1. Tips Wisata

10 Tips Touring Motor Supaya Perjalanan Aman dan Nyaman

Pernahkah kamu berpikir untuk menenangkan pikiran dengan mengendarai motor sembari mengelilingi kota? Ternyata kegiatan tersebut cukup membantu. Apalagi, jika kamu melakukan touring dengan perjalanan yang jauh, dari satu kota ke kota lainnya. Kegiatan touring memang sangat mengasyikkan, tapi kamu perlu beberapa tips touring motor supaya perjalananmu aman dan nyaman.

Pada kesempatan kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa tips touring motor supaya perjalananmu tetap aman dan nyaman. Apa saja ya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Menjaga Kondisi Tubuh Sebelum Berangkat

Tips touring motor yang pertama adalah menjaga kondisi tubuh sebelum berangkat. Sebelum melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor, kamu harus sadar untuk menjaga kebugaran fisik supaya tetap sehat. Kamu dapat menghindari tidur terlalu pagi sebelum melakukan perjalanan karena tubuh membutuhkan istirahat yang cukup. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemanasan dan olahraga ringan sebelum berangkat untuk mempersiapkan otot-otot tubuh dan menjaga kebugaran sebelum akhirnya duduk di atas kendaraan selama berjam-jam.

2. Menggunakan Perlengkapan Keselamatan

Pastikan kamu menggunakan perlengkapan keselamatan yang sesuai dan dalam kondisi bersih. Kamu dapat menggunakan helm full face, sarung tangan dengan penutup jari dan telapak tangan yang nyaman, serta jaket dan sepatu yang nyaman. Hal tersebut supaya ketika jatuh maka badanmu terlindungi dari aspal jalanan. 

Sumber: Unsplash

Penting untuk kamu ingat bahwa penggunaan perlengkapan keselamatan saat berkendara menjadi suatu kewajiban untuk mengurangi risiko cedera akibat kecelakaan. Kamu juga dapat menggunakan jaket yang memiliki warna terang atau dilengkapi dengan reflektor supaya dapat terlihat dengan jelas pada malam hari. Jangan lupa juga untuk selalu membawa jas hujan setelan lengkap untuk mengantisipasi cuaca yang hujan yang turun di tengah perjalanan.

3. Cari Tahu Rute Terlebih Dahulu

Agar perjalanan touring motor menjadi lebih menyenangkan, kamu juga harus mengenal lokasi tujuan dengan baik. Sebelum berangakat, kamu harus tahu informasi mengenai objek wisata yang akan dikunjungi, mulai dari harga tiket masuk, daya tariknya, dan kondisi sekitarnya. Selain itu, pastikan kamu memiliki pemahaman yang baik tentang rute perjalanan yang akan kamu tempuh. Kamu dapat mencari informasi ini melalui Google Maps, bertanya kepada teman yang pernah melakukan perjalanan serupa, atau bergabung dengan komunitas touring motor yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

 

4. Pastikan Motor dalam Keadaan Baik

Sebelum melalukukan touring, kamu harus memastikan bahwa motor yang akan kamu kendarai dalam keadaan yang prima dan tidak mengindikasikan masalah. Kamu harus memastikan setiap komponen motor bekerja dengan baik dan dalam kondisi prima. Jika perlu, kamu dapat membawa motor yang akan digunakan ke bengkel beberapa hari sebelum berangkat. 

Sumber: Unsplash

Periksa kondisi mesin, tingkat oli, serta rem depan dan belakang. Kamu juga perlu memeriksa lampu depan dan belakang, serta lampu isyarat bahwa berfungsi dengan baik. Selain itu, penting untuk memahami dan menguasai kendaraan yang kamu kendarai serta fitur-fitur yang ada supaya perjalanan berjalan lancar dan nyaman.

