1. Danau

Tlogo Putri Kaliurang: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Jika kamu akan berkunjung ke Yogyakarta, maka bisa menyempatkan diri untuk bermain ke wilayah Kaliurang. Kawasan satu ini terkenal sebagai kawasan “Puncak”-nya dari Yogyakarta karena banyak destinasi wisata dan berudara sejuk

Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Tlogo Putri Kaliurang. Seperti apa kira-kira tempat wisata satu ini? Yuk untuk kamu yang penasaran, baca artikel Advontura kali ini!

Sekilas Mengenai Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang termasuk sebagai wisata alam karena tempat wisata ini berada di bukit Plawangan di lereng selatan Gunung Merapi. Pada tahun 1980-an, Tlogo Putri Kaliurang terkenal sebagai kolam renang umum. Namun akhirnya, kolam renang tersebut tutup setelah munculnya berbagai kolam renang di kawasan Yogyakarta. Puncaknya setelah Yogyakarta terkena gempa pada tahun 2006. Kolam renang tutup, kemudian pihak pengelola mengubah menjadi destinasi wisata baru yang dilengkapi berbagai wahana. 

Daya Tarik Tlogo Putri Kaliurang

Pihak pengelola destinasi wisata berinovasi untuk menarik perhatian wisatawan dan terbilang sukses. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan panorama dan bersenang-senang dengan berbagai jenis permainan yang tersedia. 

Wisatawan dapat menikmati berbagai wahana seperti kano, naik bebek air di sekitar telaga, dan flying fox. Selain itu, terdapat juga atraksi menarik berupa Air Terjun Tlogo Muncar yang tersembunyi di dalam hutan lereng bukit Gunung Merapi. Suara gemuruh air tlogo atau air terjun, bersama dengan udara sejuk, memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk bersantai dan melepas penat. Daerah hutan yang dikelola langsung oleh Perhutani juga dapat dijelajahi oleh para wisatawan.

Sumber: Salsa Wisata

Di sekitar kawasan ini, kamu juga dapat melihat sekelompok monyet yang ramah pada para wisatawan. Pada hari Minggu, Tlogo Putri kerap menyelenggarakan pertunjukan seni seperti campur sari, orkes Melayu, dangdutan, jathilan, topeng ireng, hingga kubro siswo secara bergantian, memberikan hiburan bagi para wisatawan. 

Berbagai warung makan dan toko oleh-oleh dapat dengan mudah kamu temukan di sekitar area ini. Sate kelinci, bakmi Jawa, wajik, dan jadah tempe adalah beberapa menu kuliner khas yang dapat kamu nikmati di kawasan wisata ini.

Bagi kamu yang berencana menginap, tersedia berbagai jenis akomodasi di sekitar Tlogo Putri Kaliurang, mulai dari hotel melati hingga hotel berbintang. Fasilitas tambahan seperti area trekking, mushola, toilet, area parkir, dan taman berma juga tersedia untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Mitos Tentang Telaga

Telaga ini memiliki mitos menarik yang menyebutkan bahwa tempat ini adalah tempat mandi para bidadari dari kayangan, sehingga kemudian dikenal dengan sebutan Tlogo Putri. Kata “Tlogo” sendiri berasal dari bahasa Indonesia yang artinya telaga atau danau, sedangkan kata “Putri” yang menyertainya mengacu pada makna sebenarnya, yaitu putri. Salah satu mitos lain yang sering diceritakan adalah bahwa siapa pun yang mencuci wajahnya di sana dapat memperoleh keabadian.

Sumber: Antara News

Pada dekade 1980-an, Tlogo Putri Kaliurang pernah berubah menjadi kolam renang umum dan menjadi populer, tetapi akhirnya tutup setelah munculnya destinasi wisata lain di sekitar Yogyakarta. Puncaknya terjadi saat gempa melanda Yogyakarta pada tahun 2006, yang menyebabkan penutupan kolam renang. Setelah itu, pihak pengelola memutuskan untuk mengubahnya menjadi destinasi wisata baru dengan berbagai wahana yang lebih menarik, dan hal ini ternyata berhasil.

Lokasi Tlogo Putri

Objek wisata ini terletak di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Kamu di sini tidak hanya dapat menikmati keindahan wisata air, tetapi juga wisata alam, karena tempat ini terletak di sebuah bukit yang dikenal sebagai Plawangan, yang terletak di lereng selatan Gunung Merapi.

Sumber: Visitingjogja

Jarak perjalanan menuju Tlogo Putri Kaliurang dari Kota Yogyakarta mencapai sekitar 27,7 kilometer dengan estimasi waktu tempuh sekitar satu jam. Rute perjalananmu akan melewati beberapa jalan utama seperti Jalan. Mataram, Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Surono, Jalan Cik Di Tiro, Jalan Persatuan, Jalan Jembatan Baru UGM, Jalan Monjali, Jalan Palagan Tentara Pelajar, Jalan Pakem-Turi, Jalan Watu Gendong, Jalan Boyong, dan akhirnya Jalan Tlogo Putri.

Harga Tiket

Untuk menyaksikan keindahan Tlogo Putri Kaliurang, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp6.000 per orang. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor, Rp10.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus. Tarif parkir ini berlaku selama jam kunjungan. 

Sumber: Yogyes

Jika kamu berkunjung ke tempat ini, kamu juga dapat menikmati wahana permainan dan berkeliling menggunakan jeep. Harga sewa wahana, seperti skuter maupun perahu bebek mulai dari Rp10.000. Untuk wisata jeep, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp300.000-Rp500.000.

Jam Buka Tlogo Putri Kaliurang 

Tlogo Putri buka mulai dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB, sehingga pengunjung memiliki kebebasan untuk mengatur kunjungannya sesuai dengan jam buka. Tempat wisata ini cenderung ramai terutama pada akhir pekan. Bagi kamu yang ingin pengalaman lebih tenang, kamu dapat mengunjungi Tlogo Putri pada pagi hari.

Baca Juga: Pantai Ngandong: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik Wisatanya

Demikian pembahasan Advontura mengenai Tlogo Putri Kaliurang. Menarik untuk kamu kunjungi bersama keluarga kan? Semoga penjelasan kali ini dapat membantu kamu ketika berkunjung ke tempat wisata satu ini.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tlogo Putri Kaliurang: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]