1. Rekomendasi Wisata

5 Wisata Kuliner Makassar yang Harus Kamu Coba

Makassar menjadi salah satu kota yang banyak orang kunjungi jika datang ke Pulau Sulawesi. Selain tempat wisatanya, terdapat juga wisata kuliner Makassar yang tidak kalah menarik untuk kamu santap.

Pada kesempatan kali ini, Advontura akan membahas tentang 5 wisata kuliner Makassar yang harus kamu coba. Simak informasi selengkapnya dalam artikel kali ini!

Daftar Isi

Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi

Bagi kamu penggemar iga sapi, tentu harus mengunjungi wisata kuliner khas Makassar yang satu ini, yakni konro. Kuliner satu ini biasanya dimasak menggunakan metode rebus atau bakar dalam kuah kaldu. Keluarga H. Hanaping, yang mahir dalam memasak konro, telah menciptakan beragam hidangan yang memanjakan lidah dengan cita rasa yang terjamin kualitasnya.

Sumber: TripAdvisor

Di Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi, kamu dapat menikmati berbagai pilihan, seperti iga bakar dengan siraman bumbu kacang, serta sup konro yang merupakan olahan iga yang direbus dengan kuah beraroma rempah-rempah pilihan. Untuk menjaga keaslian rasa, penjual biasanya memasak tulang iga secara terpisah dengan bahan-bahan lain seperti daun salam, lengkuas, bawang putih, bawang merah, dan kacang tanah.

Kelezatan sup konro yang berlokasi di Jl. Gunung Lompobattang No. 41-43 ini sudah mendunia dan terjaga dengan baik sejak tahun 1968. Untuk menikmati kuliner Makassar satu ini, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp38.000-40.000. Bahkan, karena popularitasnya, Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi telah membuka cabang di Jakarta.

Pallubasa Onta

Jika kamu mengira Pallubasa Onta menjual daging unta, selamat, kamu tergocek. Meskipun namanya mencantumkan kata “Onta,” wisata kuliner Makassar satu ini sebenarnya menjual hidangan khas Makassar, yakni Pallubasa. Pallubasa sendiri adalah makanan yang terbuat dari daging sapi dengan citarasa khas, diperkaya dengan kuah gurih dan pelengkapnya berupa telur ayam kampung.

Pallubasa Onta mengambil nama dari lokasinya di Makassar, yaitu Jalan Onta Lama No. 103, Mandala, Mamajang. Dengan kisaran harga sekitar Rp13.000-20.000, kamu sudah bisa menikmati kelezatan Pallubasa dengan cita rasa otentik dalam dagingnya. Hidangan ini diolah dengan menggunakan beragam rempah-rempah lokal, lalu disajikan dengan kuah yang menjadikan rasanya semakin istimewa.

Warung Pangkep Sop Saudara

Walau berasal dari Pangkep, yang berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Makassar, Sop Saudara dengan mudah kamu temui di sepanjang jalan-jalan Kota Makassar. Sop Saudara sering disajikan bersama dengan ikan bolu panggang, dan kombinasi ini sudah menjadi pasangan tak terpisahkan.

Sumber: TripAdvisor

Salah satu destinasi kuliner khas Makassar yang menawarkan hidangan Sop Saudara adalah Warung Pangkep Sop Saudara. Nama “Pangkep” sendiri bertujuan untuk menjaga keaslian makanan ini. Warung makan yang terletak di Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo selalu ramai dengan pengunjung.

Bukti kepopulerannya adalah seringnya terjadi antrean karena semua meja dan kursi sudah terisi. Selain Sop Saudara, pengunjung juga bisa menikmati hidangan khas Makassar lain yang tak kalah menggugah selera, seperti konro, kikil, paru, dan lidah sapi. 

Coto Nusantara

Kamu belum benar-benar merasakan Makassar jika belum menjelajahi warisan kuliner terkenalnya, yakni coto. Coto sendiri adalah hidangan yang terdiri dari isi perut sapi yang telah direbus dengan waktu yang cukup lama. Setelah merebus isi perut sapi, penjual mengguyurkan bumbu kacang yang lezat pada daging sapi.

Namun, Coto belum lengkap tanpa kehadiran ketupat. Salah satu destinasi kuliner favorit di Makassar untuk menikmati Coto Makassar adalah Coto Nusantara, terletak di Jl. Merpati No. 2, Kunjung Mae, Mariso, Kota Makassar.

Sumber: TripAdvisor

Mengenai rasanya, tidak perlu kamu ragukan lagi, karena banyak selebriti yang telah mengunjungi tempat kuliner Makassar satu ini. Dengan harga mulai dari Rp15.000, kamu sudah bisa menikmati hidangan khas Makassar yang lezat ini.

Rumah Makan Aroma Palopo

Sesuai dengan namanya, Rumah Makan Aroma Palopo menawarkan pengalaman kuliner khas Palopo, sebuah kota yang terletak sekitar 30 km dari pusat Makassar. Salah satu hidangan khas yang paling terkenal di rumah makan ini adalah kapurung.

Kapurung ini disajikan bersama dengan campuran sayuran seperti kacang panjang, daun bayam, irisan jagung, dan patikala yang memberikan rasa kuah yang sedikit asam. Sebagai pelengkap, pengunjung bisa memilih lauk sesuai selera, seperti ikan, udang, ayam, atau campuran dari semuanya.

Tidak lupa, kuah kapurung harus memiliki cita rasa pedas yang khas. Kapurung juga bisa semakin nikmat dengan tambahan sayuran lawak, jantung pisang, atau perkedel jagung.

Sumber: TripAdvisor

Jika kamu masih belum puas, rumah makan ini juga menawarkan hidangan lain yang tak kalah lezat, seperti barobbo, sup jagung dengan kuah yang kental, atau nasi goreng, serta ongol-ongol, yang merupakan olahan sagu disiram dengan gula aren. Anda juga bisa menemukan beragam kue tradisional khas Makassar seperti bagea, jintang, gambu, dan jipang.

Lokasi Rumah Makan Aroma Palopo dapat kamu di Jalan Mappanyukki No. 66C, Mariso, Kota Makassar. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari kisaran Rp20.000-25.000. Rumah makan ini buka dari jam 08.00-22.00 WITA, sehingga kamu bisa mengunjunginya kapan saja untuk mencoba beragam hidangan lezat di sana.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Alam di Makassar yang Menarik

Demikian pembahasan Advontura mengenai lima wisata kuliner Makassar yang harus kamu coba. Semoga rekomendasi kami kali ini dapat membantu kamu mengeksplor lebih jauh tentang kuliner warisan nenek moyang.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Wisata Kuliner Makassar yang Harus Kamu Coba

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]