Bukit Jaddih Madura, Sensasi Wisata Nusantara Bak di Turki

Bukit Jaddih (sumber: @yinyin_8888 on Instagram)
Bukit Jaddih (sumber: @yinyin_8888 on Instagram)
Daftar isi

Pulau Madura merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Meskipun jarang terekspos sektor pariwisatanya, siapa sangka Pulau Madura justru memiliki objek wisata yang bahkan mirip dengan salah satu tempat wisata terkenal di Turki. Objek wisata tersebut adalah Bukit Jaddih. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata berupa bukit bekas tambang kapur yang merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Bukit kapur yang merupakan sumber tambang kapur ini sekarang telah disulap menjadi tempat wisata yang memukau. Selain itu, tempat wisata ini terlihat sangat instagramable, dan memiliki sederet aktivitas wisata seru yang sayang bila kamu lewatkan. Sudah tahukah kamu tentang objek wisata yang satu ini? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk cari tahu info tiket masuk, lokasi, serta aktivitas wisata serunya!

Bukit Jaddih Madura, Bukit Kapur Eksotis Peninggalan Kolonial Belanda

Bukit Jaddih merupakan tempat wisata berupa bukit kapur yang dahulunya dimanfaatkan sebagai sumber tambang kapur oleh masyarakat. Kini, bukit kapur tersebut telah disulap menjadi sebuah tempat wisata yang memiliki keindahan tiada tara. Pemandangan bukit kapur beserta alam di sekitarnya mampu membuat siapa saja terpukau. Bahkan, tempat wisata yang berada di Madura satu ini disebut-sebut mirip dengan Cappadocia, sebuah tempat wisata terkenal yang ada di Turki.

Bukit Jaddih Madura (sumber: @chand.gt on Instagram)
Bukit Jaddih Madura (sumber: @chand.gt on Instagram)

Bila kita telisik sejarahnya, ternyata objek wisata yang satu ini merupakan bekas bungker pada zaman kolonial Belanda, lho. Bungker ini dahulunya dipergunakan sebagai tempat menyimpan senjata oleh Belanda. Setelah bungker ini tak digunakan lagi, kemudian dialihfungsikan menjadi bukit tambang kapur oleh masyarakat sekitar. Seiring zaman, masyarakat memandang bahwa bukit kapur ini memiliki potensi yang bagus untuk sektor pariwisata, sehingga pada akhirnya tempat ini dijadikan sebagai objek wisata.

Artikel Terkait

Rute dan Lokasi Bukit Jaddih Madura

Sebelum benar-benar berlibur di tempat wisata yang satu ini, sudah tahukah kamu dimana lokasi Bukit Jaddih Madura? Lokasi Bukit Jaddih Madura sendiri berada di kawasan Jakan, Parseh, Socan, Bangkalan, Pulau Madura. Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini, kamu dapat mengawali perjalananmu dari pusat Kota Surabaya. Berikut ini Advontura sajikan rekomendasi rute perjalanan menuju ke objek wisata yang satu ini!

Berangkat dari pusat Kota Surabaya, kamu dapat bergerak menuju Jembatan Suramadu. Perjalananmu kali ini akan melewati Jembatan Suramadu hingga sampai ke Pulau Madura. Tempuhlah jalur kanan menuju arah Jalan Raya Labang, kemudian menujulah ke Jalan Raya Jaddih di kawasan Parseh. Dari sini, kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan yang ada hingga sampai di destinasi wisata tujuanmu.

Jam Buka dan Tiket Masuk Bukit Jaddih Madura

Advonturers sudah semakin tak sabar untuk berkunjung ke objek wisata yang satu ini? Kamu dapat mengunjungi tempat ini pada pukul 07.00-16.00 setiap harinya. Jam operasional yang sangat cukup untuk bersenang-senang dari pagi hingga sore hari. Selain karena memiliki pemandangan yang cantik, harga tiket masuk Bukit Jaddih Madura yang sangat murah turut menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Bagaimana tidak, harga tiket masuk Bukit Jaddih Madura hanyalah sebesar Rp 5.000 saja. Namun, bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, kamu juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 10.000. Harga tiket masuk yang sangat murah ini tentu tak ada apa-apanya dibanding kesenangan-kesenangan yang akan kamu dapatkan saat berlibur di tempat wisata yang satu ini. Super worth it!

Fasilitas Objek Wisata Bukit Jaddih Madura

Untuk membuat wisatawan semakin nyaman saat berwisata, objek wisata yang satu ini tentu memiliki sederet fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan. Fasilitas-fasilitas tersebut seperti toilet umum dan warung makan. Meski belum banyak memiliki fasilitas umum, hal ini tak membuat tempat wisata yang satu ini sepi pengunjung. Fasilitas yang belum banyak ini dikarenakan Bukit Jaddih masih dikelola dengan sederhana oleh masyarakat setempat.

Aktivitas Wisata Seru di Bukit Jaddih Madura

Siapa yang sudah tak sabar untuk jalan-jalan di tempat wisata yang satu ini? Berikut ini rekomendasi aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di sana!

1. Menikmati Keindahan Bukit Kapur

Wisata Bukit Jaddih adalah tempat wisata berupa bukit kapur yang kini telah disulap menjadi tempat wisata estetik. Keindahan dari bukit kapur ini pun sama sekali tak main-main, apalagi ditemani oleh kondisi alam sekitar yang masih sangat asri. Menikmati keindahan bukit kapur ini dari berbagai sudut yang ada, akan memberikan pengalaman wisata terbaik bagi siapapun yang mengunjunginya.

Menikmati Keindahan Bukit Jaddih (sumber: @alissa_bing on Instagram)
Menikmati Keindahan Bukit Jaddih (sumber: @alissa_bing on Instagram)

Saking indahnya tempat wisata yang satu ini, objek wisata Bukit Jaddih pun sampai seringkali disebut mirip dengan objek wisata terkenal yang ada di negara Turki, yakni Cappadocia. Berkunjung ke objek wisata yang satu ini akan membuatmu merasakan sensasi berlibur di Nusantara seperti sedang berlibur di luar negeri.

2. Berenang di Kolam Renang Bukit Jaddih

Siapa bilang wisata Bukit Jaddih hanya memiliki bukit kapur yang bisa dipandang? Jangan salah! Tak hanya bukit kapur, tempat wisata yang satu ini juga memiliki kolam renang, lho. Kolam renang yang ada di sini pun berada di tengah-tengah bukit kapur. Kamu bisa bayangkan betapa serunya berenang sambil menikmati pemandangan bukit kapur serta panorama alam yang ada di sini.

Kolam Renang Bukit Jaddih (sumber: @bukitjaddih.bangkalan on Instagram)
Kolam Renang Bukit Jaddih (sumber: @bukitjaddih.bangkalan on Instagram)

Kolam Renang Bukit Jaddih merupakan salah satu spot wisata favorit wisatawan kala berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Soal kebersihan, kamu tak perlu ragu karena Kolam Renang Bukit Jaddih memiliki air yang sangat jernih, sehingga terlihat berwarna kebiruan. Selain itu, kolam renang ini sangat luas, sehingga wisatawan akan merasa lebih puas saat berenang di Kolam Renang Bukit Jaddih ini.

3. Belanja Oleh-Oleh Khas Madura di Goa Pote

Berwisata tanpa membawa buah tangan saat pulang ke rumah tentu sangat kurang rasanya. Maka dari itu, kamu bisa sempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh di Goa Pote saat berkunjung ke objek wisata Bukit Jaddih. Banyak jenis oleh-oleh yang bisa kamu beli di Goa Pote, seperti: baju, souvenir, makanan khas madura. 

Goa Pote (sumber: @jophine93_ on Instagram)
Goa Pote (sumber: @jophine93_ on Instagram)

Selain membeli buah tangah, Goa Pote juga menjadi spot foto favorit wisatawan. Goa Pote merupakan spot wisata yang berada di antara ceruk goa kapur dan terlihat sangat estetik. Maka dari itu tak heran bila wisatawan seringkali menjadikannya sebagai spot foto keren.

4. Berburu Foto Instagramable

Setiap sisi dari tempat wisata ini memanglah terlihat instagramable. Maka dari itu sama sekali tak heran bila wisatawan berbondong-bondong menjadikannya sebagai spot berburu foto. Berswafoto dengan latar belakang gunung kapur yang estetik bak di Cappadocia tentu menjadi keinginan setiap orang. Selain bukit kapur, wisatawan juga gemar berfoto di tepian danau cantik yang terdapat di objek wisata Bukit Jaddih.

Berburu Foto Instagramable (sumber: @hubaylulfuad on Instagram)
Berburu Foto Instagramable (sumber: @hubaylulfuad on Instagram)

Berkunjung ke objek wisata yang satu ini akan membuat galeri fotomu semakin penuh dengan foto-foto estetik nan instagramable. Bagi kamu yang ingin berfoto ala traveler di Cappadocia, kini kamu tak perlu jauh-jauh ke Turki, karena Pulau Madura memiliki saingannya!

5. Berkeliling Danau Naik Perahu Rakit

Objek wisata Bukit Jaddih Madura memiliki danau yang memiliki air berwarna kebiruan yang cantik. Melihat danau nan biru di tengah putihnya bukit kapur akan membuatmu merasa sedang berlibur di Kawah Putih Ciwidey, Bandung. Tak hanya berjalan-jalan menjelajahi bukit kapur, menyusuri danau menaiki perahu rakit merupakan aktivitas yang tak kalah seru untuk kamu lakukan.

Menyusuri Danau Naik Perahu Rakit (sumber: @mitadunk on Instagram)
Menyusuri Danau Naik Perahu Rakit (sumber: @mitadunk on Instagram)

Menyewa perahu rakit untuk menyusuri danau akan lebih seru bila kamu lakukan bersama orang-orang tersayang. Satu perahu rakit bisa memuat 6-7 orang, guys. Sambil menaiki perahu rakit, menyaksikan keindahan alam bekas tempat penyimpanan senjata ini akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Baca juga: Tebing Breksi Jogja: Lokasi, Tiket Masuk, & Fasilitas [SUDAH BUKA]

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai wisata Bukit Jaddih Madura, sudahkah kamu tertarik untuk mengunjunginya? Tempat wisata berupa bukit kapur yang merupakan peninggalan Belanda ini tak pernah sepi dari wisatawan. Keindahan bukit kapur serta alam sekitarnya mampu membuat siapapun terpukau. Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, karena di Bukit Jaddih kamu akan merasakan sensasi liburan ala Turki di Nusantara!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *