Pantai Gesing Gunung Kidul: Daya Tarik, Tiket, & Lokasinya

Pantai Gesing Gunung Kidul (sumber: @giovannimahameru on Instagram)
Pantai Gesing Gunung Kidul (sumber: @giovannimahameru on Instagram)
Daftar isi

Bila kita berbicara soal pantai yang ada di Gunung Kidul, tentu jumlahnya sangat banyak. Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang memiliki wilayah pantai terbanyak di Indonesia. Salah satu pantai yang menjadi primadona di Gunung Kidul adalah wisata Pantai Gesing.

Pantai Gesing Jogja merupakan objek wisata berupa pantai eksotis yang memiliki berbagai daya tarik dan spot wisata menarik. Sudah kenalkah kamu dengan objek wisata yang satu ini? Yuk, cari tahu informasi mengenai pantai eksotis yang satu ini dalam ulasan berikut!

Pantai Gesing Gunung Kidul, Daya Tarik Eksotis yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Bermain Air di Pantai (sumber: @cromo_photo84 on Instagram)
Bermain Air di Pantai (sumber: @cromo_photo84 on Instagram)

Pantai Gesing Gunung Kidul adalah sebuah pantai eksotis yang berada di kawasan gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang satu ini memiliki daya tarik berupa pemandangan pantai, serta panorama alam sekitar yang memukau. Hal ini membuat objek wisata yang satu ini tak pernah sepi pengunjung. 

Meski namanya belum setenar Pantai Sadranan dan Pantai Parangtritis, pantai yang satu ini juga layak diperhitungkan potensinya, lho. Menjadi salah satu pantai paling eksotis di Gunung Kidul, pantai yang satu ini tetaplah menjadi primadona bagi siapapun yang sudah pernah mengunjungi objek wisata yang satu ini. 

Selain memiliki daya tarik dari sisi alamnya, pantai yang satu ini juga memiliki daya tarik berupa banyaknya spot-spot wisata menarik yang tentu sayang untuk dilewatkan. Beberapa spot wisata yang bisa kamu jelajahi di sana antara lain: teras kaca Pantai Gesing, spot kuliner khas pesisir, hingga spot foto instagramable yang selalu diburu oleh wisatawan.

Artikel Terkait

Lokasi Pantai Gesing Gunung Kidul

Advonturers, sebelum kamu berwisata di tempat yang satu ini, sudah tahukah kamu di mana persisnya Lokasi Pantai Gesing Gunung Kidul? Lokasi Pantai Gesing Gunung Kidul sendiri berada di Padukuhan Pandumulyo, Girikarto, Panggan, Gunung Kidul. Lokasi objek wisata ini terletak sekitar 44 kilometer dari pusat Kota Jogja, yang bila ditempuh dalam perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Rute ke Pantai Gesing Gunung Kidul

Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini, ada beberapa Rute ke Pantai Gesing Gunung Kidul yang dapat kamu tempuh. Salah satu rute ke Pantai Gesing Gunung Kidul yang dapat kamu tempuh adalah melalui kawasan Wonosari, yang berangkat dari pusat Kota Jogja. Mengawali perjalanan dari pusat Kota Jogja, kamu dapat bergerak menuju Piyungan. 

Setelah itu, lewatilah kawasan Pathuk, dan masuk ke Jalan Playen-Paliyan, hingga sampai di Jl. Raya Panggang. Dari sini, kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan yang ada dan tak lama kemudian kamu akan sampai di tujuanmu.

Jam Buka & Tiket Masuk Pantai Gesing Jogja

Sudah semakin tak sabar untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini? Kabar baiknya, kamu dapat mengunjungi tempat wisata ini selama 24 jam non-stop, lho. Hal ini dikarenakan pihak pengelola objek wisata tidak memberlakukan jam operasional khusus untuk pantai ini.

Selain diminati masyarakat karena pesona panorama alamnya, pantai yang satu ini juga digemari karena harga tiket masuk Pantai Gesing Jogja ternyata sangat murah. Bagaimana tidak, harga tiket masuk Pantai Gesing Jogja sendiri hanyalah Rp 5000 saja. Namun, bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, kamu juga akan dikenai biaya retribusi parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas Wisata Pantai Gesing Jogja

Sebagai objek wisata, Pantai Gesing Gunung Kidul tentu memiliki sederet fasilitas untuk menjaga kenyamanan para wisatawan saat berkunjung ke pantai yang satu ini. Meski tak terlalu banyak, fasilitas yang ada di sini bisa dikatakan sudah cukup memadai. Fasilitas yang dapat kamu nikmati di sini antara lain: kamar bilas, toilet, dan aneka spot kuliner.

Selain itu, bagi kamu yang masih betah berlama-lama di sini, kamu dapat menyewa penginapan Pantai Gesing yang tersebar di sekitar objek wisata ini. Penginapan Pantai Gesing yang ada pun memiliki harga yang bervariasi, sehingga wisatawan dapat menyewa kamar yang sesuai dengan budget mereka. 

Daya Tarik Wisata Pantai Gesing Jogja

Siapa yang sudah semakin tak sabar untuk plesiran ke pantai eksotis yang satu ini? Simak beberapa daya tarik yang dapat kamu temukan di sana, berikut ini!

1. Pantai yang Eksotis

Menikmati Eksotisme Pantai (sumber: @dailyhijabtraveller on Instagram)
Menikmati Eksotisme Pantai (sumber: @dailyhijabtraveller on Instagram)

Pantai yang eksotis tentu merupakan daya tarik utama dalam objek wisata ini. Perpaduan antara pantai dengan air laut jernih nan berwarna kehijauan, dengan panorama alam sekitar seolah menyempurnakan daya tarik alam dari pantai yang satu ini. Meski tak seterkenal Pantai Sadranan atau Parangtritis, keindahan wisata Pantai Gesing Jogja juga tak bisa diremehkan begitu saja.

Bahkan, eksotisme pantai yang satu ini juga sering mendatangkan wisatawan dari mancanegara, lho. Itu artinya, keindahan dari pantai eksotis yang satu ini sama sekali tak kalah dengan pantai lain yang ada di Nusantara. Bagi kamu si anak pantai, objek wisata eksotis yang satu ini wajib banget jadi destinasi pilihan kamu.

2. Spot Memancing

Spot Memancing (sumber: @cromo_photo84 on Instagram)
Spot Memancing (sumber: @cromo_photo84 on Instagram)

Saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini, jangan heran bila kamu akan melihat banyak nelayan yang memancing di pantai ini. Hal ini bukanlah sesuatu yang ilegal, karena pantai yang satu ini memanglah menyediakan spot memancing. Para nelayan menjadikan lautan Pantai Gesing Gunung Kidul sebagai tempat mencari nafkah. 

Bahkan tak hanya untuk nelayan, wisatawan pun juga diizinkan untuk memancing di kawasan pantai ini. Bila ingin memancing di sekitar pantai ini, kamu diwajibkan untuk membawa peralatan sendiri, karena di sekitar pantai ini tidak ada persewaan alat-alat memancing.

3. Teras Kaca Pantai Gesing

Teras Kaca (sumber: @angelaatiska on Instagram)
Teras Kaca (sumber: @angelaatiska on Instagram)

Teras kaca Pantai Gesing merupakan salah satu spot yang paling terkenal di pantai eksotis yang satu ini. Wisatawan berbondong-bondong untuk memasuki teras kaca ini, dan menjadikannya sebagai spot foto. Bukan tanpa alasan, berfoto di teras kaca Pantai Gesing ini memang akan memberikan pengalaman berfoto yang beda untukmu.

Berdiri di teras kaca, dan berlatar belakang pemandangan alam sekitar pantai, akan menciptakan foto-foto estetik untukmu. Namun, tak semua orang berani untuk berfoto di teras kaca, lho. Jadi, jangan sampai kamu kalah dengan wisatawan lain, ya!

4. Spot Kuliner Khas Pesisir

Menikmati Kuliner Khas Pesisir (sumber: @cromo_photo84 on Instagram)
Menikmati Kuliner Khas Pesisir (sumber: @cromo_photo84 on Instagram)

Di sekitar pantai, selalu ada spot kuliner yang menyajikan hidangan-hidangan khas pesisir. Kuliner khas pesisir biasanya sangat identik dengan ikan bakar dan es kelapa muda yang utuh bersama batoknya. Begitupun di pantai yang satu ini, ada spot kuliner yang menjajakan makanan khas pesisir.

Di objek wisata yang satu ini, terdapat beberapa rumah makan yang menjual makanan yang berasal dari hasil laut. Menu-menu hasil laut yang dijajakan di sini tentu berasal dari bahan-bahan yang segar, mulai dari lobster, ikan pari, hingga ikan-ikan lainnya. Soal rasa, kamu tak perlu khawatir karena rasa makanan di sini sama sekali tak akan membuatmu kecewa.

5. Aneka Spot Foto Instagramable

Batu Karang, Spot Foto Instagramable (sumber: @cromo_photo84 on Instagram)
Batu Karang, Spot Foto Instagramable (sumber: @cromo_photo84 on Instagram)

Setiap sudut dari pantai ini memanglah terlihat instagramable. Berfoto dengan latar belakang pemandangan alam sekitar pun menjadi opsi bagus untukmu. Tak hanya berfoto dengan background alam, kamu juga bisa menemukan beberapa spot foto yang memang khusus dibuat untuk wisatawan.

Biasanya, wisatawan sangat suka berfoto di batuan karang yang tersebar di sepanjang pantai. Selain itu, teras kaca dan jembatan cinta pun turut menyita perhatian wisatawan. Spot-spot foto yang ada di sini memang terlihat sangat instagenic, sehingga foto-foto yang dihasilkan pun tak akan membuatmu kecewa.

6. Penginapan Pantai Gesing

Pantai Gesing Jogja (sumber: @yayursm on Instagram)
Pantai Gesing Jogja (sumber: @yayursm on Instagram)

Advonturers masih betah dan ingin berlama-lama di sini? Bermalam merupakan solusi terbaik untukmu. Kamu dapat menyewa beberapa penginapan yang ada di sekitar objek wisata pantai yang satu ini. Penginapan di sini pun memiliki harga yang bervariasi.

Fasilitas penginapan yang akan kamu dapatkan tergantung dari harga penginapan yang kamu sewa. Soal pelayanan, kamu tak perlu khawatir karena penginapan di sekitar objek wisata yang satu ini terkenal memiliki pelayanan yang baik, serta karyawan yang ramah.

7. Sunset yang Estetik

Menikmati Langit Sore (sumber: @rigata10 on Instagram)
Menikmati Langit Sore (sumber: @rigata10 on Instagram)

Berkunjung ke pantai rasanya tak lengkap bila tak sekalian menanti hadirnya senja. Begitupun saat kamu berkunjung ke objek wisata Pantai Gesing Gunung Kidul, kamu wajib menikmati indahnya mentari senja, alias sunset di sini. Eksotisme pantai yang berpadu dengan langit sore nan berwarna oranye akan membuatmu terpukau.

Sambil menikmati datangnya sunset, tak ada salahnya bisa kamu mengabadikan momen wisatamu dengan kamera. Cahaya mentari senja akan menyorot setiap objek yang ada di pantai, sehingga kameramu akan menangkap gambar siluet yang terlihat estetik.

Baca juga: Pantai Krakal Yogyakarta: Tiket Masuk, Lokasi, & Rutenya

Itulah tadi beberapa informasi mengenai wisata Pantai Gesing Gunung Kidul. Diantara semua daya tarik yang ada, manakah yang paling membuatmu semakin berminat untuk mengunjungi pantai eksotis yang satu ini? Pokoknya, objek wisata yang satu ini wajib masuk dalam wishlist liburan kamu. Meski tak setenar pantai lainnya, keberadaan pantai yang satu ini bak hidden gem yang mampu membuatmu terpukau dengan segala bentuk daya tarik yang dimilikinya.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *