1. Tips Wisata

10 Tips Solo Traveling yang Harus Diketahui Para Pemula

Musim liburan sudah tiba. Pasti kamu sudah menyiapkan daftar destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi, kan? Di sisi lain, tidak ada orang yang dapat kamu ajak untuk berpergian. Tenang saja, kamu tetap dapat berpergian sendiri atau sering disebut sebagai solo traveling.

Bagi kamu yang baru mengenal istilah ini, yuk merapat! Kali ini, Advontura akan memberimu 10 tips solo traveling yang bikin pengalaman berwisatamu makin aman dan nyaman. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Cari Tahu Tentang Destinasi yang Kamu Tuju

Tentu saja hal paling utama adalah mengetahui destinasi yang kamu tuju. Pastikan kamu benar-benar mengetahui tempat wisata ini, mulai dari apa yang kamu cari di tempat tersebut, akomodasi apa yang perlu dipersiapkan, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan, berapa budget yang perlu dikeluarkan, serta berbagai aspek-aspek lainnya.

Sumber: freepik

Dengan mencari tahu terlebih dahulu, kamu dapat membuat rincian rencana perjalanan lebih detail dan lengkap. Hal ini sangat penting karena mengingat kamu akan sendirian ketika melakukan traveling. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mengetahui secara lengkap.

2. Membuat Rencana Perjalanan

Setelah mencari tahu lebih dalam tentang destinasi wisata yang dituju, kamu dapat membuat rencana perjalanan. Beberapa hal yang perlu kamu rinci mencakup jadwal kegiatan dan tempat apa saja yang akan kamu kunjungi. Jadwal kegiatan akan membantumu lebih terarah ketika berkunjung ke suatu tempat wisata, terlebih jika kamu mengunjungi suatu tempat untuk mengunjungi beberapa destinasi wisatanya. 

 

Sumber: freepik

Kamu dapat mengestimasi berapa lama waktu yang kamu tempuh dan berapa lama waktu kamu akan berkegiatan. Waktu wisatamu dapat terorganisir dengan baik dan semua tempat wisata yang ada di wishlist-mu dapat kamu kunjungi.

3. Persiapkan Obat-obatan Pribadi

Tips solo traveling selanjutnya adalah mempersiapkan obat-obatan pribadi. Hal ini sangat krusial, terutama jika kamu memiliki penyakit bawaan. Berpergian sendiri tentunya akan berbeda dengan berpergian bersama orang lain. Kamu harus mempersiapkan kondisi jiwa dan raga yang prima. Namun, tidak dipungkiri akan ada hal yang berada di luar kendali. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membawa obat-obatan pribadi sebagai langkah preventif.

Sumber: freepik

Baca Juga: Staycation: Alternatif Liburan Menarik Terbaru 2022

4. Membuat Estimasi Pengeluaran

Selanjutnya adalah membuat estimasi pengeluaran. Meskipun kamu solo traveling, bukan berarti kamu dapat menghambur-hamburkan uang dan tidak bijak dalam mengatur keuangan. Estimasi pengeluaran ini penting karena membantumu untuk mengira-ngira berapa besar pengeluaran, mulai dari pengeluaran makan-minum, transportasi, sampai penginapan.

Sumber: freepik

Hal ini juga membantumu untuk membawa uang secukupnya. Sebagai tambahan, kamu juga dapat memperhitungkan uang darurat ketika solo traveling untuk kebutuhan-kebutuhan tidak terduga. Jangan sampai kegiatan berwisata yang harusnya membuat kamu segar menjadi beban pikiran di akhir karena sirkulasi keuanganmu yang terganggu.

5. Mencari Tahu Tentang Transportasi yang Tersedia

Transportasi adalah salah satu hal penting ketika kamu berwisata atau traveling. Ketika kamu mengetahui transportasi apa saja yang tersedia, kamu dapat melakukan mobilitas dengan lebih mudah dan terukur. Mudah di sini mengarah pada rute mana yang perlu kamu tempuh dan moda transportasi apa yang perlu kamu ambil.

