1. Rekomendasi Wisata

10 Tempat Wisata Edukasi di Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata edukasi di Bandung cukup terkenal, bukan hanya terkenal akan cafe-cafe estetik dan wisata alamnya. Kamu dapat menemukan beragam tempat wisata yang memberi kesempatan pengunjungnya untuk belajar hal baru, mulai dari budaya, sejarah, sampai perawatan lingkungan.

Advontura kali ini akan membahas lebih dalam mengenai rekomendasi tempat wisata edukasi di Bandung. Bagi kamu yang ingin berlibur ke Bandung, yuk catat beberapa rekomendasi yang kami berikan!

1. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah destinasi wisata pendidikan yang sangat populer di Bandung. Seperti namanya, pengunjung dapat menikmati pertunjukan angklung, sebuah jenis musik tradisional Sunda yang khas.

Sumber: Wikipedia

Selain sekadar menyaksikan pertunjukan, setiap pengunjung akan diberikan angklung untuk dimainkan. Mereka akan diberi pelajaran tentang cara memainkan alat musik ini. Setelah pertunjukan selesai, pengunjung juga diajak untuk berpartisipasi dalam bermain bersama.

Selain itu, Saung Angklung Udjo juga menyediakan tempat pelatihan khusus bagi mereka yang ingin memahami angklung lebih mendalam. Bahkan, Saung Angklung Udjo sudah meraih penghargaan internasional dalam pengembangan dan promosi angklung.

Kamu dapat mengunjungi Saung Angklung Udjo antara pukul 08.00 hingga 17.00 WIB di alamat Jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul. Tiket masuk ke tempat ini tersedia dengan harga mulai dari Rp40.000 hingga Rp100.000.

2. Taman Lalu Lintas Ade Irma

Taman Lalu Lintas Ade Irma adalah destinasi edukatif yang sangat direkomendasikan bagi anak-anak yang berada di Bandung atau sedang berkunjung ke sana. Di tempat ini, mereka dapat memperoleh pemahaman yang baik mengenai peraturan lalu lintas, sehingga kedisiplinan dalam berlalu lintas dapat tertanam sejak dini.

Sumber: Wikipedia

Taman ini menawarkan banyak simbol dan informasi terkait lalu lintas yang dapat dipelajari dengan menyenangkan oleh anak-anak. Selain belajar tentang rambu-rambu lalu lintas, mereka juga memiliki kesempatan untuk bersepeda, menaiki kereta mini, berenang, bahkan mencoba kegiatan memancing ikan.

Lokasi Taman Lalu Lintas Ade Irma ini terletak di Jalan Belitung No. 1, Sumur Bandung. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Jika kamu berminat untuk mengunjungi taman ini, cukup siapkan biaya tiket masuk sekitar Rp6.000 hingga Rp15.000.

3. Padepokan Dayang Sumbi

Dayang Sumbi adalah sosok yang terkenal dalam legenda Sangkuriang, dikenal karena kecantikannya dan kecintaannya pada selendang sutera. Dari situ muncullah sebuah padepokan bernaman Padepokan Dayang Sumbi. 

Di sini, pengunjung dapat memperoleh pengalaman edukatif seputar pemeliharaan ulat sutera. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp85.000, pengunjung berkesempatan melihat berbagai tahap perkembangan ulat sutera, mulai dari larva hingga tahap di mana sutera diolah menjadi kain.

Sumber: Merdeka

Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk belajar teknik menenun kain sutera yang lembut ini. Padepokan ini buka setiap hari dengan dua sesi waktu, yaitu pukul 09.00-11.00 WIB dan 12.30-14.30 WIB. Tempat ini terletak di Jalan Arcamanik Sindanglaya KM 4, Kp. Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Bandung, dan masih berlokasi di wilayah perkotaan.

4. Jendela Alam

Di Bandung, ada tempat wisata edukasi yang menggabungkan unsur alam dengan hiburan yang menarik, yaitu Jendela Alam. Konsep alam yang mempesona diwujudkan dengan beragam dekorasi lucu berbentuk hewan ternak.

Jendela Alam menyajikan berbagai kegiatan menarik yang cocok bagi anak-anak. Mulai dari berkebun, beternak, mengumpulkan telur ayam, membuat yogurt, hingga permainan mencari harta karun. Tidak hanya itu, ada juga kesempatan untuk mencoba flying fox dan outbound yang dapat mendorong keberanian dan kerjasama di antara anak-anak.

Sumber: Kompas

Lokasi Jendela Alam ini terletak di Komplek Graha Puspa yang berada di Jalan Sersan Bajuri KM 4,5, Cihideung. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Untuk menikmati semua kegiatan seru di sini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp15.000.

5. Bandung Science Center

Wisata edukasi yang tak boleh kamu lewatkan di Bandung adalah Bandung Science Center. Terletak di Jalan Sirnagalih No. 15, Gegerkalong, tempat ini menghadirkan berbagai pengetahuan dalam bidang sains yang sangat bermanfaat, terutama untuk anak-anak, melalui beragam wahana menarik yang tersedia.

Sumber: Yuk Bandung

Bandung Science Center menyediakan sejumlah wahana menarik, termasuk Ruang Bumi (Earth Room), Ruang Fisiologi (Physiology Room), Ruang Audio Visual (Audio Visual Room), Ruang Perakitan (Assembly Hall), Ruang Astronomi (Astronomy Room), Ruang Ilusi Optik (Optical Illusion Room), dan masih banyak lagi. Wahana-wahana ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan mendalam dalam dunia sains.

6. Museum Geologi

Selain itu, kamu juga dapat menjelajahi salah satu museum terkenal di Bandung, yaitu Museum Geologi yang terletak di Jalan Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler. Museum ini beroperasi pada hari Senin hingga Kamis dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Sumber: Wikipedia

Museum ini memamerkan beragam peninggalan makhluk hidup dari masa lampau, serta berbagai pengetahuan tentang ilmu alam dan sumber daya alam di seluruh dunia. Yang menarik, kamu juga dapat melihat fosil dinosaurus yang besar yang terpajang di pintu masuk museum.

Jika kamu berminat untuk berkunjung, kamu dapat datang langsung ke lokasi dan membayar tiket masuk seharga Rp3.000 untuk pengunjung dewasa, Rp2.000 untuk mahasiswa dan anak-anak, serta Rp10.000 untuk turis internasional.

7. Observatorium Bosscha

Wisata edukasi menarik di Bandung adalah Observatorium Bosscha, yang merupakan salah satu observatorium bintang tertua di Indonesia. Meskipun awalnya didirikan oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda (Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging atau NISV), saat ini tempat ini telah dibuka untuk umum dan menjadi destinasi wisata edukasi yang menarik di Bandung.

Sumber: Wikipedia

Keunikan Observatorium Bosscha terletak pada koleksi 12 teleskopnya, di mana enam di antaranya masih aktif digunakan untuk kegiatan penelitian. Selain itu, jika langit sedang cerah, pengunjung juga berkesempatan untuk mencoba teropong di Observatorium Bosscha, memberikan pengalaman yang menarik di bidang astronomi.

 

8. De Ranch

Bagi kamu yang memiliki minat dalam wisata peternakan kuda, De Ranch Lembang adalah destinasi yang tepat. Terletak di Kawasan Bandung Utara (KBU), De Ranch menawarkan pengalaman wisata edukasi yang menghadirkan nuansa peternakan kuda, seperti yang biasa kamu temukan pada film-film cowboy.

Sumber: Flickr

Pengunjung De Ranch memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan kuda dengan cara menungganginya langsung. Mereka juga dapat mengenakan pakaian dan aksesori khas cowboy untuk merasakan pengalaman yang lebih autentik. Selain itu, De Ranch juga menyediakan berbagai fasilitas wisata lainnya seperti balon air, peti luncur, dan memancing ikan di kolam.

De Ranch berlokasi di Jalan Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jam operasionalnya adalah pada Kamis – Jumat (09:00 – 17:00) dan Sabtu & Minggu (08:00 – 18:00).

9. Farm House Susu Lembang

Kawasan Bandung Utara merupakan wilayah yang kaya akan perkebunan dan peternakan penduduk setempat. Daerah ini selalu menjadi destinasi wisata yang sangat diminati oleh pengunjung dari berbagai penjuru Indonesia. Salah satu tujuan wisata edukasi yang menarik di kawasan ini adalah Farm House Susu Lembang.

Sumber: Viva

Di tempat wisata ini, pengunjung berkesempatan untuk belajar tentang kehidupan sebagai seorang peternak. Kamu dapat terlibat dalam memberi makan beragam hewan ternak seperti sapi, kambing, kelinci, dan lain-lain. Selain itu, di tempat ini juga terdapat berbagai toko suvenir dan kedai yang menjual beragam makanan. Area ini memiliki ukuran yang cukup besar, dan diperlukan sekitar 3 jam untuk menjelajahinya secara menyeluruh.

10. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey adalah salah satu tempat wisata edukasi di Bandung yang menghadirkan keindahan alam yang alami. Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman yang menarik bagi anak-anak dengan kegiatan memetik buah strawberry di kebun strawberry.

Sumber: detikcom

Kamu dan buah hati dapat bermain sambil belajar cara memetik buah strawberry dan mengenali buah yang sudah matang. Aktivitas memetik buah ini dilakukan di tengah pemandangan perkebunan strawberry yang cantik dan suasana alam yang tenang, memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan. 

Selain itu, anak-anak juga dapat belajar merawat pohon strawberry, mulai dari penyiraman hingga memberi pupuk. Wisata edukasi ini berlokasi di Jalan Ciwidey, Bandung, dan buka setiap hari. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, dimulai dari Rp5.000 saja.

Baca Juga: Pantai Ngebum: Daya Tarik, Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Demikian pembahasan Advontura kali ini mengenai 10 tempat wisata edukasi di Bandung. Semoga penjelasan kali ini dapat membantumu memilih tempat wisata yang menyenangkan dan penuh ilmu pengetahuan. Dari sepuluh daftar tersebut, tempat mana yang kamu ingin kunjungi jika ke Bandung?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Tempat Wisata Edukasi di Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]