Ingin Berlibur ke Pulau Harapan ? Ini Harga Open Tripnya

Pulau Harapan Kepulauan Seribu
Daftar isi

Wisata Pulau Harapan adalah salah satu dari gugusan pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau Harapan Kepulauan Seribu ini mempunyai keadaan alam yang masih sangat terjaga dan kondisi yang lebih tenang daripada gugusan pulau lainnya.

Lokasi Pulau Harapan Kepulauan Seribu berada di tempat yang strategis karena dekat dengan beberapa pulau wisata lainnya seperti Pulau Pramuka, Pulau Putri, Pulau Sepa dan Bandar Udara di Pulau Panjang, membuat tempat ini tidak pernah sepi dari para turis. Baik turis dalam maupun luar negeri.

Keindahan, ketenangan dan berbagai fasilitas wisata yang ada di pulau ini, membuatnya menjadi salah satu destinasi menarik bagi Anda yang berlibur di alam bebas. Yuk simak informasinya lebih lanjut lewat artikel di bawah ini.

Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Wisata di Pulau Harapan Seribu
Wisata Pulau Harapan (Photo by bisniswisata.co.id)

Pulau Harapan termasuk pulau penduduk. Penduduk di sini pun masih sangat menjaga keadaan alam sembari menggantungkan diri pada sektor wisata pulau ini. Oleh karena itu banyak fasilitas yang dibuat agar para wisatawan tidak bosan berkunjung ke sini.

Berikut adalah beberapa pilihan wisata dan kegiatan yang bisa Anda rasakan selama berkunjung ke pulau versi Advontura.

Artikel Terkait

Snorkeling dan Scuba Diving

Air di pulau ini terbilang sangat jernih dan terjaga. Anda masih bisa melihat jelas berbagai hewan laut dan terumbu karang warna-warni. Tentu saja pengalaman ini tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Bagi Anda yang datang bersama dengan travel, selain di pulau ini biasanya Anda akan diantar ke Pulau Genteng kecil dan Pulau Macan Tutul untuk mencari spot menyelam lainnya.

Hopping Island

Hopping Island atau berkeliling pulau-pulau menjadi salah satu pilihan wisata yang digemari banyak orang. 

Biasanya Anda akan diajak berkeliling menggunakan perahu tradisional di beberapa pantai lain selain di pulau ini. Pulau yang biasanya dihampiri ada Pulau Putri dan Pulau Sepa yang memang berdekatan dengan Pulau Harapan.

Pergi ke Penangkaran Penyu

Kepulauan Seribu termasuk kawasan Taman Nasional. Di sini terdapat tempat konservasi hewan laut yang mulai langka, seperti penyu hijau dan penyu sisik.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar dan mengunjungi penyu-penyu ini, Anda bisa menempuh perjalanan darat menggunakan jembatan yang sudah disediakan pemerintah dari Pulau Harapan ke Pulau Kelapa.

Di tempat konservasi ini Anda bisa melihat dan belajar bagaimana cara budidaya penyu, proses reproduksi penyu dan kegiatan favorite para wisatawan yaitu pelepasan penyu ke laut.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Kondisi geografis pulau yang memang cantik, membuat para pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam tanpa dan penghalang.

Pandangan luas dan lebar, membuat pengalaman melihat matahari terbit dan terbenam di sini menjadi sangat berharga. Bahkan, orang yang biasanya tidak suka berfoto akan tergoda untuk mengambil gambar.

Selain berfoto, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di sini sambil duduk-duduk atau baring-baring di pinggiran pantai.

Kuliner Masakan Laut Segar

Kondisinya yang dekat dengan laut, membuat masakan-masakan laut di sini selalu segar dan dijamin lebih enak.

Anda juga tidak akan kesulitan mencari restoran atau warung makan yang menyediakan berbagai kuliner masakan atau jajanan laut. Namun, Anda tetap perlu pilih-pilih karena harga makanan dan jajanan yang dekat pantai cenderung lebih mahal.

Baca juga: Taman Nasional Pulau Komodo: Wisata Keajaiban Dunia

Open Trip Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Pulau Harapan Kepulauan Seribu
Pulau Harapan (Photo by avalindovacation.com)

Open Trip Pulau Harapan atau Paket Wisata Pulau Harapan dapat Anda temui di berbagai tempat. Tarif dan fasilitasnya juga sangat beragam, antara travel satu dan yang lainnya. 

Namun kebanyakan setiap travel dengan paket wisata Pulau Harapan sudah mencakup beberapa fasilitas umum seperti transportasi kapal pulang-pergi (baik itu kapan ferry atau speedboat), penginapan yang dekat dengan pantai, konsumsi, fasilitas jelajah pulau, guide yang berpengalaman, kamera bawah air, kapal dan perlengkapan snorkeling dan scuba diving, barbeque dan asuransi.

Untuk tarifnya, biasanya ditentukan dengan banyak orang yang ikut, berapa lama tinggal dan paket apa yang dipilih. Karena ada beberapa travel yang memberikan paket privat bagi para pengunjung.

