Sungai Maron Pacitan, Pesona Epic Wisata Amazon di Indonesia

Sungai Maron Pacitan (sumber: @sungaimaronofficial_ on Instagram)
Sungai Maron Pacitan (sumber: @sungaimaronofficial_ on Instagram)
Daftar isi

Siapa sangka bawa kota kecil di Jawa Timur, yakni Pacitan ternyata memiliki sederet objek wisata yang mampu memukau wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara. Bicara soal objek wisata memukau di Pacitan, kota kecil yang satu ini memiliki sebuah spot wisata menarik bernama Sungai Maron Pacitan. Ya, Sungai Maron Pacitan merupakan objek wisata berupa sungai yang tak sekedar sungai, lho.

Bagi kamu yang sudah lama mengidam-idamkan mengunjungi tempat wisata terkenal di luar negeri seperti Sungai Amazon, Green Canyon, dan Phuket, rasanya tak perlu jauh-jauh dulu, deh. Sebab, wisata Sungai Maron Pacitan merupakan sebuah tempat yang menyerupai ketiga spot wisata terkenal di dunia tersebut. Penasaran? Yuk, cari tahu informasi tentang sungai unik yang satu ini, dalam ulasan berikut!

Sungai Maron Pacitan, Eksotisme Sungai Amazonnya Indonesia

Sungai Amazonnya Indonesia (sumber: @sungaimaronofficial_ on Instagram)
Sungai Amazonnya Indonesia (sumber: @sungaimaronofficial_ on Instagram)

Sungai Maron Pacitan merupakan sebuah objek wisata berupa sungai yang berada di kawasan Pacitan, Jawa Timur. Kendati merupakan sebuah sungai, sungai yang satu ini bukanlah sungai kumuh penuh sampah yang kamu bayangkan. Objek wisata yang satu ini bahkan menawarkan sensasi wisata di Sungai Amazon, Green Canyon, serta Phuket.

Bukan tanpa alasan, sungai yang satu ini memiliki pemandangan eksotis yang sangat mirip dengan Sungai Amazon dan Green Canyon, dan memiliki bukit karang yang mirip dengan wisata Phuket di Thailand. Hal ini pada akhirnya membuat objek wisata yang satu ini dikenal sebagai Sungai Amazonnya Indonesia. Banyak aktivitas wisata menyenangkan yang dapat kamu lakukan di sini, misalnya: susur sungai, memancing, hingga bermain ayunan yang ada di tepian sungai.

Alamat & Jalan Menuju Sungai Maron Pacitan

Advonturers, sudah tahukah kamu di mana alamat Sungai Maron Pacitan? Alamat Sungai Maron Pacitan sendiri berada di kawasan Dersono, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Untuk menuju ke alamat Sungai Maron Pacitan ini, kamu dapat menempuh beberapa rute jalan menuju Sungai Maron Pacitan. Salah satu rute jalan menuju Sungai Maron Pacitan dapat kamu awali dari pusat Kota Pacitan.

Artikel Terkait

Sungai yang satu ini berjarak sekitar 40 km dari Alun-Alun Pacitan, dan kamu dapat menempuh rute yang sama untuk menuju ke Goa Gong. dari Goa Gong, kamu tinggal melanjutkan perjalanan sejauh 15 km hingga sampai di tepi sungai. Kamu perlu berhati-hati karena medan jalan di sini cukup berkelok-kelok.

Jam Buka & Harga Tiket Masuk Sungai Maron Pacitan

Bila semakin tak sabar untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini, kamu dapat segera mengunjunginya pada pukul 06.00-17.00 setiap harinya. Jam operasional ini tentu sangat cukup untukmu seharian berwisata asyik di Sungai Maron Pacitan.

Adapun tiket masuk Sungai Maron Pacitan yang sangat murah, yakni Rp 5.000 saja. Namun, harga tiket masuk Sungai Maron Pacitan ini belum termasuk biaya sewa perahu untuk susur sungai, yang akan dipatok dengan tarif Rp 100.000 per perahu yang berisi 4 orang.

Fasilitas Wisata Sungai Maron Pacitan

Tak hanya menyediakan fasilitas persewaan perahu untuk susur sungai, ada fasilitas lain yang disediakan pihak pengelola objek wisata ini untuk menjaga kenyamanan para wisatawan. Fasilitas umum yang dapat kamu nikmati di sini antara lain: area parkir, mushola, toilet, hingga spot untuk beristirahat.

Hal-Hal Menarik di Wisata Sungai Maron Pacitan

Siapa yang sudah tak sabar untuk berwisata asyik ke sungai eksotis yang satu ini? Yuk, ketahui hal-hal menarik yang dapat kamu temukan di sana!

1. Nuansa Green Canyon Ala Pacitan

Pemandangan Sungai bak Green Canyon (sumber: @ramaddhons on Instagram)
Pemandangan Sungai bak Green Canyon (sumber: @ramaddhons on Instagram)

Mirip dengan tempat wisata terkenal di dunia, yakni Green Canyon, wisata Sungai Maron Pacitan memang memiliki pesona yang sangat mirip dengannya. Memiliki air jernih berwarna kehijauan, membuat objek wisata yang satu ini layak dijuluki sebagai replika Green Canyon. 

Ditemani pepohonan lebat yang menyebar di kanan kiri sungai, kamu akan merasa semakin asyik menikmati pemandangan yang ada. Nuansa Green Canyon yang ada di sungai ini tentu bisa memukau siapapun yang mengunjunginya.

2. Susur Sungai

Susur Sungai dengan Perahu (sumber: @nickenasari_ on Instagram)
Susur Sungai dengan Perahu (sumber: @nickenasari_ on Instagram)

Susur Sungai Maron merupakan kegiatan menarik nan wajib kamu lakukan saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Kegiatan susur sungai ini sangat menyenangkan bila kamu lakukan beramai-ramai dengan orang-orang terdekat. Untuk menyusuri sungai ini, kamu harus menggunakan perahu yang dapat kamu sewa seharga Rp 100.000 per perahunya.

Sungai sedalam 20 m ini dapat kamu susuri selama 45 menit, dengan jaraknya yang membentang sejauh 4,5 km. Saat melakukan susur Sungai Maron Pacitan, kamu akan menemukan pemandangan alam yang sangat mirip dengan Sungai Amazon di Benua Amerika. Laju perahu yang tidak terlalu cepat akan membuatmu semakin santai dalam melakukan susur sungai dan menikmati pemandangan sekitar.

3. Spot Memancing Ikan Segar

Pemandangan Sungai (sumber: @smaufa on Instagram)
Pemandangan Sungai (sumber: @smaufa on Instagram)

Sungai yang satu ini memanglah dijuluki sebagai Sungai Amazonnya Indonesia. Namun, bukan berarti ada ikan piranha dan aneka hewan ganas lainnya di sekitar sini. Justru ada spot memancing ikan segar yang dapat kamu temukan di sini, lho. Beberapa jenis ikan yang bisa kamu pancing di sini, antara lain: Ikan Nila, Ikan Bawal, dan Ikan Sidat.

Aneka ikan air tawar segar hasil pancinganmu tentu bisa kamu bawa pulang. Soal kebersihan, tak perlu khawatir karena sungai ini selalu asri dan terjaga kebersihannya, sebab merupakan sumber mata air yang hingga detik ini masih dimanfaatkan oleh warga sekitar.

4. Bukit Karang bak di Phuket, Thailand

Tampak Bukit Karang (sumber: @sungaimaronofficial_ on Instagram)

Mengimpi-impikan untuk liburan romantis di Phuket, Thailand? Rasanya, tak perlu jauh-jauh dulu, deh. Sebab Pacitan memiliki sungai yang memiliki bukit karang estetik seperti yang ada di Phuket. Biasanya, wisatawan sangat gemar berfoto di sekitar bukit karang ini, sembari menyusuri sungai dari atas perahu.

Bukit-bukit karang ini bisa kamu temukan saat kegiatan susur sungai sudah hampir sampai di tujuan, tepatnya perahu yang kamu tumpangi sudah dekat dengan Pantai Ngiroboyo. Berkunjung ke Sungai Amazonnya Indonesia ini akan membuatmu merasa keliling Thailand dan Amerika dalam satu tempat saja!

5. Ayunan di Tepi Sungai 

Ayunan di Tepi Sungai (sumber: @jesslynmeii on Instagram)
Ayunan di Tepi Sungai (sumber: @jesslynmeii on Instagram)

Ayunan yang berada di tepi sungai ini merupakan spot foto yang sangat digandrungi wisatawan. Ayunan yang tergantung di batang sebuah pohon besar ini menjadi salah satu spot wisata yang selalu ramai dikunjungi masyarakat. Sambil bergantung di ayunan, kakimu bisa sekalian merasakan segarnya air sungai yang jernih nan berwarna kehijauan.

Spot wisata instagramable ini memang sengaja disiapkan oleh pengelola objek wisata, untuk menambah daya tarik dari objek wisata berupa sungai yang satu ini. Jadi, bila kamu mengunjungi Sungai Amazonnya Indonesia ini, kamu wajib coba sejenak santai dengan ayunan ini!

6. Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo (sumber: @ridwanmuhsya on Instagram)
Pantai Ngiroboyo (sumber: @ridwanmuhsya on Instagram)

Saat melakukan susur sungai sejauh 4,5 km, perjalanan susur sungaimu akan berakhir di muara Pantai Ngiroboyo. Wisatawan bisa turun dari perahu sejenak untuk menjelajahi pantai kecil ini. Meski Pantai Ngiroboyo bukan pantai besar, keindahan pantainya sangat patut diperhitungkan, lho.

Pengemudi perahu akan menunggu wisatawan maksimal dua jam untuk menikmati keindahan Pantai Ngiroboyo ini. Setelah itu, kamu akan dibawa kembali menuju dermaga sungai, dan rangkaian kegiatan susur sungai pun telah selesai.

Baca juga: Pantai Klayar Pacitan – Lokasi, Tiket Masuk, Jam Buka 2022

Setelah mengetahui beberapa informasi tentang wisata Sungai Maron Pacitan, hal menarik manakah yang paling membuatmu penasaran? Tentunya masih banyak hal menarik lain yang dapat kamu jelajahi sendiri di tempat wisata yang satu ini. Bila kamu ingin berwisata keliling dunia dalam satu tempat, mengunjungi wisata sungai eksotis ini merupakan solusi terbaik untuk Advonturers!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *