Telaga Sarangan Magetan, Hotel Terdekat dan Harga Tiketnya

Harga Tiket Telaga Sarangan Magetan
Photo by Ig thewithoutlimits
Daftar isi

Telaga Sarangan merupakan salah satu icon wisata favorit di Kota Magetan yang menawarkan panorama alam begitu memukau. Dikelilingi pepohonan pinus dan cemara, hingga air danau yang tampak kebiruan, membuat lokasi ini banyak diincar para wisatawan saat akhir pekan ataupun hari libur nasional.

Berikut ini Advontura akan mengulas secara lengkap objek wisata Telaga Sarangan. Mulai dari harga tiket, kegiatan menarik, lokasi hingga pilihan hotel yang bisa Anda coba saat ingin berlibur ke lokasi wisata telaga ini. 

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Telaga yang biasa dikenal juga sebagai Telaga Pasir ini memiliki pesona keindahan alamnya yang tidak usah diragukan lagi. Dengan deretan pepohonan pinus dan cemara, udara dingin nan sejuk, hingga air danau yang biru dan jernih. Memang tidak salah lokasi ini menjadi icon wisata dari Kota magetan.

Letaknya yang berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl dan berada di kaki Gunung Lawu, membuat pemandangan di area wisata ini masih tampak begitu asri. Udara disini pun berkisar antara 15 hingga 20 derajat celcius saat siang hari.

Sehingga wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi ini pun dapat merasakan segarnya udara yang bisa membuat pikiran Anda rileks sejenak dari sesaknya hiruk pikuk perkotaan.

Artikel Terkait

Tidak jarang karena dinginnya udara, pengunjung dapat melihat telaga yang diselimuti kabut menambah kesan eksotis dari tempat ini. 

Kawasan wisata telaga yang memiliki luas area sekitar 30 hektar dengan kedalam danau mencapai 28 meter ini. Memiliki berbagai wahana dan aktivitas seru lainnya yang bisa Anda coba, antara lain sebagai berikut:

Bersantai di Tepi Telaga

Bersantai di tepian telaga memang aktivitas yang menarik, tidak perlu merogoh kocek lebih Anda tetap bisa menikmati keindahan Telaga Sarangan. Di pinggiran danau juga tersedia kursi panjang yang bisa pengunjung gunakan.

Namun jika Anda datang bersama keluarga, pengunjung juga bisa menyewa tikar di sekitar telaga atau Anda juga bisa membawa tikar sendiri. Bercengkrama di pinggiran danau bersama keluarga sambil menikmati bekal yang Anda bawa, pasti semakin harmonis hubungan keluarga Anda.

Keliling Danau Sarangan 

Wisata Telaga Sarangan di Magetan
Wisata Telaga Sarangan Magetan (Photo by Ig @moonoari)

Jika pengunjung bosan hanya duduk di tepi telaga, Anda juga bisa mencoba aktivitas lainnya yakni berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Mengelilingi danau sambil menikmati keindahan sekitar telaga yang mengagumkan dan semilir hembusan angin, tentu membuat liburan Anda semakin seru dan mengesankan.

Jika pengunjung ingin lebih memacu adrenaline, Anda bisa menggunakan speedboat untuk menjelajah danau ini. Speedboat akan dilajulkan lebih cepat dari perahu dijamin dapat jantung Anda berdetak lebih kencang.

Namun tenang saja Anda juga akan diberi jaket pengapung sebagai pelindung keamanan pengunjung.  Anda bisa menikmati keseruan ini dengan menyewa speedboat seharga Rp 60.000 untuk sekali putaran. 

Hanya sekali putaran pasti pengunjung kurang puas bukan? Anda bisa merasakan wahana ini lebih lama dengan membayar biaya sebesar Rp 150.000 pengunjung sudah menjelajahi area telaga sebanyak 3 kali putaran. 

Berkuda

Selain duduk santai dan mengelilingi danau dengan transportasi air. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya yaitu berkuda. Bak bergaya ala koboi, anda bisa menunggangi kuda tersebut untuk mengelilingi area wisata Telaga Sarangan.

Bagi pengunjung yang baru pertama kali menaiki kuda. Anda tidak perlu khawatir dan takut, sebab pemilik kuda akan menuntun kuda untuk mengendalikan jalannya. Pengunjung juga bisa belajar mengendalikan kuda namun tetap dengan briefing dari sang pemilik kuda.

Wisata Kuliner

Apabila Anda merasa lapar setelah melakukan kegiatan seru dan mengasyikkan di Telaga Sarangan. Wisatawan bisa mencoba berbagai menu kuliner yang dijual di warung atau rumah makan di telaga sarangan magetan.

Yang menjadi menu favorit pengunjung disini yaitu sate kelinci. Namun jika tidak tega memakannya karena terbayang dengan keimutan kelinci. Pengunjung juga bisa mecoba menu alternatif lainnya seperti pecel, tiwul, nasi goreng, mie goreng dan sebagainya.

Baca Juga: Waduk Sermo – Rute, Tiket Masuk & Kegiatan Menarik

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan Magetan

Untuk bisa menikmati keindahan panorama alam yang disajikan oleh objek wisata telaga ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk Telaga Sarangan sebesar Rp 20.000/orang, namun bagi anak-anak akan dikenai biaya yang berbeda yaitu seharga Rp 10.000/orang.

Jika para pengunjung membawa kendaraan, Anda juga dikenakan tarif retribusi parkir sebesar Rp 2.000/motor, Rp 5.000/mobil dan Rp 10.000 untuk bus pariwisata. Wisatawan bisa mengunjungi wisata ini setiap hari dengan jam buka selama 24 jam. Anda bisa dengan puas berada di area wisata telaga ini.

Lokasi Telaga Sarangan

Bagi wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke icon wisata ini. Anda bisa pergi ke daerah lereng Gunung Lawu. Lebih tepatnya, letak Telaga Sarangan berada di Ngluweng, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Untuk mencapai titik lokasi wisata ini pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 29-35 menit dengan jarak 15 km sampai 19 km dari pusat Kota Magetan. Namun apabila dari Tawangmangu, Anda hanya membutuhkan jarak 5 km saja untuk ke telaga tersebut.

Karena lokasinya yang berada di lereng gunung. Pastikan kendaraan dan orang yang berkendara dalam keadaan kondisi yang prima. Sebab untuk menuju lokasi ini pengunjung akan melewati jalur yang cukup menanjak dan berkelok-kelok.

Rute ke Telaga Sarangan

Wisata Telaga Saranga
Telaga Sarangan (Photo by sastinsoekanto.com)

Untuk mengakses objek wisata ini, Terdapat beberapa rute yang bisa Anda pilih yakni yang pertama. Apabila menggunakan kendaran pribadi dari pusat Kota Magetan. Pengunjung hanya perlu mencari arah jalan raya sarangan atau jalur yang menuju Tawangmangu, Jawa Tengah

Di sepanjang jalan dapat ditemukan penunjuk jalan yang mengarah yang dapat membantu Anda untuk sampai tilik lokasi telaga sarangan, sehingga pastinya pengunjung tidak akan merasa kebingungan saat melewatinya.

Rute kedua, jika Anda dari Arah Tawangmangu, pengunjung bisa mencoba menggunakan kendaraan angkutan umum dengan jurusan Tawangmangu- Sarangan. Dari sana jarak yang akan Anda tempuh sangatlah dekat, hanya sekitar 5 km saja.

Fasilitas 

Objek wisata Telaga Sarangan Magetan memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas-fasilitas ini yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang datang berkunjung. 

Adapun fasilitas yang disediakan mulai dari toilet, area parkir, tempat ibadah, penyewaan wahana, spot foto, toko oleh-oleh, hotel/penginapan hingga restoran dan warung makan yang menjual berbagai menu kuliner khas Jawa Timur bisa dicoba saat Anda merasa lapar.

Hotel Dekat Telaga Sarangan Magetan

Bagi pengunjung yang lelah dan puas setelah menikmati segala pesona alam yang disajikan oleh wisata Telaga Sarangan. Anda juga bisa istirahat dan bermalam di salah satu penginapan atau hotel yang letaknya tidak jauh dari kawasan wisata telaga tersebut.

Berbagai pilihan fasilitas menarik yang ditawarkan dengan harga bervariasi mulai dari kisaran 100 ribu hingga 2 juta rupiah per malamnya bisa Anda temukan di sekitar lokasi wisata ini.

Adapun beberapa penginapan dan hotel di Telaga Sarangan Magetan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk bermalam adalah Kintamani Hotel, OYO 940 Telaga Mas International Hotel, Hotel Merah, Hotel Sarangan, Villa Pinaringan dan masih banyak lagi lainnya.

Demikian informasi mengenai objek wisata Telaga Sarangan Magetan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan berguna bagi Anda dan keluarga yang sedang mencari referensi lokasi wisata untuk liburan akhir pekan. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata seru lainnya.

Baca Juga: Telaga Warna Puncak Bogor – Lokasi & Harga Tiket

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *