Wisata Watu Amben Jogja: Harga Tiket, Lokasi, & Mitosnya

Watu Amben (Sumber : @kabarjogja on Instagram)
Daftar isi

Jogja adalah salah satu kota di Indonesia yang sangat terkenal untuk menjadi tempat berwisata. Objek wisata di Jogja juga sangat beragam, mulai dari gunung, pantai, bahkan tempat wisata modern. Salah satu objek yang perlu kamu kunjungi ketika di Jogja adalah Watu Amben Jogja.

Kali ini, Advontura akan membahas tentang Watu Amben Jogja yang terkenal dengan keindahan alamnya. Simak informasi lebih lanjutnya di bawah ini, yuk.

Uniknya Wisata Watu Amben Jogja, Gabungan Wisata Alam & Buatan

Watu Amben adalah salah satu wisata alam yang berada di daerah Gunung Kidul, Kota Jogja. Lebih tepatnya, objek wisata ini berada di salah satu puncak dari bukit seribu Gunung Kidul dan dekat Bukit Bintang. Nama Watu Amben berasal dari bahasa Jawa. Watu berati batu, dan Amben berarti tempat tidur.

Mengapa dinamai demikian? Karena pada objek wisata ini terdapat batu besar yang berbentuk mirip seperti ranjang. Batu tersebut berada di tepi jurang dan sudah tertanam dengan ketinggian mencapai ratusan meter. Wisata ini dapat dikatakan sebagai tempat wisata yang baru karena belum banyak didatangi oleh para pengunjung. Meskipun masih sepi pengunjung, Watu Amben memiliki keindahan yang akan memanjakan mata. Perasaan lelah, penat, dan suntuk kamu akan seketika terobati ketika melihat keindahan pemandangan di sini.

Jam Operasional

Objek wisata ini dapat kamu kunjungi kapanpun kamu mau. Pengunjung dapat mengunjungi mengakses area kapanpun mereka mau. Sebagai saran, waktu yang paling tepat ketika ingin mengunjungi tempat ini adalah petang hari dan malam hari. Ketika petang, kamu dapat menikmati keindahan langit matahari terbenam. Sedangkan malam hari, kamu dapat menikmati pemandangan lampu Kota Jogja sehingga terlihat seperti kamu melihat hamparan bintang di langit malam.

Artikel Terkait

Harga Tiket Masuk

Wisata Watu Amben sama sekali tidak memungut biaya untuk tiket masuknya. Kamu hanya perlu mengeluarkan tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Mitos Seputar Wisata Watu Amben

Layaknya tempat-tempat wisata alam, objek wisata Watu Amben ini juga memiliki mitosnya sendiri. Masyarakat percaya bahwa bukit ini adalah tempat peristirahatan bagi pasukan Kerajaan Mataram Sebelum menjadi tempat wisata seperti saat ini, bukit ini juga sering menjadi tempat istirahat bagi warga sekitar setelah mencari rumput.

Lokasi & Rute Menuju Watu Amben

Kamu dapat menemukan lokasi Watu Amben karena lokasinya yang ada di jalan utama menuju Bukit Bintang. Tempat wisata ini berada di Jl. Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Piyungan, Yogyakarta.

Jika kamu berangkat melalui pusat kota Jogja, kamu dapat melalui Jl.Panembahan Senopati lalu menuju ke Jl. Kusumanegara. Setelah Jl. Kusumanegara, kamu akan menemui perempatan dan langsung belok ke arah kiri melewati Jl. Gedong Kuning. Setelah itu, kamu dapat menuju ke Jl. Wonosari sampai menemukan tanjakan menuju Jl.Dlingo-Patuk. Kamu hanya perlu mengikuti jalan ini sampai akhirnya sampai ke lokasi.

Jarak yang kamu tempuh dapat mencapai 19 kilometer dari pusat kota dan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Sebagai catatan, daerah wisata Gunung Kidul sering mengalami kemacetan ketika musim liburan.

Aktivitas Favorit di Watu Amben

Kamu dapat menikmati keindahan alam sekaligus melakukan berbagai aktivitas, sebagai berikut :

1. Berwisata Kuliner

Ketika berkunjung ke sini, kamu tidak perlu susah payah membawa perbekalan makanan dan minuman karena ada beberapa warung makanan yang dikelola di sekitar Watu Amben. Kamu dapat melakukan wisata kuliner sambil menikmati pemandangan yang indah. Menu makanan yang ditawarkan juga beragam, mulai dari makanan tradisional sampai makanan modern dan harganya juga cukup terjangkau.

2. Memandang Langit Senja

Bagi kamu penikmat senja, kamu dapat menikmati langit senja dari bukit ini, lho. Lokasinya yang berada di perbukitan memungkinkan pengunjung untuk dapat melihat panorama langit senja yang indah. Pada cuaca cerah, kamu bahkan dapat melihat pemandangan gunung Merbabu dan Merapi dari sini. Sangat direkomendasikan untuk datang ke tempat ini pada sore hari.

Langit senja dari Watu Amben (Sumber : @loka.kafe on Instagram)

3. Menikmati Suasana Malam

Pada saat malam hari, tempat ini akan menjadi sangat romantis dan sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga, teman, atau pasangan. Kamu dapat menyaksikan hamparan kota Jogja yang gemerlap. Selain itu, kamu juga dapat membeli makanan yang dijual di sekitar objek wisata ini.

Pemandangan kota Jogja saat malam hari (Sumber : @desychung1012 on Instagram)

4. Berburu Spot Foto

Bagi kamu yang suka berfoto, tempat wisata ini juga menyediakan banyak spot foto natural yang dapat memperindah fotomu. Pada bagian utara, kamu dapat mengambil gambar dengan latar belakang Gunung Merapi. Sedangkan di sebelah barat, kamu dapat mengambil gambar dengan latar belakang Gunung Merbabu. Selain itu, kamu juga dapat memotret pemandangan yang disediakan di sini. Hamparan kota Jogja yang kamu lihat dari atas bukit.

5. Bersantai di Gazebo

Kamu dapat duduk bersantai di gazebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Pemandangan yang asri dan hijau ditambah dengan udara yang bersih nan sejuk membuat pengunjung menikmati setiap detiknya diterpa hembusan angin. 

Baca Juga : Studio Alam Gamplong, Sensasi Wisata Nostalgia Kuno di Jogja

Itu dia beberapa informasi tentang Watu Amben Jogja. Tertarik untuk datang ke sini? Tempat wisata ini akan membuatmu menikmati keindahan alam yang masih asri dan natural. Sangat cocok untuk lari sejenak dari riuhnya suasana perkotaan.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *