Agrowisata Bhumi Merapi, Sarana Wisata Edukatif di Jogja

Bhumi Merapi Jogja (sumber: @melianakristin on Instagram)
Bhumi Merapi Jogja (sumber: @melianakristin on Instagram)
Daftar isi

Berwisata bersama keluarga memanglah menjadi momen hangat yang mungkin tak setiap saat bisa kamu lakukan. Namun, kamu masih bingung akan membawa keluargamu liburan kemana? Kamu tak perlu khawatir karena Jogja selalu memiliki opsi terbaik untukmu. Salah satunya yakni Agrowisata Bhumi Merapi Jogja.

Agrowisata Bhumi Merapi Jogja merupakan objek wisata yang kini menjadi salah satu favorit keluarga di Jogja. Objek wisata edukatif yang satu ini memiliki banyak spot wisata menarik yang wajib kamu jelajahi sendiri nanti. Penasaran? Yuk, cari tahu beberapa informasi mengenai wisata Bhumi Merapi Jogja dalam bacaan berikut ini!

Wisata Bhumi Merapi Jogja, Wisata Edukatif dan Menyenangkan untuk Keluarga

Spot Keren ala Santorini (sumber: @exploresleman.ig on Instagram)
Spot Keren ala Santorini (sumber: @exploresleman.ig on Instagram)

Jogja selalu memiliki opsi terbaik dalam hal tempat wisata, tak terkecuali objek wisata edukatif sekalipun. Wisata Bhumi Merapi Jogja merupakan tempat wisata yang memiliki banyak spot edukatif untuk keluarga, khususnya anak-anak. Dibangun di atas lahan seluas lebih dari 5 hektare, tempat wisata yang satu ini mengusung konsep pertanian dan peternakan yang diharapkan juga mampu menambah wawasan wisatawan.

Tak hanya konsep pertanian dan peternakan, agrowisata ini juga mengusung konsep warna-warni khas bangunan-bangunan terkenal di Eropa. Hal ini ditandai dengan beberapa spot foto yang mirip dengan spot wisata menarik di dunia, seperti Santorini. Diresmikan sebagai tempat wisata pada 2015, hingga detik ini pun wisata Bhumi Merapi Jogja tak pernah sepi pengunjung karena memiliki banyak spot wisata menarik. 

Rute & Lokasi Agrowisata Bhumi Merapi Jogja

Sebelum menuju ke tempat wisata yang  satu ini, sudah tahukah kamu dimana lokasinya? Agrowisata Bhumi Merapi Jogja sendiri terletak di kawasan Jl. Kaliurang KM 20, Sawangan, Pakem, Sleman, Jogja. Ada beberapa rute perjalanan yang bisa kamu tempuh untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini, salah satunya berangkat dari pusat Kota Jogja.

Artikel Terkait

Berangkat dari pusat Kota Jogja, pertama-tama kamu harus menuju ke Jl. Kaliurang. Dari sini, kamu harus bergerak ke arah utara hingga sampai di Jl. Kaliurang KM 20. Sesampaimu di sini, kamu akan menemukan petunjuk jalan untuk menuju ke Agrowisata Bhumi Merapi Jogja, dan kamu tinggal mengikutinya hingga sampai di destinasi tujuanmu.

Jam Buka & Tiket Masuk Bhumi Merapi Jogja

Semakin tak sabar untuk mengunjungi tempat wisata edukatif yang satu ini? Kamu dapat mengunjungi Agrowisata Bhumi Merapi pada pukul 09.00-17.00 setiap harinya. Omong-omong, selain diminati masyarakat karena memiliki banyak spot wisata menarik, harga tiket masuk Bhumi Merapi Jogja yang murah meriah turut menarik perhatian masyarakat, lho.

Bagaimana tidak, harga tiket masuk Bhumi Merapi Jogja hanyalah Rp 30.000 saja! Anak-anak dengan tinggi badan di atas 100 cm juga akan dikenai biaya tiket masuk. Namun, kamu tak perlu khawatir karena harga tiket masuk di sini tentu sepadan dengan keseruan-keseruan yang akan kamu dapatkan di objek wisata yang satu ini.

Fasilitas Wisata Bhumi Merapi Jogja

Demi memanjakan para pengunjungnya, objek wisata edukatif yang satu ini memiliki sederet fasilitas, dan fasilitas yang ada pun terbilang cukup memadai. Adapun fasilitas yang dimaksud antara lain: area parkir, mushola, toilet, dan restoran. Selain fasilitas tersebut, ada juga beberapa fasilitas wisata seperti area outbound, persewaan alat-alat berkemah, dan persewaan mobil Jeep untuk offroad. 

Aktivitas Wisata Seru di Objek Wisata Bhumi Merapi Jogja

Tak sabar untuk jalan-jalan seru di Bhumi Merapi Jogja? Simak beberapa rekomendasi aktivitas wisata serunya berikut ini!

1. Berburu Foto Instagramable ala Eropa

Spot Foto ala Eropa (sumber: @cynthiacimin on Instagram)
Spot Foto ala Eropa (sumber: @cynthiacimin on Instagram)

Siapa yang tak mau berswafoto saat liburan ke tempat yang keren. Agrowisata Bhumi Merapi memiliki sebuah wahana bernama Langlang Buana yang akan memanjakan kamu, si pemburu foto instagramable. Hal ini dikarenakan wahana Langlang Buana memiliki sejumlah bangunan yang mirip dengan bangunan-bangunan terkenal di Eropa, yang difungsikan sebagai spot foto untuk wisatawan.

Spot foto yang paling terkenal di sini adalah spot foto bertema Santorini, salah satu spot wisata Eropa yang sangat terkenal di dunia. Selain spot foto ala Eropa, juga ada spot-spot foto lain yang bisa kamu jelajahi di sini. Pokoknya, tempat ini akan menjadi surganya para pemburu foto instagramable!

2. Bermain Bersama Hewan Ternak Lucu

Bermain Bersama Hewan Ternak (sumber: @agrowisatabhumimerapi on Instagram)
Bermain Bersama Hewan Ternak (sumber: @agrowisatabhumimerapi on Instagram)

Bhumi Merapi Jogja mampu menjadi salah satu tempat wisata favorit keluarga, terutama anak-anak. Bagaimana tidak, di sini kamu bisa menjumpai banyak hewan ternak lucu, bahkan memberi makan secara langsung pada mereka. Beberapa contoh hewan ternak yang ada di sini adalah kambing, kuda, dan aneka hewan ternak unggas seperti burung dara.

Untuk dapat memberi makan hewan ternak, wisatawan akan dikenai biaya tambahan untuk membeli pakan ternak. Namun, kamu tak perlu khawatir karena harga pakan ternak hanya kisaran Rp 5.000 saja. Saat berkunjung ke agrowisata yang satu ini, jangan lupa sempatkan diri untuk bertemu hewan-hewan lucu ini!

3. Melihat Proses Pembuatan Kopi Luwak

Spot Foto Coffee Shop (sumber: @akrobinofficial on Instagram)
Spot Foto Coffee Shop (sumber: @akrobinofficial on Instagram)

Bagi kamu si penggemar kopi, terutama kamu yang sangat penasaran dengan proses pembuatan Kopi Luwak, kamu patut berbahagia. Di agrowisata yang satu ini, kamu bisa menyaksikan secara langsung pembuatan Kopi Luwak. Hal ini tentu akan membayar rasa penasaranmu selama ini.

Tak hanya itu, kamu bisa membeli dan membawa pulang langsung Kopi Luwak yang telah diolah langsung di agrowisata ini. Karena keseruan aktivitas wisatanya, menyaksikan proses pembuatan Kopi Luwak menjadi salah satu aktivitas wisata favorit keluarga di sini.

4. Offroad dengan Mobil Jeep

Offroad dengan Jeep (sumber: @vwsafaribikeyogya on Instagram)
Offroad dengan Jeep (sumber: @vwsafaribikeyogya on Instagram)

Wisata Bhumi Merapi Jogja juga menyediakan wahana Jeep Offroad bagi kamu si penantang. Dengan Rp 150.000 saja, kamu sudah bisa menyewa sebuah mobil Jeep yang berkapasitas sekitar 5-6 orang. Karena tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Merapi, medan di sekitar tempat wisata ini memang sangat cocok dijadikan lokasi offroad. 

Saat melakukan offroad, wisatawan akan melewati beberapa rute perjalanan, yakni: Bendungan Kali Kuning, Tebing Kali Kuning, hingga sampai pintu masuk Goa Ponggolo.

5. Susur Goa Ponggolo

Goa Ponggolo (sumber: @kangdirmanto on Instagram)
Goa Ponggolo (sumber: @kangdirmanto on Instagram)

Susur Goa Ponggolo merupakan salah satu aktivitas wisata yang digemari wisatawan, terutama bagi wisatawan yang menyukai petualangan. Goa Ponggolo merupakan sebuah goa yang telah dibangun pada era Perang Diponegoro, tepatnya pada tahun 1825-1830. Goa sepanjang 350 meter dengan lebar maksimal 2,5 meter ini dialiri air dengan aliran yang cukup deras.

Selain dipergunakan untuk wahana susur goa, aliran air di sini juga difungsikan untuk irigasi, alias pengairan sungai di sekitar goa ini. Tak hanya itu, goa ini juga boleh dipergunakan untuk rafting oleh wisatawan.

6. Berkemah di Camping Ground

Wisata Bhumi Merapi Jogja (sumber: @charles_splazz on Instagram)
Wisata Bhumi Merapi Jogja (sumber: @charles_splazz on Instagram)

Sudah bermain seharian di Bhumi Merapi Jogja tapi masih ingin berlama-lama di sini? Bermalam merupakan opsi terbaik untukmu. Terutama bagi kamu yang ingin menyatu dengan alam, kamu bisa berkemah di camping ground yang telah disediakan.

Tak perlu khawatir bila kamu tak membawa atau tak memiliki peralatan untuk berkemah, karena di sini kamu bisa menyewanya. Berkemah merupakan opsi praktis dan lebih hemat daripada harus menyewa penginapan mahal seperti hotel. 

7. Mengunjungi Taman Hidroponik

Taman Hidroponik (sumber: @relly_sestina on Instagram)
Taman Hidroponik (sumber: @relly_sestina on Instagram)

Advonturers suka bercocok tanam, terutama tanaman hidroponik? Di agrowisata Bhumi Merapi Jogja, kamu bisa mengunjungi taman hidroponik. Di sini, kamu bisa melihat berbagai tanaman yang dikembangkan secara hidroponik, seperti sayuran. 

Jika ada yang membuatmu penasaran, kamu diperbolehkan untuk bertanya kepada petugas yang ada. Selain itu, kamu juga bisa membawa pulang hasil kebun hidroponik ini. Menyenangkan sekali, bukan?

8. Melakukan Field Trip

Field Trip Bersama Keluarga (sumber: @agrowisatabhumimerapi on Instagram)
Field Trip Bersama Keluarga (sumber: @agrowisatabhumimerapi on Instagram)

Karena tempat wisata yang satu ini memiliki konsep wisata edukatif, maka tempat wisata ini sangat cocok dijadikan lokasi field trip untuk sekolah. Siswa-siswi akan mempelajari banyak hal baru, terutama mengenai hewan dan tumbuhan di sini. Pihak sekolah tak perlu khawatir karena keamanan dari tempat wisata ini sangat terjamin.

Siswa-siswi dapat belajar tentang bagaimana cara bercocok tanam yang benar, hingga mempelajari bagaimana perkembangan hewan ternak. Tempat wisata yang luas ini pun juga sangat cocok untuk dijadikan tempat acara outbound sekolah. 

Baca juga: Wisata Lembah Indah Gunung Kawi Malang: Info Tiket & Lokasi

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai wisata Bhumi Merapi Jogja, manakah aktivitas wisata yang paling ingin kamu lakukan? Yang jelas, agrowisata edukatif yang satu ini wajib masuk dalam daftar destinasi liburan favoritmu bersama keluarga. Selain karena memiliki nilai edukatif, spot-spot foto ala Eropa di sini pasti akan memanjakan kamu si pemburu foto instagenic!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *