1. Rekomendasi Wisata

20 Tempat Wisata Kudus yang Paling Hits & Terbaru

Kudus adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Kudus sendiri memiliki banyak sekali tempat wisata yang layak dikunjungi. Objek wisata yang tersedia di Kota Kudus juga sangat beragam mulai dari wisata alam, wisata buatan dan wisata bersejarah. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa referensi destinasi wisata Kudus terbaru. Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

20 Tempat Wisata Kudus yang Wajib Kamu Kunjungi

Apa saja tempat wisata Kudus yang wajib kamu kunjungi? Yuk, simak di sini!

  1. Wisata Alam Semliro

Wisata Alam Semliro terletak di kawasan Pegunungan Muria, lebih tepatnya di Jalan Semliro, Kabupaten Kudus. Kawasan Semliro masih berada dalam kawasan Dewasa Wisata Rahtawu yang juga mempunyai banyak tempat liburan. 

Wisata Kudus ini dapat kamu jadikan tujuan karena pemandangan alamnya yang asri dan memukau.Pegunungan yang menghiasi latar belakang Semliro membuat pemandangan semakin indah. Sangat cocok bagi kamu yang ingin healing karena penat dengan segala kesibukan. Harga tiket masuk Wisata Alam Semliro adalah Rp 5.000.

Wisata Alam Semliro ( Sumber : @tony_hrtnt on Instagram
  1. Gunung Muria

Pasti kamu pernah mendengar nama Sunan Muria. Nama beliau berasal dari sebuah gunung yang ada di perbatasan Kabupaten Kudus, Jepara, dan Pati. Gunung tersebut bernama Gunung Muria.

Gunung Muria adalah salah satu gunung yang menjadi objek wisata favorit para pendaki di daerah Kudus. Gunung Muria sendiri memiliki ketinggian sekitar 1602 m dari permukaan laut. Terdapat beberapa puncak yang ada di Pegunungan Muria, seperti Puncak Natas Angin,dan Argowiloso. Harga tiket masuk yang ditarik hanya sebesar Rp 2500 dan kamu sudah dapat menikmati pemandangan indah dari gunung ini.

Gunung Muria (Sumber : Merdeka)
  1. Air Terjun Gonggomino

Wisata Kudus selanjutnya adalah Air Terjun Gonggomino. Air terjun ini sudah cukup di kalangan wisatawan dan selalu ramai pada saat akhir pekan karena pesona air terjun yang sangat indah. Tiket masuknya juga relatif murah, yaitu Rp 5.000

Untuk mencapai air terjun ini, kamu perlu menyusuri Sungai Rejenu terlebih dahulu untuk menuju ke sana. Kamu dapat merasakan petualangan menyusuri sungai dan berakhir dengan mengunjungi Air Terjun Gonggomino yang terkenal akan airnya yang jernih.

Air Terjun Gonggomino (Sumber :@kudusjourney on Instagram)
  1. Gray Canyon Kudus

Kamu pasti pernah mendengar Grand Canyon yang terletak di Arizona, Amerika Serikat. Indonesia juga punya, lho. Nama destinasi wisata ini adalah Gray Canyon Kudus. Gray Canyon terletak di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000, kamu sudah dapat merasakan kesan berada di Grand Canyon, Amerika Serikat.

Wisata Kudus Gray Canyon berasal dari aktivitas penambangan bahan galian yang dilakukan di perbukitan Tanjungrejo. Bagi kamu yang sangat suka fotografi, kamu wajib datang ke Gray Canyon karena keunikannya.

Gray Canyon (Sumber : RamahTraveler)
  1. The Hills Vaganza

Wisata Kudus berikutnya adalah The Hills Vaganza. The Hills Vaganza terletak di Jalan Raya Kudus KM 13, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Dengan membayar Rp 10.000, kamu sudah dapat masuk ke Hills Vaganza. 

Konsep tempat wisata ini adalah tempat wisata kekinian yang dilengkapi restoran dan spot-spot foto. Karena letaknya yang berada di perbukitan, tempat wisata ini juga memiliki pemandangan yang indah dan asri. Selain menikmati pemandangan alam dan berfoto, kamu juga dapat melakukan wisata kuliner di The Hills Vaganza.

The Hills Vaganza (Sumber : Daka Tour)
  1. Desa Wisata Rahtawu

Desa Wisata Rahtawu adalah desa wisata Kudus yang berada di ketinggian 1627 m dari permukaan laut, lebih tepatnya di lereng Gunung Muria. Karena konsepnya berupa desa wisata, kamu tidak dipungut biaya untuk tiket masuk. Desa Wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang berasal dari kota, terlebih lagi dapat mengetahui kehidupan desa secara langsung.

Desa Wisata Rahtawu (Sumber : Detik)
  1. Wana Wisata Ternadi

Tempat Wisata Kudus selanjutnya adalah Wana Wisata Ternadi. Objek wisata ini berada di atas gardu pandang yang memungkinkan pengunjung melihat 360 derajat. Biasanya, para pengunjung suka berfoto dan mengabadikan pemandangan matahari saat terbit dan terbenam. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap sehingga membuat tempat ini nyaman bagi pengunjung

Wana Wisata Ternadi berada di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Kamu perlu membeli tiket  masuk seharga Rp 5.000 untuk masuk ke area Wisata Ternadi dan mempersiapkan uang parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor atau Rp 5.000 untuk mobil.

Wana Wisata Ternadi (Sumber : Wisatainfo)
  1. Menara Kudus

Menara Kudus adalah salah satu objek wisata religi yang berada di Jalan Menara, Kabupaten Kudus dan cukup terkenal di Indonesia. Bahkan, Menara Kudus terkenal sebagai objek wisata Kudus yang tidak boleh kamu lewatkan.

Bangunan menara terbuat dari tumpukan batu bata yang pada bagian atapnya terbuat dari kayu berbentuk limas. Menara Kudus berada di depan Masjid Al Aqsa. Bagi kamu yang ingin melakukan ziarah, tempat ini juga tidak jauh dari Makam Sunan Kudus dan pengikutnya. Sebelum kamu masuk ke Menara Kudus, kamu perlu membayar tiket seharga Rp 5.000.

Menara Kudus (Sumber : Mytrip123)
  1. Goa Jepang Colo

Selanjutnya adalah Goa Jepang Colo. Ya, kamu tidak salah mendengar, Goa Jepang yang berada di kawasan Colo. Nama Jepang dari goa ini berasal dari goa yang pada zaman dahulu digunakan untuk melawan serangan penjajah Jepang.

Goa Jepang Colo dapat menjadi salah satu objek wisata bersejarah untuk melihat kilas balik perjuangan Indonesia. Tiket masuk dari Goa Jepang Colo adalah seharga Rp 5.000. Untuk mencapai goa ini, kamu perlu menapaki jalan selama kurang lebih satu jam.

Goa Jepang Colo (Sumber : Wisata4dieng)
  1. The Peak View Waterboom

Wisata Kudus selanjutnya adalah The Peak View Waterboom. Tempat wisata memiliki konsep wahana permainan air dan menjadi salah satu tempat wisata unggulan dari Kudus. Pengunjung juga sudah dapat menikmati wahana yang lengkap di sini dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000..

The Peak View juga telah dilengkapi fasilitas penunjang seperti minimarket dan restoran, jadi sudah lengkap banget, nih. Lokasi waterboom ini berada di Jalan Lingkar Utama, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.

The Peak View Waterboom (Sumber : Travelpromo)
  1. Museum Kretek Kudus

Kudus terkenal sebagai kota yang memproduksi rokok kretek. Oleh karena itu, terdapat sebuah Museum Kretek yang mengoleksi berbagai peralatan pembuatan rokok. Selain itu pengunjung juga dapat melihat kegiatan yang menunjukkan bagaimana  tembakau ditanam sampai menjadi rokok. Tiket masuk museum seharga Rp 2.000. Museum terletak di Desa Getas Pejaten, Kabupaten Kudus.

Museum Kretek (Sumber : Inibaru)
  1. Bukit Puteran

Bagi kamu pecinta alam,kamu perlu mengetahui tentang Bukit Puteran. Bukit ini terkenal sebagai lokasi camping yang murah meriah. Lokasi Bukit Puteran berada di Jalan Colo, Kecamatan Dawe, sekitar 30 menit dari pusat kota.

Ketinggian 700 m dari permukaan laut sangat cocok bagi kamu yang masih pemula dalam berkemah dan mendaki. Kamu dapat menyaksikan matahari terbenam yang indah dari bukit ini dan pada malam hari kamu dapat menyaksikan pemandangan lampu kota dari atas.

Bukit Puteran (Sumber : Sikidang)
  1. Museum Situs Patiayam

Tempat wisata Kudus berikutnya adalah Museum Situs Patiayam. Museum ini adalah museum masa pra sejarah yang terletak di Desa Terban, Kabupaten Kudus. Koleksi yang dipajang di museum ini berupa berbagai macam fosil yang pernah ditemukan oleh warga sekitar. Bahkan pengunjung juga dapat melihat gading gajah purba dan replika manusia purba. Pengunjung akan dikenai tiket masuk seharga Rp 5.000.

Museum Situs Patiayam (Sumber : DetikTravel)
  1. Waduk Logung

Kamu juga dapat mengunjungi salah satu waduk di Kudus yang bernama Waduk Logung. Waduk ini memperlihatkan pemandangan dari Gunung Muria. Karena letaknya yang berada di Jalan Kandangmas, Kecamatan Dawe, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota.

Kamu dapat mengelilingi waduk menggunakan jasa perahu yang tersedia untuk menikmati pemandangan waduk atau melihat matahari yang terbenam. Dari atas perahu, pemandangan matahari terbenam jauh lebih indah.

Waduk Logung (Sumber : Sikidang)
  1. Desa Jurang Gebog

Wisata Kudus selanjutnya adalah Desa Jurang Gebog. Desa wisata ini memiliki keindahan tersembunyi karena letaknya yang sulit untuk dijangkau. Kondisi alam desa ini juga masih asri dan menenangkan. Hamparan sawah menghiasi desa, sekaligus membuatnya lebih terlihat natural.

Selain itu, juga terdapat sebuah jembatan gantung yang terlihat sangat tua karena beberapa kawat terlihat sudah berkarat dan pijakan yang sudah rapuh. Desa Jurang Gebog berada di Kecamatan Gebog.

Desa Jurang Gebog (Sumber : Tribun Jateng)
  1. Air Tiga Rasa Rejenu

Selanjutnya adalah Air Tiga Rasa Rejenu. Sumber Air Tiga Rasa Rejenu adalah salah satu tempat wisata unik yang wajib kamu kunjungi di Kudus. Masyarakat mempercayai bahwa sumber air ini dapat memberi khasiat yang baik untuk tubuh.

Konon, setiap sumber memiliki rasa yang berbeda, tapi jika kamu meminumnya secara bersamaan maka rasa yang keluar hanya rasa air tawar saja. Kamu penasaran apakah mitos ini benar atau tidak? Kamu bisa tahu jika datang langsung ke Sumber Rejenu ini, mungkin kamu akan beruntung mendapat rasa coklat atau strawberry.

Air Tiga Rasa Rejenu (Sumber : Sonora)
  1. Air Terjun Montel

Air Terjun Montel terletak di Kecamatan Dawe sekitar 30 menit dari pusat kota. Air terjun ini kerap ramai dikunjungi oleh wisatawan karena sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat parkir, warung, mushola dan kios cinderamata. Tiket masuk air terjun seharga Rp 5.000 per orang.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 m dan air di sini juga bisa kamu minum secara langsung karena airnya yang masih bersih dan segar. Selain itu air terjun ini dekat dengan makam Sunan Muria yang berada di sebelah utara air terjun.

Air Terjun Montel (Sumber : Sikidang)
  1. Menara Pisang

Menara Pisang adalah salah satu objek wisata Kudus yang membuat para pengunjung penasaran. Biasanya, banyak anak muda yang berkumpul di area ini. Di sekitar menara juga terdapat sebuah taman yang cocok digunakan untuk bersantai. Taman ini bernama Taman Sardi dan terletak di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar. Untuk memasuki area Menara Pisang, kamu akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 25.000. 

Menara Pisang (Sumber : Wikimedia Commons)
  1. Taman Oasis

Taman Oasis adalah sebuah taman buatan yang dibangun oleh PT.Djarum. Saat ini, Taman Oasis menjadi tempat favorit bagi keluarga dan anak muda setempat. Taman ini memiliki tata ruang yang rapi supaya menciptakan kesan sejuk. Taman ini berada di Jalan Lingkar Utara no.7, Kecamatan Bae dan kamu tidak perlu membayar tiket masuk ke Taman Oasis.

Taman Oasis (Sumber : Wisata Kudus)
  1. Air Terjun Pengantin 

Jika mendengar nama Air Terjun Pengantin, beberapa dari kamu pasti mengingat salah satu film horor Indonesia. Air Terjun Pengantin yang ini berbeda dari yang kamu bayangkan. Wisata Kudus satu ini memiliki air yang jernih dan lingkungan yang asri. Nama air terjun pengantin berasal dari batu yang membelah air terjun menjadi dua bagian dan bukan hanya pengantin yang boleh datang ke sini, semua orang dapat bermain dan berenang sepuasnya di Air Terjun Pengantin. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 dan sudah dapat menikmati keindahan air terjun ini

Air Terjun Pengantin (Sumber : Ranggawisata)

Baca Juga : 20 Pantai di Lampung Paling Hits yang Siap Temani Liburanmu!

Itulah beberapa referensi wisata Kudus terbaru. Dari antara 20 referensi tempat wisata, tempat mana yang ingin kamu kunjungi di Kudus? Semua tempat tersebut recommended untuk kamu healing dan liburan sejenak.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Tempat Wisata Kudus yang Paling Hits & Terbaru

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]