Sumber: freepik

Baca Juga: Tips Liburan dengan Campervan, Pasti Bakalan Seru Banget !

Sedangkan terukur mengarah pada estimasi waktu dan berapa besar dana yang dialokasikan untuk transportasi. Hal ini juga terbilang penting karena saat ini banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mematok harga tidak lazim pada wisatawan atau bahkan melakukan tindak kejahatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui moda transportasi yang akan kamu gunakan ketika solo traveling.

6. Mencatat Nomor Darurat

Tentu kita tidak mau kegiatan wisata terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kita tidak dapat memprediksi kejadian yang tidak terduga. Oleh karena itu, kita harus bersiap siaga dalam setiap keadaan. Salah satunya adalah dengan mencatat nomor-nomor darurat. Kamu dapat mencatat nomor-nomor orang terdekat yang mudah kamu jangkau.

Sumber: freepik

7. Berinteraksi dengan Warga Lokal

Jika kamu melakukan solo traveling, tentu kamu akan melakukan apa-apa sendiri. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berinteraksi dengan warga lokal. Hal ini tentunya akan sangat membantumu ketika melakukan solo traveling. Kamu dapat menanyakan berbagai rekomendasi tempat wisata terbaik, kuliner lokal, penginapan, sampai moda transportasi. Selain itu, kamu juga dapat menjalin relasi baru dengan warga-warga sekitar, bahkan mereka dapat membantumu suatu saat ketika kamu sedang kesulitan.

Sumber: freepik

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Majalengka Paling Hits dan Mempesona 2022

8. Mempersiapkan Dokumentasi

Kamu perlu mendokumentasikan berbagai kegiatan akan kamu lakukan di tempat-tempat wisata tujuan. Biasanya, orang akan lupa mendokumentasikan momen karena sedang sendirian. Kamu dapat mempersiapkan kamera pocket, DSLR, atau kamera handpone. Jika kamu mau, kamu juga dapat menyewa kamera supaya kamu dapat mendokumentasikan foto-foto terbaik. Sayang banget ga sih liburan tapi ngga ada foto-fotonya.

Sumber: freepik

9. Mencoba Makanan Khas

Karena kamu sedang solo traveling, kamu juga harus mencoba kuliner khas daerah yang kamu kunjungi. Contohnya, jika kamu sedang mengunjungi Yogyakarta, kamu dapat mencoba gudeg atau kamu juga dapat mengunjungi berbagai restoran otentik di Yogyakarta, salah satunya adalah The House of Raminten. Meskipun mungkin ada makanan daerah lain di tempatmu, cita rasa asli daerah tentu akan jauh berbeda.

Sumber: freepik

10. Jangan Lupa Selalu Menyalakan Lokasi

Salah satu tips sepele yang mungkin sering orang lupa ketika solo traveling adalah selalu menyalakan lokasi di handphone. Tips bertujuan untuk memberi tahu lokasimu ke orang-orang terdekat supaya ketika terjadi sesuatu lokasi kejadian akan ketahuan dari lokasi yang kamu bagikan ke orang terdekat. Hal ini juga membantumu ketika kehilangan handphone. Kamu dapat melacak posisi handphonemu terakhir hilang. Handphone adalah salah satu alat terpenting ketika kamu melakukan solo traveling. Tanpa handphone kamu dapat sangat kesusahan. Oleh karena itu, kamu harus bersiap pada berbagai kemungkinan.

Sumber: freepik

Solo traveling mungkin terdengar susah dilakukan dan merepotkan. Jika kamu mempersiapkan dengan baik dan tahu apa saja yang dibutuhkan, kamu tidak akan merasa kerepotan dan siap sedia pada berbagai kemungkinan. Solo traveling juga cukup membantumu untuk berpikir cepat dan siap dengan berbagai segala keadaan.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Wonosobo Hits yang Wajib Dikunjungi

Demikian 10 tips solo traveling dari Advontura yang para pemula harus tau. Jangan khawatir untuk mencoba solo traveling karena sekali kamu mencoba kamu akan ketagihan!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Tips Solo Traveling yang Harus Diketahui Para Pemula

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]