Studio Alam Gamplong, Sensasi Wisata Nostalgia Kuno di Jogja

Studio Alam Gamplong (sumber: @mr.senbe_biasasaja on Instagram)
Studio Alam Gamplong (sumber: @mr.senbe_biasasaja on Instagram)
Daftar isi

Terkenal sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Jogja memang tak pernah kehabisan pujian soal daya tarik pariwisatanya. Mulai dari pantai, bukit, wisata belanja, bahkan objek wisata bernilai edukasi pun turut ambil tempat di kota besar yang satu ini. Salah satu objek wisata unik dan memiliki nilai edukatif adalah Studio Alam Gamplong Jogja.

Bahkan, objek wisata yang satu ini pun kerap dijuluki sebagai Hollywoodnya Indonesia. Sudah tahukah kamu dengan objek wisata menarik yang satu ini? Berikut ini Advontura sajikan beberapa informasi menarik tentang wisata Studio Alam Gamplong Jogja. Check this out!

Mengenal Studio Alam Gamplong, Si Hollywood Indonesia

Studio Gamplong Jogja (sumber: @riska.kristia on Instagram)
Studio Gamplong Jogja (sumber: @riska.kristia on Instagram)

Studio Alam Gamplong merupakan salah satu objek wisata unik yang ada di Jogja. Objek wisata yang satu ini memiliki keunikan, yakni disebut sebagai Hollywoodnya Indonesia. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab Studio Gamplong Jogja merupakan sebuah lokasi syuting film yang saat ini dihibahkan kepada pemerintah setempat untuk dijadikan objek wisata.

Banyak film-film terkenal yang menggunakan Studio Alam Gamplong Jogja ini sebagai lokasi syuting mereka, seperti film Bumi Manusia dan Sultan Agung The Untold Story. Selain itu, objek wisata yang satu ini sangat menyenangkan bila dikunjungi oleh kamu yang memiliki hobi fotografi. Sebab, objek wisata yang satu ini memiliki banyak replika bangunan unik yang mampu memunculkan kesan estetik dalam fotomu.

Rute & Alamat Studio Alam Gamplong Jogja

Advonturers, sudah tahukah kamu di mana alamat Studio Alam Glampong? Alamat Studio Alam Gamplong sendiri berada di kawasan Gamplong 1, Dukuh, Sumberrahayu, Sleman, Jogjakarta. Untuk menuju ke lokasi objek wisata yang satu ini, ada beberapa rute perjalanan yang dapat kamu tempuh, lho.

Artikel Terkait

Salah satu rute menuju objek wisata ini adalah melalui Jalan Wates. Fyi, Studio Gamplong ini berada sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Jogja. Adapun estimasi waktu yang akan kamu tempuh selama perjalanan adalah sekitar satu jam.

Dari pusat Kota Jogja, kamu bisa langsung menuju ke arah barat menuju Jalan Wates. Sesampaimu di pertigaan Jalan Wates, beloklah ke kanan kemudian lurus hingga kamu menyeberangi jembatan rel kereta. Belok kiri kemudian lurus terus ikuti jalan, tak lama kemudian kamu akan menemukan sebuah lapangan. Dari lapangan ini, beloklah ke kiri dan bergeraklah sejauh 300 meter, dan kamu akan menemukan Studio Alam Gamplong di sana. 

Fasilitas & Jam Buka Studio Alam Gamplong Jogja

Untuk memanjakan para pengunjung, objek wisata yang satu ini juga memiliki sederet fasilitas yang umumnya juga dimiliki oleh tempat wisata lain. Adapun fasilitas yang dimaksud antara lain: area parkir memadai, toilet, galeri, toko cinderamata, dan warung tempat beristirahat.

Terkait dengan jam operasionalnya, tempat wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi pada pukul 09.00-17.00 setiap harinya. Jam operasional ini tentu sangat cukup untuk memanjakan kamu yang ingin berburu kesenangan dari pagi hingga sore hari di Studio Alam Gamplong Jogja.

Harga Tiket Masuk Studio Alam Gamplong Jogja

Advonturers, berwisata ke Studio Alam Gamplong ini merupakan opsi yang bagus untuk kamu yang ingin berwisata dengan low budget. Pasalnya, harga tiket masuk Studio Alam Gamplong ini sangatlah terjangkau, lho. Harga tiket masuk Studio Alam Gamplong ini bisa kamu bayarkan dengan nominal seikhlasnya saja.

Namun, bila kamu ingin memasuki beberapa museum serta galeri yang ada di sana, kamu diharuskan membayar tiket masuk tambahan seharga Rp 10.000. Terlepas dari berapapun harga tiket masuk yang dipatok di sini, berwisata ke Studio Alam Gamplong merupakan opsi bagus untuk liburanmu

Hal-Hal Menarik Tentang Studio Alam Gamplong

Setelah mengetahui beberapa hal tentang objek wisata ini, yuk kita lanjut untuk mengetahui hal-hal unik apa saja yang ada pada Studio Alam Gamplong ini!

1. Sejarah Pembuatan Bangunan

Bangunan di Studio Gamplong (sumber: @riska.kristia on Instagram)
Bangunan di Studio Gamplong (sumber: @riska.kristia on Instagram)

Advonturers, sebenarnya, objek wisata yang satu ini dahulunya merupakan properti yang murni digunakan hanya untuk syuting film. Diprakarsai oleh pendiri Mustika Ratu, yakni Mooryati Soedibyo, membuat sebuah film yang bercerita tentang kepemimpinan. Hal ini direalisasikan dalam sebuah film terkenal yang berjudul Sultan Agung The Untold Story.

Film ini dibuat dan direkam di Studio Alam Gamplong. Saat proses syuting film selesai, Mooryati Soedibyo menghibahkan lokasi syuting ini kepada pemerintah setempat. Hal ini beliau lakukan dengan tujuan supaya masyarakat bisa menikmati objek wisata bernilai edukasi tentang perfilman.

2. Wisata Edukasi Perfilman

Bangunan Lokasi Syuting (sumber: @bagusdedy_ on Instagram)
Bangunan Lokasi Syuting (sumber: @bagusdedy_ on Instagram)

Mengunjungi Studio Alam Gamplong merupakan opsi wisata menarik bagi kamu yang tertarik dengan dunia perfilman. Pasalnya, di sini kamu akan mendapatkan banyak ilmu baru mengenai perfilman. Wisatawan bisa melihat secara langsung bagaimana serangkaian proses kreatif pembuatan film.

Selain itu, di objek wisata yang satu ini terdapat banyak sekali properti untuk film yang dibuat dengan sedetail mungkin. Banyak replika bangunan khas luar negeri yang dibangun sangat mirip di sini. Selain itu, terdapat properti berupa bangunan zaman kuno seperti benteng Belanda dan pasar tradisional yang membuat wisatawan turut merasakan sensasi nostalgia ke zaman lampau.

3. Setting Latar Rumah Kuno

Properti Rumah Kuno (sumber: @al.milanisti on Instagram)
Properti Rumah Kuno (sumber: @al.milanisti on Instagram)

Bagi kamu yang penasaran bagaimana rumah-rumah di Jawa pada masa lampau, kamu bisa mengunjungi beberapa galeri yang ada di sini. Rumah-rumah kuno di sini seringkali dijadikan setting latar tempat saat proses pembuatan film. Bangunan rumah kuno yang juga dipenuhi dengan barang-barang antik ini memiliki kesan vintage yang menyenangkan.

Salah satu setting rumah kuno yang dapat kamu temui di sini adalah Museum Habibie Ainun, yang berisi properti-properti yang digunakan untuk syuting film Habibie Ainun. Tak hanya Habibie Ainun, Museum Bumi Manusia yang memuat banyak properti dari pembuatan film Bumi Manusia turut ramai dikunjungi wisatawan.

4. Replika Benteng Belanda

Replika Benteng Belanda (sumber: @mr.senbe_biasasaja on Instagram)
Replika Benteng Belanda (sumber: @mr.senbe_biasasaja on Instagram)

Benteng Belanda yang ada di sini memanglah terlihat sangat asli. Namun, tahukah kamu bahwa ini hanya sebuah replika bangunan yang dipergunakan untuk keperluan syuting film. Bangunan-bangunan yang ada di sini memang didesain sedetail mungkin sehingga terlihat benar-benar seperti aslinya. 

Biasanya, wisatawan suka berburu foto di sekitar Benteng Belanda ini. Dilengkapi pintu masuk yang gagah, serta sungai di sekitarnya, membuat replika Benteng Belanda ini terlihat semakin gagah. Siapapun yang mengunjunginya pasti merasa kagum.

5. Replika Toko Khas Luar Negeri

Replika Bangunan Planet Toys (sumber: @prizzykastanja on Instagram)
Replika Bangunan Planet Toys (sumber: @prizzykastanja on Instagram)

Tak hanya bangunan khas dalam negeri saja yang bisa kamu temukan di sini. Aneka bangunan replika toko-toko khas luar negeri pun dapat kamu jadikan latar belakang foto yang keren. Salah satu spot foto yang terkenal di sini adalah Planet Toys.

Biasanya, wisatawan berbondong-bondong untuk dapat berburu foto di sekitar replika pertokoan khas luar negeri ini. Selain Planet Toys, masih banyak lho, bangunan lain yang wajib kamu datangi untuk sekedar berburu foto!

Baca juga: Museum Sri Baduga Bandung: Koleksi, Tiket Masuk, & Alamatnya

Itulah tadi beberapa informasi mengenai wisata Studio Alam Gamplong. Manakah hal menarik tentang wisata Studio Alam Gamplong yang paling menarik bagimu? Objek wisata unik ini mampu memberikan pengalaman wisata berbeda untukmu, sebab di Indonesia masih belum banyak tempat wisata yang menyuguhkan nilai edukasi tentang perfilman.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *