Hutan Pinus Pengger Jogja – Tiket Masuk & Lokasinya

wisata hutan pinus pengger
Photo by alodiatour.com
Daftar isi

Hutan Pinus Pengger Jogja merupakan salah satu destinasi wisata populer di kalangan orang Yogyakarta maupun wisatawan luar kota. Menawarkan keindahan alam yang jarang kita temui, kawasan ini bisa menjadi alternatif liburan Anda di Tahun Baru Imlek 2021.

Dulunya hutan pinus memang identik dengan tempat seram. Namun melalui proses pengembangan dengan menambahkan berbagai instalasi seni, tempat ini menjadi sangat indah dan aesthetik.

Berada di perbukitan di atas kota Jogja, pemandangan yang ditawarkan dari tempat ini juga tidak setengah-setengah. Apalagi ketika malam hari, Anda bisa menikmati “Kerlip City Light Yogyakarta” dari sini. Tertarik untuk berkunjung? Yuk simak artikel ini terlebih dulu untuk mendapatkan informasi penting dan terbarunya!

Lokasi Hutan Pinus Pengger Jogja

Kawasan hutan ini berada di kawasan perbukitan yang asri dengan udara yang sejuk dan bersih. Pepohonannya yang tinggi menjulang dan aroma harum getah pinus membuat hawa menjadi lebih teduh serta menenangkan.

Para pengunjung akan diajak untuk berkeliling dan melihat berbagai instalasi seni yang kaya makna melalui jalan setapak di antara para pohon. 

Artikel Terkait

Mengingat area ini merupakan perbukitan yang bergelombang, ada baiknya untuk menggunakan alas kaki yang nyaman agar pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan dan Anda juga tetap aman. 

Lokasi Hutan Pinus Pengger Yogyakarta berada di wilayah Kecamatan Dlingo paling utara yaitu, Pathuk Gunung Kidul.

Secara administrasi pemerintahan, alamatnya ada di Jalan Dlingo-Pathuk, Pantirejo, Terong, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Jarak lokasi ini dari pusat kota sejauh 24 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Jalanan menuju lokasi ini juga sudah bagus dengan jalan yang rata dan pemandangan alamnya yang akan memanjakan Anda dalam perjalanan.

Dari kota Yogyakarta, Anda bisa masuk ke arah Jalan Wonosari dan mulai mengambil jalur ke Bukit Bintang. Setelah sampai di perempatan Koramil Pathuk, lihat rambu dan berkendaralah menuju kecamatan Dlingo selama 4,5 kilometer.

Wisata Hutan Pinus Pengger Dlingo

wisata Hutan Pinus Pengger Jogja
Wisata di Hutan Pinus Pengger (Photo by travelspromo.com)

Melalui pengembangan yang telah dilakukan, berbagai kegiatan wisata Hutan Pinus Pengger Dlingo sudah dapat dinikmati di sini. Berikut, Advontura ringkas rekomendasi aktivitas liburan untuk Anda dan keluarga!

Berburu Foto Di Instalasi Seni

Selain pemandangan alamnya, lokasi ini terkenal dengan berbagai instalasi seni yang terbuat dari ranting kayu dan dibentuk sedemikian rupa. Mulai dari tangan raksasa, jembatan kayu, rumah pohon, sapu terbang, sangkar burung, gapura dan lubang raksasa. Uniknya, itu semua yang bisa dinikmati secara gratis. 

Meskipun terbuat dari ranting kayu, hasilnya sangat keren bahkan salah satunya menjadi gardu pandang dengan latar belakang hijaunya kota Yogyakarta.

Tidak ada tarif tiket khusus ada wahana ini. Namun, alangkah lebih baiknya kalau Anda bisa membayar biaya perawatan instalasi seni seikhlasnya.

Bagi para pengunjung yang ingin mencoba wahana ini, cobalah untuk datang lebih awal dan pastikan kalau cuaca cerah dan tidak hujan. Karena selain agar foto yang di dapat lebih bagus, Anda juga menjadi lebih nyaman.

Menikmati Senja di Antara Pohon Pinus

Selain berfoto ria, banyak juga orang yang datang hanya sekedar untuk menikmati sensasi matahari tenggelam di antara lebatnya pohon pinus.

Cahaya jingga matahari yang menembus sela dedaunan sambil diselimuti hawa sejuk dan teduh membuat pengalaman ini sayang sekali untuk dilewatkan. 

Baca juga: Hutan Pinus Mangunan Jogja: Tiket Masuk dan Fasilitas

Pemandangan Hutan Pinus Pengger di Malam Hari

Pemandangan Hutan Pinus Pengger di malam hari juga tidak dapat diremehkan. Tempatnya yang berada di perbukitan, membuat Anda bisa melihat Kerlip City Light Yogyakarta yang begitu indah dan menentramkan. Berbagai spot foto yang mempunyai latar belakang kota Yogyakarta pun terlihat semakin cantik nan semarak. 

Sedangkan bagi Anda yang tidak photogenic, bersantai dan mengobrol sambil menikmati kopi hangat juga bisa menjadi pilihan kegiatan liburan nya di malam hari.

Berkemah di Antara Pohon Pinus

Bagi Anda yang suka berkemah, para pengunjung bisa menyewa camping ground dengan harga Rp15.000,00 saja. Suasana yang sejuk dan biaya sewa yang tidak terlalu mahal membuat kawasan ini menjadi area favorite di antara campersKetika berkemah, Anda juga bisa menyewa hammock untuk bersantai dengan biaya Rp10.000,00 saja.

Mencoba Wahana Menantang

Siapa bilang kalau berlibur di sini akan membosankan? Ada banyak wahana yang bisa nikmati dengan harga terjangkau. Berikut jenis wahana yang bisa dicoba dan disewa beserta tarifnya!

  1. Sepeda hutan : Rp10.000,00/org.
  2. Flying fox : Rp15.000,00/org.
  3. Jelajah alam : Rp10.000,00/org.
  4. Panjat tebing : Rp15..000,00/org.
  5. Sewa Panggung Sekolah Hutan – Kegiatan Komersial : Rp3.000.000,00/kegiatan.
  6. Sewa Panggung Sekolah Hutan – Kegiatan Non-Komersial : Rp1.000.00,00/kegiatan.
  7. Sewa Aula : Rp250.000,00/org.
  8. Foto Session dan Prewedding : Rp200.000,00/kegiatan.
  9. Video Clip : Rp250.000,00/org.
  10. Film Komersil : Rp1.000.000/hari.
  11. Sewa warung : Rp100.000/bulan.

Bagaimana, cukup lengkap bukan pelayanan yang diberikan? Selain berlibur Anda juga bisa menyewa warung atau melakukan acara dengan panggung atau aula.

Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger Bantul

Harga tiket masuk Hutan Pinus Pengger Bantul termasuk murah, yaitu sebesar Rp3.000,00 per orang. Baik anak-anak maupun orang dewasa.

Sedangkan untuk biaya retribusi parkir bagi kendaraan bermotor hanya Rp2.000,00, mobil Rp5.0000,00 dan bus sebesar Rp20.000,00.

Fasilitas yang Disediakan

Jika Anda yang masih khawatir dengan sarana yang tersedia, sekarang jangan khawatir karena fasilitas yang disediakan di sini sudah lengkap. Mulai dari mushola, pujasera, area parkir yang luas dan toilet yang bersih. 

Jam Buka Selama PSBB

Hutan pinus pengger jogja
Hutan Pinus Pengger (Photo by piknikasik.com)

Kawasan ini  dibuka setiap hari mulai pukul setengah 8 pagi hingga tengah malam. Namun selama PSBB, ada perubahan jam kunjung yaitu mulai dari jam setengah 8 pagi hingga jam 5 sore saja. 

Demikian pembahasan kita tentang Hutan Pinus Pengger Yogyakarta kali ini. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda yang sedang mencari destinasi wisata untuk berlibur di Tahun Baru Imlek 2021. Tetap jaga kesehatan serta patuhi protokol kesehatan yang ada, dan sampai jumpa di pembahasan tempat wisata lainnya!

Baca juga: Bukit Bintang Jogja – Fasilitas, Restoran & Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *