Indahnya Wisata Telaga Warna Dieng yang Penuh Legenda

Telaga Warna (sumber: @diastrinaw_ on Instagram)
Telaga Warna (sumber: @diastrinaw_ on Instagram)
Daftar isi

Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang sangat terkenal di Jawa Tengah. Daerah yang satu ini memiliki pesona alam yang keindahannya tiada tara. Salah satu tempat wisata yang berada di kawasan Dieng adalah Telaga Warna. Objek wisata yang satu ini memiliki keindahan alam yang menjadi favorit banyak orang. Selain itu, tempat wisata ini disebut dengan Telaga Warna karena memiliki air telaga yang bisa berubah-ubah warnanya.

Keunikan tempat wisata ini selalu menjadikannya sebagai tempat wisata Dieng favorit masyarakat. Ditemani pepohonan rimbun serta view khas pegunungan yang asri, tempat wisata ini semakin besar daya tariknya. Sudah kenalkah kamu dengan wisata eksotis yang satu ini? Tempat wisata yang satu ini wajib masuk dalam wishlist liburan kamu. Sebelum itu, yuk cari tahu dulu informasi mengenai wisata Telaga Warna Dieng dalam ulasan berikut ini!

Telaga Warna Dieng, Danau Unik dengan Air Berwarna-warni

Bila telaga biasanya identik dengan dataran rendah, tidak dengan telaga yang satu ini. Telaga Warna merupakan objek wisata berupa danau atau telaga yang terletak di ketinggian sekitar 2000 mdpl. Panorama alam di sekitar objek wisata yang satu ini pun sangat memukau. Tak heran bila telaga ini menjadi salah satu objek wisata yang sangat digemari oleh masyarakat.

Telaga Warna Dieng (sumber: @sahat_simarmata on Instagram)
Telaga Warna Dieng (sumber: @sahat_simarmata on Instagram)

Objek wisata yang satu ini pun memiliki keunikan yang terletak pada warna airnya. Warna air di telaga ini dapat berubah-ubah menjadi banyak warna, yakni: toska, biru, kuning, bahkan ungu. Perubahan warna air yang terjadi di telaga ini disebabkan oleh kandungan belerang yang dimilikinya. Maka dari itu, saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini, wisatawan akan merasakan bau belerang yang cukup pekat. Namun, kamu tak perlu khawatir dan pakailah masker saat berkunjung ke telaga ini.

Rute dan Lokasi Telaga Warna Dieng

Advonturers, sudah tahukah kamu dimana lokasi Telaga Warna Dieng? Lokasi Telaga Warna Dieng sendiri berada di Desa Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk menuju ke objek wisata yang satu ini, kamu yang berasal dari Yogyakarta memerlukan waktu perjalanan sekitar tiga jam. Berikut ini Advontura sajikan rekomendasi rute perjalanan menuju ke telaga eksotis yang satu ini, catat baik-baik!

Artikel Terkait

Berangkat dari Yogyakarta, pertama-tama kamu harus menuju ke Wonosobo terlebih dahulu. Sesampainya di Wonosobo, bergeraklah menuju ke Alun-Alun Wonosobo. Kemudian, menujulah ke Jalan Dieng, dan ikuti jalan tersebut ke arah utara menuju ke Pertigaan Dieng. Dari Pertigaan Dieng, kamu harus belok ke kiri hingga sampai di destinasi wisata tujuanmu, yakni objek wisata Telaga Warna Dieng.

Hal-Hal Unik di Telaga Warna Dieng

Sudah semakin penasaran dengan telaga eksotis yang berada di Dieng ini? Yuk simak dulu hal-hal unik tentangnya untuk kenal lebih dekat!

1. Danau Memesona dengan Air Berwarna Cantik

Seperti namanya, yakni Telaga Warna, objek wisata yang satu ini memiliki danau dengan warna air yang sangat cantik. Danau disini sangatlah unik karena memiliki warna air yang bisa berubah-ubah menjadi biru, toska, kuning, dan ungu. Perubahan warna air ini disebabkan oleh kandungan sulfur yang sangat tinggi di danau tersebut, mengingat danau ini terletak di ketinggian sekitar 2000 mdpl.

Danau Unik dengan Air Berwarna Biru (sumber: @rudytoktil_ on Instagram)
Danau Unik dengan Air Berwarna Biru (sumber: @rudytoktil_ on Instagram)

Namun, kamu tak perlu khawatir akan bau belerang yang akan kamu rasakan. Kamu cukup memakai masker bila akan berkunjung ke sini. Selebihnya, panorama alam yang ditawarkan oleh danau ini sangatlah worth it. Terlebih, danau unik ini ditemani oleh pepohonan rimbun serta alam yang asri,  sehingga hal ini semakin menambah keindahan dari telaga eksotis yang satu ini.

2. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon merupakan telaga lain yang berada di kawasan wisata Telaga Warna Dieng. Pengilon dalam bahasa Jawa berarti “Cermin”. Air telaga yang jernih, dan bahkan saking jernihnya sampai bisa digunakan untuk bercermin, menjadi dasar mengapa telaga ini diberi nama Telaga Pengilon. Meski tak dapat berubah-ubah warnanya, Telaga Pengilon tak kalah pesona dengan telaga lain yang berada disini.

Telaga Warna dan Telaga Pengilon (sumber: @lydiamihardja on Instagram)
Telaga Warna dan Telaga Pengilon (sumber: @lydiamihardja on Instagram)

Dari permukaan telaga ini, wisatawan akan melihat pantulan bayangan alam yang sangat indah, karena telaga ini terlihat bak cermin raksasa. Bayangan langit, pepohonan, serta bukit-bukit akan tampak memantul dengan estetik di permukaan air telaga ini.

3. Goa-Goa di Sekitar Telaga Warna

Di sekitar telaga eksotis yang satu ini, terdapat beberapa goa yang juga merupakan tempat bersejarah. Terdapat tiga goa yang paling terkenal, antara lain: Goa Semar, Goa Sumur, dan Goa Jaran. Masing-masing goa ini memiliki spot yang bertuliskan istilah tertentu dalam bahasa Jawa. Dan istilah-istilah yang tertulis di masing-masing goa ini tentu memiliki nilai budi pekerti luhur yang dapat menjadi panutan bagi manusia.

Goa Semar (sumber: @donira_ajianto on Instagram)
Goa Semar (sumber: @donira_ajianto on Instagram)

Di bagian depan Goa Semar, terdapat tulisan berbunyi “Eyang Sabdo Jati”, yang berarti setiap manusia harus mencari kesempurnaan sejati dalam dirinya dengan selalu mendekatkan diri pada Tuhan. Kemudian di bagian depan Goa Sumur, tertulis “Eyang Kumala Sari”, yang berarti temukanlah pendamping hidup yang cantik bak permata. Sementara di bagian depan Goa Jaran, terdapat tulisan “Resi Kendali Seto”, yang berarti manusia harus bisa mengendalikan hawa nafsunya. 

4. Bukit Pandang

Ingin menyaksikan keindahan dari telaga eksotis ini secara keseluruhan? Naiklah ke bukit pandang yang ada di sana. Saat menaiki bukit pandang ini, kamu akan dapat menyaksikan keindahan alam dari ketinggian, dan tentunya secara menyeluruh. Hal ini akan memberikan pengalaman wisata terbaik untukmu. 

Bukit Pandang di Telaga Warna Dieng (sumber: @anthonydiomartin on Instagram)
Bukit Pandang di Telaga Warna Dieng (sumber: @anthonydiomartin on Instagram)

Bukit pandang ini juga kerap disebut dengan Bukit Ratapan Angin. Selain dapat menyaksikan keindahan objek wisata Telaga Warna Dieng dan Telaga Pengilon, dari atas sini kamu juga bisa menyaksikan keindahan Kawah Sikidang bila cuaca sedang cerah.

5. Legenda Telaga Warna Dieng

Setiap wisata alam umumnya identik dengan mitos atau legenda yang dimilikinya. Dibalik keindahan yang dimiliki setiap objek wisata alam, selalu ada cerita yang melegenda di masyarakat. Begitupun objek wisata yang satu ini, terdapat beberapa legenda Telaga Warna Dieng yang begitu santer dikenal masyarakat. Salah satu legenda Telaga Warna Dieng yang terkenal adalah kisah tentang Dewi Nawang Wulan beserta saudara-saudaranya.

Pemandangan Telaga Warna Dieng (sumber: @go_pey on Instagram)
Pemandangan Telaga Warna Dieng (sumber: @go_pey on Instagram)

Selain disebut-sebut terbentuk dari perhiasan bangsawan yang jatuh, konon katanya, telaga ini dahulunya sering dijadikan sebagai tempat mandinya para dewi, yakni Dewi Nawang Wulan dan saudara-saudaranya. Warna air telaga yang berubah-ubah melambangkan sifat-sifat manusia yang beragam. Sementara Telaga Pengilon adalah wujud cermin untuk melihat sisi baik buruknya manusia.

Fasilitas Objek Wisata Telaga Warna Dieng

Objek wisata yang satu ini memiliki sederet fasilitas untuk menjaga kenyamanan wisatawannya. Fasilitas-fasilitas umum yang dapat kamu nikmati di telaga yang satu ini antara lain: area parkir memadai, toilet, mushola, gazebo, dan warung makan. Selain itu, ada fasilitas berupa spot foto instagramable yang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin berburu foto-foto keren saat berlibur di telaga eksotis yang satu ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Semakin tak sabar untuk mengunjungi tempat wisata eksotis yang satu ini? Advonturers dapat mengunjunginya pada pukul 07.00-17.00 setiap harinya. Selain itu, harga tiket masuk Telaga Warna Dieng yang sangat murah turut menjadi daya tarik di sini. Bagaimana tidak, harga tiket masuk Telaga Warna Dieng hanyalah Rp 12.500 saat hari normal, dan Rp 15.000 saat akhir pekan. Berwisata ke Telaga Warna Dieng memang sangat cocok bagi kamu yang menginginkan wisata seru namun tak memiliki banyak uang untuk berlibur. 

Baca juga: Green Canyon Pangandaran: Harga Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai Telaga Warna Dieng, sudahkah kamu tertarik untuk mengunjungi telaga eksotis nan penuh legenda yang satu ini? Meski penuh dengan legenda yang santer terkenal di masyarakat, selebihnya tempat wisata ini sangat worth it untuk dikunjungi. Selain karena harga tiket masuknya yang sangat murah, keindahan serta keunikan alam yang ada di sini mampu membuat siapapun terpukau.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *