Wisata Kota Lama Semarang: 9 Spot Wisata, Lokasi, & Rutenya

Kota Tua Semarang (sumber: @ilham_ips on Instagram)
Kota Tua Semarang (sumber: @ilham_ips on Instagram)
Daftar isi

Semarang merupakan daerah di Jawa Tengah yang terkenal akan pesona klasik peninggalan pada masa penjajahan Belanda. Tak hanya Lawang Sewu, rupanya Semarang memiliki banyak bangunan yang juga merupakan peninggalan masa kolonial. Salah satu daerah di Semarang yang memiliki banyak spot klasik ala Eropa adalah Kota Lama Semarang, yang juga dikenal dengan daerah Kota Tua Semarang.

Kota Lama Semarang merupakan objek wisata berupa kompleks yang memuat bangunan-bangunan klasik peninggalan Belanda. Selain itu, banyak spot-spot foto keren yang dapat kamu jelajahi di sini. Sudah tahukah kamu dengan keberadaan objek wisata yang satu ini? Yuk, cari tahu informasi tentang lokasi, rute, dan spot wisata favorit Kota Lama Semarang dalam ulasan berikut ini!

Wisata Kota Lama Semarang, Pesona Kota Klasik Khas Eropa di Jawa Tengah

Kota Lama Semarang (sumber: @maureen_nuradhi on Instagram)
Kota Lama Semarang (sumber: @maureen_nuradhi on Instagram)

Kota Lama Semarang merupakan objek wisata berupa bangunan-bangunan klasik peninggalan Belanda yang tersebar di pusat Kota Semarang. Bangunan-bangunan ini masih berdiri dengan kokoh, dengan sedikit renovasi, tak menghilangkan kesan heritage khas Eropa yang mereka miliki. Saat berkunjung ke Kota Lama Semarang, keberadaan bangunan-bangunan ini akan membuatmu merasa sedang berada di Eropa.

Selain memiliki bentuk bangunan yang indah dan unik, bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda ini tentu memiliki nilai sejarahnya sendiri. Bagi Advonturers yang menyukai wisata bersejarah, dan penuh dengan bangunan klasik peninggalan Belanda, Kota Lama Semarang merupakan solusi liburan terbaik bagi kamu. Di sini, kamu dapat menemukan banyak spot wisata menarik, mulai dari museum, hingga spot kuliner.

Kisah Sejarah Kota Lama Semarang & Perkembangannya

Tak hanya memiliki bangunan bergaya vintage khas Eropa yang memukau, kisah sejarah Kota Lama Semarang pun turut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sejarah Kota Lama Semarang berawal dari Kerajaan Mataram yang memberikan Semarang kepada Belanda, atas imbalan terhadap bantuan VOC saat Kerajaan Mataram menghadapi pemberontakan Trunojoyo. 

Artikel Terkait

Dari sini, kemudian Belanda mulai mendirikan bangunan-bangunan bercorak Eropa, yang dipergunakan untuk keperluan pemerintahan, dan hal lainnya, termasuk Gereja Blenduk dan Benteng Vijhoek. Dahulunya, daerah Kota Tua Semarang disebut sebagai Outstadt, dan memiliki jalan utama bernama Heeren Straat, atau yang saat ini dikenal sebagai Jl. Letjen Suprapto.

Pada abad ke 19 dan 20, kawasan Kota Tua Semarang menjadi pusat perdagangan Belanda. Setelah Indonesia merdeka, bangunan-bangunan bekas Belanda ini dialihfungsikan menjadi kantor-kantor besar. Bangunan-bangunan di sini difungsikan dengan apa adanya, dan bahkan tak dirubah bentuknya hingga kini. Gedung-gedung khas Eropa yang ada di kawasan Kota Tua Semarang ini seolah menjadi saksi bisu kolonialisme Belanda di Bumi Pertiwi. 

Rute & Alamat Kota Lama Semarang

Sebelum mengunjungi tempat wisata yang satu ini, sudahkah kamu tahu dimana alamat Kota Lama Semarang? Alamat Kota Lama Semarang sendiri berada di Jl. Letjen Suprapto, Tanjung Emas, Semarang Utara. Untuk menuju ke sini, banyak rute perjalanan yang dapat kamu tempuh. Berikut ini Advontura sajikan rekomendasi rute perjalanan yang berangkat dari Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jakarta. Catat dan simak baik-baik!

Rute Kota Lama Semarang dari Yogyakarta

Bagi Advonturers yang berangkat dari Yogyakarta, pilihan rute tercepat untukmu adalah melewati Tol Yogyakarta-Bawen. Setelah exit dari jalan tol, menujulah ke Kota Semarang. Untuk menuju ke Kota Lama Semarang, kamu dapat melewati Jl. Raden Patah dan Jl. Kaligawe Raya. Pertama, kamu harus memilih Jalur Mangkang, kemudian lurus hingga sampai di Bundaran Kali Benteng. 

Setelah itu, menujulah ke Bundaran Tugu Muda, kemudian lurus hingga Lawang Sewu dan Pasar Johar. Ambillah jalur kiri kemudian lurus terus hingga bertemu kawasan wisata Kota Lama.

Rute Kota Lama Semarang dari Jawa Timur

Berangkat dari Jawa Timur, kamu bisa mengawali perjalananmu dari Kota Surabaya. Untuk menuju ke Semarang lebih cepat, kamu dapat menggunakan jalan tol. Pertama-tama, kamu dapat melewati Tol Surabaya-Mojokerto, kemudian dilanjutkan dengan Tol Mojokerto-Kertosono. Setelah itu, kamu harus melintasi Jalan Tol Kediri-Kertosono-Ngawi, dan dilanjutkan Jalan Tol Ngawi-Solo. 

Dari sini, kamu harus memasuki Jalan Tol Solo-Semarang, hingga akhirnya sampai di Kota Semarang. Untuk menuju ke Kota Tua Semarang, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk arah dari pusat Kota Semarang menuju Kota Tua Semarang, seperti yang telah tertulis di atas. 

Rute Kota Lama Semarang dari Jakarta

Bagi Advonturers yang berangkat dari Ibukota Jakarta, kamu dapat melintasi beberapa jalan tol supaya cepat sampai di Semarang. Pertama-tama, kamu harus melintasi Tol Jakarta-Cikampek, dilanjutkan dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan. Selanjutnya, kamu harus melewati Tol Palimanan-Kanci, kemudian Tol Kanci-Pejagan. Setelah itu, kamu akan melalui Tol Pejagan-Pemalang, hingga Pemalang-Batang.

Terakhir, kamu akan melewati Jalan Tol Batang-Semarang. Sampai di sini, kamu harus menuju ke pusat Kota Semarang. Untuk menuju ke Kota Lama Semarang, kamu tinggal mengikuti rute jalan menuju Kota Lama yang telah tertulis di atas.

Spot Wisata Seru di Kota Tua Semarang

Semakin tak sabar untuk jalan-jalan asyik di kawasan Kota Lama Semarang? Berikut ini rekomendasi spot wisata seru yang bisa kamu jelajahi di sana!

1. Taman Srigunting

Taman Srigunting (sumber: @misterpit_esco on Instagram)
Taman Srigunting (sumber: @misterpit_esco on Instagram)

Taman Srigunting merupakan ikon utama dari kompleks Kota Lama Semarang. Seperti taman-taman pada umumnya, Taman Srigunting menjadi tempat yang asyik untuk sejenak melepas penat bersama keluarga. Duduk di kursi-kursi yang telah disediakan, sembari berteduh di bawah pohon yang telah berusia puluhan tahun, akan membuat wisata sederhanamu lebih bermakna bersama orang-orang tersayang.

Taman Srigunting juga merupakan spot foto di Kota Lama Semarang yang cukup terkenal. Wisatawan yang berkunjung ke Taman Srigunting tak pernah ketinggalan untuk berburu foto-foto instagramable. Hal ini karena taman yang satu ini memiliki banyak spot foto yang keren. Spot foto yang biasanya menjadi favorit wisatawan adalah sebuah jembatan yang memperlihatkan langsung pemandangan Gereja Blenduk. 

2. Gereja Blenduk Kota Lama Semarang

Gereja Blenduk (sumber: @mustmedantimur on Instagram)
Gereja Blenduk (sumber: @mustmedantimur on Instagram)

Gereja Blenduk Kota Lama Semarang merupakan spot wisata yang sangat terkenal di kawasan Kota Lama. Seperti namanya, yakni Blenduk, atap kubah dari gereja ini terlihat berbentuk besar dan melengkung, sehingga orang-orang Jawa menyebutnya “mblenduk”. Gereja ini memiliki bangunan bercorak Eropa yang sangat khas, dan sangat terlihat dari tiap ornamen yang dimilikinya. 

Gereja Blenduk Kota Lama Semarang sudah dibangun sejak tahun 1753, tepatnya pada saat zaman kolonial Belanda. Maka tak heran bila bangunan dari gereja ini sangat kental dengan nuansa Belanda. Saat ini, Gereja Blenduk masih aktif digunakan beribadah oleh masyarakat sekitar. Namun, bagi mereka yang beragama lain dan tidak beribadah di gereja ini, mereka tetap diperbolehkan untuk berfoto di depan Gereja Blenduk.

3. Pasar Klitikan

Barang Antik di Pasar Klitikan (sumber: @natous on Instagram)
Barang Antik di Pasar Klitikan (sumber: @natous on Instagram)

Kawasan wisata klasik akan selalu identik dengan keberadaan pasar-pasar yang menjual barang-barang antik. Pasar Klitikan merupakan salah satu pasar di Semarang yang menjual aneka barang antik dan unik. Bagi kamu si pecinta barang antik, sangat rugi rasanya bila kamu tak menyempatkan diri untuk berbelanja, atau sekedar melihat-lihat barang antik yang ada di sini. 

Banyak jenis barang antik yang bisa kamu temui di Pasar Klitikan, mulai dari koin, perangko, hingga piring-piring cantik yang digunakan di masa lampau. Selain diminati karena koleksi barang antiknya, tak jarang wisatawan juga datang ke Pasar Klitikan hanya untuk berburu foto dengan latar belakang barang-barang antik yang unik dan klasik ini. 

4. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemprorary Art Gallery (sumber: @graciabella05 on Instagram)
Semarang Contemprorary Art Gallery (sumber: @graciabella05 on Instagram)

Semarang Contemporary Art Gallery merupakan spot wisata yang terletak di belakang Taman Srigunting. Galeri seni yang satu ini memamerkan karya seni yang dirancang oleh berbagai seniman dari dalam dan luar negeri. Bentuk dari bangunan galeri seni ini juga sangat kental dengan nuansa Eropa, hal ini terlihat dari pintu serta bentuk bangunan yang besar dan tinggi. 

Untuk menikmati karya seni yang dipajang di sini, wisatawan tak perlu membayar mahal. Kamu dapat mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery ini hanya dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

5. Museum Kota Lama Semarang – 3D Trick Art

Museum 3D Trick Art (sumber: @monikadewi425 on Instagram)
Museum 3D Trick Art (sumber: @monikadewi425 on Instagram)

Bagi kamu si pecinta seni, rugi bila jalan-jalan ke Kota Tua Semarang namun tak menyempatkan diri untuk mengunjungi museum Kota Lama Semarang yang satu ini. Museum 3D Trick Art merupakan museum yang memamerkan koleksi foto-foto 3D yang jumlahnya mencapai ratusan koleksi. Gambar-gambar 3D yang dipajang di museum ini adalah foto dari tokoh nasional, karakter film, hingga bangunan-bangunan di Semarang.

Sayangnya, museum Kota Lama Semarang yang satu ini tak buka 24 jam, melainkan pada pukul 10.00-22.00 saja. Untuk dapat mengunjungi Museum 3D Trick Art ini, kamu perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 40.000 saja.

6. Persewaan Sepeda Onthel

Suasana di Kota Tua Semarang (sumber: @ggalerie_ on Instagram)
Suasana di Kota Tua Semarang (sumber: @ggalerie_ on Instagram)

Di sekitar kawasan wisata Kota Lama Semarang, kamu akan menemukan banyak tempat persewaan sepeda onthel. Sepeda onthel ini bisa kamu gunakan untuk berkeliling-keliling santai mengitari kawasan wisata Kota Lama Semarang. Sambil mengayuh santai sepeda yang kamu sewa, kamu bisa sambil menikmati pemandangan berupa bangunan-bangunan klasik yang tersebar di Kota Lama. 

Selain itu, sepeda onthel yang disewakan ini sudah dihias dengan warna-warni yang cantik, sehingga sepeda-sepeda ini terlihat unik dan semakin membuat wisatawan ingin menyewanya untuk berkeliling Kota Lama. Daripada berjalan kaki dan letih, menyewa sepeda onthel di sini sangat direkomendasikan. Saat kamu berkunjung ke Kota Lama, rugi bila kamu tak coba untuk menyewa sepeda onthel yang ada di sini!

7. Gedung Marba

Gedung Marba (sumber: @yusntia12 on Instagram)
Gedung Marba (sumber: @yusntia12 on Instagram)

Gedung Marba merupakan sebuah gedung dengan ornamen-ornamen klasik yang terletak di sekitar Taman Srigunting dan Gereja Blenduk. Gedung yang sudah berusia lebih 100 tahun ini dahulunya dibangun oleh seorang saudagar kaya raya dari Yaman, yang bernama Marta Bardjunet. Nama pendiri gedung ini pada akhirnya diabadikan sebagai nama gedung tersebut, yakni Gedung Marba.

Gedung bernuansa Eropa yang satu ini memiliki warna bangunan merah pekat, serta diselingi warna putih di beberapa sisinya, seolah menambah nilai keindahan dari gedung ini. Wisatawan pun biasanya berbondong-bondong untuk berfoto di dekat gedung Kota Tua Semarang yang satu ini. Dahulunya, Gedung Marba ini disebut-sebut pernah dipergunakan sebagai toko modern, serta kantor jasa pelayaran ekspedisi kapal. 

8. Rumah Akar

Rumah Akar (sumber: @mas_wito on Instagram)
Rumah Akar (sumber: @mas_wito on Instagram)

Rumah Akar adalah salah satu spot wisata yang seringkali dijadikan spot foto oleh wisatawan. Di sekitar Gereja Blenduk, terdapat sebuah bangunan kecil yang dinding-dinding serta sisi-sisinya sudah digerogoti oleh akar pohon besar. Hal ini membuat bangunan tersebut pada akhirnya dijuluki sebagai Rumah Akar. 

Memang terdengar horror, namun Rumah Akar sendiri pada kenyataannya justru menarik wisatawan untuk datang dan mengambil foto-foto keren di Kota Tua Semarang. Jika kamu penasaran dengan Rumah Akar ini, kamu dapat mengunjunginya di sekitar Gereja Blenduk, atau lebih tepatnya di depan Gedung Monod Diephuis.

9. Spot Kuliner di Kota Lama Semarang

Spiegel Bar and Bistro (sumber: @adityagunawan26_ on Instagram)
Spiegel Bar and Bistro (sumber: @adityagunawan26_ on Instagram)

Lelah seharian berkeliling dan mengunjungi spot foto di Kota Lama Semarang? Sejenak mencicipi aneka kuliner yang ada dapat menjadi solusi terbaik untukmu. Tak hanya spot foto dan gedung-gedung bersejarah, spot kuliner di Kota Lama Semarang juga tersebar di sekitar sini. Tak hanya kuliner lokal khas Nusantara, kamu juga dapat menemukan kafe keren dengan bangunan bercorak Eropa di Kota Tua Semarang ini.

Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner di Kota Lama Semarang, kamu bisa mengunjungi Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur, Gulai Bustaman, Nasi Goreng Babat Pak Karmin, dan masih banyak lagi. Sementara untuk kamu yang ingin mencicipi hidangan kafe, kamu dapat mengunjungi Spiegel Bar and Bistro, dan Library Cafe John Dijkstra.

Jam Buka & Harga Tiket Masuk Kota Lama Semarang

Semakin penasaran dan ingin segera mengunjungi Kota Lama Semarang? Kamu dapat mengunjunginya sesuka hatimu, karena jam operasional tempat wisata yang satu ini adalah 24 jam. Selain itu, kamu tak perlu bingung-bingung menyiapkan budget untuk biaya tiket masuk Kota Lama Semarang. Hal ini bukan tanpa alasan, karena tiket masuk Kota Lama Semarang dipatok seharga Rp 0, alias gratis!

Baca juga: Dusun Semilir Semarang – HTM, Rute, Jam Buka, & Wahana 2021

Setelah mengetahui beberapa informasi tentang Kota Tua Semarang, spot wisata manakah yang ingin kamu kunjungi? Semua spot wisata yang ada di sini tentu sayang untuk kamu lewatkan. Khususnya bagi kamu si pecinta bangunan klasik, sejenak berwisata ke kawasan Kota Tua Semarang dapat menjadi opsi yang bagus untukmu. Tanpa perlu merogoh kocek yang dalam, tempat wisata yang satu ini mampu membawamu ke dalam liburan yang mengasyikkan.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *