1. Pantai

Pantai Trikora: Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk

Jika mendengar nama Trikora pasti kamu akan teringat dengan salah satu gerakan sejarah, Advontura tidak akan membahas hal tersebut, kok. 

Kali ini, kami akan memberimu informasi tentang Pantai Trikora yang merupakan salah satu pantai indah yang ada di Bintan, mulai dari daya tarik, rute, dan harga tiket masuknya. Penasaran? yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Sejarah Pantai Trikora

Pantai Trikora ialah salah satu pantai dengan pasir putih yang terletak di Bintan, sebuah pulau yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Keunikan pantai ini adalah ombaknya yang tenang serta batu-batu indah yang tersebar di tepi pantai.

Saat mengunjungi Pantai Trikora, kamu akan melewati perkampungan nelayan yang tersusun rapi, beragam resor mewah, zona pelestarian padang lamun, restoran makanan laut lezat, hingga hutan bakau yang rimbun. Pantai ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu Trikora 1, 2, 3, dan 4.

Cerita yang berkembang di kalangan masyarakat setempat mengenai asal-usul nama “Trikora” dapat dijelaskan dengan dua versi yang berbeda. Salah satunya adalah nama “Trikora” berasal dari kata “three corra,” yang diberikan oleh pengunjung asing yang mengunjungi pantai ini. 

Sumber: Aneka Tempat Wisata

Tetapi ada juga versi lain yang menghubungkan makna nama “Trikora” dengan peristiwa sejarah bernama Tri Komando Rakyat. Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, ketika situasi geopolitik sedang tegang akibat isu Ganyang Malaysia, pantai ini memiliki peran penting sebagai posisi pertahanan di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Pantai Trikora bukan hanya sebuah tempat indah, namun juga memiliki catatan sejarah yang menarik. Tak peduli versi cerita atau asal-usul namanya, Pantai Trikora tetaplah menjadi destinasi yang menakjubkan dan penuh makna bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Daya Tarik Pantai Trikora

Pantai Trikora memiliki air jernih dan dangkal, lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung pengunjung untuk berlama-lama. Pantai ini terbagi menjadi dua area, yaitu kawasan resor dan kawasan umum. Untuk mengakses kawasan resor, kamu harus melakukan check-in terlebih dahulu di resor-resor mewah yang ada di sekitar area pantai.

Sementara itu, untuk kawasan umum, kamu hanya cukup menyewa pondok-pondok kayu yang cukup besar untuk satu keluarga. Di kawasan ini, kamu tidak perlu membayar tiket parkir sepeserpun. Fasilitas penyewaan pelampung, peralatan pancing, dan alat snorkeling juga tersedia di pantai ini.

Sumber: Go Sumatera

Beberapa hotel di sekitar pantai ini menyediakan paket tur untuk menjelajahi pulau-pulau tak berpenghuni, snorkeling, serta menikmati berbagai wahana permainan pantai, seperti banana boat dan kano. Fasilitas lain seperti toilet dan area untuk membersihkan badan juga disediakan.

Pepohonan tumbuh di sepanjang garis pantai yang membentang hingga sekitar 25 kilometer, memberikan tempat berteduh yang nyaman sambil menikmati suara ombak. Pohon-pohon seperti  bakau, cemara, kelapa, dan berbagai jenis pohon lainnya memberikan perlindungan dari terik matahari. Batu-batu besar yang tersebar di sekitar pantai juga menambah daya tarik di pantai ini. 

Wisata Kuliner di Pantai Trikora

Setelah puas menikmati pemandangan di Pantai Trikora, kamu harus singgah ke kawasan Sungai Enam. Kawasan ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan untuk menikmati kuliner setelah mengunjungi pantai. Bagi para penggemar makanan laut, kamu dapat mencoba hidangan gonggong yang khas dari Sungai Enam. 

Gonggong sendiri adalah sejenis hewan mirip siput yang memiliki citarasa mirip dengan cumi-cumi, namun dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya, gonggong direbus dan disajikan dengan sambal kacang untuk menambah cita rasa.

Di tempat wisata satu ini, kamu juga berkesempatan untuk menjelajahi aspek kuliner dengan menikmati beberapa hidangan yang menarik, seperti otak-otak, tapai, dan beragam hidangan seafood. Pulau Bintan dikenal memiliki kuliner khas berupa otak-otak ikan. Otak-otak ikan yang ditemukan di sini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis otak-otak ikan lainnya.

Bentuknya menyerupai pepes dan di dalamnya berisi daging ikan tenggiri yang diolah dengan sangat lembut. Tentu saja, rasanya menjadi sangat nikmat ketika dinikmati bersama dengan nasi yang masih hangat.

Lokasi & Rute ke Pantai Trikora

Pantai Trikora terletak di Kepulauan Riau, lebih tepatnya di Desa Malang Rapat, Kec. Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Pantai ini memiliki jarak sekitar 45 km ke arah timur dari pusat Tanjung Pinang, yang merupakan ibu kota Kepulauan Riau.

Perjalanan menuju Pantai Trikora dapat kamu mulai dari Tanjung Pinang dan mengarah ke perbatasan Kabupaten Bintan.  Jalan yang akan kamu lalui dalam rute ini sudah bagus dan berlapis aspal. 

Dari perbatasan Kabupaten Bintan, perjalanan dapat dilanjutkan menuju perbatasan Gunung Kijang, dan dari sana Anda dapat menuju langsung ke Pantai Trikora. Di sepanjang perjalanan, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang menarik dan indah.

Sumber: Bintaro Tourism

Jika berangkat dari Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang, kamu memiliki opsi untuk menyewa taksi agar dapat sampai ke Pantai Trikora, meskipun perjalanan tersebut memakan waktu sekitar kurang lebih 1 jam dan ongkos yang cukup mahal. 

Sebagai opsi lain, kamu dapat mempertimbangkan untuk menyewa kendaraan pribadi, mengingat belum ada layanan transportasi umum yang mengarah ke Pantai Trikora. Selain itu, alternatif lain adalah dengan menyewa sepeda motor dengan biaya sekitar Rp100.000 per hari. 

Jika kamu memilih untuk menyewa mobil, tarifnya berkisar antara Rp200.000 hingga Rp400.000, dan dalam harga tersebut sudah termasuk jasa sopir.

Harga Tiket Masuk Pantai Trikora

Kamu tidak perlu membayar sepeserpun jika ingin berkunjung ke tempat wisata kebanggaan Bintan ini Namun, kamu masih perlu membayar tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. 

Tips ketika Berkunjung ke Pantai Trikora

Untuk memaksimalkan pengalaman berwisatamu ke Pantai Trikora, maka Advontura akan memberimu beberapa tips menarik, meliputi:

  • Kamu dapat menyelam berenang, memancing dan melakukan berbagai olahraga air di Pantai Trikora, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini.
  • Meskipun kamu dapat beraktifitas di perairan pantai, kamu tetap perlu berhati-hati terutama ketika gelombang laut sedang kuat dan kurang bersahabat.
  • Jangan lupa untuk menyewa pelampung ketika berenang, sebagai bentuk berjaga-jaga
  • Jangan biarkan anak-anak berenang atau beraktifitas di bibir pantai sendirian, selalu awasi mereka.
  • Jika cuaca terik dan haus melanda, kamu harus mencoba kelapa muda yang dijual di pantai ini.
  • Pilih waktu kunjungan pada saat yang tidak ramai pengunjung.

Baca Juga: Pantai Tegal Wangi: Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Demikian artikel Advontura kali tentang daya tarik, rute dan harga tiket masuk dari Pantai Trikora. Pantai ini cukup terkenal akan keindahannya yang masih alami dan airnya yang jernih jadi sangat disarankan untuk kamu datang ke sini bersama orang-orang tercinta.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Trikora: Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]