 

5. Sisihkan Waktu untuk Beristirahat

Salah satu faktor utama penyebab kecelakaan adalah kelelahan pengemudi yang mengantuk. Jika perjalanan touring berlangsung dalam beberapa hari, penting untuk mengalokasikan waktu istirahat semalam. Jika kamu merasa tubuhmu mulai lelah atau mengantuk, segera cari lokasi yang nyaman untuk beristirahat atau tidur, seperti area pom bensin, pelataran mushola atau masjid, atau penginapan terdekat.

Untuk itu, penting untuk memperkirakan waktu tempuh perjalanan dan mencari informasi mengenai tempat penginapan yang tersedia di sepanjang rute yang akan kamu lalui. Jika memungkinkan, hindari berkendara hingga larut malam atau dini hari agar tubuh kamu dapat beristirahat dengan cukup dan tetap memiliki energi untuk melanjutkan perjalanan.

6. Membawa Bekal

Sediakan bekal makanan dan minuman untuk perjalanan agar kamu tidak kelaparan atau kehausan di tengah perjalanan. Selain itu, kamu harus mengetahui lokasi tempat makan yang dapat dijadikan pilihan selama perjalanan. Kamu dapat mencari tahu makanan apa saja yang tersedia, mulai dari harga, serta tempatnya. 

Sumber: Unsplash

Meskipun status pandemi sudah diangkat, kamu juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan menggunakan, hand sanitizer, masker, dan mencuci tangan dengan sabun sampai bersih. Jangan lupa, untuk memperhatikan kehigienisan tempat kamu makan ya!

7. Mempersiapkan Pakaian Ganti

Untuk perjalanan jauh dengan sepeda motor, penting untuk membawa beberapa set pakaian cadangan yang disimpan dalam tas anti-air. Pakaian cadangan ini dapat kamu pakai jika pakaian yang kamu kenakan basah karena hujan, cipratan air, atau keringat. Jika kamu teteap menggunakan pakaian basah ketika berkendara, maka kamu dapat terkena masalah kesehatan, oleh karena itu pakaian cadangan menjadi elemen terpenting ketika touring.

8. Persiapkan Surat Kendaraan dan Identitas 

Tips touring motor selanjutnya adalah kamu perlu membawa surat-surat kendaraan yang lengkap seperti SIM, STNK, dan KTP yang masih berlaku. Kebanyakan pengendara tidak mempersiapkan surat-surat tersebut sehingga kadang perjalanan bisa terganggu. Selalu periksa keberadaan dokumen-dokumen ini sebelum berangkat touring. Selain itu, bawa juga salinan dokumen-dokumen tersebut untuk berjaga-jaga jika kamu kehilangan.

Sumber: Unsplash

9. Membawa Dana Darurat

Sediakan uang yang cukup untuk keperluan darurat ketika melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Kamu dapat membawa uang secukupnya, tapi tidak ada salahnya untuk berjaga jaga. Jika kamu merasa membawa uang tunai sangat beresiko, kamu dapat top-up saldo e-wallet terlebih dahulu sebelum berangkat. Uang elektrik ini akan memudahkanmu juga ketika berkendara. Pastikan kamu menyimpan uang tunai dengan aman dan tidak terlihat oleh orang lain.

10. Membawa kotak P3K

Selalu bawa kotak P3K yang berisi obat-obatan dasar dan peralatan kesehatan seperti perban, betadine, dan lainnya. Kotak P3K ini sangat penting untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan atau kondisi darurat lainnya selama perjalanan. Pastikan kamu memahami penggunaan dan cara mengatasi keadaan darurat yang mungkin terjadi.

Sumber: Unsplash

Baca Juga: Pantai Nglambor Yogyakarta, Pantai Surga Snorkeling Dunia

Beberapa tips yang sudah Advontura sebutkan di atas hanya sebagian kecil dari hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum touring. Kegiatan touring motor memang menyenangkan tapi tidak dipungkiri juga memiliki resiko yang tidak kecil. Semoga beberapa tips yang sudah Advontura berikan dapat membantumu. Selalu jadi pengendara yang bertanggung jawab ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Tips Touring Motor Supaya Perjalanan Aman dan Nyaman

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]