Mengenal Gunung Merapi & 10 Rekomendasi Objek Wisatanya

Gunung Merapi (Sumber : Wikipedia)
Daftar isi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung teraktif yang ada di Pulau Jawa, bahkan Indonesia. Terlepas dari itu, Merapi memiliki pesona yang sangat indah dan sangat sayang untuk dilewatkan. Yuk ikuti Advontura membahas sejarah dan berbagai wisata yang ada di Merapi!

Mengenal Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung berapi yang terletak di tiga kabupaten, meliputi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta; Kabupaten Magelang; Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali. Kawasan hutan yang ada di Merapi menjadi Taman Nasional Gunung Merapi sejak 2004.

Gunung satu ini terkenal sebagai gunung api teraktif yang ada di Indonesia. Hal ini terlihat dari potensi bencana tinggi berdasarkan catatan erupsi dua sampai lima tahun sekali. Di sekitar lereng gunung, terdapat banyak pemukiman dan berjarak 4 km dari puncak.

10 Rekomendasi Objek Wisata Gunung Merapi

Meskipun terkenal sebagai gunung teraktif yang ada di Indonesia, Merapi tetap ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam kota maupun dari luar kota. Berikut adalah 10 rekomendasi wisata di sekitar Gunung Merapi versi Advontura :

1. The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan rekomendasi pertama untuk kamu. Seperti namanya, The Lost World Castle merupakan kastil yang dibangun sebagai objek wisata. Konsep yang dari  tempat wisata ini adalah dunia yang hilang akibat erupsi dahsyat Merapi. Selain itu, Wisata Merapi satu ini juga menawarkan wisata yang Instagramable. Kamu dapat berfoto di spot-spot yang sudah tersedia untuk memperindah feeds Instagram. Lokasi kastil ini berada di Daerah Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 1 jam dari pusat kota.Untuk tiket masuk, kamu perlu membayar sebesar Rp 25.000 pada hari biasa atau Rp 30.000 pada hari libur.

Artikel Terkait

Lost World Castle (Sumber : @zaa_izzaaaa on Instagram)

2. Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku merupakan sebuah museum yang menyimpan koleksi berupa barang-barang yang ditinggalkan oleh penduduk sekitar Merapi karena letusan Gunung Merapi pada tahun 2010. Museum ini menjadi saksi bisu sekaligus pengingat letusan Merapi yang dahsyat. Barang-barang yang menjadi koleksi meliputi komputer, televisi yang sudah meleleh, dan kerangka motor yang sudah tertutup dengan debu vulkanik. Lokasi museum ini berada di Jl. Petung Merapi, Kec. Cangkringan, Kec. Sleman. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 26 km dari pusat Yogyakarta. Selain itu, kamu dapat membayar tiket masuk secara sukarela untuk mengunjungi museum ini.

Museum Sisa Hartaku (Sumber : @intanfitri.r on Instagram)

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu wisata Merapi yang saat ini sedang banyak dikunjungi. Museum ini beralamat di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman. Museum Ullen Sentalu adalah museum yang mengoleksi peninggalan sejarah dan budaya Jawa, khususnya peninggalan dari Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi Yogyakarta dan Surakarta. Arsitektur dari museum ini menyatu dengan alam sehingga membuatnya cukup berbeda dari museum lain. Banyak yang mengatakan juga bahwa Ullen Sentalu sangat cocok dikunjungi ketika cuaca sedang hujan. 

Museum Ullen Sentalu (Sumber : @mas.den7 on Instagram)

4. Stonehenge Merapi

Kamu ingin melihat Stonehenge, tapi Inggris terlalu jauh? Kamu dapat mengunjungi replikanya di tempat wisata yang ada di Daerah Cangkringan, Yogyakarta. Meskipun hanya replika, Stonehenge Merapi memiliki bentuk yang mirip dengan Stonehenge asli yang ada di Inggris. Batu-batu yang disusun menjadi Stonehenge ini berasal dari batuan bekas letusan Merapi. Untuk masuk ke tempat wisata yang berada di  daerah Trutan, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman ini, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 saja. 

Stonehenge Merap (Sumber : @ariffsetya on Instagram)

5. Kaliadem

Selanjutnya adalah Kaliadem. Kaliadem merupakan daerah wisata yang ada di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta. Kamu dapat menyaksikan sungai-sungai bekas aliran lahar dingin dari letusan Merapi. Tak hanya itu, kamu juga dapat mengunjungi bunker Kaliadem yang memiliki fungsi untuk tempat berlindung dari awan panas yang keluar dari erupsi Merapi. Untuk masuk ke dalam bunker, kamu perlu membayar sebesar Rp 10.000 per orang. 

Kaliadem (Sumber : @mi.rizki on Instagram)

6. Bukit Klangon

Bukit Klangon adalah bukit yang berada dekat dengan Gunung Merapi. Kamu dapat menyaksikan keindahan Merapi dari Bukit ini melalui gardu pandang yang terbuat dari kayu atau bambu. Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi bukit ini adalah pada saat pagi hari dan ketika cuaca cerah karena pada siang hari kabut mulai turun dan menutupi puncak Merapi sehingga pemandangan menjadi tidak sebagus ketika pagi hari. Kamu hanya perlu membayar Rp 2.000 pada hari biasa dan Rp 3.000 pada hari libur jika ingin masuk ke daerah Bukit Klangon.

Bukit Klangon (Sumber : @wisataistimewa on Instagram)

7. Merapi Park

Merapi Park adalah salah satu objek wisata yang dekat dengan Merapi, tepatnya di Jalan Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di dalam Merapi Park, juga terdapat berbagai replika atau miniatur dari monumen ikonik yang ada di penjuru dunia, mulai dari Menara Pisa, Big Ben London, Patung Liberty New York, sampai Kincir Angin Belanda. Oleh karena itu, tempat ini juga memiliki nama The World Landmarks Merapi Park. Merapi Park memiliki nuansa yang indah dan nyaman karena dikelilingi oleh taman bunga. Kamu dapat mengunjungi Merapi Park hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000- Rp 20.000.

Merapi Park (Sumber : @dinamjhdh16 on Instagram)

8. Museum Gunung Merapi

Tempat wisata berikutnya adalah Museum Gunung Merapi. Sama seperti namanya, Museum ini terletak dekat dengan Merapi dan mempunyai koleksi yang berhubungan dengan Gunung Merapi. Museum ini menampilkan koleksi mulai dari sejarah, proses pembentukan, bagian gunung, riwayat erupsi, sampai film dokumenter tentang Merapi. Museum Merapi sangat cocok untuk menjadi wisata edukasi di Yogyakarta. Museum yang terletak di Jalan Kaliurang, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman mematok harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Museum Gunung Merapi (Sumber : @aoma_apta on Instagram)

9. Tlogo Putri

Tlogo Putri merupakan sebuah tempat wisata berbentuk telaga yang terletak di daerah Kaliurang. Tempat ini merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk melakukan piknik bersama keluarga. Selain itu, kamu juga dapat bermain di berbagai wahana permainan seperti Cano, Bianglala, dan wahana lainnya. Suasana yang dingin dan asri membuat tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran setelah penat dari rutinitas. Harga tiket masuknya pun hanya sebesar Rp 5.000. 

Tlogo Putri (Sumber : @lulukambar13 on Instagram)

10. Lava Tour Merapi 

Last but not least adalah Lava Tour Merapi. Wisata ini akan membawamu mengelilingi kawasan Merapi dengan menggunakan Jeep. Jadi, kamu dapat merasakan adrenalin petualangan melewati jalur pegunungan yang tidak biasa. Pada saat berkeliling, kamu dapat menyaksikan bekas letusan serta sungai sungai yang pernah dialiri oleh lahar dingin. Untuk menyewa jeep, kamu perlu membayar sekitar Rp 350.000 sampai Rp 600.000 tergantung seberapa jauh jarak yang ditempuh.

Lava Tour Merapi (Sumber : @hilmikhofi on Instagram)

Baca Juga : Bukit Klangon Jogja, Spot Camping Seru di Kaki Gunung Merapi

Demikian pembahasan mengenai berbagai tempat wisata di Gunung Merapi Yogyakarta. Semoga beberapa rekomendasi di atas dapat menambah referensi tempat wisata kamu.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *