Lembah Anai Padang, Pesona Air Terjun Hutan Lindung

Wisata Lembah Anai Padang
Photo by jejakpiknik.com
Daftar isi

Air terjun Lembah Anai Padang Panjang menyimpan keindahan alam yang masih jarang diketahui banyak orang. Meskipun begitu, akses jalan yang bagus ditambah berbagai fasilitas dan panorama alam yang luar biasa membuat kawasan wisata satu ini sulit untuk dilewatkan begitu saja.

Bukan hanya itu, daerah ini juga merupakan salah satu dari tujuh air terjun yang dimiliki Cagar Alam Lembah Anai. Karena itu, banyak spesies tumbuhan dan hewan langka yang bisa Anda temui di sini. Tertarik untuk berkunjung? Yuk simak informasi pentingnya di bawah ini.

Cagar Alam Lembah Anai Sumatera Barat

Lembah Anai (Photo by langgam.id)

Cagar Alam Lembah Anai Sumatera Barat merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang berada di Jalan Raya Padang-Bukittinggi.

Kawasan hutan tropis ini telah ditetapkan menjadi cagar alam sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda dengan luas mencapai 221 hektar pada 18 Desember 1922.

Kawasan Hutan Cagar Alam Lembah Anai ini punya fungsi yang krusial yaitu, sebagai penjaga keseimbangan ekosistem alam dan iklim mikro hingga menjadi “paru-paru” bagi provinsi Sumatera Barat.

Artikel Terkait

Meski sudah dibuka semenjak lama dan memiliki fungsi yang penting, kawasan ini belum begitu terkenal karena kurangnya promosi dari pemerintah daerah. 

Pesona Wisata Lembah Anai Padang Panjang

Berada di ketinggian 400 mdpl, wisata Lembah Anai Padang Panjang mempunyai udara yang sejuk segar dengan berbagai kekayaan flora dan faunanya. 

Berikut Advontura telah merangkum berbagai pesona wisata Lembah Anai Sumatera Barat yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke sini!

Air Terjun Lembah Anai

Letaknya ada di pinggir jalan dengan tinggi mencapai 35 meter yang dikelilingi oleh berbagai pepohonan hijau membuat siapa saja yang melihatnya menjadi rileks. Apalagi ditambah dengan suara gemericik airnya.

Airnya juga sangat jernih dan segar karena berasal langsung dari hutan Gunung Singgalang. Di sini Anda juga bisa mencuci muka untuk menghilangkan lelah selama perjalanan. 

Tak jarang, banyak pengendara yang singgah sambil bersantap ria di beberapa rumah makan sekitar. Salah satu menu tradisional yang menjadi favorite adalah ketan durian.

Selain itu, terdapat spot foto menarik yaitu rel kereta kuno yang dulu disebut sebagai Mak Item. Letaknya ada di atas air terjun dan memberikan view cantik dengan hijaunya perbukitan. Bagi Anda yang gemar fotografi, jangan lewatkan kesempatan ini ya!

Melihat Bunga Bangkai

Salah satu daya tarik wisatawan yang datang adalah tanaman langka khas Indonesia yaitu Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum).

Tanaman ini tumbuh subur di kawasan hutan lindung yang sekaligus menjadi habitat asli dari berbagai flora langka lainnya seperti sapek, madang siapi-api, cangar, cubadak atau cempedak air, madang babulu dan lain sebagainya.

Mengenal Berbagai Varietas Fauna Indonesia

Selain kekayaan floranya, kawasan ini juga menjadi rumah dari berbagai hewan langka yang hampir punah. Mereka antara lain rusa, siamang, kera ekor panjang, kancil, tenggiling, tapir, beruk, biawak hingga harimau Sumatera.

Beberapa hewan yang paling sering ditemui adalah beruk, siamang dan kera ekor panjang. Ketiga hewan tersebut biasanya bahkan mencari makanan hingga ke pinggir jalan.

Beberapa hewan langka lainnya ada berbagai jenis burung seperti balam, punia, puyuh dan elang. Selain itu, menurut penelitian dari Universitas Andalas ada kurang lebih 60 jenis kupu-kupu yang hidup di sini.

Baca juga: Wisata Lembah Harau Payakumbuh – Lokasi & Tiket

Lokasi dan Rute

Air terjun lembah anai padang
Aie Terjun Lembah Anai (Photo by .indonesiakaya.com)

Secara administrasi, kawasan ini berada di wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Letaknya ada di pinggir jalan raya Padang-Bukittinggi.

Bagi para pengunjung yang ingin berkunjung, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 60 kilometer atau sama dengan 5 jam perjalanan dari kota Padang. 

Namun, selama perjalanan mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang terbentang luas bagai karpet alam.

Fasilitas, Jam Buka dan Tiket Masuk 

Melihat potensinya yang menjanjikan, pemerintah setempat mulai mengembangkan berbagai fasilitas pariwisata untuk para pengunjung. Sekarang Anda sudah bisa menemukan berbagai warung atau rumah makan, kios souvenir, parkir kendaraan yang luas hingga penginapan.

Para pengunjung juga bisa bebas menikmati keindahan alamnya tanpa biaya apapun kapan saja selama 24 jam. Namun, tetap jaga keselamatan Anda dan usahakan datang di pagi, siang atau sore hari ketika matahari masih terlihat.

Air Terjun Lembah Anai Resort Terdekat

Bagi Anda yang ingin menginap di dekat kawasan ini, Advontura telah menyiapkan beberapa rekomendasi Lembah Anai Resort yang bisa dicoba. 

Beberapa pilihannya antara lain Mifan Waterpark and Resort, Homestay Cahaya Nur Padang Panjang, Rangkayobasa Hotel Padang Panjang, dan lain sebagainya. 

Untuk menginap di beberapa tempat di atas, Sobat Advontura bisa menyiapkan dana mulai dari Rp350.000,00 hingga Rp1.000.000,00 untuk satu malam sesuai dengan pilihan kamar dan lokasinya.

Destinasi Wisata Terdekat Lainnya

Dari kawasan air terjun, Anda bisa menemui Mati Aia Playground dalam jarak 2 kilometer ke arah Padang Panjang. Destinasi wisata satu ini merupakan tempat pondok peristirahatan dengan tiga kolam renang untuk anak-anak.

Selain itu ada Mifan Water Park dalam jarak 8 kilometer ke arah Pandang Pandang. Uniknya, kawasan ini mempunyai dua wahana permainan itu “Arena Basah” dan “Drypark” atau area bermain kering.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Air Terjun Lembah Anai Padang Panjang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari destinasi liburan alternatif. Ingin rekomendasi tujuan wisata lainnya? Klik link dibawah ini ya. Sampai jumpa!

Baca juga: Wisata Lembah Tumpang Malang – Lokasi & Rute

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *