Kebun Raya Purwodadi | Tiket Masuk, Fasilitas dan Aktivitas

Kebun Raya Purwodadi Pasuruan
Daftar isi

Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Jawa Timur merupakan salah satu kawasan pengembangan ilmu pengetahuan dan wisata keluarga yang dikelola langsung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Menjadi kawasan konservasi, edukasi, penelitian, jasa lingkungan hingga wisata alam, tempat ini menawarkan paket lengkap liburan, belajar dan berolahraga hanya dalam satu tempat. Tertarik untuk berkunjung? Yuk simak artikel di bawah ini!

Sejarah Kebun Raya Purwodadi Pasuruan

Kawasan ini merupakan bagian dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia yang memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Menurut dokumentasi sejarahnya, nama asli dari tempat ini adalah Hortus Iklim Kering yang dibangun pada 30 Januari 1941 oleh Dr. L.G.M. Baas Becking. 

Awalnya kebun ini masih digunakan sebagai pusat penelitian tanaman perkebunan. Hingga pada tahun 1954 baru diterapkan dasar perkebunrayaan dengan membuat petak koleksi tanaman.

Seiring berjalannya waktu, kebun ini dibuka untuk umum tepat pada tanggal 10 Maret 1963. Hingga tahun 1980, pengelompokan tanaman di tata ulang menurut sistem klasifikasi Engler dan Prantl. Bukan hanya itu, gedung kantor dan fasilitas lainnya juga ditambahkan.

Artikel Terkait

Kini dengan luas area mencapai 85 hektar, kebun ini memiliki koleksi lebih dari 2.000 jenis tumbuhan dari 11.000 spesies flora.

Wisata Kebun Raya Purwodadi Pasuruan

Wisata Kebun Raya Purwodadi Pasuruan
Kebun Raya (Photo by tripadvisor.com)

Selain sebagai tempat penelitian dan edukasi, berbagai pilihan kegiatan liburan telah menanti Anda. Berikut Advontura rangkumkan beberapa aktivitas wisata Kebun Raya Purwodadi yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Piknik Seru di Lapangan Hijau

Di tengah sibuknya dunia perkotaan, mencoba piknik di tengah lapangan hijau dan rimbunnya pohon bisa menjadi detox bagi pikiran dan tubuh Anda. Apalagi ditambah dengan suasana yang sejuk di atas ketinggian 300 mdpl.

Bagi para pengunjung yang membawa anak kecil, tempat ini juga menjadi rekomendasi liburan yang bagus. Karena selagi makan bersama, buah hati Anda bisa bermain sepuasnya di lapangan terbuka. 

Berolahraga di Tengah Rimbunnya Pohon

Selain berpiknik ria, para pengunjung juga bisa berolahraga seperti bersepeda atau jogging di lintasan yang sudah disediakan. Pengalaman olahraga Anda juga semakin menarik dengan ditemani oleh pohon-pohon rimbun dan udara yang segar.

Selain itu, di kawasan ini juga memiliki Taman Obat. Yaitu kawasan khusus yang berisikan berbagai tanaman yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Outbound Bersama Keluarga

Salah satu hiburan lain yang disediakan untuk anak-anak adalah sarana outbound dan pemainnya. Seperti ayunan, jungkat-jungkit hingga kolam renang. Berenang di sini juga semakin asyik karena dikelilingi pepohonan rindang.

Berfoto Ria di Taman Tematik

Sebenarnya kawasan ini sudah sangat cantik dan asri, tapi bagi Anda yang ingin mencoba suasana yang berbeda-beda bisa berkunjung ke beberapa taman tematik yang tersedia di sini.

Taman Meksiko

Berada di area khusus, kumpulkan kaktus besar menyambut para pengunjung dan memberikan suasana padang pasir yang unik. 

Baca juga: Museum Zoologi Bogor – Harga Tiket Masuk & Koleksinya

Jalanan Pohon Janglot

Di jalanan setapak ini, Anda bisa menikmati suasana layaknya drama Korea romantis dengan deretan Pohon Janglot di sisi kanan dan kiri. Pemandangannya yang cantik cocok sekali jadi tempat hunting foto.

Taman Bougenville

Saat pertama kali sampai di kawasan ini, para pengunjung akan disambut langsung oleh hamparan bunga berwarna merah, oranye dan pink. Kecantikan taman ini sering dimanfaatkan oleh para fotografer untuk berlatih memotret juga loh.

Selain itu, ada banyak gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati keindahan hamparan bunga yang ada di sini.

Menara Pandang dan Green House Anggrek

Area ini menjadi destinasi wajib bagi Anda yang hobi dan suka dengan bunga anggrek. Di dalam rumah kaca ini terdapat lebih dari 2.000 bunga yang terdiri dari 319 spesies. Bahkan 7 diantaranya merupakan jenis endemik Jawa Timur.

Bagi para pengunjung yang beruntung, Anda juga bisa bertemu dengan beberapa anggrek langka yang sudah susah dicari.

Taman Akuatik

Berbeda dengan Taman Bougenville, kawasan ini memiliki berbagai tumbuhan air yang cantik dan unik. Beberapa diantaranya adalah bunga Seroja, Melati, Teratai, dan lain sebagainya. Bagi Anda tertarik untuk mengunjungi taman ini, lokasinya sendiri berada di belakang Lawn Kawisto. 

Danau Wisata

Danau Wisata ini merupakan salah satu area yang cocok bagi Anda untuk bersantai setelah lelah berkeliling. Lokasinya yang asri dengan tanah lapang hijau membuat siapa saja betah berlama-lama di kawasan ini.

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi Pasuruan

Demi menjamin kenyamanan para pengunjungnya, pihak pengelola telah menambahkan beberapa fasilitas terbaru. Beberapa fasilitas Kebun Raya Purwodadi yang bisa dinikmati antara lain mushola, toilet yang tersedia di beberapa titik, gazebo, dan kursi beton yang sejuk di bawah pohon.

Alamat Kebun Raya Purwodadi Malang

Secara administrasi pemerintahan, alamat resminya terletak di Jalan Raya Surabaya-Malang No. KM. 64, Sembong Lor, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. 

Kawasan ini berada di bagian Utara Malang sejauh 25 kilometer dan berlokasi di bagian Selatan Surabaya sejauh 65 kilometer.

Akses jalan menuju kawasan ini sudah bagus untuk kendaraan pribadi maupun umum. Anda bisa menggunakan bantuan googlemaps untuk mencapai kawasan ini.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi Malang

Kebun Raya Purwodadi Pasuruan
Taman (Photo by dakatour.com)

Harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi Malang dibedakan untuk wisatawan domestik dan turis asing. Bagi pengunjung lokal dikenakan biaya sebesar Rp9.500,00 per orang, sedangkan tamu dari mancanegara ditarik tarif sebanyak Rp15.000,00.

Untuk harga parkirnya, kendaraan bermotor dikenakan biaya sebesar Rp2.000,00, mobil sebanyak Rp5.500,00 dan bus rombongan sedikit lebih mhala yaitu Rp10.500,00.

Selain itu untuk mencoba beberapa wahana bermainnya Anda bisa membayar sebesar Rp8.500/unit untuk sewa sepeda keliling, Rp15.500,00/orang untuk kereta api mini dan Rp350.000,00 untuk satu paket foto pre-wedding.

Jam Buka Kebun Raya Purwodadi Malang

Kawasan ini sudah mulai dari jam 07.30 pagi hingga 16.00 sore dari hari Senin sampai Minggu. Beberapa pengunjung terkadang juga mulai berdatangan lebih pagi untuk menikmati udara segar.

Sedangkan bagi Anda yang ingin melakukan reservasi untuk acara tertentu, kawasan ini buka di hari Senin sampai Kamis dari jam 07.30 pagi hingga 15.00 sore. Namun untuk hari Jumat, tutup sampai pukul 15.30 sore.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Jawa Timur. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata untuk mengisi hari libur. Untuk mendapatkan informasi destinasi wisata lainnya, Sobat Advontura bisa cek link dibawah ini ya. Sampai jumpa!

Baca juga: Taman Meksiko Kebun Raya Bogor – Kaktus di Kota Hujan

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *