Pantai Krakal Yogyakarta: Tiket Masuk, Lokasi, & Rutenya

Pantai Krakal (sumber: @journey_traveling on Instagram)
Pantai Krakal (sumber: @journey_traveling on Instagram)
Daftar isi

Bila kita berbicara tentang berapa banyak pantai eksotis yang ada di Jogja, khususnya Gunung Kidul, tentu jawabannya tak terhingga. Gunung Kidul memang dikenal sebagai daerah yang memiliki objek wisata berupa pantai eksotis yang sangat banyak. Salah satu pantai eksotis yang ada di sana adalah Pantai Krakal Gunung Kidul. Objek wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki banyak spot menarik.

Tak hanya tentang laut dan pasir putihnya, Pantai Krakal Gunung Kidul juga menyimpan sejarah terbentuknya pantai tersebut yang mungkin tak banyak diketahui orang. Advonturers, sudah kenalkah kamu dengan pantai eksotis Gunung Kidul yang satu ini? Untuk mengenal pantai ini lebih dekat, kamu wajib banget simak info tiket masuk, lokasi, rute, hingga aktivitas wisata menarik di Pantai Krakal dalam ulasan berikut ini!

Pantai Krakal Gunung Kidul, Dasar Laut yang Kini Menjadi Pantai Eksotis

Pantai yang satu ini terletak di kawasan Gunung Kidul, Jogja. Keindahan alam sekitar, debur ombak khas pantai selatan, serta air laut yang jernih seolah melengkapi eksotisme yang dimiliki pantai satu ini. Di balik keindahannya, ternyata ada sejarah Pantai Krakal yang mungkin tak diketahui banyak orang. Sejarah Pantai Krakal Jogja yang terkenal bagi masyarakat sekitar adalah tentang bagaimana pantai eksotis ini terbentuk.

Dikatakan, dahulunya pantai ini merupakan dasar laut. Kemudian, fenomena yang disebut Epirogenesa Negatif memicu terbentuknya pantai ini. Epirogenesa Negatif merupakan fenomena yang menyebabkan kerak bumi bergerak, sehingga lapisan bumi menjadi naik ke atas. Pada akhirnya, fenomena ini yang membentuk dasar laut menjadi pantai, sehingga fenomena Epirogenesa Negatif menjadi bagian dari sejarah Pantai Krakal. 

Artikel Terkait

Selain dari cara terbentuknya, sejarah Pantai Krakal juga terdapat pada penamaan pantai ini. Dalam bahasa Jawa, Krakal berarti “bebatuan”, yang sangat mendefinisikan bahwa pantai ini memang memiliki banyak batuan karang yang tersebar di hampir di setiap sisinya. 

Rute & Lokasi Pantai Krakal Gunung Kidul

Advonturers, sudah tahukah kamu dimana lokasi Pantai Krakal Gunung Kidul? Lokasi Pantai Krakal Gunung Kidul sendiri adalah di Desa Ngestiharjo, Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang satu ini letaknya tak terlalu jauh pusat Kota Jogja, hanya sekitar 65 kilometer dan akan memakan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Berikut ini Advontura sajikan rekomendasi rute perjalanannya untukmu!

Berangkat dari pusat Kota Jogja, pertama-tama kamu harus bergerak menuju kawasan Piyungan. Dari Piyungan, menujulah ke arah Pathuk, kemudian lewatilah Bundaran Tugu BPD. Dari sini, bergeraklah menuju Jalan Pantai Baron. Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada hingga sampai di destinasi wisata tujuanmu, yakni Pantai Krakal Gunung Kidul.

Aktivitas Seru di Objek Wisata Pantai Krakal Jogja

Makin tak sabar untuk segera jalan-jalan melepas penat di pantai eksotis yang satu ini? Yuk, simak rekomendasi aktivitas wisata seru yang sayang banget untuk kamu lewatkan berikut ini!

1. Berenang dan Bermain Air

Bermain Air di Pantai (sumber: @delpianaaaaaaa on Instagram)
Bermain Air di Pantai (sumber: @delpianaaaaaaa on Instagram)

Jika berkunjung ke pantai, berenang dan bermain air tentu menjadi aktivitas wisata yang sama sekali tak boleh kamu lewatkan. Menikmati berenang di laut jernih wisata Pantai Krakal Jogja akan memberikan pengalaman wisata berbeda untukmu. Bagi kamu yang tak ingin berenang, kamu bisa sekedar bermain-main air dengan merasakan kakimu dihantam ombak-ombak kecil yang ada di bibir pantai.

Namun, saat berenang dan bermain air, hendaknya kamu tetap berhati-hati dan jangan sampai berenang terlalu jauh dari bibir pantai. Pantai yang satu ini merupakan pantai selatan, sehingga pantai ini memiliki debur ombak yang cukup besar. Supaya kamu tak terbawa ombak hingga sampai ke tengah laut, maka dari itu jangan beraktivitas terlalu jauh dari bibir pantai.

2. Berjemur & Berpiknik di Tepi Pantai

Berjemur di Tepi Pantai (sumber: @nevapermataa on Instagram)
Berjemur di Tepi Pantai (sumber: @nevapermataa on Instagram)

Advonturers ingin merasakan keseruan berwisata di pantai ini, tanpa basah-basahan terkena air laut? Beraktivitas di tepian pantai mampu menjadi opsi yang bagus untukmu. Sekedar berjemur menikmati tubuh terpapar oleh hangatnya sinar mentari, ditambah dengan pasir putih yang sangat lembut kala disentuh, akan menjadi aktivitas menyenangkan bagimu. 

Selain berjemur, berpiknik dengan menggelar tikar di pinggir pantai juga seru untuk dilakukan. Sambil menikmati kudapan kecil dan perbekalan yang kamu bawa dari rumah, berbincang hangat bersama keluarga dan orang-orang tersayang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Berjemur dan berpiknik di pinggiran pantai sambil menikmati pemandangan, juga sangat menyenangkan, lho!

3. Surfing Pantai Krakal

Surfing Pantai Krakal (sumber: @johanjacob_oki on Instagram)
Surfing Pantai Krakal (sumber: @johanjacob_oki on Instagram)

Aktivitas wisata tak biasa, dan tak bisa dilakukan di sembarang pantai yang ada di Jogja adalah surfing atau berselancar. Mencoba surfing Pantai Krakal akan membuatmu merasa sedang liburan di Pulau Dewata yang identik dengan spot-spot selancar menariknya. Begitupun Pantai Krakal, wisatawan seringkali menjadikannya sebagai spot berselancar, terutama bagi pecinta olahraga selancar. 

Untuk menikmati surfing Pantai Krakal, kamu memerlukan beberapa perlengkapan. Bila kamu tak memilikinya, kamu bisa menyewanya di tempat persewaan alat snorkeling dan surfing yang ada di pantai yang satu ini. Bagi kamu yang memiliki peralatan sendiri, boleh banget kok, dibawa!

4. Berkemah

Pantai Krakal Gunung Kidul (sumber: @xhaveziyero on Instagram)
Pantai Krakal Gunung Kidul (sumber: @xhaveziyero on Instagram)

Sudah seharian bermain di pantai, namun masih ingin berlama-lama ada di sini? Berkemah adalah pilihan terbaik bila kamu menginginkan penginapan Pantai Krakal dengan biaya yang sangat minim. Di tepian pantai, kamu bisa menyusun tendamu untuk bermalam di sekitar pantai ini. Betapa nyenyaknya tidur ditemani oleh suara debur ombak, dan suara serangga-serangga kecil seperti jangkrik. 

Bila kamu tak ingin bermalam namun tak mau berkemah, kamu bisa mencari beberapa penginapan Pantai Krakal yang tersebar di sekitar sini. Penginapan yang ada pun memiliki harga yang beragam, dan tentu setiap penginapan memiliki fasilitasnya masing-masing, tergantung penginapan seperti apa yang kamu pilih.

5. Menikmati Sunset di Pantai Krakal 

Sunset di Pantai Krakal (sumber: @eseme_galery on Instagram)
Sunset di Pantai Krakal (sumber: @eseme_galery on Instagram)

Berwisata ke pantai rasanya memang sangat kurang bila kita tak menyempatkan diri untuk menanti datangnya senja, atau sunset. Begitupun di pantai yang satu ini, rugi bila Advonturers tak sekalian menikmati sunset di Pantai Krakal ini. Langit senja yang berwarna oranye, serta mentari yang menyorot setiap objek yang ada di pantai akan menciptakan bayang-bayang siluet yang sangat cantik.

Sambil menikmati sunset di Pantai Krakal, tak ada salahnya bila kamu mengabadikan beberapa momen saat menikmati senja di pantai yang satu ini. Sunset yang estetik pun akan membuatmu menangkap banyak foto estetik yang dapat kamu jadikan koleksi keren di galeri fotomu. 

6. Snorkeling

Ombak di Pantai Krakal (sumber: @delpianaaaaaaa on Instagram)
Ombak di Pantai Krakal (sumber: @delpianaaaaaaa on Instagram)

Pantai yang indah dan eksotis selalu identik dengan spot snorkeling yang epic. Di pantai yang satu ini, Advonturers dapat melakukan snorkeling, alias menyelam. Kondisi biota laut yang ada di pantai ini pun masih cukup terjaga, sehingga wisatawan banyak menjadikannya sebagai spot snorkeling. Pemandangan berupa terumbu karang yang cantik, dan ikan-ikan berwarna-warni akan kamu temukan saat menyelam di perairan pantai ini.

Sambil menyelam, kamu dapat mengambil beberapa foto dengan gaya underwater yang keren. Menikmati pemandangan bawah laut pantai yang satu ini akan memberikan pengalaman wisata terbaik bagimu. Untuk perlengkapan snorkeling, kamu dapat membawanya sendiri. Namun, tak usah khawatir bila kamu tak memilikinya. Kamu dapat menyewanya di tempat persewaan alat-alat untuk snorkeling. 

7. Berburu Foto Instagramable

Berburu Foto Instagramable (sumber: @ikha.sushanti11 on Instagram)
Berburu Foto Instagramable (sumber: @ikha.sushanti11 on Instagram)

Berwisata ke manapun rasanya akan kurang bila tak sekalian berburu foto keren. Yup, tiap sudut dari objek wisata ini memang terlihat instagramable. Banyak spot foto keren yang bisa kamu singgahi di sini. Berburu foto dengan latar belakang pantai yang eksotis juga sangat bagus untuk dilakukan. 

Bagi kamu yang hobi menyelam, berfoto dengan gaya underwater akan sangat keren untuk dilakukan. Mengabadikan momen saat menyelam, dikelilingi oleh pemandangan bawah laut yang sangat cantik, akan membuat siapapun iri karena tak semua orang berani untuk melakukannya. 

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Krakal Jogja

Advonturers ingin segera mengunjungi pantai Gunung Kidul yang eksotis satu ini? Tenang! kamu bisa mengunjungi pantai ini selama 24 jam non stop, lho. Pihak pengelola objek wisata yang satu ini tak memberlakukan sistem jam operasional tertentu, sehingga pengunjung bebas mengunjungi pantai eksotis ini tanpa batasan waktu. Momen seperti ini tentu sangat disayangkan bila kamu tak memanfaatkannya untuk berkemah di sekitaran pantai ini. 

Terkait tiket masuk Pantai Krakal, sudah tahukah kamu berapa tarifnya? Tarif tiket masuk Pantai Krakal sendiri hanyalah Rp 10.000 saja. Berwisata ke pantai yang satu ini tentu sangat cocok untuk Advonturers yang menginginkan liburan seru dengan biaya yang tak banyak. Selain dikenai biaya tiket masuk Pantai Krakal, kamu yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenai biaya retribusi parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas Wisata Pantai Krakal Gunung Kidul

Untuk membuat wisatawannya semakin merasa nyaman saat liburan, setiap tempat wisata tentu memiliki fasilitas memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan itu sendiri. Tak terkecuali pantai eksotis Gunung Kidul satu ini, yang memiliki beberapa fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain: area parkir memadai, spot foto, warung makan, toilet, serta persewaan perlengkapan snorkeling dan surfing.

Adapun bagi kamu yang mencari penginapan Pantai Krakal, kamu dapat menyewa beberapa penginapan seperti homestay dan hotel yang terletak di sekitar pantai ini. Fasilitasnya pun berbeda-beda tergantung dari penginapan serta harga yang kamu pilih. Bila kamu ingin bermalam dengan lebih hemat, kamu dapat memilih untuk berkemah di sekitar pantai saja. 

Baca juga: Pantai Drini Gunung Kidul – Tiket Masuk, Lokasi, & Rute 2021

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai wisata Pantai Krakal Jogja, sudahkah kamu tertarik untuk mengunjunginya? Pantai eksotis yang satu ini menjadi solusi terbaik bagi kamu yang ingin berwisata seru ke pantai, dengan biaya yang minim. Selain karena memiliki banyak aktivitas wisata seru yang bisa dilakukan, panorama dari pantai yang satu ini sama sekali tak kalah dengan pantai lainnya, sehingga siapapun yang berkunjung ke sini akan betah untuk berlama-lama. 

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *