1. Pantai
  2. Wisata Alam

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, Eksotisme Alam di Meru Betiri

Jawa Timur terkenal sebagai daerah yang memiliki objek wisata berupa pantai yang memukau. Banyak pantai eksotis yang tersebar di seluruh penjuru provinsi Jawa Timur, mulai dari Pantai Pasir Putih di Situbondo, Pantai Balekambang di Malang, hingga Pantai Watu Ulo di Jember. Tak terkecuali di Taman Nasional Meru Betiri, siapapun yang pernah mengunjunginya pasti tak asing dengan sebuah pantai yang bernama Teluk Hijau.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi merupakan objek wisata berupa pantai eksotis yang masih berada satu kawasan dengan Taman Nasional Meru Betiri. Air laut yang berwarna kehijauan seolah menambah nilai estetika dari pantai ini, yang mungkin tak ditemukan pada pantai lainnya. Advonturers, sudah tahukah kamu tentang keberadaan Pantai Teluk Hijau ini? Yuk, cari tahu dulu info tiket masuk, lokasi, dan aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di sana!

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, Pesona Memukau di Taman Meru Betiri

Green Bay Banyuwangi (sumber: @aabuchori on Instagram)
Green Bay Banyuwangi (sumber: @aabuchori on Instagram)

Pantai Teluk Hijau, atau juga disebut sebagai Green Bay, merupakan objek wisata berupa pantai eksotis yang berada di kawasan wisata Taman Meru Betiri, yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Banyuwangi. Bukan tanpa alasan pantai ini bernama Teluk Hijau, karena warna air laut dari pantai yang satu ini terlihat berwarna kehijauan. Di lautan Pantai Teluk Hijau terdapat banyak tanaman alga hijau yang memenuhinya, sehingga air laut di pantai ini terlihat berwarna kehijauan.

Keunikan ini membuat Green Bay Banyuwangi terlihat lebih berbeda daripada pantai-pantai lainnya. Selain itu, perairan di pantai ini cukup dangkal, sehingga memungkinkan untuk berenang dan bermain air dengan aman di sini. Panorama alam sekitar objek wisata Teluk Hijau Banyuwangi ini terlihat sangat indah dan asri, sehingga hal tersebut seakan melengkapi eksotisme dari objek wisata ini.

Rute dan Lokasi Teluk Hijau Banyuwangi

Sebelum mengunjungi objek wisata yang satu ini, sudah tahukah kamu dimana lokasi Teluk Hijau Banyuwangi? Lokasi Teluk Hijau Banyuwangi sendiri berada di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Untuk menuju ke sana, kamu dapat mengawali perjalananmu dari kawasan Rogojampi, Banyuwangi. Bagi Advonturers yang belum tahu rute perjalanan menuju ke sana, berikut ini Advontura sajikan rekomendasi rutenya untukmu!

Berangkat dari kawasan Rogojampi, Banyuwangi, pertama-tama kamu harus menuju ke kawasan Srono, kemudian Jajag. Kemudian, menujulah ke arah Bangorejo, dan lanjutkanlah perjalananmu hingga sampai di Siliragung. Dari Siliragung, menujulah ke Pesanggaran, dan lewatilah Kandangan. Setelahnya, bergeraklah menuju Pantai Rajegwesi. Dari sini, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada hingga sampai di destinasi wisata tujuanmu.

Aktivitas Seru di Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Ingin segera berjalan-jalan asyik ke tempat wisata yang satu ini? Yuk, simak rekomendasi aktivitas wisata seru yang sayang untuk kamu lewatkan di sana!

1. Berenang dan Bermain Air di Pantai Teluk Hijau

Bermain Air di Tepi Pantai Teluk Hijau (sumber: @aabuchori on Instagram)
Bermain Air di Tepi Pantai Teluk Hijau (sumber: @aabuchori on Instagram)

Berenang dan bermain air tentu menjadi aktivitas wisata wajib saat berkunjung ke pantai. Merasakan berenang di air laut yang berwarna jenih nan kehijauan akan memberikan pengalaman berbeda untukmu. Berenang sambil menikmati keindahan pantai beserta alam sekitarnya pasti akan membuatmu terpukau.

Perairan di pantai ini terbilang dangkal, sehingga terbilang cukup aman untuk dijadikan lokasi berenang dan bermain air oleh wisatawan. Namun, kamu juga harus berhati-hati karena ombak di pantai ini lumayan besar, terlebih jika badai sedang datang, sebaiknya kamu tak berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

2. Berjemur di Pasir Pantai

Pasir Pantai Teluk Hijau (sumber: @hidayatafif on Instagram)
Pasir Pantai Teluk Hijau (sumber: @hidayatafif on Instagram)

Bag Advonturers yang menginginkan wisata seru di pantai yang satu ini tanpa basah-basahan, berjemur di pasir pantai dapat menjadi solusi terbaik bagimu, guys. Berjemur di bawah terik mentari, sambil merasakan hangatnya pasir putih lembut yang menyentuh kulitmu merupakan aktivitas wisata yang juga seru untuk dilakukan. Saat berjemur, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya supaya kulitmu tak terbakar.

Selain berjemur, berpiknik dengan menggelar tikar di tepian pantai juga seru, lho. Sambil menikmati hidangan kecil yang kamu kemas dari rumah, bercengkrama hangat bersama keluarga sangat menyenangkan untuk kamu lakukan.

3. Berkemah

Menikmati Keindahan Pantai Teluk Hijau (sumber: @faisalbaye on Instagram)
Menikmati Keindahan Pantai Teluk Hijau (sumber: @faisalbaye on Instagram)

Setelah bermain di pantai ini seharian, dan kamu merasa masih ingin berlama-lama di sini, berkemah merupakan solusi yang tepat untuk kamu lakukan. Berkemah di objek wisata yang satu ini sudah diperbolehkan, asalkan kamu telah mendapatkan izin dari pihak pengelola objek wisata ini. Meski begitu, belum banyak orang yang berani mendirikan tenda di wisata Green Bay Banyuwangi.

Hal ini dikarenakan keberadaan hewan liar yang banyak berkeliaran di sekitar pantai ini. Bila dibiarkan, hewan-hewan liar ini bisa saja membahayakan para wisatawan. Terlebih, pantai ini terbilang cukup jauh dari pemukiman warga, sehingga tak memungkinkan evakuasi dalam waktu singkat bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Selebihnya, tempat wisata yang satu ini tetap worth it saat dikunjungi, yang penting tetaplah berhati-hati!

4. Menikmati Sunset

Sunset di Teluk Hijau (sumber: @bayuirawann12 on Instagram)
Sunset di Teluk Hijau (sumber: @bayuirawann12 on Instagram)

Berwisata ke pantai rasanya tak afdol bila tak sekalian menunggu datangnya senja atau sunset. Pemandangan pantai yang sangat eksotis, ditemani oleh langit sore nan berwarna oranye, pasti mampu membuat siapa saja menjadi terkagum-kagum saat melihatnya. Mentari senja yang menyinari setiap objek yang ada di pantai seolah menciptakan bayang-bayang siluet yang sangat sedap dipandang mata.

Sambil menikmati datangnya sunset, tak ada salahnya bila kamu sekalian mengabadikan momen liburanmu kali ini. Berswafoto dengan latar belakang langit senja akan menghasilkan foto-foto keren nan instagramable.

5. Bermain di Air Terjun Teluk Hijau

Air Terjun Teluk Hijau (sumber: @johanez_hans on Instagram)
Air Terjun Teluk Hijau (sumber: @johanez_hans on Instagram)

Siapa bilang bahwa spot wisata di objek wisata ini hanya ada pantai? Yuk, kenalan dulu dengan Air Terjun Teluk Hijau! Air terjun yang satu ini juga sering disebut dengan Air Terjun Bidadari. Spot wisata yang terletak tak jauh dari bibir Pantai Teluk Hijau ini turut menjadi spot wisata favorit wisatawan saat mengunjungi Taman Meru Betiri. Di balik keindahannya, Air Terjun Teluk Hijau ini memiliki legenda yang lekat di masyarakat, lho.

Hal ini berkaitan dengan sebutan si air terjun, yakni Air Terjun Bidadari. Konon katanya, seseorang pernah menyaksikan bentangan pelangi yang ternyata berasal dari air terjun ini. Kemudian, orang tersebut melihat seorang perempuan cantik yang diyakini adalah seorang bidadari. Terlepas dari legenda tersebut, air terjun eksotis ini sama sekali tak memiliki kaitan dengan hal mistis, dan sangat worth it untuk dikunjungi!

6. Mengunjungi Pantai Batu

Pantai Batu (sumber: @aabuchori on Instagram)
Pantai Batu (sumber: @aabuchori on Instagram)

Pantai Batu merupakan pantai yang terletak sekitar 300 meter dari Green Bay Banyuwangi. Spot wisata eksotis yang satu ini disebut sebagai Pantai Batu karena memiliki banyak batu di tepian pantainya. Batu-batu yang ada di pantai ini merupakan batu yang terbawa oleh bencana tsunami pada tahun 1994 silam.

Meski begitu, Pantai Batu memiliki keindahan yang sama sekali tak kalah dengan objek wisata Green Bay. Karena memiliki panorama yang mirip, serta letak pantai yang berdekatan, banyak orang yang mengira bahwa pantai ini masih termasuk bagian dari Green Bay.

Jam Buka dan Tiket Masuk Teluk Hijau Banyuwangi

Sudah tak sabar untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini? Advonturers dapat mengunjunginya pada pukul 07.00-16.30 setiap harinya. Selain digemari karena keindahan serta pesona alam pantainya, objek wisata yang satu ini juga diminati masyarakat karena harga tiket masuk Teluk Hijau sangat murah, lho. 

Bagaimana tidak, harga tiket masuk Teluk Hijau hanyalah sebesar Rp 5.000 saat hari biasa, dan Rp 7.500 saat akhir pekan. Berwisata ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi sangat cocok untuk Advonturers yang ingin berwisata seru dengan budget yang minim.

Fasilitas Objek Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Setiap tempat wisata tentu memiliki fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan para wisatawannya, tak terkecuali pantai yang satu ini. Meski belum banyak memiliki fasilitas, Pantai Teluk Hijau tak pernah benar-benar sepi pengunjung. 

Fasilitas yang dapat kamu temukan di sini antara lain mushola dan toilet umum. Jauhnya letak pemukiman warga dari tempat wisata ini membuat pantai eksotis yang satu ini tak memiliki banyak fasilitas umum. 

Baca juga: Taman Nasional Baluran: Berpetualang di Afrika Kecil Jawa

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai wisata Teluk Hijau Banyuwangi, aktivitas wisata manakah yang membuatmu tertarik? Berwisata ke pantai eksotis yang satu ini dapat memberikan pengalaman wisata berbeda untukmu. Sebenarnya, masih banyak daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata yang satu ini. Namun, hal ini menjadi PR-mu, dan kamu wajib menjelajahinya sendiri saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, Eksotisme Alam di Meru Betiri

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]