20 Rekomendasi Destinasi Wisata Tawangmangu Jawa Tengah

Wisata Tawangmangu (Sumber : @explore_tawngmangu on Instagram)
Daftar isi

Tawangmangu merupakan wilayah yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wilayah ini terkenal dengan daerah wisatanya yang beragam, mulai dari wisata alam dan wisata buatan. Yuk, ikuti Advontura membahas lebih jauh tentang Wisata Tawangmangu!

20 Rekomendasi Wisata Tawangmangu Terbaru

1. Air Terjun Pringgodani

Air terjun Pringgodani merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Karanganyar. Letak dari air terjun setinggi 100 meter  ini sejauh 5 km dari Pasar Tawangmanngu. Air terjun ini terletak tidak jauh dari tempat wisata lain, seperti Goa Pringgosari dan Telaga Pringgosari.

Menurut cerita, Air Terjun Pringgodani terkenal menjadi petilasan pertapaan pada zaman dahulu. Sebelum memasuki tempat wisata Tawangmangu satu ini, kamu perlu ke sendang untuk mencuci muka serta mengucapkan salam.

Air Terjun Pringgodani (Sumber : Kabupaten Karanganyar)

2. Telaga Madirda

Telaga Madirda adalah objek wisata Tawangmangu yang terkenal sebagai golden tracking Sukuh-Grojogan Sewu karena letaknya yang dekat dengan Air Terjun Grojogan Sewu. Telaga ini berada di Dukuh Tlogo, Desa Berjo.

Jangan khawatir, fasilitas yang tersedia di sini sudah lengkap, tapi kamu perlu melalui jalan setapak terlebih dahulu sebelum sampai ke lokasi telaga. Air telaga yang bening dan bersih adalah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Artikel Terkait

Telaga Mardida (Sumber : @telagamadirdaofficial on Instagram)

3. Situs Purbakala Menggung

Selain wisata alam, Tawangmangu juga memiliki wisata peninggalan sejarah. Salah satunya adalah Situs Purbakala Menggung. Di dalam situs ini, terdapat Candi Menggung yang berada di ketinggian 1.100 mdpl pada Kelurahan Kalisoro. Kamu dapat menyaksikan beberapa arca, patung serta reruntuhan dari candi ini.

Jika kamu mengunjungi situs ini, kamu dapat merasakan betapa sakralnya area ini. Hal ini dikarenakan situs ini masih digunakan untuk upacara Dukutan yang dilakukan setiap terbitnya Wuku Dukut sesuai dengan penanggalan Jawa. Menurut sejarah, tempat ini juga merupakan tempat pelarian dari Prabu Airlangga.

Arca Situs Menggung (Sumber : @benedictusarya on Instagram)

4. Taman Ria Balekambang

Taman Ria Balekambang adalah salah satu wisata Tawangmangu yang cocok bagi kamu pecinta spot Instagramable. Terdapat berbagai tempat foto menarik di taman ini seperti berbagai landmark dunia, patung terkenal yang ada di dunia, bahkan 3d art background. Kamu hanya akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Jika ingin menikmati wahana yang tersedia, kamu dapat menambah biaya sebesar Rp 5.000- Rp 30.000.

Taman Ria Balekambang (Sumber : @muthi_nurmufidah on Instagram)

5. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro adalah sebuah pabrik gula peninggalan masa kolonial Belanda yang sampai saat ini masih berfungsi. Lokasi agrowisata resmi dibuka sejak tahun 2006. Agrowisata ini menyediakan banyak sekali wahana, seperti flying fox, kereta lokomotif, jembatan gantung, jalan sehat refleksi, akuarium air tawar dan wahana lainnya.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata satu ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja. Sebagai catatan, harga tiket masuk tersebut belum termasuk wahana dan fasilitas yang ada di sana. Agrowisata Sondokoro buka mulai pukul 08.00-17.00.

Agrowisata Sondokoro (Sumber : @sondokoro on Instagram)

6. River Hill Resort

Wisata Tawangmangu juga memiliki tempat wisata yang bernuansa mewah, lho. Tempat tersebut bernama River Hill Resort. River Hill Resort sendiri adalah sebuah penginapan bernuansa mewah dan modern yang juga menyediakan paket outbound.

Lokasi resort ini berada di Jalan Sekrincing, Pintu 2 Grojogan Sewu. Lokasi Resort ini memang tidak jauh dari Air Terjun Grojogan Sewu. Jadi, sangat cocok bagi kamu yang juga ingin berwisata di Air Terjun Grojogan Sewu. Kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 50.000 saja untuk menikmati paket wisata yang tersedia.

River Hill Tawangmangu (Sumber : @mas_arann on Instagram)

7. Lawu Park

Jika kamu ingin berwisata dengan penuh aktifitas, Lawu Park adalah solusinya. Wisata Tawangmangu satu ini merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan outbound kepada pengunjung. Kamu perlu membayar mulai dari harga Rp 120.000 dan sudah mendapatkan paket lengkap untuk bermain di 6-8 jenis permainan, makan, dan snack. Jangan khawatir, disini juga ada tim trainer handal yang akan memandu kegiatan outbound.

Sama seperti River Hill Resort, Lawu Park juga mempunyai sebuah penginapan yang unik dan terdiri dari beberapa jenis. Untuk harga kamar per malam, kamu perlu membayar sebesar Rp 300.000 dan sudah termasuk sarapan serta kasur untuk 2 orang.

The Lawu Park (Sumber : @the_lawupark on Instagram)

8. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan adalah salah satu obyek wisata Tawangmangu yang cukup terkenal. Lokasinya yang berada di daerah pegunungan membuat telaga ini menjadi tempat yang cocok untuk melakukan healing.

Jangan risau, banyak penginapan yang berada di sekitar telaga. Kamu juga dapat menyantap hidangan lokal yang tersedia di warung-warung sekitar telaga ini. Kamu dapat menikmati pemandangan telaga dengan menggunakan speed boat atau kuda untuk mengelilingi area telaga.

Telaga Sarangan (Sumber : @telagasarangan on Instagram)

9. Wisata Bukit Sekipan

Bukit Sekipan adalah salah satu wisata daerah Tawangmangu yang dulu berfungsi sebagai tempat latihan TNI. Setelah tahun 2015, tempat ini berubah menjadi Wisata Bukit Sekipan dengan konsep wisata yang modern. 

Wisata Bukit Sekipan memiliki wahana seperti Waterboom mini, rumah hantu, track berkuda serta bumi perkemahan. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menjadi wisata keluarga. Anak-anak dan orang dewasa dapat menikmati pemandangan Gunung Lawu dari bukit Sekipan ini.

Bukit Sekipan (Sumber : @bukitsekipan on Instagram)

10. Rumah Atsiri

Rumah Atsiri adalah sebuah tempat wisata yang pada awal mulanya berbentuk sebuah pabrik pengolahan bunga atsiri. Pada tahun 2015, pabrik ini berhenti beroperasi dan beralih fungsi menjadi sebuah kawasan rekreasi edukasi dengan koleksi flora yang lengkap. Kamu dapat melihat sebuah bangunan khas Eropa dengan berbagai peralatan pabrik kuno. Untuk tiket masuk, Rumah Atsiri tidak menarik harga tiket masuk, tapi pengunjung wajib untuk membeli kupon seharga Rp 50.000 untuk belanja oleh-oleh dari Rumah Atsiri.

Rumah Atsiri (Sumber : @rumahatsiri on Instagram)

11. Air Terjun Grojogan Sewu

Selanjutnya adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Air terjun ini merupakan tempat wisata Tawangmangu terfavorit. Airnya yang selalu ada setiap waktu dan tempatnya yang berada di hutan yang masih asri membuat air terjun ini menjadi primadona Tawangmangu. Jika kamu berniat untuk mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 20.000. Jika kamu adalah turis internasional, maka kamu perlu membayar Rp 110.000.

Air Terjun Grojogan Sewu (Sumber : @grojogansewutawangmangu on Instagram)

12. Air Terjun Jumog Putri

Air Terjun Wisata Tawangmangu selanjutnya adalah Air Terjun Jumog Putri. Air terjun ini berada sekitar 4 km dari Grojogan Sewu, lebih tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Berbeda dengan akses ke Grojogan Sewu, kamu hanya melewati sekitar 116 anak tangga saja menuju ke air terjun ini. Meskipun namanya tidak seterkenal Grojogan Sewu, air terjun ini memiliki keindahan tersendiri dan aman untuk anak-anak.

Air terjun Jumog Putri (Sumber : @kentangbakarmcd on Instagram)

13. Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang merupakan sebuah tempat wisata berbentuk bukit yang sangat cocok bagi kamu para pendaki pemula. Pada awalnya, daya tarik utama bukit ini adalah padang ilalang yang sering dipakai untuk berfoto. Namun, saat ini padang ilalang tersebut sudah tidak ada. Meskipun begitu, kamu masih bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang ada di Bukit Mongkrang. Bukit ini juga sudah memiliki jalan setapak serta berbagai warung yang tersedia di setiap titik pendakian.

Bukit Mongkrang (Sumber : @bukitmongkrang.2194mdpl)

14. Kedung Sriti

Selanjutnya adalah Kedung Sriti. Kedung Sriti sendiri adalah sebuah air terjun yang memiliki nuansa asri dan sejuk dengan pohon-pohon yang rindang. Lokasi Kedung Sriti ada di Dusun Pancot, Kelurahan Kalisoro dan Dusun Plalar, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu. Kedung Sriti memiliki jalan yang di sampingnya terdapat jurang, pengunjung diharap berhati-hati ketika melalui jalan ini.

Kedung Sriti (Sumber : @dolanpancot on Instagram)

15. Agrowisata Desa Nglurah

Wisata Tawangmangu selanjutnya adalah Agrowisata Desa Nglurah. Agrowisata yang berlokasi di Jalan Candi Menggung Nglurah ini merupakan pusat tanaman obat dan tanaman hias di Tawangmangu. Setiap rumah yang berada di wilayah Agrowisata ini memiliki tanaman hias dan biasanya dijual untuk wisatawan yang berkunjung.

Agrowisata Desa Nglurah (Sumber : @emma_dewia on Instagram)

16. Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park menawarkan wisata yang memiliki outbound serta memberikan pengalaman beraktivitas. Beberapa wahana yang ada di tempat wisata ini, meliputi Panahan, Paintball, wahana ATV, tour mobil offroad, bahkan sampai berburu dinosaurus. Untuk tiket masuk, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000. Namun, kamu perlu membayar harga yang berbeda untuk setiap wahananya.

Mojosemi Forest Park (Sumber : @mojosemiforestpark on Instagram)

17. Kebun Teh Kemuning

Selanjutnya adalah Kebun Teh Kemuning. Kebun teh ini sangat cocok untuk kamu yang suka hunting foto. Pemandangannya yang cantik menjadi daya tarik tersendiri dari kebun teh ini. Selain menjadi kebun produksi tumbuhan teh pada umumnya, Wisata Tawangmangu satu ini juga menyediakan wahana seperti river tubing, paintball, flying fox, sampai arena berkuda.

Kebun Teh Kemuning (Sumber : @kemuningceria_kemuningoutbound)

18. Candi Cetho

Selanjutnya adalah peninggalan bersejarah yang saat ini sudah menjadi wisata Tawangmangu, yaitu Candi Cetho. Candi Cetho adalah candi bercorak Hindu yang berada di Dusun Cetho, Kecamatan Jenawi. Menurut sejarah, candi ini sudah berdiri sejak zaman Majapahit dan memiliki bentuk punden berundak.

Candi Cetho (Sumber : candicetho_ on Instagram)

19. Taman Hutan Raya

Taman Hutan Rakyat atau Tahura adalah suatu kawasan pelestarian satwa dengan tujuan penelitian dan edukasi. Meskipun begitu, kamu juga dapat berwisata di sini. Taman Hutan Raya Wisata Tawangmangu satu ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya menarik, seperti sumber air panas bumi, tempat koleksi satwa serta tumbuhan dan ekosistem hutan buatan.

Taman Hutan Raya (Sumber : @solopunya on Instagram)

20. Candi Sukuh

Rekomendasi terakhir wisata Tawangmangu adalah Candi Sukuh. Candi Sukuh sendiri adalah sebuah candi peninggalan kerajaan Hindu yang berada di daerah Karanganyar. Setiap tahun, Candi Sukuh dikunjungi oleh banyak orang. Meskipun Candi ini hampir serupa dengan candi pada umumnya, Candi Sukuh memiliki detail detail yang khas.

Candi Sukuh (Sumber : @candi_sukuh on Instagram)

Baca Juga : 25 Rekomendasi Tempat Wisata Pangalengan yang Cocok untuk Liburan

Demikian penjelasan Advontura tentang 20 Rekomendasi Destinasi Wisata Tawangmangu Jawa Tengah. Tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu?

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *