Puncak Becici Jogja: Lokasi, Rute, Tiket Masuk, & Aktivitas

Puncak Becici (sumber: @serenada_08 on Instagram)
Puncak Becici (sumber: @serenada_08 on Instagram)
Daftar isi

Seperti yang kita ketahui, Jogja memang memiliki ribuan kesan baik bagi wisatawan. Jogja selalu menawarkan pengalaman wisata berbeda, mulai dari daya tarik objek wisata, hingga kulinernya. Jika bicara soal wisata alam yang ada di Jogja, tentu Jogja identik dengan Pantai Parangtritisnya. Tak hanya Pantai Parangtritis, Puncak Becici juga merupakan objek wisata alam yang direkomendasikan.

Wisata Puncak Becici merupakan objek wisata berupa puncak gunung yang dikelilingi hutan pinus estetik, dan ketinggian Puncak Becici itu sendiri adalah 380 mdpl. Hutan pinus Puncak Becici Dlingo Bantul ini memang sungguh terkenal karena keindahannya. Deretan pohon yang rimbun ditambah dengan view Gunung Merbabu dan Gunung Merapi sungguh memperindah hutan pinus Puncak Becici Jogja seluas 4,4 hektare ini.

Tiket masuk Puncak Becici juga sangat murah, lho. Bagi kamu yang kebetulan sudah ada planning untuk berwisata ke Jogja, tak ada salahnya untuk sejenak mampir ke Puncak Becici. Jika kamu belum tertarik, maka kamu harus simak ulasan tentang objek wisata Puncak Becici berikut ini! 

Sejarah Puncak Becici 

Nilai sejarah Puncak Becici Jogja rupanya juga sangat menarik untuk didengar. Kata Becici yang ada di dalamnya berasal dari kata ‘ambeg’ (berdiam diri) dan ‘suci’. Lokasi Puncak Becici pun berada di kawasan hutan pinus. Siapa sangka bahwa Puncak Becici juga dikenal sebagai Hutan Pinus Sudimoro I, dan dikelola oleh RPH Mangunan. Maka dari itu wajar ketika estetika dari Hutan Pinus Puncak Becici Dlingo Bantul ini begitu terkenal di masyarakat.

Pohon pinus yang tersebar di dalam hutan ini oleh masyarakat biasanya diambil getahnya untuk diolah menjadi terpentin. Tak heran bila Puncak Becici ini cukup memiliki manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Mulai dari pemanfaatan getah pohon pinusnya, hingga pemanfaatan lokasi Puncak Becici dalam sektor pariwisatanya, kini memberikan benefit tersendiri bagi warga sekitar.

Artikel Terkait

Lokasi Puncak Becici dan Rutenya

Bagi kamu yang sudah kepo, dan bertanya-tanya lokasi Puncak Becici dimana, jawabannya ada di kawasan Dlingo, Bantul, Jogja. Tak terlalu jauh dari kawasan kota, kok. Letak Puncak Becici dimana rupanya sudah cukup jelas. Rutenya, bagaimana?

Advonturers ingin mengunjunginya, namun tak tahu rute Puncak Becici dimana dan melewati apa saja? Jangan khawatir, berikut ini Advontura akan bocorkan sedikit tentang rute Puncak Becici!

Dari Jl. Imogiri Timur

Rute Puncak Becici jika kamu berangkat dari Imogiri Timur. Pertama, kamu harus melakukan perjalanan ke arah Terminal Giwangan. Sesampaimu di perempatan yang berada di sekitar terminal, beloklah ke selatan dan menujulah ke arah Mangunan. Lalu, Puncak Becici dimana? Tunggu dulu! Setelah melewati objek wisata Hutan Pinus Mangunan, ikuti jalan menuju ke atas hingga sampai ke Puncak Becici Jogja. Kini, kamu sudah sampai di lokasi Puncak Becici! Ternyata, rute Puncak Becici ini sama sekali tak rumit.

Dari Jl. Wonosari

Rute Puncak Becici bagi Advonturers yang berangkat dari Jl. Wonosari. Kamu dapat melakukan perjalanan menuju Perempatan Patuk Gunungkidul, kemudian beloklah ke kanan. Ikuti petunjuk jalan yang menuju ke arah Dlingo, dan menemukan Hutan Pinus Sudimoro I. Lanjutkanlah perjalananmu hingga sampai ke Puncak Becici dengan mengikuti papan penunjuk jalan yang ada. Sekarang, kamu telah sampai di lokasi Puncak Becici Jogja. Sama sekali tak perlu bingung, kan, mencari letak Puncak Becici dimana!

Sekarang, kamu sudah tahu lokasi Puncak Becici dimana. Ternyata, rute Puncak Becici Jogja ini sama sekali tak rumit. Maka dari itu jangan pernah lupa untuk mampir ke Puncak Becici Dlingo Bantul ini, ya! Jangan lupakan rute Puncak Becici ini!

Harga Tiket Masuk Puncak Becici dan Fasilitas

Puncak Becici tak mematok harga mahal untuk wisatawan. Hal ini tentu saja sangat mendukung Advonturers yang ingin berwisata ciamik dengan budget terbatas. Harga tiket masuk kawasan hutan Puncak Becici Jogja hanya Rp 2.000 saja. Murah banget, kan?

Namun, harga tiket masuk Puncak Becici ini variatif. Jika kamu ingin jelajah alam, kamu akan diminta membayar biaya Rp 10.000. Adapun fasilitas lain yang tersedia di Puncak Becici Dlingo Bantul ini, contohnya: camping ground, spot hammock, hingga aula. Untuk menyewa beberapa spot tersebut, kamu akan dikenakan biaya mulai dari Rp 10.000 – Rp 250.000.

Lalu, apakah fasilitas di Puncak Becici ini hanya itu saja? Tentu tidak, masih ada spot serta fasilitas lain yang bisa kamu jelajahi di sini. Tambahan bagi kamu yang sudah bertanya-tanya Puncak Becici buka jam berapa, jawabannya adalah mulai pukul 05.00-19.00. Makanya, jika kamu penasaran, segeralah mampir ke Puncak Becici Dlingo Bantul ini, karena fasilitas yang kamu dapatkan sungguhlah sebanding dengan harga tiket masuk Puncak Becici itu sendiri.

10 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Puncak Becici 

Setelah mengetahui sedikit bocorannya, kini Advontura akan bahas lebih lanjut tentang apa saja yang bisa kamu lakukan di Puncak Becici Jogja. Check this out!

1. Melihat Sunset

Sunset di Puncak Becici (sumber: @nabilarakhma on Instagram)
Sunset di Puncak Becici (sumber: @nabilarakhma on Instagram)

Karena lokasi Puncak Becici Jogja berada di dataran tinggi, tentu saja hal ini berpengaruh terhadap kesan pandang kamu, guys. Terlebih, saat sunset Puncak Becici tiba, kamu akan menyaksikan indahnya pemandangan sunset Puncak Becici Jogja. Memandang cantiknya pemandangan sunset Puncak Becici Jogja tentu memberikan kesan tersendiri pada kegiatan wisatamu kali ini.

Saat sunset Puncak Becici Jogja mulai terlihat, tak ada salahnya bila sejenak kamu menyalakan kamera dan mengambil gambar pemandangan sunset Puncak Becici ini. Tentu akan menghasilkan foto yang sangat estetik ala senja, guys. Sunset Puncak Becici sungguhlah cantik! Jadi, jika kamu berkunjung ke Puncak Becici Dlingo Bantul, kamu bisa mencobanya, ya!

2. Berkemah

Suasana Malam di Puncak Becici (sumber: @journey_traveling on Instagram)
Suasana Malam di Puncak Becici (sumber: @journey_traveling on Instagram)

Jika Advonturers suka berkemah, kamu juga dapat menyewa camping ground yang ada di sini. Fyi, camping ground di Puncak Becici Jogja ternyata cukup luas, loh. Tentu saja, hal ini akan memberikan pengalaman berkemah yang berbeda untukmu.

Camping di Puncak Becici Jogja bersama orang-orang tersayang, menikmati keindahan alam sekitarnya, terasa akan sangat seru. Terlebih jika tiba waktunya menyalakan api unggun dan bercengkrama bersama, suasana kehangatan pun semakin terasa. Jadi, bila kamu tertarik untuk camping di Puncak Becici Jogja, segerakan atur waktumu!

3. Touring dengan Jip Besar

Touring dengan Jeep (sumber: @the.travel.author on Instagram)
Touring dengan Jeep (sumber: @the.travel.author on Instagram)

Advonturers ingin berpetualang di Puncak Becici Dlingo Bantul, tapi takut letih bila berjalan kaki? Tak perlu khawatir! Kamu dapat melakukan touring kecil-kecilan menggunakan mobil Jip besar di sini, guys. Terdengar menyenangkan sekali, bukan?

Di Puncak Becici Jogja, ada sebuah komunitas Jip wisata yang akan membantu kamu menjelajahi kawasan wisata Puncak Becici Jogja ini. Komunitas tersebut adalah Dlingo Adventures Community (DAC). Komunitas tersebut akan menemani wisatamu di Puncak Becici Dlingo Bantul bila kamu membeli paket wisata Jip. Harganya pun tak terlalu mahal, hanya kisaran Rp 250.000 – Rp 500.000 saja, guys.

4. Mendaki

Mendaki Puncak Becici (sumber: @jekk.___ on Instagram)
Mendaki Puncak Becici (sumber: @jekk.___ on Instagram)

Mendaki di objek wisata Puncak Becici Jogja tentu bisa menjadi referensi kamu, yang suka mendaki. Menyusuri medan Puncak Becici Jogja dengan tanjakan-tanjakan kecil tentu akan memberikan pengalaman tersendiri bagimu, Advonturers. Terlebih, rute Puncak Becici Jogja terdiri dari jalan naik, jalan turun, dan beberapa jalannya pun masih asri, tentu bisa coba untuk taklukkan.

Mendaki dengan menyenangkan, menyusuri hutan pinus Puncak Becici Jogja yang penuh pepohonan hijau nan rimbun, tentu terasa menyenangkan. Mendaki sambil menghirup udara sejuk, tentu itu yang kamu harapkan. Letihmu selama mendaki pun sama sekali tak akan terasa, karena segala lelahmu sudah terbayar oleh view Puncak Becici Jogja yang sangat eksotis. Bagaimana, sudah tertarik?

5. Hammocking

Hammocking di Puncak Becici (sumber: @jean_gichele on Instagram)
Hammocking di Puncak Becici (sumber: @jean_gichele on Instagram)

Jika Advonturers berkunjung ke Puncak Becici, maka tak ada salahnya jika kamu menyewa hammock yang telah disediakan. Bersantai dengan rebahan di atas hammock, dan menyatu dengan alam, akan memberikan perasaan rileks untukmu, guys. Sudah terbayang bagaimana serunya?

Jika kamu tak memiliki hammock di rumah, kamu tak perlu khawatir. Puncak Becici Jogja sudah menyediakan sewa hammock untuk wisatawan. Dengan membayar biaya sewa sebesar Rp 10.000 saja, kamu sudah dapat menyewa hammock tanpa perlu repot-repot membawa dari rumah. Santai dan anti ribet!

6. Berburu Foto Alam

Berburu Foto Alam di Puncak Becici (sumber: @journey_traveling on Instagram)
Berburu Foto Alam di Puncak Becici (sumber: @journey_traveling on Instagram)

Objek wisata Puncak Becici Jogja memang memiliki banyak spot foto yang instagrammable. Daya tarik terbesar dari wisata Puncak Becici Jogja ini adalah pemandangan alamnya. Maka tak jarang, Puncak Becici Jogja menjadi pilihan bagi orang-orang yang gemar mengoleksi foto alam. Sunset Puncak Becici nampaknya bisa jadi salah satu rekomendasi pemandangan yang harus kamu capture, guys.

Pepohonan rimbun dari hutan pinus Puncak Becici Jogja tentu menjadi daya tarik utama bagi mereka yang suka hunting foto alam. Tak hanya hutan pinus Puncak Becici Jogja ini, keasrian alam sekitarnya pun turut menjadi daya tarik berbeda. Jika Advonturers memiliki kegemaran untuk hunting foto bertemakan panorama alam, maka benar saja. Objek wisata Puncak Becici Jogja beserta isinya tak akan mengecewakan kamu!

7. Berpetualang di Gua Cerme

Goa Cerme (sumber: @destinasibantul on Instagram)
Goa Cerme (sumber: @destinasibantul on Instagram)

Meskipun banyak dikaitkan dengan hal-hal mistis yang beredar di masyarakat, sepertinya kamu tak perlu terlalu memikirkannya. Tentu saja, ketika berkunjung ke Gua Cerme, semua kesan mistis yang dirumorkan terasa akan hilang begitu saja saat kamu menatapi keindahan gua ini. Gua Cerme mungkin dapat sekalian kamu kunjungi saat kebetulan kamu sedang plesiran di Puncak Becici Jogja, karena lokasi dua objek wisata ini berdekatan, guys.

Gua Cerme identik dengan sebuah tempat yang biasa dipergunakan untuk meditasi. Tampak dari Gua Cerme cukup estetik karena keindahan batuan-batuan yang ada di sana. Jika kamu takut tersesat, maka kamu bisa menyewa jasa tour guide untuk membantu kamu menyusuri Gua Cerme ini.

8. Menikmati Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu (sumber: @teguhsuprayogi on Instagram)
Air Terjun Grojogan Sewu (sumber: @teguhsuprayogi on Instagram)

Saat Advonturers mengunjungi Puncak Becici Jogja, jangan lupa juga untuk mampir ke Grojogan Sewu. Grojogan Sewu nampaknya cocok bagi kamu yang suka bermain air, karena kamu akan bertemu dengan air terjun yang eksotis. Lokasi Puncak Becici Jogja cukup dekat, kok, dengan Grojogan Sewu. 

Menikmati indahnya wisata dikelilingi udara serta air terjun yang terasa segar, mampu membuat liburanmu menjadi lebih berkualitas. Selain itu, Grojogan Sewu juga tentu bisa kamu jadikan spot foto yang estetik. Bagi Advonturers yang tertarik, kamu bisa segera mengunjunginya. 

9. Mandi di Kolam Alami Lepo

Kolam Alami Lepo (sumber: @infojogja on Instagram)
Kolam Alami Lepo (sumber: @infojogja on Instagram)

Masih seputar air terjun, Kolam Alami Lepo juga sangat recommended untuk dikunjungi, saat kamu main ke objek wisata Puncak Becici Dlingo Bantul. Air Terjun Lepo terdiri dari 3 air terjun dan 4 kolam alami. Terbayang kan, bagaimana segarnya mandi di sana? 

Selain air kolam alaminya yang segar, tentu kamu juga akan dikelilingi oleh udara yang sejuk. Panorama alam sekitarnya pun juga tak kalah menarik bagi mata. Eksotisme alam serta air kolam alami yang berwarna kebiruan, seakan menahanmu untuk pergi, dan pasti betah untuk berlama-lama ada di sini. Sudah tertarik, kan?

10. Berfoto di Berbagai Spot Instagrammable

Spot Foto di Puncak Becici Jogja (sumber: @muchzidroribekti on Instagram)
Spot Foto di Puncak Becici Jogja (sumber: @muchzidroribekti on Instagram)

Advonturers suka berswafoto? Nampaknya. pilihanmu untuk berwisata ke Puncak Becici Dlingo Bantul sama sekali tak salah. Puncak Becici ini memang memiliki beragam spot foto yang sangat instagrammable. Setelah berkunjung dari sini, jangan lupa pamerkan hasil fotomu, pasti teman-temanmu akan iri! Spot foto paling oke di Puncak Becici dimana, sih? Semuanya instagrammable, kok!

Puncak Becici Jogja ini sering dijadikan sebagai spot foto pre-wedding, lho. Hal ini tentu sama sekali tak mengherankan, mengingat Puncak Becici Jogja memang memiliki banyak spot instagrammable. Untuk mengadakan kegiatan photoshoot di sini, kamu harus mengurus izin pada pihak Puncak Becici Jogja, dan membayar biaya sewa sebesar Rp 200.000. Sama sekali tak mahal untuk pemandangan yang begitu worth it!

Baca juga: Bukit Bintang Jogja | Tiket Masuk, Lokasi, dan Penginapan

Setelah membaca beberapa ulasan di atas, sepertinya kamu sudah semakin tertarik untuk berkunjung ke objek wisata Puncak Becici. Dan tentunya, sekarang kamu sudah tak bingung dengan letak Puncak Becici dimana. Ternyata, cukup banyak fasilitas liburan yang akan kamu dapat, ya. Tak hanya fasilitas, namun keseruan lainnya tentu dapat kamu temukan di sini, seperti sunset Puncak Becici Puncak Becici Jogja nampaknya sangat cocok bagi Advonturers yang menginginkan liburan dengan nuansa ketenangan. 

Bagi kamu yang bingung letak Puncak Becici dimana, selebihnya kamu bisa cek maps, ya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera atur waktumu di akhir pekan, ya! Jangan lupa siapkan starter pack liburan kamu. Hati-hati saat berlibur, dan tetap patuhi protokol kesehatan selalu. Sunset Puncak Becici Jogja menantimu!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *