Wisata Danau Ranau Dari Lokasi, Misteri Hingga Penginapan

Danau Ranau
Daftar isi

Danau Ranau Oku Selatan telah menjadi ikon wisata kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Selatan dan Lampung. Lokasinya yang berada di balik perbukitan kaki Gunung Seminung, menawarkan panorama alam yang begitu indah.

Kawasan wisata ini menjadi yang terbesar di pulau Sumatera setelah Danau Toba dan menyimpan berbagai kekayaan alam yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jika Anda tertarik berkunjung? Yuk simak terlebih dahulu informasi pentingnya di bawah ini!

Danau Ranau Oku Selatan

Danau ini termasuk danau vulkanik karena tercipta dari gempa besar dan letusan gunung berapi yang kemudian menghasilkan cekungan besar nan dalam. 

Sama seperti Danau Toba, ada sebuah daratan di tengahnya yaitu Pulau Marisa yang menjadi pusat sumber air panas. Sehingga kawasan ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang datang.

Danau ini memiliki kedalaman hingga 228 meter dan luas 125,9 kilometer persegi. Airnya berwarna biru jernih dilengkapi dengan bukit hijau yang mengitarinya.

Artikel Terkait

Karena Danau Ranau terletak di perbukitan dengan Gunung Seminung yang ada di sisi Timur, suasana di sini semakin sejuk dan nyaman. Oleh sebab itu, banyak para pengunjung yang betah berlama-lama di kawasan ini.

Keindahannya makin terpancar apabila cuaca sedang cerah, karena warna biru dari danau akan semakin terlihat jelas daripada saat mendung.

Selain itu, banyak produksi ikan air tawar yang bisa Anda nikmati dalam keadaan segar karena nelayan sekitar sering menjual langsung tangkapan mereka ke restoran terdekat. Karena baru ditangkap dan dimasak, cita rasa yang ditimbulkan begitu khas dan berbeda dari tempat lain.

Macam ikan yang biasa ditangkap dan bisa Anda pesan langsung antara lain ikan mujair, kepar, kepor dan harongan. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai komoditas kopi yang menjadi produsen utama masyarakat sekitar.

Berkat keindahan dan kekayaan alamnya, banyak orang yang datang baik dari dalam pulau Sumatera hingga Jakarta. Namun, jika Anda lebih suka berlibur dalam keadaan tenang, disarankan untuk berkunjung selain di hari libur.

Letak Danau Ranau Oku Selatan

Danau Ranau terletak di perbatasan dua kabupaten yaitu, Lampung Barat dan Ogan Komering Ulu (Oku) Selatan. Sehingga kawasan ini memiliki 2 pintu gerbang untuk akses masuk para pengunjung yaitu, Dermaga Muara Dua di sisi Timur dan Pelabuhan Banding Agung di bagian Barat.

Lokasinya sesuai administrasi negara berada di Bandar Agung Ranau, Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan..

Jika Anda dari Palembang, jarak yang perlu ditempuh sekitar 326 kilometer atau selama 7 sampai 8 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Memang cenderung lebih jauh daripada titik berangkat lainnya. 

Sedangkan dari Bandar Lampung, sobat Advontura menempuh jarak sekitar 281 kilometer dengan waktu perjalanan 5 sampai 6 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Namun perjalanan Anda akan semakin cepat bila datang dari kota Batu Raja, yang mana hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak sekitar 130 kilometer saja menggunakan kendaraan bermotor.

Perjalanan jauh Anda dipastikan tidak membosankan karena pemandangan pedesaan asri dan perairan sungai Musi yang menghampar luas akan menemani Sobat Advontura selama perjalanan.

Kawasan wisata ini buka mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang.

Wisata Danau Ranau Oku Selatan

Wisata danau ranau
Danau Ranau (Photo by nativeindonesia.com)

Menyimpan banyak potensi, kawasan wisata Danau Ranau Oku Selatan menyiapkan berbagai kegiatan seru yang menanti para wisatawan. Berikut pilihan aktivitas serunya!

Berenang Sambil Menikmati Keindahan Danau

Airnya yang jernih dan berwarna biru selalu menggoda untuk dicoba. Bagi pengunjung yang datang, bisa mencoba berenang di tepi danau atau kolam renang yang disediakan.

Jika ingin berenang di kolam, Anda bisa datang ke Waterpark Banding Agung yang ada di pinggiran danau. Meski dibatasi dinding, pemandangan danau dan perbukitan masih bisa terlihat dengan jelas.

Sedangkan bila ingin mencoba berenang langsung di tepi danau, Anda bisa berkunjung di pagi atau sore hari ketika air cenderung lebih tenang dan aman.

Berendam di Pemandian Air Panas

Kolam pemandian air panas ini ada di kaki Gunung Seminung, tepatnya di sisi selatan Dermaga Muara Batu. Untuk mencapai lokasi ini, para pengunjung harus menaiki kapal terlebih dahulu.

Sumber air panasnya sendiri berasal langsung dari gunung yang mengalir ke danau. Oleh sebab itu, pemandian ini dipercaya mempunyai banyak khasiat karena mengandung banyak mineral.

Mencoba Air Terjun Subik Tuha

Salah satu destinasi populer lainnya adalah sebuah air terjun yang berada di area danau. Kawasan ini bisa dijumpai dengan melewati jalan yang ada di pinggiran danau. 

Tingginya mencapai 25 meter dengan lebar 3 meter dan berada di ketinggian 560 dpl, membuat alirannya sangat jernih dan lingkungannya masih terjaga keasriannya. Bahkan di sekitar air terjun masih terdapat banyak lumut hijau.

Baca juga: Danau Kerinci – Letak, Rute, dan Asal Usul

Menantang Diri di Ranau Rafting

Dari Dermaga Banding Agung, terdapat sebuah sungai yang berasal dari danau dan memiliki arus yang sangat menantang.

Sungai Banyu Selabung, bisa ditempuh selama 10 menit. Mulai di Desa Rantau Nipis ke Kecamatan Kakakku Ilir. Para pengunjung juga bisa memilih jenis arus dan alirannya.

Bagi Anda yang suka arus besar dan panjang, bisa mencobanya di perahu karet besar bersama teman-teman.Sedangkan bagi Anda yang lebih suka bersantai, cobalah sungai dengan arus kecil dan beraliran pendek  juga. 

Menikmati Pemandangan di Sesebik Hill

Sesebik Hill merupakan spot bersantai dengan titik melihat pemandangan terbaik. Wahana ini juga termasuk baru karena dibuka sejak pertengahan tahun 2020.

Fasilitas yang bisa Anda nikmati antara lain gardu panjang yang berbentuk menara dan jembatan di atas pohon. Kawasan ini juga mempunyai beberapa penginapan yang bisa dicoba.

Bermain Ria di Waterboom Ranau

Wahana bermain air ini ada di daerah Surabaya Tim, Banding Agung. Bentuknya lumayan unik karena menyerupai kapal yang sedang berhenti di dermaga.

Air kolamnya sendiri masih bersumber langsung dari danau, sehingga masih terjamin kejernihannya. Bukan itu saja, para pengunjung masih bisa menikmati keindahan alam perbukitan.

Taman Bunga di Wisata Bukit Mutiara Garden

Sebelum sampai di area kawasan wisata danau, Anda bisa mampir di taman bunga yang ada di pinggir jalan provinsi. 

Di sini, para pengunjung dimanjakan dengan kecantikan bunga yang ditanam sedemikian rupa. Fasilitas yang diberikan juga lumayan lengkap mulai dari pondok santai, lesehan, kantin, mushola dan kamar mandi.

Festival Danau Ranau

Festival ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk melestarikan dan merayakan kekayaan budaya sekitar.  Pertunjukan yang biasa ditampilkan antara lain pentas seni, tarian adat, menyanyikan lagu tradisional dan lain sebagianya.

Legenda Danau Ranau Oku Selatan

Danau Ranau Oku Selatan
Danau Ranau Oku Selatan (Photo by kaganga.com)

Asal Usul Danau Ranau Oku Selatan berasal dari letusan hebat gunung berapi yang kemudian menciptakan cekungan besar dan teraliri air dari sungai-sungai yang ada.

Saat telah menjadi danau, banyak tumbuhan yang hidup di sekelilingnya. Tanaman itulah yang disebut dengan Ranau dan menjadikannya namanya seperti sekarang ini.

Namun, asal usul Danau Ranau juga tidak lepas dari cerita rakyat sekitar yang terus diwariskan secara turun temurun. Salah satu legenda Danau Ranau adalah kisah Naga Emas.

Cerita rakyat Lampung Danau Ranau ini meceritakan tentang seekor Naga Emas yang suka menculik manusia dan dewan ternak warga. Hingga suatu Saat Rakian Sukat berhasil mengalahkanya meski harus mendapatkan penyakit yang serius sebagai balasannya.

Namun Rakian Sukat akhirnya memilih bertapa di tepi danau untuk menyembuhkan penyakitnya. Naga Emas kembali muncul di hadapannya. 

Namun alih-alih ingin membunuhnya, Naga Emas itu membantu menyembuhkan penyakit Rakian Sukat. Mulai saat itulah para warga percaya bahwa siapa saja yang ingin berbuat jahat di sekitar danau akan dihukum oleh Naga Emas.

Cerita rakyat Lampung Danau Ranau ini diteruskan ke setiap generasi sebagi pengingat untuk selalu menjaga keseimbnagan alam.

Penginapan di Danau Ranau Oku Selatan

Setelah dikembangkan selama beberapa tahun, daerah wisata ini sudah memiliki penginapan bagus dengan fasilitas lengkap dan akses pemandangan alam yang indah.

Tarif per malamnya juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp250.000,00 hingga Rp400.000,00. Beberapa rekomendasi penginapan di Danau Ranau versi Advontura antara lain Wisma Pusri Varita, Seminung Lumbok Resort, Aulia, Hotel Permata, Putri Azzura, Homestay Banga Putih dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan kita mengenai Danau Ranau Oku Selatan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda ingin mencari tempat liburan keluarga selanjutnya. Sampai jumpa di pembahasan wisata Nusantara lainnya!

Baca juga: Danau Rawa Pening Semarang – Legenda, Tiket Masuk dan Hotel

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *