Green Canyon Pangandaran, Ini Harga Tiket & Body Raftingnya

Green Canyon
Photo by anekatempatwisata.com
Daftar isi

Bumi Pangandaran memang punya pesona alam yang seakan tiada habisnya. Salah satunya bisa kita temukan di kawasan wisata Green Canyon atau biasa disebut dengan nama Cukang Taneuh oleh warga setempat.

Pangandaran Green Canyon menawarkan berbagai panorama mulai dari kekhasan ekosistem karst, tebing tinggi yang indah dan keanekaragaman hayatinya. Bukan hanya di dalam negeri, berita tentang kecantikannya bahkan sudah terkenal di kalangan turis mancanegara.

Berkat dukungan dari berbagai pihak, kawasan wisata ini sudah banyak berbenah dan menjadi salah satu lokasi liburan favorite bagi banyak orang. Tertarik untuk berkunjung ke sini? Yuk simak terlebih dahulu info pentingnya di bawah ini!

Sekilas Asal Usulnya

Nama aslinya adalah Cukang Taneuh yang berarti Jembatan dari Tanah. Jalan penghubung yang mempunyai lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter ini penting bagi masyarakat karena menghubungkan desa Kertayasa dengan desa Batu Karas. 

Sebutan Green Canyon sendiri diberikan oleh sebuah kelompok turis dari Prancis dan akhirnya menjadi lebih populer daripada nama aslinya.

Artikel Terkait

Kawasan ini tercipta dari hasil proses batu kapur yang terlarut di sungai bawah tanah selama jutaan tahun. Dari proses alam itu, terbentuklah ngarai yang menembus batuan karst. Sungainya sendiri cenderung berwarna hijau toska cantik yang tercipta dari paduan jernihnya air dan lumut yang melimpah. 

Lokasi Green Canyon Pangandaran

Lokasi Green Canyon Pangandaran ada di Jalan Raya Cijulang – Green Canyon Pangandaran, Rt.02/RW.10, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Bagi Anda yang ingin berkunjung, tempat wisata ini sudah cukup mudah untuk ditemukan. Temukan rute perjalanan terbaiknya di bawah ini!

Rute Perjalanan

Bagi Anda yang datang dari kota Jakarta atau Bandung, rute utama dan yang paling aman adalah mengikuti jalur menuju daerah Pangandaran sejauh 31 kilometer. 

Sedangkan bila Anda berjalan dari Ciamis, makan jarak tempuh perjalanan yang harus ditempuh masih sekitar 130 kilometer. Namun, perjalanan jauh tersebut akan terbayar setelah sampai di kawasan wisata ini.  Selain itu, akses jalannya sudah nyaman dan mudah untuk diikuti bagi kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Jika berencana menggunakan transportasi umum, Anda bisa pergi ke terminal Pangandaran dan melanjutkan perjalanan menuju terminal Cijulang. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan ojek motor.

Sayangnya saait belum ada layanan kereta api yang langsung ke Pangandaran. Namun kalau Anda tetap ingin menggunakan kereta, Sobat Advontura bisa berhenti di staisum terdekat yaitu di Banjar dan Sidareja.

Kegiatan Wisata yang Bisa Dilakukan

Green Canyon Pangandaran
Green Canyon Pangandaran (Photo by dakatour.com)

Terkenal sebagai destinasi liburan favorite di Pangandaran, banyak sekali cara untuk menikmati keindahan alamnya. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan serunya yang dirangkum khusus untuk Sobat Advontura!

Menyusuri Keindahan Sungai dengan Perahu Tradisional

Ngarai ini memiliki panjang sejauh 3 kilometer dan memang beberapa sudutnya tidak bisa dikunjungi kecuali menggunakan perahu.

Khusus bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan santai dan menjaga baju tetap kering, menyusuri sungai dengan perahu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Perahu tradisional dengan kapasitas mencapai 5 sampai 6 orang bisa disewa dengan tarif sebesar Rp150.000,00. Jadi setiap orang kira-kira hanya membayar Rp30.000,00 saja. 

Dengan membayar biaya sewa di atas, setiap pengunjung akan mendapatkan rompi pelampung dan menyusuri aliran sungai selama 30 sampai 45 menit lamanya. 

Body Rafting Green Canyon

Body rafting Green Canyon adalah kegiatan yang wajib dicoba bagi Anda yang suka dengan permainan air yang menantang.

Seperti namanya, body rafting merupakan kegiatan dimana para pengunjung akan menyusuri sungai dengan saling berpegangan satu sama lain dengan berbekal helm, pelampung dan tubuh sebagai “perahunya”.

Jadi, apabila tertarik mengikuti kegiatan ini pastikan Anda bisa berenang dan membawa baju ganti ya. Meski tergolong olahraga ekstrim, para pengunjung tetap akan selalu didampingi oleh para ahli.

Harga body rafting di Green Canyon dibagi menjadi 3 paket yaitu Hemat, Standar dan Lengkap dengan masing-masing kelompok terdiri dari minimal 4 orang.

Harga Body rafting di Green Canyon untuk Paket Hemat sebesar Rp180.000,00/orang, Standar sebanyak Rp220.000,00/orang dan Lengkap ditarik tarif lebih mahal yaitu Rp235.000,00/orang.

Dengan membayar sebesar harga di atas, para pengunjung sudah mendapat kelengkapan dasar seperti pelampung, helmet, sepatu karet, drybag, tiket masuk, transportasi berupa mobil Pick-Up, 2 orang pemandu, asuransi, makan siang hingga sertifikat body rafting. 

Loncat dari Batu Tebing

Selain dua kegiatan di atas, Anda juga bisa mencoba melompat dari batu tebing dengan ketinggian 5 sampai 10 meter. Kegiatan ini sangat memacu adrenalin sekaligus membuat para pengunjung ketagihan untuk mencoba lagi. 

Selain sensasi serunya, kesejukan air dan teduhnya suasana sekitar membuat aktifitas liburan Anda semakin menyenangkan. 

Namun tetap perlu diingat untuk meminta izin petugas terlebih dahulu agar diarahkan ke tempat yang aman untuk melompat dan berenang.

Baca juga: Danau Ranau Oku Selatan – Info Legenda & Penginapan

Mengabadikan Hujan Abadi

Salah satu fenomena alam unik yang ada di tempat ini adalah hujan abadinya. Sebenarnya kejadian ini berasal dari rembesan air dari celah lembah. Tumpahan airnya yang tak pernah berhenti membuatnya terlihat seperti air terjun atau hujan abadi.

Informasi Open Trip Green Canyon Pangandaran

Saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa open trip Green Canyon Pangandaran. Bahkan beberapa juga mencakup paket berkeliling di destinasi wisata sekitar. 

Untuk paket Open Trip Green Canyon Pangandaran selama 2 hari 1 malam, biasanya memasang tarif dari Rp329.000,00 hingga Rp440.0000,00 per orang dengan peserta minimal 10 orang. 

Sedangkan objek wisata yang dikunjungi tentu bukan hanya Cukang Taneuh saja, ada Pantai Batu Karas, Jembatang Gantung Mandala, Goa Alam, Pantai Batu Hiu dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk Green Canyon Pangandaran

green canyon
Green Canyon (Photo by dakatour.com)

Sebelum berkunjung ke sini, perlu diketahui bahwa Anda harus membayar sewa kapal sebagai harga tiket masuk Green Canyon Pangandaran. 

Jam buka kawasan ini sendiri sudah mulai terbuka untuk umum sejak pukul 8 pagi hingga 5 sore. Namun khusus di hari Jum’at, kawasan baru dibuka pada jam 1 siang hingga 5 sore.

Fasilitas yang Tersedia

Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan ini adalah area parkir yang luas, kamar mandi, ruang ganti, restoran, hingga tempat beribadah. 

Penginapan di Pengandaran Green Canyon

Sebenarnya masih belum banyak hotel penginapan di sekitar Pangandaran Green Canyon. Beberapa hotel yang paling dekat antara lain Javacove Beach Hotel, Villa Dahon, Kalaras Cottage Batukaras, dan lain sebagainya. 

Tips Selama Berkunjung

Agar pengalaman liburan Anda menjadi maksimal dan memuaskan, ada beberapa tips dan trik berlibur yang harus diketahui. Berikut Advontura telah merangkum beberapa informasi pentingnya dibawah ini!

Waktu Terbaik

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di musim kemarau atau sekitar bulan Mei hingga September. Hal ini dikarenakan ketika masa penghujan, air akan menguap dan cenderung berwarna kecoklatan.

Air yang meluap juga bisa membahayakan pengunjung hingga terkadang kawasan ini harus ditutup untuk sementara. Selain itu disarankan untuk datang di hari kerja dan datang lebih pagi. Agar Anda lebih leluasa untuk berenang atau bermain body rafting.

Siapkan Uang Cash yang Cukup

ATM atau alat pembayaran online masih jarang di sini, kalau ada lokasinya bukan di dalam kawasan wisata tapi jauh di SPBU terdekat. Jadi pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup ya.

Bawa Baju Ganti dan Kamera Tahan Air

Meski tidak berencana untuk berenang, tetaplah membawa baju ganti atau dry bag untuk berjaga. Karena meski ada di perahu Anda bisa saja terciprat air karena hujan abadi yang ada di kawasan ini.

Demikian penjelasan kita kalian mengenai Pangandaran Green Canyon. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari destinasi liburan bersama keluarga dan sahabat. Temui destinasi wisata keren lainnya pada link di bawah ini ya. Sampai jumpa!

Baca juga: Lembah Anai Padang, Pesona Air Terjun Hutan Lindung

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *