Wisata Curug Genting, Si Air Terjun Paling Eksotis di Batang

Objek Wisata Curug Genting (sumber: @forsvbs on Instagram)
Objek Wisata Curug Genting (sumber: @forsvbs on Instagram)
Daftar isi

Jawa Tengah terkenal memiliki aneka tempat wisata yang kerap menjadi tempat wisata favorit keluarga. Dari wisata buatan, hingga wisata alamnya pun saling bersaing dalam hal daya tarik. Begitupun Kota Batang, yang memiliki objek wisata alam eksotis yang telah dikenal banyak orang. Objek wisata tersebut adalah Curug Genting, tempat wisata berupa air terjun yang juga memiliki banyak spot menarik.

Selain digemari karena memiliki banyak spot menarik, tempat wisata yang satu ini juga digemari karena mematok tarif tiket masuk yang sangat murah. Mitos tentang asal usul Curug Genting pun turut santer didengar oleh masyarakat sekitar. Sudah tahukah kamu mengenai keberadaan air terjun eksotis ini? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengenal wisata Curug Genting Batang lebih jauh!

Curug Genting, Air Terjun Eksotis dan Penuh Mitos di Batang

Curug Genting Batang (sumber: @abee.shiza on Instagram)
Curug Genting Batang (sumber: @abee.shiza on Instagram)

Wisata Curug Genting Batang merupakan tempat wisata berupa air terjun eksotis yang berada di kawasan Blado, Kota Batang. Tak hanya berupa air terjun, tempat wisata yang satu ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah, dan seolah melengkapi eksotisme dari Curug Genting itu sendiri. Air Terjun Genting memiliki banyak spot wisata yang sayang untuk dilewatkan, seperti goa alami, hutan pinus, dan aneka spot foto keren.

Di balik keindahannya tempat wisata ini memiliki mitos tentang asal usul Curug Genting yang begitu santer dikenal masyarakat. Konon katanya, saat berkunjung ke tempat ini, wisatawan harus menjaga tingkah laku mereka dengan baik. Meski tak diketahui apa akibatnya, dan belum diketahui apakah mitos tersebut benar atau tidak, banyak masyarakat yang masih mempercayai mitos tersebut.

Rute dan Lokasi Wisata Curug Genting Batang

Sudah tahukah Advonturers, dimana letak persis dari objek wisata yang satu ini? Curug Genting Batang pada persisnya terletak di Desa Bawang, Blado, Batang, Jawa Tengah. Lokasi Air Terjun Genting sendiri berada tak terlalu jauh dari pusat Kota Batang, yakni hanya kisaran 38 kilometer saja, dan akan memakan waktu sekitar setengah jam perjalanan. Untuk menuju ke sana, ada rute perjalanan yang bisa kamu tempuh, yakni rute Batang-Bandar-Blado.

Artikel Terkait

Berangkat dari pusat Kota Batang, pertama-tama kamu harus menuju ke kawasan Blado. Dari sini, kemudian bergeraklah menuju Pasar Blado. Dari Pasar Blado, ambillah jalur ke arah selatan, lalu lanjutkan perjalananmu hingga sampai di Desa Bawang. Jarak antara Pasar Blado dan Desa Bawang adalah sekitar 5 kilometer. Setelah sampai di Desa Bawang, ikutilah petunjuk jalan yang ada, hingga sampai di destinasi wisata tujuanmu, yakni wisata Curug Genting Batang.

Jam Buka dan Tiket Masuk Curug Genting Blado Batang

Semakin penasaran dan tak sabar untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini? Kamu dapat mengunjungi Curug Genting Blado Batang pada pukul 06.00-18.00 setiap harinya. Berwisata ke tempat yang satu ini sangat cocok untuk Advonturers yang menginginkan liburan seru dengan biaya tak banyak. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan objek wisata yang satu ini memiliki harga tiket masuk yang sangat murah.

Bagaimana tidak, saat wisatawan berkunjung ke Curug Genting Blado Batang, mereka hanya akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. Bagi Advonturers yang membawa kendaraan pribadi, kamu akan dikenai biaya retribusi parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Curug Genting Blado Batang memanglah solusi liburan tepat untuk kamu yang lagi low budget

Fasilitas Wisata Curug Genting Batang

Demi menunjang kenyamanan para pengunjung, supaya mereka juga merasa nyaman saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini, fasilitas-fasilitas pun turut disediakan. Adapun fasilitas yang dimiliki Air Terjun Genting adalah: area parkir memadai, warung makan, toilet, dan berbagai spot fptp. Meski belum memiliki banyak fasilitas, tempat wisata ini sangat worth it untuk dikunjungi, bila kita lihat dari potensi keindahan alam dan harga tiket masuk yang tak menguras kantong.

Spot Wisata Menarik di Curug Genting Blado Batang

Sudah tidak sabar untuk liburan ke Curug Genting Blado Batang? Simak rekomendasi spot wisata menariknya berikut ini!

1. Air Terjun Genting

Air Terjun Genting (sumber: @enisawy on Instagram)
Air Terjun Genting (sumber: @enisawy on Instagram)

Air Terjun Genting merupakan spot wisata wajib yang sama sekali tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke objek wisata Curug Genting Batang. Menikmati keindahan air terjun, sambil membiarkan kakimu sedikit demi sedikit dibasahi oleh air curug yang segarnya khas pegunungan, merupakan aktivitas wisata seru yang mungkin tak terlupakan untukmu. Mengambil foto dengan latar belakang air terjun eksotis ini pun sangat bagus untuk dilakukan.

Pemandangan alam sekitar air terjunnya pun sungguh luar biasa. Diiringi oleh sejuk dinginnya udara khas pegunungan, kamu akan semakin betah berlama-lama di sini. Sambil menikmati panorama alam yang ada, berpiknik di sekitar air terjun ini pun terdengar sangat menarik, terlebih bila kamu lakukan bersama keluarga atau orang-orang tersayang.

2. Goa Alami

Pemandangan Sekitar Curug (sumber: @emaamaliaaa_ on Instagram)
Pemandangan Sekitar Curug (sumber: @emaamaliaaa_ on Instagram)

Tak hanya berupa air terjun, objek wisata yang satu ini memiliki banyak spot wisata lainnya, termasuk goa yang terbentuk secara alami di sini. Goa sepanjang 17 meter ini seringkali menyita perhatian wisatawan yang berkunjung ke Curug Genting. Di dalam goa ini, terdapat bebatuan serta air yang mengalir dari sela-sela batuan tersebut.

Di bagian luar goa ini, kamu akan menikmati pemandangan berupa pepohonan rimbun yang seolah mengelilingi goa alami ini. Sehingga, siapapun pasti akan sadar bila setiap sudut dari objek wisata ini merupakan kawasan yang sangat asri.

3. Gapura Gerbang Masuk

Gapura Gerbang Masuk (sumber: @yunita_rizqii27 on Instagram)
Gapura Gerbang Masuk (sumber: @yunita_rizqii27 on Instagram)

Objek wisata Curug Genting Blado Batang memiliki keunikan pada bangunan gapura gerbang masuknya. Konon katanya, gapura gerbang masuk objek wisata ini merupakan perwujudan dari Batara Kala, yang dalam mitologi agama Hindu adalah anak dari Dewa Syiwa. Ornamen berbentuk Batara Kala ini didesain sedemikian hingga, ditambah dengan ukiran aksara Jawa yang ada di bagian atas gapura ini.

Berkaitan dengan mitos yang beredar di masyarakat, siapapun yang sudah masuk melalui gerbang gapura ini, mereka diwajibkan untuk menjaga tutur kata serta tingkah lakunya. Tak diketahui apa sebab yang akan diterima bila wisatawan tak bisa bersikap baik saat berkunjung ke tempat ini. Namun, terlepas dari cerita mitos yang ada, objek wisata yang satu ini tetap patut untuk dikunjungi karena potensi alamnya.

4. Hutan Pinus nan Rimbun

Hutan Rimbun nan Hijau (sumber: @xx__dpta on Instagram)
Hutan Rimbun nan Hijau (sumber: @xx__dpta on Instagram)

Di sekitar air terjun ini, terdapat pepohonan pinus yang hijau nan rimbun. Saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini, kamu pasti menemukan hutan pinus dengan pohon-pohon lebat dan udara yang sejuk. Biasanya, wisatawan akan merasa nyaman bila berdiam diri di sekitar hutan pinus ini, terlebih di sana telah disediakan semacam gazebo untuk tempat beristirahatnya para wisatawan.

Selain mengunjungi hutan pinus untuk sejenak beristirahat, banyak juga wisatawan yang berkunjung ke hutan pinus ini hanya untuk berburu foto keren. Pemandangan berupa gazebo-gazebo estetik serta pepohonan rimbun yang menjulang tentu menjadi spot foto yang sangat instagramable. Jika kamu hobi berswafoto, spot-spot di hutan pinus ini nampaknya perlu kamu sertakan dalam wishlist liburanmu.

5. Gardu Pandang untuk Berswafoto

Gardu Pandang (sumber: @vierviana on Instagram)
Gardu Pandang (sumber: @vierviana on Instagram)

Ingin menikmati pemandangan sekitar wisata Curug Genting Batang secara utuh dari ketinggian? Menyempatkan diri untuk main-main ke gardu pandang yang ada di sini merupakan pilihan terbaik untuk Advonturers. Dari atas gardu pandang ini, kamu akan dapat menikmati pemandangan alam secara keseluruhan. Menikmati pemandangan dari ketinggian juga akan memberikan pengalaman wisata berbeda untukmu.

Sambil menikmati pemandangan, wisatawan biasanya turut menjadikan gardu pandang ini sebagai spot foto. Berfoto dari gardu pandang ini akan memberikan foto keren dengan latar belakang pemandangan alam secara utuh. Jika kamu hobi berswafoto, gardu pandang Curug Genting Batang ini sama sekali tak boleh kamu lewatkan!

Baca juga: Kembang Soka, Curug Biru Nan Menawan di Tengah Kulon Progo

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai wisata Curug Genting Batang, spot wisata manakah yang akan kamu kunjungi pertama kali? Yang jelas, kelima rekomendasi spot wisata Curug Genting Batang di atas jangan sampai kamu lewatkan satupun. Saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, hendaknya kamu tetap berhati-hati karena jalanannya sedikit licin dan dipenuhi bebatuan. Happy safe holiday!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *