1. Pantai

Pantai Pulisan, Pantai Indah nan Eksotis di Sulawesi Utara

Manado terkenal sebagai pusat kehidupan di Sulawesi Utara. Di kota ini, ada sebuah pantai bernama Pantai Pulisan yang dikelilingi oleh pasir putih yang eksotis. 

Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan Advontura kali ini tentang sejarah, daya tarik, sampai kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan di Pantai Pulisan.

Sejarah Pantai Pulisan

Mulai buka untuk umum pada akhir Maret tahun 2014, kawasan pantai ini memiliki luas sekitar 3 hektar dengan garis pantai sepanjang 500 meter. Karakteristik pasir putih yang halus menjadi ciri khas dan daya tarik yang unik.

Ombak yang tenang juga memberikan rasa aman bagi pengunjung yang ingin berenang. Tidak hanya itu, di sebelah barat pantai terdapat area hutan lindung dengan beragam pohon berusia ratusan tahun, yang juga menjadi daya tarik istimewa bagi para wisatawan.

Sumber: Wikipedia

Kehadiran pasir pantai yang memukau, bebatuan eksotis, serta bukit savana yang menakjubkan, menawarkan pemandangan lengkap di Pantai Pulisan. Lokasinya dapat kamu jangkau dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Manado, jika kamu mengarah ke Likupang Timur. 

Daya Tarik Pantai Pulisan

Terletak di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, pantai ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Seperti daya tarik magnet, Pantai Pulisan berhasil menarik perhatian masyarakat untuk menikmati pesona keindahan alam yang bervariasi.

Keunikan Pantai Pulisan menjadi jelas jika kamu bandingkan dengan destinasi pantai lainnya di Sulawesi Utara yang telah lebih dulu terkenal. Tiga pemandangan yang mencakup pasir, batu, dan padang savana, menjadikannya tempat yang istimewa.

Selain itu, pemandangan bawah lautnya juga memukau dan dapat membuat mata enggan berkedip saat melihatnya. Pantai Pulisan merupakan pilihan yang baik untuk snorkeling. Kamu tidak perlu berenang jauh ke dalam laut karena keindahan karang dapat kamu temukan cukup dekat dengan tepi pantai.

Sumber: Wikipedia

Pantai ini terbagi menjadi tiga bagian yang terpisah oleh tebing batu yang menjorok ke laut. Masyarakat Desa Pulisan mengelola bagian pertamanya. Di sini, kamu dapat menemukan area parkir, ruang ganti, toilet, dan meja yang dapat kamu sewa dengan harga sekitar Rp50.000. 

Kamu juga dapat menyimpan barang bawaan jika akan naik perahu. Perahu diperlukan untuk menyeberang dan menikmati keindahan eksotis pantai ini.

Tempat Populer di Pantai Pulisan

Salah satu tempat yang paling populer adalah goa yang berada di area pantai ini. Goa ini menjadi tempat favorit bagi penduduk setempat untuk mandi. Di sekitar goa, terdapat tebing bebatuan abu-abu yang eksotis, yang semakin memperindah panorama pantai.

Setelah puas menikmati pantai dan pemandangan batu eksotisnya, kamu dapat merasakan pengalaman yang berbeda dengan mendaki sekitar 50 meter menuju padang savana yang memukau. Pemandangan padang savana yang berpadu dengan panorama laut dan garis pantai menciptakan suasana yang mempesona dan tidak ada duanya. 

Dari kejauhan, pesisir Pantai Pulisan terlihat berwarna hijau toska, dengan kombinasi pasir putih dan air laut. Tempat ini adalah spot yang sempurna untuk mengabadikan momen indah dalam bentuk foto.

Sumber: KSM Tour

Untuk menikmati semua ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 25.000, yang termasuk biaya perjalanan pulang-pergi. Kamu akan diantar dengan perahu berkapasitas hingga tujuh orang, dan kamu hanya perlu mengatur waktu kapan perahu ini perlu menjemputmu kembali. 

Selain dari spot yang telah Advontura sebutkan di atas, kamu juga dapat menikmati keindahan Pantai Pulisan dari puncak Bukit Tletubies yang tidak kalah menawan dan sejuk. Di spot satu ini, kamu dapat mengambil foto-foto instagramable yang memukau.

Rute Menuju Pantai Pulisan

Objek wisata Pantai Pulisan yang terletak di Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, memiliki jarak sekitar 58,5 Km dari pusat kota Manado. Pantai ini yang berada di Provinsi Sulawesi Utara memiliki akses jalan yang mudah orang akses dan berbagai jenis kendaraan dapat melaluinya.

Meskipun jalan telah diaspal dengan baik, namun jalur menuju Pantai Pulisan Manado memiliki karakteristik menanjak dan berliku. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memeriksa kondisi kendaraanmu sebelum berangkat.

Sumber: Tripadvisor

Apabila kamu memulai perjalanan dari pusat kota Airmadidi Minahasa Utara, kamu akan menghabiskan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai Likupang dan tiba di pantai tersebut. Jika berangkat dari Kota Manado, waktu perjalanan sekitar 60 menit akan kamu butuhkan untuk mencapai pantai. 

Sehingga total durasi perjalanan ke Pantai Pulisan adalah sekitar 2 jam 30 menit. Kamu akan menikmati pemandangan alam yang mempesona selama perjalanan. Untuk mencapai pantai ini, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi karena masih belum tersedia sarana transportasi umum yang langsung menuju lokasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulisan

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Pantai Pulisan, pengunjung perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000, dan biaya parkir akan menyesuaikan dengan jenis kendaraan yang kamu gunakan.

Jika kamu datang menggunakan motor, kamu harus membayar biaya parkir sebesar Rp5.000. Sedangkan untuk pengunjung yang menggunakan mobil, biaya parkirnya sekitar Rp15.000.

Selain itu, kamu juga dapat menyewa berbagai fasilitas menarik dan memacu adrenalin yang tersedia di kawasan pantai. Sebagai contoh, kamu dapat menaiki wahana banana boat dengan membayar sekitar Rp25.000.

Jam Buka Pantai Pulisan

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati pesona Pantai Pulisan Manado, kamu dapat datang ke lokasi mulai dari pagi hingga sore hari. Jam operasional pantai ini berlangsung dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB. Selama periode jam operasional ini, pengunjung memiliki kesempatan untuk menikmati pesona pantai dengan bebas. 

Wisata di Pantai Pulisan tersedia setiap hari sepanjang minggu. Kamu dapat mengunjungi pantai ini pada hari Senin hingga Minggu sesuai dengan waktu yang kamu inginkan.

Berkegiatan di Pantai Pulisan

Tentu tidak asik jika berkunjung ke pantai tapi tidak melakukan kegiatan apapun. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di tempat wisata satu ini.

Snorkeling dan Diving

Tak ada keraguan lagi mengenai pesona bawah laut yang memukau di Pantai Pulisan. Pantai ini mempunyai kejernihan air dan ekosistem yang terjaga dengan baik, sehingga menciptakan tempat yang sangat ideal untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving.

Sumber: Genpi

Bagi para pengunjung yang menyelam atau melakukan snorkeling di Pantai Pulisan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kehidupan bawah laut yang langka dan mengagumkan. Ragam jenis ikan, ubur-ubur, dan terumbu karang akan menjamu matamu dengan keindahannya.

Camping dan Wisata Kuliner

Bagi kamu yang ingin menghabiskan malam di tengah alam dengan pemandangan pantai dan udara sejuk, kamu dapat mencoba berkemah di Pantai Pulisan. Pantai ini memiliki lereng yang landai dengan ombak yang tenang, menciptakan lingkungan yang aman dan cocok untuk berkemah di pinggir pantai.

Tersedia berbagai peralatan perkemahan yang dapat kamu sewa di area Pantai Pulisan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir atau repot membawa perlengkapan berkemah dari rumah. Selain itu, para wisatawan tidak akan kesulitan mencari makanan di area wisata ini karena terdapat banyak warung makan.

Sumber: Tribun Manado

Kamu dapat menikmati beragam kuliner, mulai dari hidangan laut khas hingga makanan lokal khas Sulawesi Utara. Salah satu makanan yang sangat populer di Pantai Pulisan adalah ikan bakar.

Kuliner ikan bakar ini menjadi salah satu kegiatan yang diminati oleh pengunjung. Kamu dapat merasakan sensasi unik dengan memanggang ikan sendiri di tepi pantai. Kegiatan makan ikan bakar ini sangat cocok untuk kamu nikmati bersama teman atau keluarga.

Baca Juga: Pantai Trikora: Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk

Demikian pembahasan Advontura kali ini mengenai sejarah, daya tarik, rute, jam buka, sampai kegiatan yang dapat kamu lakukan di Pantai Pulisan. Semoga informasi kali ini dapat membantumu jika berkesempatan berkunjung ke Manado atau Sulawesi Utara.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Pulisan, Pantai Indah nan Eksotis di Sulawesi Utara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]