Situ Gintung Ciputat – Taman Wisata dan Penginapannya

Situ Gintung Ciputat
Photo by triptrus.com
Daftar isi

Situ Gintung merupakan destinasi wisata yang tepat apabila Anda sedang mencari tempat berlibur murah dan seru tetapi tidak terlalu jauh dari rumah. 

Kawasan ini merupakan danau buatan di bagian barat daya kota Jakarta. Tepatnya Jalan Kertamukti Nomor 22, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Jaraknya sekitar 30 kilometer atau 40 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Dengan luas danau mencapai 21,4 hektar, kawasan wisata ini menawarkan banyak hiburan menarik yang bisa dinikmati semua kalangan. Tertarik untuk membawa sanak saudara berkunjung? Yuk simak terlebih dahulu artikel di bawah ini!

Sejarah Situ Gintung Ciputat

Wisata Situ Gintung
Situ Gintung (Photo by ryan-febrianti.blogspot.com)

Pada awalnya kawasan ini merupakan waduk yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda di tahun 1932 hingga 1933.  Seperti waduk pada umumnya, area seluas 31 hektar ini berfungsi menjadi tempat penampungan air hujan dan untuk mengalirkan air ke ladang pertanian masyarakat. 

Di tengahnya, terdapat sebuah pulau yang menyambung ke tepian daratan dengan luas 1,5 hektar. Area itulah yang kemudian dinamakan Pulau Situ Gintung.

Artikel Terkait

Hingga pada 1970-an, karena perkembangan zaman, kawasan pulau dan tepian daratan tersebut dijadikan sebuah tempat wisata alam dan perairan dengan restoran, kolam renang dan wahana outbound untuk para pengunjungnya.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2011 kawasan ini telah merubah namanya secara resmi menjadi Bendungan Gintung seperti yang terdapat di PP No.32 Tentang Bendungan Tahun 2010.

Taman Wisata Situ Gintung Ciputat

Wisata Situ Gintung Ciputat
Waterpark (Photo by travelspromo.com)

Taman Wisata Situ Gintung Ciputat telah dikenal dengan berbagai wahana menariknya. Bukan hanya danau, Anda bisa menikmati kolam renang, outbound bahkan berwisata kuliner di tepian danau. 

Berikut Advontura rangkum berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Wisata Situ Gintung Ciputat khusus untuk Anda!

Kolam Renang Situ Gintung Ciputat

Mencoba kegiatan bermain air di kolam renang Situ Gintung merupakan rekomendasi aktivitas liburan yang utama dan paling disukai oleh para pengunjung. 

Kolam Renang Situ Gintung ini juga ramah dengan anak-anak karena kebersihan air yang tetap terjaga dan menyediakan wahana bermain khusus anak sehingga orang tua merasa aman membiarkan buah hatinya untuk bermain disini.

Sedangkan bagi Anda yang suka tantangan, tersedia juga berbagai seluncuran pendek dan spiral dengan tinggi lebih dari 10 meter yang bisa dinikmati bersama teman terdekat.

Danau Situ Gintung Ciputat

Meskipun berada di tengah perkotaan, danau Situ Gintung Ciputat mempunyai pemandangan indah dengan lingkungan yang masih asri dan terjaga.

Bagi yang ingin bersantai telah tersedia juga tempat istirahat di sekitar danau lengkap dengan spot berteduh yang sejuk. 

Harga tiketnya juga lumayan murah. Hanya dengan Rp10.000,00 Anda sudah bisa menikmati keindahan dan kesejukan danau sepuasnya. Namun untuk mencoba wahana air lain, para pengunjung dikenakan tarif terpisah.

Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Bukan hanya wisata air, kawasan ini juga punya taman wisata Pulau Situ Gintung yang siap menyambut para pengunjung dengan berbagai tanaman hijau dan udara yang sejuk.

Meskipun hanya sekedar teman biasa, keindahannya tidak bisa diremehkan Bahkan banyak orang yang memilih taman ini sebagai tempat pernikahan dengan tema garden party.

Acara Pernikahan

Bagi yang ingin melangsungkan pernikahan di taman ini, pihak pengelola sudah menyiapkan harga paketnya. Setidaknya untuk menyewa seluruh area taman Anda harus menyiapkan tarif sebesar Rp20.000.000,00 per harinya.

Sedangkan untuk para pengunjung yang datang hanya untuk pemotretan Pre-Wedding cukup membayar tarif sekitar Rp200.000,00 per harinya.

Baca juga: Danau Ranau Oku Selatan – Info Legenda & Penginapan

Gathering

Selain melakukan pernikahan, kawasan ini banyak menjadi tempat perkumpulan karena daerahnya yang luas dan fasilitasnya yang lengkap. 

Biasanya pengunjung yang datang akan melakukan kegiatannya secara mandiri dengan membayar tiket masuk seperti biasa dan menyewa tempat dengan sistem blocking area dengan tarif sebesar Rp20.000,00 per orang.

Tapi pihak pengelola juga sudah menyediakan sistem paket (min. 50 orang) bagi pengunjung yang ingin melakukan gathering tanpa bingung melakukan perencanaan. Hanya dengan membayar sebesar Rp150.000,00 per orang, lewat paket ini, Anda bisa menikmati fasilitas seperti tiket masuk, aula, sound system, organ tunggal, Fun Game, MC, makan siang prasmanan, snack dan minuman. 

Bermain Outbound

Bosan dengan aktivitas liburan yang biasa? Kali ini Anda bisa mencoba sensasi bermain outbound yang menyenangkan di sini. Beberapa fasilitasnya antara lain Jembatan Goyang atau Gantung, Flag of Glory, Halang Rintang, Flying Fox, hingga Ilusi Gravitasi.

Pihak pengelola juga sudah menyiapkan paket khusus bagi para pengunjung. Paket Kids Adventure dikenakan biaya sebesar Rp55.000,00. Sedangkan untuk Paket Adult Adventure ditarik tarif Rp60.000,00 per orang. 

Fasilitas yang Anda dapatkan antara lain games, ice breaking, snack (bukan makan siang), dan fasilitator atau guide. Selain itu paket di atas hanya berlaku untuk jumlah peserta minimal 20 orang.

Berkemah Ria di Tepi Danau

Selain bermain outbound, para pengunjung bisa menyewa lahan camping yang bisa menampung lebih dari 500 peserta. 

Para campers bisa membawa alat berkemahnya sendiri atau memilih menggunakan paket berkemah yang telah disediakan pengelola. Mulai dari aula, makan minum, tenda hingga api unggun. 

Harga sewa atau tiket masuk untuk berkemah hanya sebesar Rp20.000,00 per orang, namun untuk fasilitas tenda tarifnya disesuaikan dengan besar dan tujuannya. 

Bermain dan Belajar di Pusat Pelatihan

Bukan hanya sekedar hiburan saja yang ditawarkan, berbagai program pelatihan seperti batik kelas batik tulis, wayang kulit dan keramik. 

Pelatihan ini juga bisa dicoba oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa karena masih bersifat edukasi atau pengenalan. Biaya setiap kelas juga sama yaitu Rp105.000,00.

Pada pelatihan keramik Anda sudah bisa mendapatkan tiket masuk, bahan tanah liat 1kg, pengenalan dan praktik membuat keramik, proses pembakaranya, makan siang, minuman dan snack. Tentu saja setiap peserta diperbolehkan membawa pulang hasil karya mereka dan mendapat sertifikat.

Kelas pelatihan batik tulis dikenakan biaya yang sama dengan fasilitas berupa tiket masuk, kain dan bahan membatik, proses pewarnaan, makan siang, minuman, snack, sertifikat dan membawa pulang hasil karya masing-masing.

Sedangkan di kelas Wayang Kulit, Anda bisa mendapatkan tiket masuk, bahan pembuatan wayang kulit, melihat pagelaran wayang kulit selama 1 jam, makan siang, minuman, snack, sertifikat dan membawa pulang hasil karya masing-masing.

Penginapan Situ Gintung Ciputat

Bagi Anda yang bernita penginap, Advontura telah menyiapkan beberapa rekomendasi penginapan Situ Gintung Ciputat yang bisa Anda coba. Antara lain RedDoorz Plus @TB Simatupang, Good Space Syariah Hotel, OYO 123 Putri Lotus dan lain sebagianya.

Untuk menginap di beberapa penginapannya, Anda bisa menyiapkan biaya antara Rp180.000,00 hingga Rp350.000,00 untuk dua orang selama satu malam.

Sekian pembahasan kita mengenai Situ Gintung kali ini. Semoga pembahasan di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan yang tidak jauh dari rumah. Sampai jumpa di destinasi liburan menarik di Indonesia lainnya!

Baca juga: Pulau Ayer Kepulauan Seribu, Ini Harga Paket Wisatanya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *