Gunung Penanggungan, Pesona Menawan di Bumi Mojokerto

Pesona Puncak Pawitra (sumber: @mochtaufiqyayak on Instagram)
Pesona Puncak Pawitra (sumber: @mochtaufiqyayak on Instagram)
Daftar isi

Siapa sangka bahwa Mojokerto memiliki objek wisata berupa gunung yang menawan sekaligus menjadi medan yang menantang bagi para pendaki. Advonturers yang mendaki tentu telah familiar dengan Gunung Penanggungan Mojokerto. Gunung yang satu ini memiliki pesona alam yang mampu memanjakan mata.

Gunung yang juga dikenal dengan nama Gunung Pawitra ini membentang di Mojokerto hingga Pasuruan. Advonturers, sudah tahukah kamu tentang objek wisata yang satu ini? Yuk, cari tahu berbagai informasi mengenai Gunung Penanggungan Mojokerto dalam beberapa penjelasan di bawah ini!

Misteri Gunung Penanggungan di Balik Pesona Indahnya

Di balik keindahannya, tahukah kamu bahwa Gunung Penanggungan Mojokerto ini memiliki beberapa misteri? Misteri Gunung Penanggungan menyangkut beberapa penemuan kuno yang ditemukan oleh para peneliti di sekitar gunung ini. Dahulunya, gunung ini dianggap sebagai salah satu gunung yang suci, sehingga temuan-temuan kuno yang ada di sini pun turut dianggap sebagai hal yang suci. 

Selain itu, misteri Gunung Penanggungan terletak pada penamaannya. Gunung yang satu ini juga disebut sebagai Pawitra, yang berarti keramat dan suci. Kemudian, entah mengapa gunung ini pada akhirnya disebut dengan Gunung Penanggungan yang berarti kesengsaraan dan menanggung penderitaan.

Mendaki ke Puncak Pawitra

Puncak Gunung Penanggungan (sumber: @mochtaufiqyayak on Instagram)
Puncak Gunung Penanggungan (sumber: @mochtaufiqyayak on Instagram)

Pendakian menuju puncak Gunung Penanggungan Mojokerto tentu saja merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh Advonturers yang hobi mendaki. Apa saja hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai pendakian ke gunung yang satu ini? Cek di bawah!

Artikel Terkait

1. Persiapan Pendakian

Sebelum mendaki, tentu ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan. Pertama, kamu harus memastikan bahwa tubuhmu fit dan sedang berada dalam kondisi yang prima untuk mendaki. Siapkan air minum yang cukup untukmu selama pendakian, namun disarankan untuk membawa minimal 3 liter air per orang. 

Sebelum mulai mendaki, tiap orang akan diperiksa kelengkapannya, dan akan dilakukan registrasi. Namun, persiapan yang paling utama adalah soal fisik, karena medan pendakian di Gunung Penanggungan Mojokerto ini memiliki tingkat kemiringan mencapai 80 derajat.

2. Jalur Pendakian Gunung Penanggungan

Sebelum berangkat mendaki, kamu harus memilih jalur pendakian mana yang akan kamu lewati. Ada beberapa jalur pendakian yang paling populer, antara lain: Jalur Jalatunda, Jalur Ngoro, dan Jalur Tamiajeng. Ketiga jalur ini pun memiliki ciri-ciri dan keunikan medan jalan yang berbeda, lho.

Bagi kamu yang ingin mengetahui berbagai sejarah serta napak tilas zaman kuno, kamu bisa melewati Jalur Jalatunda, sebab di sini kamu akan menemukan beberapa peninggalan kuno seperti candi. Sementara bagi kamu yang menyukai tantangan, Jalur Ngoro wajib kamu taklukkan karena memiliki medan yang lebih terjal dari jalur pendakian yang lainnya. 

Pesona Puncak Pawitra, Puncak Gunung Penanggungan

Puncak Pawitra (sumber: @risarossita15 on Instagram)
Puncak Pawitra (sumber: @risarossita15 on Instagram)

Puncak Pawitra merupakan titik tertinggi dari Gunung Penanggungan Mojokerto. Ketinggian Gunung Penanggungan sendiri adalah sekitar 1653 mdpl. Meski tak terlalu tinggi, medan jalan yang menantang, serta pesona alam di sekitar objek wisata yang satu ini sama sekali tak bisa kamu ragukan, lho.

Saat matahari terbit, pemandangan di sekitar gunung ini sangat ciamik untuk dipandang, tak heran bila wisatawan selalu berbondong-bondong untuk mendirikan tenda di gunung ini. Gumpalan awan yang menutupi sebagian sisi pegunungan akan menciptakan sebuah pemandangan yang eskotis. Diiringi udara sejuk khas pegunungan, kamu pun semakin betah untuk berdiam diri di sini.

Tiket Masuk & Lokasi Gunung Penanggungan 

Sudah tak sabar untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini? Berwisata ke Puncak Pawitra memanglah menjadi sebuah opsi yang bagus untukmu. Selain memiliki pesona alam yang memanjakan mata, harga tiket masuk objek wisata yang sangat murah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bagaimana tidak, kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

Bagi kamu yang belum mengetahui letak pasti objek wisata yang satu ini, kamu dapat mengunjunginya di kawasan Area Hutan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Objek wisata yang satu ini juga sering disebut terletak di Pasuruan, Jawa Timur. Hal ini tentu bukan sebuah kesalahan, karena gunung ini memang membentang dari Mojokerto hingga Pasuruan.

Fasilitas & Jam Operasional Wisata Gunung Penanggungan 

Puncak Penanggungan, Mojokerto (sumber: @matadeastama on Instagram)
Puncak Penanggungan, Mojokerto (sumber: @matadeastama on Instagram)

Karena merupakan objek wisata yang diperuntukkan untuk para pendaki, fasilitas yang ada di gunung ini terbilang tak banyak. Area parkir memadai, pos registrasi, dan pos-pos checkpoint yang tersebar di seluruh jalur merupakan fasilitas utama yang ada di objek wisata ini. Beberapa pos checkpoint bahkan menyediakan warung sebagai tempat beristirahatnya para pendaki yang sedang menuju ke Puncak Pawitra.

Selain itu, kamu tak perlu mengkhawatirkan jam operasional objek wisata. Gunung yang satu ini dibuka selama 24 jam, karena umumnya para pendaki memutuskan untuk berkemah di puncak gunung. Namun, hal ini bukan berarti kamu bisa mendaki kapan saja sesuai waktu yang kamu inginkan. Kamu harus tetap memperhatikan jam mendaki untuk menjaga keselamatan diri Advonturers sendiri.

Baca juga: Alas Trawas Cafe Mojokerto: Review, Menu, Lokasi, & Jam Buka

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai Gunung Penanggungan Mojokerto, sudahkah Advonturers tertarik untuk sejenak meluangkan waktu dengan berkemah di sana? Berwisata ke gunung yang satu ini mampu menjadi sarana healing yang baik untukmu, lho. Bukan tanpa alasan, karena di sini kamu akan merasakan pemandangan yang memanjakan mata, udara sejuk, serta kedamaian liburan yang berbeda dari biasanya.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *