Pantai Banyu Tibo – Lokasi & Harga Tiket Masuk

Pantai banyu tibo
trivindo.com
Daftar isi

Daerah Pacitan, Jawa Timur tidak hanya terkenal dengan julukannya sebagai kota seribu goa , namun Pacitan juga terkenal memiliki beberapa pantai indah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Salah satu pantai di Pacitan yang keindahannya telah tersebar di kalangan pecinta wisata alam adalah Pantai Banyu Tibo.

Pantai Banyu Tibo Pacitan adalah sebuah pantai indah dengan air terjun yang bermuara langsung ke pantai. Banyu Tibo Pacitan termasuk dalam kawasan pantai selatan yang keindahannya tidak perlu diragukan lagi.

Jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Pacitan dan sekitarnya, pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang dapat membuat banyak wisatawan penasaran dan tertarik untuk mengunjunginya

Pantai ini memiliki keunikan berupa sebuah air terjun yang berasal dari sumber mata air yang tidak akan pernah kering walaupun saat musim kemarau datang. Debit air yang dimiliki air terjun ini cukup deras dan akan bermuara langsung ke laut.

Pemandangan air terjun yang bermuara langsung ke laut ini adalah salah satu pemandangan indah yang cukup jarang ditemui dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke lokasi pantai yang ada di Pacitan ini.

Artikel Terkait

Keberadaan air terjun inilah yang menjadi latar belakang diberikannya nama Banyu Tibo pada pantai ini. Dalam Bahasa Jawa kata “Banyu Tibo” memiliki arti air yang terjatuh. Nama ini sangat menggambarkan keberadaan air terjun yang airnya jatuh dan bermuara ke laut.

Sebelum menikmati keindahan dan kesegaran airnya, pengunjung harus melewati beberapa anak tangga terlebih dahulu. Pantai ini tidak terlalu luas jika dibandingkan dengan objek wisata lain, bahkan jika arus laut sedang pasang, pengunjung hanya dapat menikmati keindahan pantai dari atas tebing.

Namun jika arus sedang rut wisatawan dapat bermain dan berenang di sekitar tepian pantai. Pantai yang memiliki pasir putih kecoklatan lembut ini memiliki beberapa batuan yang semakin memperindah panorama alaminya. 

Dibalik air terjun yang ada di kawasan ini terdapat sebuah gua kecil yang dapat dijelajahi oleh wisatawan yang sedang berkunjung. Disini pengunjung juga dapat bermain snorkeling sambil menikmati keindahan terumbu karang yang ada di bawah laut.

Air yang ada di pantai ini juga sangat jernih, bahkan keindahan terumbu karangnya dapat terlihat dari atas laut. Terumbu karang yang ada di bawah laut mayoritas berwarna hijau sehingga membuat warna air berubah menjadi sedikit kehijauan.

Menikmati Keindahan senja dari lokasi Pantai Banyu Tibo Pacitan merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh wisatawan saat berada di kawasan ini.

Di sekitar kawasan pantai tepatnya dekat area parkir kendaraan terdapat tempat cukup luas yang dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan senja.

Di tempat ini juga telah dilengkapi dengan wahana ayunan juga beberapa tempat untuk duduk wisatawan selama menanti waktu senja tiba. Selain menanti senja, di tempat ini wisatawan juga dapat duduk bersantai sambil menikmati angin pantai yang berhembus dengan tenang. 

Setelah lelah bermain dan berenang, wisatawan dapat istirahat sejenak sambil mengisi tenaga dengan mampir di warung yang tersedia di sekitar lokasi pantai.

Warung – warung ini menyediakan berbagai macam menu makanan termasuk olahan seafood yang siap menggoyang lidah. Menu seafood yang paling banyak dipilih oleh wisatawan adalah menu lobster mutiara.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa lobster mutiara sebenarnya adalah jenis lobster yang paling enak untuk disantap. Terlebih jika dimasak dengan bumbu  rempah rahasia yang akan membuatnya jauh lebih sedap.

Walaupun menu lobster mutiara disini dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan menu makanan yang lain, namun cita rasanya yang nikmat dijamin akan membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan. 

Baca juga: Pantai Sadranan – Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

Lokasi Pantai Banyu Tibo Pacitan

Wisata banyu tibo
Wisata banyu tibo (Photo by bernasnews.com)

Lokasi Pantai Banyu Tibo berada tepat di perbatasan antara Pacitan Jawa Timur dengan Wonogiri Jawa Tengah. Namun secara administratif, lokasi Pantai Banyu Tibo terletak di Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

Pantai ini terletak di bagian barat Kabupaten Pacitan kurang lebih 40 km dari pusat Kota Pacitan. Wisatawan yang memulai perjalanan dari kota Pacitan akan memakan waktu selama kurang lebih 1 jam perjalanan untuk sampai di lokasi ini.

Akses ke Pantai Banyu Tibo Pacitan ini berada dalam keadaan yang cukup baik namun cukup sulit untuk dilalui kendaraan. Untuk menuju lokasi pantai wisatawan hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi karena sampai saat ini belum ada transportasi umum yang dapat menjangkau lokasi ini.

Akses ke Pantai Banyu Tibo Pacitan terbilang cukup sulit karena setelah sampai di Pintu masuk, wisatawan harus melewati jalanan bergelombang yang penuh dengan bebatuan. Saat melewati jalan ini wisatawan dihimbau untuk berhati – hati agar perjalanan lebih aman.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai pengunjung akan disajikan pemandangan perbukitan hijau yang indah. Selama perjalanan wisatawan juga akan menemukan beberapa papan petunjuk yang akan memudahkan wisatawan untuk sampai ke lokasi berada.

Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, lokasi wisata ini belum banyak dijamah dan dikunjungi wisatawan sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan diri dan beristirahat sejenak dari rutinitas sehari – hari yang melelahkan.  

Tiket Masuk

Keindahan wisata banyu tibo
Keindahan banyu tibo (Photo by @achmadi_anggi)

Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak – anak.

Namun harga tiket masuk yang harus dibayarkan tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi maka akan dikenai biaya tambahan sebesar  Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Lokasi wisata ini dibuka selama 24 jam penuh non stop. Namun yang perlu diperhatikan, bagi pengunjung yang tertarik dan memiliki rencana mengunjungi lokasi pantai ini sebaiknya berkunjung di pagi hari karena saat malam hari kawasan ini sangat sepi bahkan tukang parkir dan penjaga loket sudah tidak ada.

Baca juga: Pantai Papuma – Lokasi, Jalan, dan Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *