memadai, dan mushola. Selain itu, bagi kamu yang sudah lelah seharian berwisata, untuk melepas lapar dan dahagamu, kamu bisa mengunjungi beberapa spot kuliner yang ada di Alas Djawatan Banyuwangi.

Aktivitas Wisata Seru di Hutan de Djawatan Banyuwangi

Sudah tak sabar untuk menikmati wisata fantasi bak dalam film Lord of The Rings di Alas Djawatan Banyuwangi? Berikut ini rekomendasi aktivitas wisata menarik yang bisa kamu lakukan di sana!

1. Berburu Foto Keren di Tengah Alam Asri

Berfoto Keren di de Djawatan (sumber: @mega.kotto01 on Instagram)
Berfoto Keren di de Djawatan (sumber: @mega.kotto01 on Instagram)

Berkunjung ke objek wisata dengan pemandangan yang luar biasa, akan membuatmu rugi bila tak sekalian berburu foto instagramable sebagai kenang-kenangan. Di Alas Djawatan Banyuwangi, kamu dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang estetik. Spot foto yang paling terkenal di sini adalah truk bekas dan rumah pohon. 

Rumah pohon adalah spot foto yang paling banyak digandrungi wisatawan, sehingga hal ini menimbulkan antrean panjang di sekitar spot foto rumah pohon. Karena terlihat estetik, tak jarang wisatawan menggunakan Alas Djawatan Banyuwangi sebagai spot foto pre-wedding. Tak heran, berfoto di tengah hutan rimbun ditemani pemandangan berupa pepohonan tinggi besar memang akan memberikan pengalaman hunting foto berbeda untukmu.

2. Naik Delman 

Delman di Hutan de Djawatan (sumber: @vebry_bagus on Instagram)
Delman di Hutan de Djawatan (sumber: @vebry_bagus on Instagram)

Bosan bila hanya jalan-jalan menyusuri hutan? Dengan tarif Rp 30.000 saja, kamu bisa mengelilingi hutan dengan menaiki delman. Di jalanan Alas Djawatan, terdapat beberapa delman serta kusirnya yang sedang ‘mangkal’ menunggu datangnya penumpang. Berkeliling menggunakan delman wajib kamu lakukan saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Hal ini tak lain tak bukan adalah untuk memberikan pengalaman berkeliling hutan yang berbeda untukmu. Bila ingin merasakan sensasi berkeliling hutan yang lebih menyenangkan, wisatawan di sini juga bisa request untuk menunggangi kuda saja, tanpa kereta delman. 

3. Berkeliling Hutan Mengendarai ATV

Berkeliling Hutan dengan ATV (sumber: @moh_hasan_akbar on Instagram)
Berkeliling Hutan dengan ATV (sumber: @moh_hasan_akbar on Instagram)

Menyusuri Alas Djawatan Banyuwangi dengan mengendarai ATV menjadi pilihan terbaik untuk Advonturers yang ingin berkeliling hutan dengan lebih menantang. Kamu dapat menyewa ATV atau motorcross yang telah disediakan di tempat wisata yang satu ini.

Tak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun bisa menyewa ATV dan motorcross dengan ukuran yang lebih kecil di sini. Sehingga, siapapun baik anak-anak maupun orang dewasa dapat menikmati wisatanya dengan baik di Alas Djawatan Banyuwangi.

4. Berjalan Menyusuri Alas Djawatan Banyuwangi

Berjalan Santai di Hutan de Djawatan (sumber: @refaann_ on Instagram)
Berjalan Santai di Hutan de Djawatan (sumber: @refaann_ on Instagram)

Berjalan menyusuri Alas Djawatan Banyuwangi merupakan aktivitas wisata yang wajib kamu lakukan kala berkunjung ke tempat yang satu ini. Berkeliling santai sambil menikmati pemandangan rimbun pepohonan, ditemani oleh udara yang segar akan membuatmu sejenak melupakan penat.

Tak hanya itu, menyusuri jalanan hutan sambil menikmati pemandangan sekitar akan memberikan pengalaman wisata berbeda untukmu. Berwisata ke Hutan de Djawatan Banyuwangi sangat cocok bagi kamu yang sejenak ingin menjauhkan diri dari hiruk pikuk kota dengan menghirup aroma segar hutan rimbun.

5. Beristirahat di Spot Kuliner yang Ada

Berpiknik di de Djawatan (sumber: @intanrnd23_ on Instagram)
Berpiknik di de Djawatan (sumber: @intanrnd23_ on Instagram)

Setelah berwisata dan bermain seharian di objek wisata de Djawatan Banyuwangi, kamu tentu tak lepas dari letih, lapar, dan dahaga. Tak perlu jauh-jauh mencari tempat beristirahat di luar, karena objek wisata yang satu ini memiliki spot kuliner yang juga biasa dijadikan sebagai tempat beristirahatnya wisatawan. Di spot kuliner ini, kamu bisa menikmati aneka sajian kuliner khas Banyuwangi.

Bila kamu ingin menyantap perbekalanmu sendiri, berpiknik merupakan opsi terbaik untukmu. Menggelar tikar, kemudian berbincang hangat dengan orang-orang tersayang sambil menyantap kudapan kecil yang kamu bawa dari rumah juga akan menjadi momen yang hangat dan berharga.

Baca juga: Taman Nasional Baluran: Berpetualang di Afrika Kecil Jawa

Setelah mengetahui beberapa hal tentang objek wisata de Djawatan Banyuwangi, aktivitas wisata manakah yang akan kamu lakukan terlebih dahulu? Yang jelas, Alas Djawatan Banyuwangi wajib masuk dalam daftar antrean destinasi wisata versi kamu. Selain karena harga tiket yang sangat murah, objek wisata yang satu ini dikagumi karena keindahan alam sekitarnya. Kapan lagi kamu akan berwisata ke hutan ala film Lord of the Rings, ya kan?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Alas Djawatan Banyuwangi, Pesona Fantasi ‘Lord of The Rings’

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]