1. Pantai
  2. Uncategorized

Pantai Pacar, Pantai yang Cocok Dikunjungi Bersama Pasangan

Bagi kamu yang tinggal di Jawa Timur, Pantai Pacar adalah pantai yang wajib kamu kunjungi bersama pasangan atau teman. Pada kesempatan kali ini, Advontura akan membahas lebih dalam tentang Pantai Pacar dan kegiatan apa yang dapat kamu lakukan!

Sejarah Pantai Pacar

Nama Pantai Pacar terdengar unik dan berbeda jika dibandingkan pantai-pantai lainnya. Meskipun namanya Pantai Pacar, bukan hanya orang pacaran yang dapat mengunjungi tempat ini, tempat wisata ini juga dapat dikunjungi kamu-kamu yang jomblo kok.

Sumber: Jawa Pos

Nama pantai ini berasal dari asal muasal kawasan pantai yang dulunya merupakan sebuah hutan yang kaya akan pepohonan dan tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang banyak di kawasan pantai ini adalah tumbuhan pacar.

Suatu ketika, terjadi penebangan hutan yang membuat area yang mulanya dikeliling tumbuhan dan pepohonan ini hilang tak tersisa. Untuk mengenang keberadaan hutan yang memiliki banyak tumbuhan pacar, pantai satu ini kemudian diberi nama Pantai Pacar.

Lokasi Pantai Pacar

Objek pariwisata pantai ini terletak di tengah area perkebunan, tempatnya tersembunyi dan hanya bisa kamu akses melalui jalanan yang belum terlalu bagus. Jalur yang berkelok-kelok dan curam mengharuskan kamu untuk membawa kendaraan pribadi yang dalam kondisi prima, termasuk mesin dan rem yang dalam kondisi baik. Meskipun begitu, dalam perjalanan kamu akan menyaksikan pemandangan pepohonan rindang di jalan menuju ke pantai.

Lokasi pantai ini terletak di daerah Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi, terdapat dua rute yang dapat kamu pilih, baik melalui Tulungagung maupun Blitar Jawa Timur. Kedua rute ini hanya bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan pribadi, mengingat jalur menuju pantai masih cukup sulit dilalui dan berada di area yang terpencil.

Rute ke Pantai Pacar

Apabila memulai perjalanan dari Blitar, kamu dapat mengambil rute melalui Kademangan. Dari wilayah Kademangan, kamu bisa mengikuti jalan utama yang mengarah ke pantai Tambakrejo hingga tiba di perempatan Suruhwadang. Dari perempatan ini, kamu dapat mengambil belokan ke kanan dan melintasi Desa Kebonsari, Maron, dan berakhir ke Panggungduwet.

Ketika sudah sampai di Panggungduwet, pada pertigaan berikutnya, kamu dapat mengambil belokan ke arah kanan hingga mencapai pertigaan Pasar Puser. Dari sini, kamu dapat mengambil jalan ke arah kiri dan terus mengikuti jalan menuju Desa Pucanglaban. Setelah mencapai desa ini, kamu dapat meneruskan perjalanan sampai menemui tambak udang, yang merupakan lokasi dari Pantai Pacar.

Sumber: Photo Malang

Untuk kamu yang mengambil jalur keberangkatan dari Tulungagung, kamu harus menempuh perjalanan selama 1 jam dari pusat Kota Tulungagung dengan jarak 35 km. Alternatif rute yang dapat kamu ambil adalah melalui Ngunut. 

Setibanya di pertigaan Pasar Ngunut, kamu bisa mengambil belokan ke kanan dan melanjutkan hingga tiba di pertigaan Pasar Panjerejo. Dari pertigaan Panjerejo, kamu tinggal ambil jalan ke arah kiri. Setelah itu, pada pertigaan besar selanjutnya, ambillah belokan ke kiri dan terus melanjutkan hingga mencapai Desa Pucanglaban dan tambak udang.

Harga Tiket Masuk Pantai Pacar

Tarif untuk masuk ke area pantai ini cukup terjangkau. Baik wisatawan lokal maupun dari luar negeri berkesempatan untuk menjelajahi keindahan pantai ini, meskipun terdapat variasi harga tiket tergantung pada hari tertentu. Pada Senin-Jumat, biaya masuk ke Pantai Pacar adalah sebesar Rp3000 per orang. Namun, saat akhir pekan atau saat hari libur, biaya masuk ke Pantai Pacar naik menjadi Rp5000 per orang.

Sumber: Travel Kompas

Fasilitas Pantai Pacar

Pantai Pacar memiliki fasilitas yang cukup memadai pengunjung menjadi nyaman. Beberapa di antaranya adalah:

1. Area Parkir Kendaraan

Meskipun akses jalannya relatif sempit, Pantai Pacar memiliki ruang parkir yang memadai. Ini memungkinkan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi untuk dengan nyaman memarkirkannya di area yang telah disediakan oleh pengelola.

2. Toilet

Bagi kamu yang ingin menikmati bermain air dan pasir di pantai, tidak perlu khawatir. Pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas toilet yang dapat digunakan oleh para wisatawan. Jadi, setelah bermain pasir dan air di pantai, kamu dapat membilas diri di toilet yang tersedia.

3. Mushola

Selain itu, tersedia pula fasilitas mushola. Pengunjung yang ingin menjalankan ibadah juga dapat menggunakan mushola ini saat berlibur di Pantai Pacar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terlupa waktu beribadah ketika berlibur.

4. Tempat Makan

Setelah puas bermain, pasti akan timbul kebutuhan untuk mengisi tenaga. Pantai Pacar memiliki beragam warung makan milik penduduk setempat yang dapat dikunjungi oleh pengunjung untuk mencicip kuliner khas atau berwisata kuliner.

Sumber: Pantainesia

Berbagai Kegiatan di Pantai

Memancing di Pantai

Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini dengan tujuan untuk melakukan kegiatan memancing. Mayoritas yang terlibat dalam aktivitas memancing adalah warga sekitar. Walaupun demikian, karena tidak ada fasilitas penyewaan alat pancing, para pengunjung dapat membawa peralatan memancing sendiri saat datang ke pantai ini. Kegiatan memancing ini biasanya dilakukan dari puncak bukit.

Berfoto dengan Latar Belakang Pantai dan Air Terjun

Pantai Pacar memiliki daya tarik utama yang terdiri dari kombinasi antara pantai dan air terjun yang menakjubkan. Pemandangan pasir putih yang bersih, air terjun yang mengalir dengan indah, serta warna biru laut dan ombak yang menggulung ke bibir pantai, semuanya merupakan latar yang sempurna untuk kamu abadikan ke dalam foto.

Camping di Kawasan Pantai

Kawasan pantai ini juga cocok untuk kegiatan berkemah. Wisatawan seringkali memanfaatkan lahan yang ada di atas air terjun untuk berkemah. Pengelola tempat wisata telah menyediakan layanan sewa tenda dan matras, sehingga kamu tak perlu khawatir jika ingin bercamping di tempat yang indah ini.

Menyantap Ikan Bakar

Karena kamu dapat memancing di Pantai Pacar, kamu juga dapat menyantap dan membakar ikan hasil tangkapan di sini lho. Biasanya, para wisatawan membawa hasil tangkapan ikan dari memancing mereka untuk kemudian dibakar dan dinikmati bersama teman atau keluarga saat matahari terbenam. Kegiatan ini dapat kamu lakukan sambil duduk santai di tikar di tepi pantai. Pastikan kamu membawa sendiri peralatan yang diperlukan untuk memanggang ikan hasil tangkapan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Seru dan Terjangkau

Demikian informasi Advontura kali ini mengenai Pantai Pacar. Pantai satu ini cukup terkenal di daerah Jawa Timur, tidak ada salahnya jika kamu berkunjung ke pantai satu ini di kala senggang atau ingin menghabiskan waktu liburan. Semoga informasi ini dapat membantu kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Pacar, Pantai yang Cocok Dikunjungi Bersama Pasangan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]