1. Rekomendasi Wisata

5 Wisata Budaya Medan, Ada Tempat Religius sampai Museum

Medan menjadi salah satu kota destinasi karena wisata alamnya. Siapa sangka, di samping wisata alam, ternyata ada juga wisata budaya Medan yang tidak kalah menarik, lho. Kira-kira apa yang membuat wisata budaya ini wajib kamu kunjungi?

Biar tidak penasaran lagi, yuk simak pembahasan Advontura kali ini mengenai 5 wisata budaya Medan!

Daftar Isi

Graha Maria Annai Velangkanni 

Salah satu destinasi wisata budaya terkemuka Medan adalah Graha Maria Annai Velangkanni, sebuah gereja Katolik yang terletak di pinggiran kota Medan. Gereja ini sangat populer sebagai tempat ziarah bagi umat Katolik, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Graha Maria Annai Velangkanni memiliki arsitektur yang unik dibandingkan dengan gereja-gereja Katolik lainnya. Terletak di Jl. Sakura III No. 7-10, Tanjung Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan. Uniknya, arsitektur gereja ini menggabungkan elemen arsitektur Indonesia dengan gaya Indo-Mughal, yang biasa kamu temukan di bangunan-bangunan India.

Sumber: Wikipedia

Gereja ini memiliki struktur dua tingkat, dengan area pertemuan berada di lantai dasar dan tempat ibadah di lantai pertama. Di atasnya, terdapat sebuah menara yang terdiri dari tujuh tingkat, melambangkan keyakinan bahwa surga terbuka untuk semua orang. 

Menara ini mengambil inspirasi dari konsep “Raja Gopuram” dalam arsitektur Hindu. Selain itu, di atas bangunan gereja terdapat tiga kubah yang dibangun dalam gaya arsitektur Mughal, mewakili lambang dari Tritunggal.

Pembangunan gereja ini bermula dari inisiatif bersama warga Tamil di Medan dan Pastor James Bharataputra. Mereka menghadapi kesulitan dalam menjalankan ibadah bersama, sehingga memutuskan untuk membangun gereja ini.

Jika kamu mengamati dengan seksama, gereja ini terhiasi dengan berbagai simbol kepercayaan yang memberikan semangat persatuan. Meskipun kamu mungkin bukan umat Katolik, tetapi mengunjungi tempat ini tetap bisa menjadi pengalaman yang berharga. Selalu penting untuk menjaga ketertiban dan berperilaku sopan saat mengunjungi tempat ini, ya!

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie adalah sebuah bangunan mewah berbentuk mansion yang terletak di Kota Medan. Tempat wisata budaya Medan ini awalnya merupakan mansion milik Tjong A Fie, seorang pedagang sukses pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20. 

Tjong A Fie sendiri adalah salah satu tokoh paling berpengaruh di Kota Medan. Saat ini, bangunan ini telah diubah menjadi sebuah museum yang terbuka bagi publik.

Sumber: Wikipedia

Gaya arsitektur Rumah Tjong A Fie sekilas mirip dengan Cheong Fatt Tze Mansion di Penang, Malaysia, menggabungkan elemen budaya Eropa dan China. Kemiripan ini terjadi karena Tjong A Fie sendiri masih berkerabat dengan Cheong Fatt Tze.

Rumah yang mulai berdiri pada tahun 1895 ini memiliki ukuran luas sekitar 8.000 meter persegi dan terdiri dari dua lantai dengan total 35 kamar. Dua patung besi Foo Lions yang unik di depan pintu utama berfungsi sebagai penjaga. 

Lantai dalam rumah ini terbuat dari ubin Venesia dan dihiasi dengan perabotan lampu yang antik, menciptakan harmoni budaya Cina dan Eropa. Ketika kamu mengunjungi mansion/rumah ini, kamu akan melihat keindahan bangunannya yang menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. 

Tak hanya itu, Museum Tjong A Fie juga hadir sebagai saksi sejarah yang memungkinkan kita memahami lebih lanjut tentang kehidupan dan warisan Tjong A Fie, serta masa-masa bersejarah dari Kota Medan.

Istana Maimun

Istana Maimun adalah sisa peninggalan bersejarah dari Kesultanan Deli dan menjadi salah satu ikon Kota Medan. Dibandingkan dengan bangunan kesultanan lainnya, istana ini memiliki desain yang unik.

Hal tersebut terjadi karena Istana Maimun dibuat oleh seorang arsitek dari Kerajaan Belanda sebagai hadiah untuk Sultan Deli. Keunikan istana ini terletak pada penggabungan unsur-unsur desain interior dari berbagai budaya, termasuk Islam, Melayu, Spanyol, India, Italia, dan Belanda.

Sumber: Wikipedia

Saat ini, istana yang dulu menjadi pusat Kesultanan Deli telah diubah menjadi sebuah museum yang memiliki nilai sejarah tinggi dan menjadi salah satu destinasi wisata budaya Medan. Kamu dapat menjelajahi museum ini dan menyaksikan keindahan serta keragaman budaya yang terpampang di dalamnya. Kamu bisa masuk ke area tempat wisata ini dengan membayar tiket seharga Rp5.000 saja.

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery merupakan sebuah museum yang berasa; dari ide Dr. H Rahmatsyah, seorang pecinta alam yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan tentang pelestarian hewan langka.

Museum ini terletak di Petisah Hulu, Medan Baru, Kota Medan. Konsep berdirinya museum ini sejalan dengan prinsip Safari Club International, di mana mereka menekankan pada pelestarian yang memanfaatkan sumber daya alam. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Juwono Sudarsono, meresmikan museum ini pada tanggal 14 Mei 1999.

Sumber: Wikipedia

Koleksi museum ini diperoleh melalui berbagai cara, seperti hewan yang meninggal di kebun binatang, sumbangan masyarakat, perburuan yang legal, atau pembelian yang sah dari berbagai negara. Terdapat sekitar 500 patung satwa dalam museum ini, yang terbagi berdasarkan tema-tema khusus yang mencerminkan jenis binatang dan habitatnya.

Museum ini terbagi menjadi enam ruang dengan tema berbeda, antara lain “African Big Five” (yang berisi mamalia besar yang berasal dari Afrika), “Birds Kingdom,” “Bear Room,” “Mountain of Goat Night Safari,” “Indonesian Species,” dan “African Roo.”

Kesawan Square

Kesawan Square adalah sebuah kawasan khusus yang terletak di pusat Kota Medan. Kawasan ini merupakan wisata budaya Medan yang harus kamu kunjungi jika mengunjungi ibu kota Sumatera Utara ini.

Terletak di Kesawan, Medan Barat, Kesawan Square beroperasi mulai jam 19.00 hingga 22.00 WIB. Tempat ini terdiri dari berbagai bangunan dengan arsitektur yang berasal dari masa penjajahan dan telah direvitalisasi menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di Kota Tua Medan. Pada malam hari, Kesawan Square menjadi hidup dengan pedagang kaki lima dan penjual makanan yang berjejer di sepanjang jalannya.

Sumber: Universitas Sumatera Utara

Selama beberapa tahun terakhir, Kesawan Square telah menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung, terutama kalangan muda, sebagai pusat kuliner dan hiburan akhir pekan. Pada tahun 2021, Wali Kota Medan, Bobby, meresmikan tempat ini sebagai pusat kuliner Medan yang terkenal sebagai “The Kitchen of Asia.”

Dengan atmosfer yang meriah dan berbagai pilihan kuliner yang lezat, Kesawan Square telah menjadi tempat yang tak tergantikan bagi turis dan penduduk setempat.

Baca Juga: Pantai Ngliyep Malang: Rute, Tiket Masuk, dan Kegiatan Menarik

Mulai dari para pengunjung yang ingin mengeksplorasi sejarahnya hingga mereka yang mencari kenikmatan kuliner, Kesawan Square menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi siapa pun yang datang berkunjung.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Wisata Budaya Medan, Ada Tempat Religius sampai Museum

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]