Biaya paling murah untuk dua orang selama dua hari satu malam biasanya sebesar Rp 850.000,00 dan paling mahal untuk dua orang tiga hari dua malam berkisar antara Rp 1.650.000,00 hingga Rp 2.000.000,00.

Beberapa rekomendasi travel yang bisa Anda pilih adalah Sahila Tour, Tour de Java, Pulau Seribu Travel atau Anda bisa langsung menuju website Pulau Seribu.

Backpacker ke Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Khusus bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pulau dengan biaya lebih murah dan lebih bebas, pergi ke sini dengan Backpacker bisa jadi pilihan yang menarik.

Namun disamping biaya yang lebih murah dan waktu yang lebih bebas, ada hal yang harus Anda ketahui dan siapkan sebelum berlibur. Berikut Advontura berikan tips dan triknya.

Gunakan Promo Paket Wisata Pulau Harapan

Meski backpacker, Anda masih tetap bisa memanfaat promo jasa travel. Kalau Anda beruntung, Anda bahkan bisa mendapat potongan harga sebesar Rp 350.000,00. Lumayan bukan?

Rencanakan Perjalanan dan Keuangan dengan Matang

Tahap ini bisa sangat penting bagi Anda. Kalau tidak matang, Anda bisa mengeluarkan lebih banyak uang daripada menggunakan travel lho.

Biasanya perjalanan ke Pulau Harapan dimulai di kali Adem atau Marina Ancol. Kali Adem Anda bisa menyiapkan uang Rp 100.000,00 per orang untuk pulang pergi. Dari Marina Ancol Anda harus menyiapkan uang Rp 200.000,00 per orang dengan kapal cepat dan Rp 60.000,00 per orang untuk kapal biasa. 

Atau Anda bisa transportasi umum dengan kapal KM Sabuk Nusantara 46 hanya dengan Rp 15.000,00 per orang sekali jalan. Kapal ini berkapasitas 150 orang dan di sini Anda mulai bisa berkenalan dengan beberapa orang setempat.

Cari Kenalan Penduduk atau Guide Lokal

Ini adalah salah satu tips yang paling ampuh tapi memang sedikit susah. Biasanya para penduduk setempat bisa membantu Anda untuk melobi beberapa penginapan dan mencarikan tempat makanan yang enak dan lebih murah.

Namun memang cara ini gampang-gampang susah untuk dilakukan. So, good luck ya Sobat Advontura!

Hindari Menginap di Hotel

Hotel di sekitar pantai cenderung mahal, oleh karena itu Anda bisa menggunakan losmen atau bahkan berkemah di tepi pantai. Jangan khawatir kalau kemah sendirian, karena memang banyak orang suka berkemah di sini. 

Hindari Restoran Dekat Pantai

Sama seperti hotel, rumah makan dan restoran yang dekat dengan pantai akan jauh lebih mahal daripada rumah makan yang agak jauh dari pantai. Untuk itu, disarankan bagi Anda yang memang ingin jalan-jalan hemat bisa berjalan sedikit ke belakang pantai untuk mencari rumah makan.

Hotel di Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Terdapat beberapa rekomendasi hotel atau homestay bagi Anda yang berencana menginap di pulau ini. Beberapa rekomendasinya antara lain Harapan Solata Homestay, Penginapan Homestay Pulau Harapan, Delisa Homestay dan lain sebagianya. Biaya yang perlu disiapkan untuk biaya penginapan yang paling murah adalah Rp 600.000,00.

Larangan di Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Bagi Anda yang ingin datang berlibur, yuk ketahui terlebih dahulu larangan dan batasan untuk menikmati keindahan pantai ini.

Jangan Buang Sampah Sembarang

Pulau ini termasuk pulau penduduk dan kita adalah tamunya. Jadi, alangkah lebih baik kalau kita bisa turut menjaga lingkungan bersama-sama. Simpan sampah Anda, kumpulkan, lalu buang di tempat sampah yang telah disediakan.

Memegang dan Merusak Biota Laut Seenaknya

Kawasan Pulau Harapan Kepulauan Seribu termasuk bagian dari Taman Nasional. Merusak dan memegang biota laut bisa berbahaya bagi Anda dan lingkungan. Selain hukuman pidana, Anda bisa terluka hewan laut merasa terancam karena tingkah Anda.

Menyelam Sendirian

Menyelam sendiri tanpa alat bantu atau orang yang profesional adalah tindakan berbahaya. Walau sedang berlibur, tetap sayangilah diri sendiri dan hormati lingkungan sekitar Anda.

Demikian informasi lengkap tentang pilihan wisata, paket wisata, tips wisata backpacker, hotel terdekat dan larangan di Pulau Harapan Kepualau Seribu. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung mencari tempat liburan atau bagi anda yang berencana datang ke sini. Sampai jumpa di artikel wisata Indonesia lainnya!

Baca juga: Pulau Tidung – Kegiatan Menarik & Penginapan Terdekat

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *