Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat: Harga Tiket & Hotel

Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat
wisatabagus.com
Daftar isi

Pantai Pangandaran terletak di Kabupaten Pangandaran bagian Tenggara provinsi Jawa Barat. Pantai berikut terbentang mulai dari Desa Pangandaran hingga Desa Penanjung. Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat telah dibuka sejak 2012 dan dinobatkan sebagai pantai terbaik di Jawa Barat dan tercantik di pulau Jawa. 

Beragam keunikan dan keragaman flora, fauna dan budayanya membuat pantai ini sering menjadi destinasi favorit baik bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Bahkan berbagai festival internasional juga pernah berlangsung di pantai tersebut. Makin penasaran dengan info lebih lanjutnya? Yuk baca artikel ini sampai habis.

Ciri Khas Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat

Karawang
Pantai pangandaran (Photo by wisatabagus.com)

Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat mempunyai beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lain. Pantai Pangandaran Jawa Barat mempunyai pasir putih dan pasir hitam bersih dengan pemandangan alam yang masih terjaga dengan baik.

Pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia dan terbentang sangat luas sehingga kalau Anda ingin melihat matahari terbit dan tenggelam di satu tempat, pantai ini adalah pilihan paling tepat!

Meski berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, ombaknya cenderung tenang karena dilindungi oleh sebuah daratan yang menjorok ke laut. Air lautnya juga sangat sangat bersih dan jernih, cocok bagi Anda yang ingin berenang atau sekedar bermain air.

Artikel Terkait

Selain keadaan alamnya, pantai berikut juga menjadi rumah dari banyak ikan laut, memiliki nilai historis perjuangan bangsa Indonesia dan keberagaman sosial dan budaya. 

Berbagai kekayaan tersebut tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang ingin berkunjung, Advontura punya banyak rekomendasi kegiatan seru bagiAnda yang ingin pergi ke wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat.

7 Kegiatan Menarik di Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat

Beberapa kegiatan seru dan asyik yang dapat Anda lakukan selama berada di pantai terindah Pulau Jawa berikut adalah:

1. Bermain Bersama Keluarga dan Teman

Bermain bersama keluarga dan teman tentu kegiatan wajib yang harus dilakukan. Terkenal dengan kebersihannya, Anda tidak perlu takut untuk bermain pasir dan berenang di airnya selama masih batas aman.

Bagian barat pantai adalah tempat yang paling aman untuk bermain bersama sekaligus menjadi spot foto. Kondisi tanah yang relatif aman dan ombak yang tidak terlalu besar cocok untuk tempat bersantai. Namun, bagian ini juga menjadi bagian yang paling ramai.

Sedangkan bagi Anda ingin menikmati pantai dengan kondisi yang lebih tenang. Anda bisa . berjalan ke bagian timur sisi pantai. Di bagian timur pantai juga terdapat banyak sekali kuliner laut segar yang bisa Anda nikmati selagi melihat langsung suasana pantai.

2. Mengunjungi Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam atau Hutan Lindung Pananjung sangat dekat dengan wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat. Berukuran 530 hektar, cagar alam ini merupakan rumah dari berbagai flora dan fauna sera gua-gua alam.

Bukan hanya gua-gua alam saja, terdapat pula gua buatan penjajahan Jepang yang masih utuh. Gua ini dulunya berfungsi sebagai tempat pengintaian para musuh dan sekutu oleh tentara angkatan laut Jepang.

Selain sebagai cagar alam, kondisi tanahnya yang menjorok ke laut bisa menjadi penghambat ombak besar dari Samudera Hindia ke bagian pantai. Di sini juga sobat Advontura dapat menemui menara pengawas dari Bay Watch.

3. Ikut Festival Layang-Layang Internasional

Setiap tahunnya, pada bulan Mei, Juni dan Juli Anda bisa menyaksikan atau mengikuti festival layang-layang tahunan yang diselenggarakan di sini. Terlebih bagi Anda yang hobi bermain layang-layang atau pecinta layang-layang.

4. Perayaan Hajat Laut

Hajat Laut merupakan sebuah perayaan warga setempat yang dilakukan selama satu tahun sekali. Perayaan ini merupakan suatu bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa dengan melepas sesaji di lautan.

Masyarakat sekitar masih menjunjung tinggi kebudayaan asli berikut dan bila beruntung, Anda bisa ikut menyaksikan dan merasakan kekhidmatan perayaan hajat laut secara langsung.

5. Berburu Sunset dan Sunrise

Bagi Anda penggemar senja dan fajar dan ingin menikmati keduanya tanpa repot harus pindah-pindah tempat, maka pantai ini mampu mewujudkan impian Anda.

Kondisi pantainya yang membentang luas menghadap lautan lepas membuat pemandangan matahari terbit dan terbenam akan tampak lebih jelas dan menakjubkan.

Baca juga: Pantai Pulau Merah Banyuwangi – Tiket, Lokasi, dan Hotel

6. Mengelilingi Pantai dengan Perahu

Di sepanjang pantai Anda akan menemukan beberapa perahu-perahu nelayan yang disewakan khusus untuk para wisatawan yang ingin pergi lebih jauh ke tengah laut dan menikmati suasana lautan.

Nelayan-nelayan di sini umumnya merupakan masyarakat lokal atau sekitar dan telah terbiasa untuk melaut. Tarif sewa perahu pun beragam, semua tergantung negosiasi atau kesepakatan bersama.

7. Menikmati Ikan Segar 

Bukan hanya dikenal sebagai pantai tercantik di pulau Jawa, daerah ini juga dipanggil dengan sebutan Kampung Nelayan Kecil. Sebutan ini diberikan karena mayoritas masyarakat sekitar adalah seorang nelayan. 

Bagi Anda pecinta seafood, banyak warung di sini memberikan berbagai pilihan makanan laut segar mulai dari ikan kecil hingga lobster besar dengan harga yang relatif lebih murah dan rasa enak.

Beberapa rumah makan yang sering dijadikan rekomendasi adalah rumah makan Karya Bahari 3 Fresh Seafood, rumah makan Bu Surman, Fresh Seafood Sarimbit, dan Pujasera Nanjung. 

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran Jawa Barat

Pantai pangadaran
Wisata Pantai Pangandaran, Photo by pikiran-rakyat.com

Harga tiket masuk Pantai Pangandaran Jawa Barat disesuaikan dengan jenis kendaraan yang dibawa oleh para pengunjung. Harga tiket masuk Pantai Pangandaran Jawa Barat terbaru adalah sebagai berikut:

  1. Rp 6.000,00 untuk pejalan kaki.
  2. Rp 14.000,00 untuk pengendara sepeda motor
  3. Rp 37.500,00 untuk kendaraan jeep sedan 
  4. Rp 65.00,00 untuk kendaraan minibus kecil
  5. Rp 92.500,00 untuk kendaraan minibus besar
  6. Rp 126.000,00 untuk bus kecil
  7. Rp 188.000,00 untuk bus sedang
  8. Rp 310.000,00 untuk bus besar

Pantai dibuka sejak jam 5 pagi hingga larut malam. Dengan membayar tiket masuk tersebut, para pengunjung sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan dari tempat parkir, ruang ganti, kamar mandi, toilet dan mushola. Namun, harga di atas tidak termasuk kebutuhan-kebutuhan lain seperti makan, minum dan lain sebagainya.

Peta Pantai Pangandaran Jawa Barat

Menurut peta Pantai Pangandaran Jawa Barat, kawasan wisata berikut terletak di bagian tenggara provinsi Jawa Barat. Apabila berangkat dari Bandung, maka Anda harus menghabiskan waktu selama 5 jam 45 menit untuk sampai di pantai ini dengan jarak 211 km. 

Rute perjalanannya pun tidak begitu sulit, Anda hanya perlu mengikuti jalur besar dan tak lama akan sampai di tempat tujuan. Bagi yang pertama kali berkunjung, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa hal dan sebuah peta atau google maps.

Hotel di Pantai Pangandaran Jawa Barat

Hotel di Pantai Pangandaran sangatlah banyak dan hadir dengan berbagai fasilitas dan keunggulannya masing-masing. Beberapa rekomendasi bagi Anda yang hendak bermalam di sini antara lain Blue Orchid Pangandaran, Hotel Grand Mutiara Pangandaran, Laut Biru Resort Hotel, Hotel Malabar, dan Mini Tiga Homestay.

Beberapa penginapan di sini menarik biaya mulai dari Rp 150.000,00 hingga Rp 800.000,00 per malam untuk satu orang. Namun, bagi Anda yang punya kenalan atau dekat dengan beberapa orang asli sini Anda mungkin bisa mendapatkan tarif yang lebih murah. 

Larangan di Pantai Pangandaran

Larangan di Pantai Pangandaran merupakan hal yang wajib Anda ketahui. Meski mempunyai ombak yang tenang, namun perlu diingat bahwa pantai ini berhadapan langsung dengan samudera lepas dan sangat luas. Sehingga ada baiknya bagi Anda untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini.

Perhatikan Bendera Merah

Bendera merah berarti adalah zona merah yang terlarang untuk digunakan bermain atau berlama-lama di sana. Zona merah ini tidak boleh disepelekan, bagaimana pun tenang dan amannya pantai terlihat.

Jaga Anak dan Teman

Pantai ini termasuk pantai yang luas dan jarang sepi pengunjung. Untuk itu tetaplah waspada dan cek keberadaan nak, keluarga dan teman Anda secara berkala.

Gunakan Baju Selain Warna Hijau

Terlepas dengan mitos dan legenda yang ada, perlu diketahui bahwa air di pantai ini cenderung berwarna hijau kecoklatan. Memakai baju warna hijau akan menyulitkan tim penjaga atau pencari apabila harus menolong para pengunjung.

Jaga Sampah Anda

Jaga sampah Anda. Pantai ini sudah dijaga dengan baik dan Anda juga harus melakukan hal yang sama. Buang sampah pada tempatnya dan bertanggung jawablah pada sampah Anda sendiri.

Demikian pembahasan tentang pantai tercantik di pulau Jawa. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung mencari destinasi liburan dan bagi yang sedang ingin berkunjung ke sini. Sampai jumpa di tempat wisata dalam negeri lainnya!

Baca juga: Pantai Kuta Bali – Sejarah hingga Hotel Terdekat

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *